Pengertian Skala Peta dan Cara Menghitungnya

Diposting pada

Pengertian Skala Peta dan Cara Menghitungnya – Dalam pembuatan peta, kita tidak bisa asal untuk menggambarnya. Kita harus mematuhi syarat-syarat dasar untuk membuat peta agar peta yang kita buat dapat diakui sebagai peta yang sesungguhnya. Syarat – syarat dasar itu antara lain penyajian data pada peta haruslah lengkap, peta harus bersih, rapi, serta enak dipandang, peta juga harus memiliki komponen dasar pembuatan peta.

Pengertian Skala Peta dan Cara Menghitungnya
Skala pada Peta

Selain syarat-syarat tersebut peta juga harus bersifat konform, artinya bentuk yang digambarkan pada peta haruslah sesuai dengan bentuk dari ketampakan aslinya. Setelah itu peta harus bersifat ekuidistan (equiditance), artinya jarak yang kita gambarkan pada peta haruslah sama dengan jarak sesungguhnya, peta juga harus bersifat ekuivalen (equivalen), artinya luas pata peta yang kita gambarkan pada peta haruslah sama dengan luas sesungguhnya.

Setelah syarat-syarat di atas terpenuhi barulah peta bisa dikatakan peta yang sesungguhnya dan untuk memenuhi syarat – syarat di atas pembuat peta antara lain menggunakan skala sebagai acuan dalam pembuatan peta sehingga jarak serta luas yang digambarkan pada peta bisa sesuai dengan aslinya. Berikut di bawah ini kita akan membahas lebih lanjut mengenai pengertian skala peta dan cara menghitung skala peta.

Pengertian Skala Peta dan Cara Menghitungnya

Para guru sepakat bahwa geografi adalah salah satu pelajaran IPS yang sangat menyenangkan. Melalui materi geografi inilah siswa bisa mempelajari ragam pengetahuan tentang bumi. Salah satu subtema yang penting untuk dipelajari siswa adalah tentang cara membaca dan menghitung skala peta (map).

Materi skala peta sebenarnya tidaklah terlalu sulit dipelajari karena teori dan materi ajarnya yang terbatas. Namun kelebihan dari pembelajaran skala peta terletak pada prakteknya. Kita bisa mempraktekan cara menghitung skala peta dengan jarak yang beragam baik itu di peta timbul, peta datar, maupun globe.

Pengertian Skala Peta

Nah untuk mulai menghitung skala peta dengan benar maka kita harus mengerti terlebih dahulu pengertian skala pada peta itu sendiri. Selain itu, kita juga harus mempelajari beberapa komponen peta yang nantinya akan sangat berfungsi ketika kita menghitungnya.

Hampir semua orang tau bahwa skala peta adalah perbandingan jarak yang digambarkan pada peta dengan jarak sesungguhnya di lapangan. Jadi misalkan jarak sesungguhnya adalah 100 kilometer tidak akan benar benar digambar dan ditulis demikian melainkan ukurannya akan diperkecil dengan rumus skala peta.

Cara Menghitung Skala Peta

Selain pengertian skala peta di atas. Adapula perhitungan skala peta yang dapat kita hitung dengan mudah menggunakan rumus khusus di bawah ini. Selain menghitung skala peta kita juga dapat menghitung jarak pada peta maupun jarak sesungguhnya dari peta tersebut. Oleh karena itu kalian bisa menyimak rumus-rumus di bawah ini yang disertai juga dengan contoh soal agar kalian bisa  lebih mengerti penggunaan rumus-rumus tersebut.

Membandingkan Jarak Objek Pada Peta dengan Jarak Objek Yang Sebenarnya. Kita bisa membandingkan jarak objek tersebut dengan menggunakan rumus sebagai berikut:

Skala= Jarak pada peta : Jarak Sebenarnya
Jarak Sebenarnya= Jarak pada peta  X   Skala
Jarak Pada Peta = Jarak sebenarnya/skala

Cara menghitung Skala Peta yang diketahui jarak pada peta dan jarak sebenarnya

Contoh soal
Panjang suatu rel kerata api adalah 800 meter. Pada peta rel kereta api digambarkan dengan ukuran 200cm. Hitunglah skala dari peta tersebut.
Pembahasan:
Skala= Jarak pada Peta : Jarak Sebenarnya
=                  20cm              :      800 meter
=                   20cm             :      80.000 cm
=                     1                   :    4000
Jadi skala peta tersebut adalah 1 : 4000

Cara menghitung jarak sebenarnya jika diketahui jarak peta dan skalanya

Contoh Soal
Misal jika jarak X dengan kota B pada peta 1,5cm, dan skalanya 1 : 3.000.000 . Berapakah jarak sebenarnya?
Pembahasan: Jarak sebenarnya= Jarak pada peta x skala
=1,5 x 3000.000 = 4.500.000cm = 4,5 km ( kita jadikan kilometer karena jarak sebenarnya dituliskan dengan satuan kilometer).

Cara menghitung jarak pada peta jika diketahui jarak sebenarnya dan skala

Contoh Soal
Jika jarak kota X  dengan kota Y sebenarnya adalah 50km. Pada peta digunakan skala 1: 2.500.000 . Hitung jarak kota X dengan kota Y dipeta!
Pembahasan. Jarak Pada Peta = Jarak sebenarnya/ skala peta
=50km/2.500.000
=5.000.000/2.500.000 (kita ubah ke satuan cm karena pada peta penulisannya dituliskan dengan satuan cm.
= 2cm 

Cara Menghitung Skala Menggunakan Garis Kontur Pada Peta Topografi

Untuk menghitung peta menggunakan garis kontor kita bisa menggunakan nilai interval dari peta topografi tersebut. Kita bisa menggunakan rumus sebagai berikut:

Rumus Skala Peta

Contoh Soal
Kontur peta pada sebuah peta topografi memiliki panjang 35 meter. Hitung skala peta topogarafi tersebut!

Pembahasan:
Rumus Skala Peta
Jadi skala peta tersebut adalah 1 : 70.000

Cara menghitung atau cara membandingkan peta tidak berskala dengan cakupan wilayah yang sama pada peta yang memiliki skala. Kita dapat mengitungnya menggunakan rumus sebagai berikut:
Rumus Skala Peta

Keterangan:



Contoh Soal
Terdapat 2 peta, pada Peta pertama Jarak pada peta kota A dengan kota B adalah 8 cm dan skalanya adalah 1 : 4.000. Sedangkan pada peta kedua Jarak pada peta kota A dengan kota B adalah 32 cm. Pertanyaannya berapakah skala pada peta kedua?

Pembahasan :Rumus Skala Peta
Jadi skala pada peta kedua adalah 1 : 1.000

Sekian pembahasan kita kali ini tentang pengertian skala peta dan cara menghitung skala peta. Skala peta merupakan salah satu bagian penting dalam sebuah pembuatan suatu peta itu sendiri. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Baca Juga  Pengertian Mitigasi, Jenis, Tujuan dan Prinsipnya Lengkap

1 komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.