Pengertian dan Macam Macam Topologi Jaringan Komputer

Diposting pada

Pengertian dan Macam Macam Topologi Jaringan KomputerPengertian topologi jaringan komputer adalah suatu cara yang digunakan untuk menghubungkan beberapa komputer menjadi suatu jaringan yang saling terkoneksi. Topologi jaringan ini terbagi menjadi beberapa macam. Setiap macam topologi itu, memiliki kecepatan pengiriman data, banyak sedikit biaya, dan kemudahan dalam proses perbaikan yang berbeda.

Seperti yang telah kita ketahui bahwa topologi jaringan pada umumnya terdiri dari server dan client. Server ini diibaratkan sebagai pusat dan clientnya merupakan penerima dari server itu sendiri. Topologi jaringan tersebut dapat dibagi menjadi beberapa jenis. Jenis jenis topologi tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing masing.

Pengertian dan Macam Macam Topologi Jaringan Komputer
Topologi Jaringan Komputer

Seperti yang telah kita ketahui bahwa setiap topologi memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Ada banyak macam-macam topologi jaringan komputer, namun yang umum ditemui dan banyak digunakan adalah topologi Bus, Ring, Star, Mesh, dan Tree. Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas sedikit mengenai topologi-topologi tersebut, mulai dari pengertian, kelebihan, serta kelemahan dari setiap topologi jaringan komputer.

Pengertian dan Macam Macam Topologi Jaringan Komputer

Apa pengertian topologi jaringan itu? Apa saja jenis jenis topologi jaringan? Topologi jaringan komputer pada dasarnya dapat dibagi menjadi beberapa macam. Setiap jenis topologi jaringan komputer tersebut memiliki pengertian dan karakterisik masing masing. Macam macam topologi jaringan yang akan dibahas adalah:

  1. Topologi Bus
  2. Topologi Ring
  3. Topologi Star
  4. Topologi Mesh
  5. Topologi Tree

Agar anda lebih paham mengenai pengertian topologi dan macam macam topologi di atas. Maka saya akan membagikan beberapa penjelasan mengenai masing masing jenis topologi tersebut. Adapun penjelasan selengkapnya yaitu:

Topologi Bus

Topologi jaringan komputer BUS hanya menggunakan satu kabel coaxial, setiap komputer terhubung dengan kabel tersebut dengan menggunakan BNC, dan kedua ujung kabel coaxial harus diakhiri terminator.

Pengertian dan Macam Macam Topologi Jaringan Komputer
Gambar Topologi Bus

Kelebihan Topologi Bus:

  1. Hemat kabel
  2. Susunan sederhana (simple)
  3. Penambahan dan pengurangan workstation tidak akan mengganggu workstation lain
Kekurangan Topologi Bus:
  1. Kepadatan jalur lalu lintas
  2. Jika kabel pusat bermasalah, maka semua workstation akan terganggu

Topologi Ring

Topologi jaringan komputer Ring menggunakan data token yang digunakan untuk mengontrol hak akses komputer untuk menerima data, sebagai contoh komputer 1 akan mengirim data ke komputer 4, maka data tersebut akan melewati komputer 2 dan 3 sebelum sampai ke komputer 4.

Pengertian dan Macam Macam Topologi Jaringan Komputer
Gambar Topologi Ring

Kelebihan Topologi Ring:

  1. Proses pemasangan mudah
  2. Hemat kabel

Kekurangan Topologi Ring:

  1. Jika salah satu komputer bermasalah, maka komputer lain akan terganggu
  2. Pengiriman data yang buruk
Baca Juga  Cara Menginstall Windows 7 Lengkap dengan Gambar

Topologi Star

Macam topologi jaringan komputer selanjutnya ialah topologi star. Topologi jaringan komputer Star menghubungkan komputer dengan hub atau switch menggunakan kabel UTP, hub atau switch ini merupakan pusat dari topologi Star. Jika komputer 1 akan mengirim data ke komputer 4, data akan dikirimkan ke switch dan langsung diterima oleh komputer 4 tanpa harus melewati komputer lainnya.

Pengertian dan Macam Macam Topologi Jaringan Komputer
Gambar Topologi Star

Kelebihan Topologi Star:

  1. Paling fleksibel
  2. Kontrol terpusat
  3. Kemudahan deteksi kesalahan
  4. Kemudahan pengelolaan jaringan

Kekurangan Topologi Star:

  1. Boros kabel
  2. Switch atau hub menjadi pusat, jadi jika switch atau hub bermasalah maka semua komputer akan terganggu.

Topologi Mesh

Pengertian topologi jaringan komputer Mesh ialah topologi yang menghubungkan setiap komputer dengan komputer lain menggunakan kabel tunggal, jadi proses pengiriman data akan langsung ke komputer tujuan. Misalnya komputer 1 akan mengirim data ke komputer 4, maka data akan langsung dikirim ke komputer 4 tanpa harus melewati komputer lain ataupun hub/switch.

Pengertian dan Macam Macam Topologi Jaringan Komputer
Gambar Topologi Mesh

Kelebihan Topologi Mesh:

  1. Keamanan data baik
  2. Besar bandwith lebar
  3. Pengiriman data lebih cepat
  4. Tidak perlu khawatir akan tabrakan data

Kekurangan Topologi Mesh:

  1. Biaya mahal
  2. Instalasi rumit dan susah

Topologi Tree

Macam topologi jaringan komputer selanjutnya ialah topologi tree. Topologi Tree adalah gabungan dari beberapa topologi star dan topologi bus, jadi setiap topologi star akan terhubung dengan topologi star yang lain dengan perantara topologi bus. Dalam topologi ini, biasanya terdapat beberapa tingkatan jaringan. Jaringan yang berada di tingkatan atas akan dapat mengontrol jaringan yang terdapat di bawah atau yang lebih rendah.

Pengertian dan Macam Macam Topologi Jaringan Komputer
Gambar Topologi Tree

Kelebihan Topologi Tree:

  1. Pengembangan jaringan mudah
  2. Mendeteksi kesalahan mudah
  3. Manajemen data baik

Kekurangan Topologi Tree:

  1. Kinerja lambat
  2. Boros kabel (boros biaya)
  3. Jika komputer di tingkat tinggi bermasalah, maka komputer di bawahnya juga akan terganggu.

Nah, mungkin hanya ini saja yang dapat saya bagikan mengenai pengertian topologi jaringan serta macam-macam topologi jaringan komputer. Topologi jaringan komputer merupakan sebuah cara yang digunakan untuk menghubungkan beberapa komputer menjadi satu jaringan yang saling terkoneksi. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih sudah berkunjung di blog ini.

2 komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.