20 Contoh Greeting Card (Kartu Ucapan Selamat Bahasa Inggris)

Diposting pada

20 Contoh Greeting Card (Kartu Ucapan Selamat Bahasa Inggris) – Pernahkah kalian memberikan sapaan atau ucapan secara tertulis kepada kawan. Misalnya dalam rangka menyambut pindahnya tetangga baru atau birthday card, event aniversary, dan lain sebagainya yang memiliki konteks positif dalam peristiwanya. Tidak hanya untuk mengungkapkan suka cita saja, namun contoh greeting card juga sering digunakan sebagai bentuk simpati terhadap suatu kejadian yang memiliki konteks negatif. Misalnya ucapan cepat sembuh untuk orang sakit, aku menyesal ketika membuat kesalahan, dan lain sebagainya.

Pada dasarnya, contoh greeting card termasuk kategori functional text dalam pendidikan bahasa inggris. Penggunaan kartu ucapan selamat dalam bahasa inggris memang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan sehari-hari. Penyebabnya tak lain adalah perkembangan jaman dan dampak kebudayaan barat yang mulai masuk ke Indonesia. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya kumpulan contoh ucapan selamat ulang tahun bahasa inggris yang menjadi salah satu bukti penggunaan contoh greeting card yang umum kita jumpai.

Ketika kita membaca contoh ucapan selamat ulang tahun bahasa inggris tentu kita sudah tau fungsi dari greeting card yang satu ini. Contoh greeting card selamat ulang tahun tentu berfungsi untuk memberikan apresiasi sekaligus ucapan selamat atas bertambahnya umur seseorang. Sedangkan untuk contoh greeting card atau kartu ucapan selamat lainnya memiliki penggunaan yang hampir sama dengan contoh ucapan selamat ulang tahun bahasa inggris diatas, hanya berbeda konteks saja.

Contoh Greeting Card (Kartu Ucapan Selamat Bahasa Inggris)

Seperti yang saya jelaskan diatas bahwa contoh ucapan selamat ulang tahun bahasa inggris merupakan bentuk umum greeting card yang umum kita jumpai penggunaannya dalam kehidupan sehari hari. Namun apakah greeting card hanya berbentuk ucapan selamat ulang tahun saja? Tentu tidak. Selain berwujud ucapan selamat ulang tahun bahasa inggris, contoh greeting card juga dapat berwujud ucapan simpati ataupun belasungkawa atas terjadinya peristiwa buruk.

Materi satu ini biasanya akan diajarkan ketika siswa menginjak bangkus SMA. Nah, memberikan ucapan dalam bahasa inggris merupakan bentuk atau manifestasi dari functional text itu sendiri. Masalahnya, tak semua siswa tau bagaimana cara membuat ucapan bahasa inggris dengan baik dan benar. Beberapa juga mengeluh mendekan antara greeting dan congratulation card. Padahal, perbedaanya terletak pada tujuan, penggunaan bahasa, dan event yang terjadi.

Baca juga: 8 Contoh Spoof Text Singkat Lucu Beserta Arti dan Strukturnya

Dalam artikel kali ini kita akan mendalami materi tentang contoh kartu ucapan dalam bahasa inggris. Topik pembahasan meliputi ucapan dalam konteks positif maupun negatif. Misalnya momen saat ulang tahun, ucapan selamat atas kesuksesan seseorang, hingga ucapan selamat sebagai bentuk simpati.

Contoh Greeting Card untuk Orang Sakit

Tata bahasa ketika memberikan greeting card untuk orang sakit benar-benar harus diperhatikan. Pakailah kata-kata yang menyatakan dukungan ataupun harapan agar cepat sembuh. Misalnya “feel better soon” yang artinya cepat baikan  ya. Kata-kata tak perlu dibuat panjang lebar layaknya sebuah kalimat/teks. Usahakan untuk menyampaikan ucapan secara singkat, padat, mudah dipahami, namun tetap bermakna.

Kalian juga bisa menghiasnya dengan berbagai ornamen untuk mempercantik kartu ucapan. Jadi, selain melatih kemampuan berbahasa asing kalian dapat meningkatkan kreativitas. Lantas bagaimana penggunaanya dalam keseharian?

Baca juga: 4 Contoh News Item Text Singkat Beserta Strukturnya (Teks News Item)

Sebenarnya contoh greeting card satu ini sudah sering kita jumpai dalam konteks kehidupan sehari-hari. Tapi seiring berjalannya waktu bentuk fisik dari kartu itu pun berubah bentuk menjadi digital. Kini kalian tetap bisa memberikan ucapan bahasa inggris langsung dari media whatsapp. Tapi, untuk menambah referensi simaklah gambar di bawah.

