1 Km Berapa Meter? Berikut Jawaban Selengkapnya

Diposting pada

1 Km Berapa Meter? Berikut Jawaban Selengkapnya – Satuan panjang dalam Matematika terdapat beberapa jenis yakni km (kilometer), hm (hektometer), dam (dekameter), m (meter), dm (desimeter), cm (centimeter), mm (milimeter), hektar, dan sebagainya. Salah satu satuan panjang yang sering digunakan ialah satuan meter. Bahkan dalam soal soal ujian sering ditanyakan 1 kilometer berapa meter. Tidak heran jika para siswa diharuskan untuk mengubah satuan km menjadi m. Adapula yang disuruh untuk mengubah kebalikannya misalnya meter menjadi km.

Lalu bagaimana cara mengubahnya? Cara konversi satuan km ke meter secara umum dapat dilakukan dengan menggunakan tangga satuan panjang. Sebenarnya untuk menghitung dan mengubah kilometer ke meter ataupun sebaliknya sangatlah mudah. Meter dan kilometer merupakan jenis satuan panjang yanng juga dapat dikonversikan menjadi jenis satuan panjang lainnya.

Pembelajaran ini juga telah diterangkan dalam pelajaran matematika di sekolah dasar. Materi Matematika dasar ini dapat diselesaikan dengan mudah menggunakan tangga konversi yang ada. Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan jawaban 1 km berapa meter beserta penjelasan selengkapnya. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

1 Km Berapa Meter? Berikut Jawaban Selengkapnya

Mungkin anda masih bingung 1 km berapa m? 1000 meter berapa km? 1 km berapa dm? Untuk menjawab pertanyaan pertanyaan tersebut, anda harus mempelajari terlebih dahulu apa itu tangga konversi satuan panjang. Tangga konversi ini dapat digunakan untuk menyelesaikan soal soal terkait konversi satuan panjang tersebut. Nah dibawah ini terdapat tangga konversi satuan panjang yang digunakan untuk menghitung satuan km, hm, dam, m, dm, cm, dan mm.

1 Km Berapa Meter? Berikut Jawaban Selengkapnya
Tabel kilometer ke meter

Seperti yang telah kita ketahui bahwa tangga konversi di atas dapat digunakan untuk menemukan jawaban 1 km berapa meter maupun sebaliknya. Tangga konversi tersebut juga dapat digunakan untuk mengubah jenis jenis satuan Matematika lainnya.

Baca Juga  Mencari Panjang Sisi Segitiga Menggunakan Aturan Sinus Lengkap

Tangga Satuan Panjang

Berdasarkan tangga satuan panjang diatas dapat kita peroleh jawaban 1 kilometer berapa meter.

1 km = 1000 m

Jawaban ini dapat diperoleh dengan cara dibawah ini:

Baca juga: Cara Memperkecil Ukuran File PDF Kurang Dari 200 KB

  1. Setiap turun satu tangga maka dapat dikalikan dengan 10
  2. Setiap naik satu tangga maka dapat dibagi dengan 10
  3. Apabila turun 2 tangga maka dapat dikalikan dengan 100
  4. Apabila turun 3 tangga maka dapat dikalikan dengan 1000, begitupula seterusnya.

Misalnya:

  • 1 km = 10 hm
  • 1 km = 100 dam
  • 1 km = 1.000 m
  • 1 km =10.000 dm
  • 1 km = 100.000 cm
  • 1 km = 1.000.000 mm

Apakah anda sudah paham 1 km berapa meter? Kemudian apabila naik satu tangga maka dapat dibagi dengan 10. Berikut penjelasan selengkapnya:

  1. Apabila naik satu tangga dapat dibagi dengan 10.
  2. Apabila naik dua tangga dapat dibagi dengan 100.
  3. Apabila naik tiga tangga dapat dibagi dengan 1000, begitu pula seterusnya.

Misalnya:

  • 1.000 m = 1 km
  • 1.000 m = 10 hm
  • 1.000 m = 100 dam
  • 200 mm = 0.2 m
  • 200 mm = 2 dm
  • 200 mm = 20 cm
  • 300 dm = 30 cm

Demikianlah penjelasan mengenai 1 km berapa meter. Untuk menghitung besar satuan panjang seperti km, hm, dam, m, dm, cm, dan mm dapat menggunakan tangga konversi satuan panjang di atas. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.