Rumus Standar Deviasi dan Cara Menghitungnya

Diposting pada

Rumus Standar Deviasi dan Cara Menghitungnya – Dalam pembahasan kali ini saya akan menjelaskan tentang pengertian standar deviasi dan rumus materi standar deviasi. Standar deviasi sendiri merupakan salah satu materi dalam ilmu statistik. Materi ini digunakan untuk memberi gambaran tentang sebaran angka dalam sebuah sampel atau data. Maka dari itu didalamnya terdapat beberapa langkah perhitungan untuk memperoleh varian dan mean dari data tersebut sampai nantinya dapat menemukan standar deviasi.

Seperti yang telah saya katakan sebelumnya bahwa dalam standar deviasi ini terdapat varian di dalamnya. Varian sendiri memiliki pengertian yakni ukuran yang menunjukkan sebanyak apa jenis dari data yang ada dalam mean tersebut. Apakah anda tahu bagaimana cara menyelesaikan soal soal standar deviasi itu?

Pengertian dan Rumus Standar Deviasi
Standar Deviasi

Cara menentukan standar seviasi sendiri yaitu dengan menarik akar kuadrat yang terdapat dalam varian data atau sampel. Rumus standar deviasi berguna untuk mengetahui penyimpanan rata rata dengan data sampelnya. Lalu apa pengertian standar deviasi itu? Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Rumus Standar Deviasi dan Cara Menghitungnya

Statistika menjadi salah satu cabang ilmu matematika yang terkenal kompleks di mata siswa. Banyak materi menyulitkan yang menanti apabila kita masuk menyelami statistika mulai dari menghitung mean, median, sampai analisa data pokok. Nah, salah satu yang menurut saya cukup menarik untuk dibahas yaitu rumus standar deviasi.

Rumus standar deviasi excel mulai diajarkan pada siswa ketika berada di bangku kelas 10. Salah satu fungsi utama standar deviasi adalah memberikan gambaran tentang sejauh mana data tersebar dari nilai rata-ratanya. Setelah menguasai cara mengitung standar deviasi kita pun juga akan mampu membandingkan kelompok data sampai mengevaluasi ketidakpastian.

Dalam artikel singkat kali ini kita akan membahas lebih dalam cara menghitung standar deviasi dengan mudah. Tapi sebelum menguasai skill tersebut kalian wajib mengetahui pengertian serta konsep materi terlebih dulu. Barulah nantinya rumus standar deviasi excel ataupun manual bisa diterapkan secara maksimal.

Apa Itu Standar Deviasi

Pengertian standar deviasi adalah suatu nilai statistik yang digunakan untuk mengetahui sebaran data pada sampel. Standar deviasi mampu menentukan seberapa dekat titik data individu menuju rata rata nilai sampel (mean). Standar deviasi yang terdapat dalam sekumpulan data memiliki persaman dengan 0. Hal ini menunjukkan bahwa dalam sebuah himpunan terdapat nilai nilai yang sama.

Semua itu terjadi apabila siswa mampu memasukan rumus standar deviasi dengan benar. Kemudian adapula nilai deviasi yang besar sehingga dapat menggambarkan bahwa titik data individunya jauh dengan nilai rata rata. Selain pengertian di atas, adapula rumus materi standar deviasi seperti di bawah ini:

Baca juga : Rumus Anuitas Matematika Keuangan Lengkap

Rumus Standar Deviasi

Selain pengertian standar deviasi, adapula rumus pada standar deviasi. Untuk rumus dalam standar deviasi sendiri terdapat beberapa jenis tergantung cara menghitungnya. Untuk menghitung standar deviasi ini dapat dilakukan dengan beberapa cara yakni manual, excel, data kelompok maupun menggunakan kalkulator. Di bawah ini terdapat beberapa cara menghitung standar deviasi beserta rumusnya. Berikut penjelasan selengkapnya:

Cara Menghitung Standar Deviasi Secara Manual

Cara menghitung standar deviasi yang pertama dapat dilakukan secara manual. Dalam cara ini terdapat dua rumus yang perlu diperhatikan yakni rumus standar deviasi dan rumus varian. Berikut rumus rumusnya yaitu sebagai berikut:

