8 Contoh Congratulation Card (Kartu Ucapan Selamat Dalam Bahasa Inggris)

Diposting pada

Contoh Congratulation Card (Kartu Ucapan Selamat Dalam Bahasa Inggris) – Hampir semua siswa pasti pernah memberikan ucapan secara tertulis kepada teman di sekitar. Entah itu lewat pesan singkat, whatsapp, maupun media berbentuk fisik seperti kartu. Menulis kartu ucapan selamat bahasa inggris menjadi kegiatan yang sangat menyenangkan. Mengapa demikian? karena kita bisa mencurahkan semua perasaan kepada orang lain lewat kartu tersebut.

Kini contoh congratulation card sudah sangat jarang ditemukan dalam bentuk fisik. Masyarakat lebih memilih untuk mengirim pesan elektronik karena lebih praktis daripada harus membuatnya secara manual. Tapi dalam beberapa kasus, menulis ucapan selamat bahasa inggris memang memberikan kesan yang lebih menarik dan elegan.

Contoh congratulation card sebenarnya bisa kalian jumpai pada pelajaran bahasa Inggris di sekolah. Topik pembahasannya masuk dalam kategori functional text yang notabenya lebih mengedepankan tujuan komunikatif. Jenis kartu ucapan selamat ini memiliki fungsi untuk mencurahkan perasaan melalui pesan tertulis. Tema atau isi tulisan pun bersifat universal dan tak mengikat. Misalnya tentang ucapan selamat ulang tahun, kesuksesan pekerjaan, pencapaian yang baik, dan lain sebagainya.

Contoh Congratulation Card (Kartu Ucapan Selamat Dalam Bahasa Inggris)

Congratulation card diberikan kepada orang lain dengan maksud yang baik dan positif. Sesuai namanya yaitu kartu ucapan selamat pasti di  dalamnya terdapat kata-kata selamat atas peristiwa gembira yang dialaminya. Contoh congratulation card dapat kita jumpai dalam acara ulang tahun, keberhasilan bisnis, kesuksesan dalam bekerja, kelulusan dan sebagainya.

Sebenarnya penggunaan ucapan selamat bahasa inggris sudah melekat dalam kehidupan sehari-hari. Hanya saja mayoritas siswa tak menyadarinya karena berbagai alasan. Misalnya saat kalian memberikan menyampaikan apresiasi lewat pesan whatsapp. Semakin meningkatnya pengaruh budaya barat yang masuk ke Indonesia juga menambah frekuensi penggunaan ucapan tersebut.

8 Contoh Congratulation Card (Kartu Ucapan Selamat Dalam Bahasa Inggris)
Contoh kartu ucapan selamat bahasa inggris

Contoh congratulation card dapat menjadi salah satu bukti bahwa pengaruh budaya barat telah masuk ke Indonesia. Kartu ucapan selamat dalam bahasa Inggris banyak sekali kita jumpai dalam media online maupun offline.  Contohnya kartu ucapan selamat ulang tahun.

Kartu ucapan ini memiliki fungsi untuk memberikan ucapan atas bertambahnya usia serta ikut mengapresiasikannya dalam bentuk sebuah kartu ucapan. Contoh congratulation card lainnya memiliki fungsi yang sama, namun yang membedakannya ialah konteks peristiwanya. Kartu ucapan selamat dalam bahasa inggris pasti berisi tentang hal hal yang bersifat bahagia dan menyenangkan.

Baca juga: 20 Contoh Greeting Card (Kartu Ucapan Selamat Bahasa Inggris)

Contoh Graduation Card

Graduation card merupakan salah satu contoh kartu ucapan bahasa inggris yang cukup umum kita temukan. Fungsi sosialnya tak lain untuk menyatakan apresiasi atas apa yang telah diraih oleh teman/kerabat. Dalam konteks ini maka kalian memberikan selamat atas kelulusan yang diraih oleh kawan kalian.

Dear Tio
Hello Tio. Congratulation on your graduation. Now you have earned a Bachelor Degree. I’m very glad to hear. I hope you get a good job and later can succeed.
Your friend,
Cika

Congratulation card tak hanya diberikan kepada teman kita momen kelulusan saja. Kalian juga bisa memberi apresiasi ketika kawan tersebut berhasil meraih apa yang diinginkannya. Misalnya saat berhasil memperoleh beasiswa untuk kuliah di luar negeri.

Dear Rino
Hi friend how are you? I heard you got a scholarship to England. Congratulations yes … If you have arrived in England, do not forget to tell me yes. I’m so glad you got that scholarship. I’m waiting for you.
Your friend,
Nala

Apabila kalian ingin menulis kartu ucapan selamat bahasa inggris seperti di atas tidak boleh sembarangan. Ada aspect of language yang harus terpenuhi sesuai kaidah kebahasaan yang berlaku. Misalnya, memakai tenses yang benar sesuai konteks pembicaraan. Jika ternyata kalian belum menguasainya, maka simaklah penjelasan saya tentang jenis dan rumus tenses bahasa inggris pada artikel sebelumnya.

