Pengertian Microsoft Office dan Jenisnya

Diposting pada

Pengertian Microsoft Office dan JenisnyaMicrosoft Office adalah sebuah perangkat lunak aplikasi yang dirancang untuk berjalan di bawah sistem operasi Windows dan Mac OS X. Produk-produk Microsoft Office hampir semuanya memiliki fungsi untuk membantu pekerjaan kantoran, seperti namanya Office. Aplikasi ini tidak bisa didapatkan secara gratis, karena Microsoft memberikan harga untuk aplikasi ini. Namun jika ingin mencoba gratis, hanya bisa dalam waktu 30 hari saja (versi trial).

Apa pengertian microsoft office itu? Apa saja jenis jenis microsoft office? Seperti yang telah kita ketahui bahwa microsoft office dapat dibagi menjadi beberapa jenis seperti microsoft word, microsoft excel dan lain sebagainya. Setiap macam microsoft office tersebut tentunya memiliki makna dan kegunaan yang berbeda beda. Selain itu fungsi toolbar pada masing masing kategori microsoft office tersebut juga berbeda.

Pengertian Microsoft Office dan Jenisnya
Microsoft Office

Aplikasi dalam komputer sendiri terdiri dari beberapa macam. Salah satunya ialah microsoft office. Apa yang dimaksud microsoft office itu? Aplikasi komputer ini sebenarnya masih dapat dibagi lagi menjadi beberapa jenis. Setiap jenis Ms. Office memiliki kegunaan yang berbeda beda. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang pengertian microsoft office dan jenis jenis microsoft office. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Pengertian Microsoft Office dan Jenisnya

Bagi beberapa siswa tentunya masih mempertanyakan apa itu microsoft office dan apa saja macam macam microsoft office itu. Sebenarnya pembelajaran ini tidak terlalu sulit untuk dipahami. Maka dari itu anda dapat menyimak artikel tentang materi microsoft office di bawah ini.

Anda semua pasti sudah tidak asing dengan pengertian Microsoft Office, karena saya yakin mulai sejak SMP sudah dikenalkan dengan aplikasi ini. Produk Microsoft Office yang sering dijumpai adalah Microsoft Office Word, Excel, PowerPoint, dan Access. Namun, jika Anda ingin mengetahui produk lainnya, di bawah ini adalah jenis-jenis produk Microsoft Office.

Microsoft Word

Microsoft Word adalah perangkat lunak pengolah kata yang diterbitkan pada tahun 1983 dengan nama Multi-Tool Word untuk Xenix. Versi lain dikembangkan untuk berbagai sistem operasi seperti DOS pada tahun 1983, Macintosh pada tahun 1984, SCO UNIX, OS/2, dan Microsoft Windows pada tahun 1989. Setelah menjadi bagian Ms System 2003 dan 2007, pada akhirnya diberi nama Ms Word.

Baca Juga  Pengertian dan Tugas Computer Engineering

Microsoft Excel

Microsoft Excel adalah perangkat lunak pengolah angka atau aplikasi spreadsheet yang paling banyak digunakan di platform PC berbasis Windows dan Macintosh sejak versi 5.0 keluar pada tahun 1993. Dan hingga saat ini, Microsoft Excel masih sangat populer untuk aplikasi perhitungan grafik.

Microsoft PowerPoint

Jenis jenis microsoft office selanjutnya ialah microsoft powerpoint. Microsoft PowerPoint adalah perangkat lunak presentasi yang dikembangkan Microsoft untuk berjalan pada sistem operasi Microsoft Windows dan Macintosh yang menggunakan Apple Mac OS. Aplikasi ini sering digunakan oleh sebuah perkantoran, pendidik, mahasiswa, atau pelatih untuk memudahkan dalam menjelaskan suatu materi presentasi.

Microsoft Access

Microsoft Access adalah perangkat lunak yang digunakan untuk membuat, mengolah, dan mengelola basis data (data base). Aplikasi ini juga dirancang untuk berjalan pada PC berbasis Windows dan Macintosh, sama halnya dengan produk Microsoft Office lainnya.

Microsoft Outlook

Mocrosoft Outlook adalah perangkat lunak manager informasi pribadi dari Microsoft. Aplikasi ini digunakan untuk mengirim dan membaca email, namun tidak seperti perangkat pada umumnya. Microsoft Outlook memiliki fungsi kalendar, jadwal kerja, catatan, serta jurnal.

Produk Microsoft Office Lainnya

Jenis jenis microsoft office sendiri sebenarnya masih banyak. Namun karena tidak mungkin saya menjelaskan satu per satu produk dari Microsoft Office tersebut, maka berikut ini adalah daftar ms. office lainnya:

  1. Microsoft OneNote
  2. Microsoft InfoPath
  3. Microsoft Lync
  4. Microsoft Visio

Nah, itulah artikel singkat mengenai pengertian Microsoft Office dan jenis jenis microsoft office. Microsoft office merupakan perangkat lunak aplikasi yang dirancang untuk berjalan di bawah sistem operasi Windows dan Mac OS X. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan kita semua. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.