Rumus Varian

Pengertian dan Rumus Standar Deviasi
Rumus Varian Manual

Rumus Standar Deviasi

Pengertian dan Rumus Standar Deviasi
Rumus Standar Deviasi Manual

Keterangan :
s² = Varian
s = Standar deviasi
n = Ukuran sampel
xi = Nilai x ke 1
xˉ = Rata rata

Baca juga : Pembahasan Soal Deret Angka Dalam Tes Psikotes

Data Kelompok

Cara menghitung standar deviasi selanjutnya yaitu untuk kategori data kelompok. Untuk data kelompok tersebut menggunakan rumus varian dan rumus pada standar deviasi yang berbeda dengan cara manual di atas. Berikut rumus rumusnya yaitu :

Rumus Varian

Pengertian dan Rumus Standar Deviasi
Rumus Varian Data Kelompok

Rumus Standar Deviasi

Pengertian dan Rumus Standar Deviasi
Rumus Standar Deviasi Data Kelompok

Dengan Kalkulator

Cara menghitung standar deviasi selanjutnya dapat menggunakan kalkulator. Untuk perhitungan ini tidak memerlukan rumus varian dan rumus materi standar deviasi khusus dalam menggunakan kalkulator. Untuk jenis kalkulator yang digunakan pun ialah jenis kalkulator scientific dan bukan yang biasanya. Dibawah ini terdapat beberapa langkah dalam menghitungnya yaitu sebagai berikut:

  • Langkah pertama yaitu menyalakan kalkulator.
  • Tekan tombol Mode yang letaknya disamping tombol power pada kalkulator.
  • Tekan tombol No. 3 (STAT) untuk memilih mode statistik.
  • Selanjutnya tekan tombol No. 1 (VAR – 1)
  • Lalu masukkan data yang akan anda hitung dan tekan sama dengan (=), angka, sama dengan (=), dan seterusnya. Apabila data telah dimasukkan maka jangan lupa untuk menekan tombol sama dengan (=).
  • Tekan tombol AC.
  • Tekan tomol SHIFT
  • Tekan STAT (tombol nomor 1), VAR (tombol nomor 4), dan σ x (tombol nomor 3) untuk melihat hasil akhirnya.
  • Setelah itu diakhiiri dengan menekan tombol sama dengan (=).

Rumus Standar Deviasi Excel

Cara menghitung standar deviasi selanjutnya dapat menggunakan excel. Cara menghitung ini terbilang paling mudah dibandingkan cara lainnya. Dalam menggunakan Excel terdapat rumus standar deviasi yaitu STDEV. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak contoh di bawah ini:

Baca juga : Cara Menghitung Relasi dan Fungsi Beserta Contoh Soal

Dibawah ini terdapat data pengambilan sampel nilai beberapa siswa SMP Harapan dari mata pelajaran Matematika yaitu:

85, 70, 75, 80, 60, 90, 80
Berdasarkan sampel data di atas, berapakah nilai standar deviasinya?

Jawab:
Langkah pertama yaitu membuat tabel pada Microsoft Excel. Maka hasilnya akan menjadi seperti di bawah ini.

Pengertian dan Rumus Standar Deviasi
Tabel Contoh Menghitung Daftar Deviasi

Bagian bawah tabel terdapat STDEV yang menunjukkan nilai standar deviasi. Untuk menghitungnya cukup menggunakan rumus pada standar deviasi yaitu =STDEV(number1; number 2; dan seterusnya). Dalam contoh di atas terdapat format rumus excelnya yaitu =STDEV(G8:G14). Maka secara otomatis akan diperoleh nilai standar deviasi yakni 9,940298. Kemudian (G8:G14) merupakan cell data sampel yang terdapat pada Excel. Maka dari itu nama cellnya dapat berubah tergantung letak data sampelnya.

Sekian penjelasan mengenai pengertian standar deviasi dan rumus standar deviasi. Untuk rumus dari standar deviasi sendiri biasanya tergantung cara menghitungnya, baik secara manual, data kelompok, kalkulator maupun menggunakan excel. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah membaca materi standar deviasi di atas.

Baca Juga  Rumus Penjumlahan Bentuk Akar dan Pengurangan Beserta Contoh Soal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.