Contoh Congratulation Card Singkat

Selain pemilihan kata dalam ucapan selamat bahasa inggris di atas, kita juga bisa memperhatikan desain pada kartu yang akan dibuat nantinya. Kalian bisa menambahkan berbagai hiasan maupun foto pada kartu ucapan selamat bahasa inggris tersebut. Menurut saya pribadi, memberikan ornamen mampu meningkatkan nilai estetik dari kartu itu sendiri.

Jika ternyata tak memiliki inspirasi kalian bisa mencari referensi dari internet. Perkembangan teknologi semakin memudahkan kita untuk mencari contoh congratulation card dengan berbagai model.

8 Contoh Congratulation Card (Kartu Ucapan Selamat Dalam Bahasa Inggris)
Contoh congratulation card oleh hanifah sukma

Pada contoh congratulation card diatas dapat kita simpulkan bahwa hanifah sukma, siswi SMA N 1 Ngemplak memberikan ucapan selamat dalam bahasa inggris kepada septi HP, karena septi telah sukses dan mendapatkan nilai yang baik dalam ujian nasional mata pelajaran matematika. Dalam kartu ucapan selamat bahasa inggris tersebut kita juga bisa melihat bahwa penulis memberikan berbagai hiasan yang secara tidak langsung menggambarkan ucapan selamat.

Contoh Congratulation Card Menarik

Menyusun kalimat secara singkat, padat, bermakna, namun tetap menarik bukanlah perkara mudah. Terlebih lagi jika harus menghiasnya dengan berbagai ornamen untuk mempercantik tampilan kartu. Jika merasa bingung hendak membuat model seperti apa alangkah baiknya simaklah konsep berikut.

8 Contoh Congratulation Card (Kartu Ucapan Selamat Dalam Bahasa Inggris)
Contoh ucapan selamat atas kesuksesan dalam bahasa inggris

Contoh lain dari congratulation card dapat kita lihat pada gambar diatas. Ucapan selamat dalam bahasa inggris diatas menggabarkan bahwa lusi (Siswi SMA N 1 Ngemplak, Boyolali) merupakan seorang penggemar pemain sepak bola timnas, Lusi memberikan ucapan selamat dalam bahasa inggris karena idolanya telah membawa tim Indonesia memenangkan kompetisi sepak bola Sea Games di Malaysia. Selain memberikan ucapan selamat bahasa inggris, memberikan berbagai hiasan menarik bernuansa sepak bola, lusi juga menambahkan foto idolanya.

Contoh Ucapan Bahasa Inggris Keren

8 Contoh Congratulation Card (Kartu Ucapan Selamat Dalam Bahasa Inggris)
Contoh ucapan selamat atas kelulusan dalam bahasa Inggris

Selain digunakan untuk mengucapkan selamat atas kesuksesan dan keberhasilan orang dalam berbagai bidang, kita juga bisa menggunakan congratulation card untuk mengucapkan selamat pada teman kita yang baru saja lulus dari SMA, SMK maupun bangku perkuliahan. Seperti contoh pada gambar diatas, septi yang merupakan siswi SMA N 1 Ngemplak Boyolali, memberikan ucapan selamat dalam bahasa inggris kepada temannya Hanif atas kelulusannya dan prestasi yang didapatnya.

Contoh Ucapan Selamat Ulang Tahun Bahasa Inggris

Memberikan ucapan selamat ulang tahun merupakan bentuk paling sederhana congratulation card. Karena dalam ucapan tersebut memuat seluruh aspek serta tujuan komunikatif dari functional text itu sendiri. Yakni memberikan selamat, mengapresiasi, serta mengungkapkan harapan di kemudian hari.

Sayangnya, masih banyak siswa yang terkesan bingung merangkai kata-kata. Penyebabnya tak lain karena perasaan kurang familiar dengan bahasa inggris. Padahal kalian dapat mengutip contoh ucapan tersebut dari berbagai sumber khususnya internet. Jika kebetulan kamu sedang mendapat tugas dari guru untuk menulis teks fungsional satu ini maka simaklah contoh di bawah.

Dear Beti
Happy birthday Beti. Hopefully long life, healthy always and I hope anything you can materialize. Forgive me for not being able to meet you and join your birthday. I’m having a hitch I really hope that good things are always with you.
Your friend,
Lina

8 Contoh Congratulation Card (Kartu Ucapan Selamat Dalam Bahasa Inggris)
contoh ucapan selamat ulang tahun dalam bahasa inggris

Ucapan selamat pada dasarnya dapat diklasifikasikan kedalam materi greeting. Namun ucapan selamat juga dapat kita golongkan menjadi congratulation. Hal ini disebabkan karena ucapan selamat yang kita berikan merupakan gambaran atas kegembiraan kita karena teman kita baru saja berulangtahun. Untuk memberikan birthday congratulation card kita dapat menambahkan berbagai hiasan seperti pita, kue ulang tahun, gambar gambar kartun dan sebagainya yang merupakan ornamen sekaligus atribut persta ulang tahun.

Inilah contoh congratulation card atau kartu ucapan selamat yang dapat saya bagikan. Congratulation card memiliki arti yang hampir sama dengan greeting card. Namun untuk greeting card lebih bersifat umum, sedangkan congratulation card bersifat khusus. Semoga artikel ini dapat menambah ilmu anda. Terima kasih.

Baca Juga  Contoh Iklan Lowongan Kerja Dalam Bahasa Inggris Beserta Artinya

2 komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.