20 Contoh Greeting Card (Kartu Ucapan Selamat Bahasa Inggris)

contoh kartu ucapan dalam bahasa inggris

Selain digunakan untuk mengungkapkan selamat atas suksesnya teman kita maupun orang lain, salah satu fungsi greeting card adalah sebagai ucapan simpati. Seperti contoh pada contoh greeting card diatas, dapat kita lihat bahwa Meisya (siswi SMA N 1 Ngemplak, Boyolali) mengucapkan semoga lekas membaik dalam bahasa inggris yang menandakan bahwa Meisya merasa simpati karena salah seorang temannya sedang sakit.

Contoh Congratulation Card

Congratulation card sebenarnya memiliki konsep berbeda dari greeting card. Meski sama-sama termasuk functional text tapi keduanya memiliki perbedaan dari segi tujuan. Congratulation lebih mengarah pada memberi apresiasi atas pencapaian seseorang. Hal ini tentu bertentangan dengan greeting card yang notabenya berisikan harapan serta dukungan.

Meski demikian saya akan tetap memberikan contoh congratulation card sebagai bahan referensi. Setelah mempelajari gambar di bawah semoga kalian bisa membedakan penggunaan antara kedua teks fungsional tersebut.

20 Contoh Greeting Card (Kartu Ucapan Selamat Bahasa Inggris)
Contoh greeting card

Dear Zaya
Hay, Congratulation! Finally, After hearing you won an National Essay Competition and you got your trophy, I very happy to hear that, I hope you always win every competition.
your friend,
Caterine

Contoh Birthday Card

Ucapan selamat ulang tahun bahasa inggris menjadi contoh greeting card yang umum kita jumpai penggunaanya dalam kehidupan sehari-hari. Seluruh unsur berupa sapaan, ucapan selamat, harapan, dan dukungan pun sudah termuat di dalamnya. Tujuan utama dari functional text satu ini tak lain adalah untuk mengungkapkan rasa suka cita karena bertambahnya umur.

Sebenarnya kalian tak perlu repot mencari contoh greeting card atau ucapan selamat ulang tahun bahasa inggris. Cukup ucapkan happy birthday yang disertai harapan sudah lebih dari cukup. Tapi jika kalian kebetulan sedang mendapat tugas untuk membuat kartu ucapan tersebut. Maka simaklah kata-kata berikut:

Dear Zaqqy
Happy birthday zaqqy, wish you all the best. and i hope you can get anything you wanted. Please forgive me i cannot go to your home and hug you because i still in the airport. But don’t worry, i will came to your home after i arrived in Indonesia.
Your best friend,
Manda

Kalian bisa mengubah penggunaan bahasa di dalam teks di atas sesuai kebutuhan/keinginan. Selama tak mengubah tujuan komunikatifnya maka tak masalah memberikan sedikit perubahan. Ketika guru meminta untuk membuat contoh aslinya, siswa juga dapat memasukan hiasan maupun gambar ke dalam kartu ucapan tersebut.

Contoh Greeting Card (Ucapan Simpati Bahasa Inggris)

Selain contoh ucapan selamat ulang tahun bahasa inggris maupun selamat atas kesuksesan di atas. Kalian bisa mengirimkan kartu ucapan menggunakan gaya bahasa functional text sekedar untuk memberi sapaan.  Untuk menambah referensi maka simaklah kalimat yang memiliki tujuan untuk menyapa di bawah:

Dear Rony
Hello friend, greeeting. i hope you in a good condition. I hear that you will visit england in 23 june. I was wandering if you can visit my home too. Could you?
Sincerely,
Naya

Kalian juga bisa memberikan contoh greeting card ketika seorang teman mengalami kejadian buruk. Misalnya dia sedang sakit atau kehilangan salah satu orang tercintanya. Namun, pemilihan tata bahasa bahasa dan penyampaian harus benar-benar diperhatikan. saya rasa mengungkapkan rasa simpati, harapan, dan dukungan secara singkat padat sudah cukup. Jika kalian masih bingung maka simaklah contoh di bawah sebagai tambahan referensi:

Dear Ayin
I’ve heard about mr.austin that he passed away yesterday. I am so sorry to hear that. i hope that god will lead his way to heaven and he can rest in peace.
Sincerely,
Bebi

Itulah beberapa contoh greeting card yang umum kita dalam kehidupan sehari hari kita. Pada dasarnya greeting card baik itu contoh ucapan selamat ulang tahun bahasa inggris maupun ucapan selamat atas kesuksesan orang lain sangat mudah dibuat.

Selain memakai media konvensional, kalian juga bisa membuatnya lebih kreatif lewat platform editing online. Misalnya canva yang memberikan ruang untuk bereksplorasi serta berkarya tanpa ada batasan.

Baca Juga  18 Contoh Recount Text Singkat Terbaru Beserta Strukturnya

1 komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.