Contoh Simbiosis Mutualisme Dan Pengertian Simbiosis Mutualisme

Diposting pada

Contoh Simbiosis Mutualisme Dan Pengertian Simbiosis Mutualisme – Simbiosis adalah hubungan timbal balik yang terjadi antara makhluk satu dengan makhluk yang lain. Simbiosis sendiri dapat dibedakan menjadi 3 jenis yakni: Simbiosis Mutualisme, Simbiosis Komensalisme, dan Simbiosis Parasitisme. Pada materi kali ini kita akan membahas tentang pengertian, ciri-ciri simbiosis mutualisme, dan contoh dari simbiosis mutualisme.

Apa saja contoh simbiosis mutualisme? Apa pengertian simbiosis mutualisme? Simbiosis yang satu ini memiliki ciri khasnya sendiri yaitu saling menguntungkan sehingga diantara makhluk makhluknya saling untung. Berbeda lagi dengan jenis simbiosis lainnya dalam ilmu pengetahuan alam. Dari pengertian tersebut dapat kita ketahui perbedaan antara simbiosis simbiosis tersebut.

contoh simbiosis mutualisme
contoh simbiosis mutualisme

Sebelum kita membahas contoh Simbiosis Mutualisme dan pengertian Simbiosis Mutualisme. Terlebih dahulu kita harus memahami pengertian simbiosis secara umum. Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa Simbiosis merupakan hubungan atau interaksi yang terjadi antara satu makhluk dengan makhluk lainnya yang dapat menimbulkan keuntungan dan kerugian bagi masing-masing pelakunya.

Contoh Simbiosis Mutualisme Dan Pengertian Simbiosis Mutualisme

Pernahkah anda berpikir bagaimana hubungan antara kerbau dan burung jalak? atau ikan hiu dengan ikan remora? Interaksi tersebut bisa disebut sebuah simbiosis yang saling menguntungkan. Materi simbiosis tergolong dalam materi ilmu pengetahuan alam. Materi ini umum dijumpai pada jenjang sekolah baik itu sekolah dasar, SMP, SMA, maupun SMK.

Simbiosis mutualisme merupakan jenis simbiosis yang paling mudah dipahami jika dibandingkan dengan simbiosis simbiosis lainnya. Dibawah ini adalah materi tentang simbiosis mutualisme seperti pengertian, ciri-ciri simbiosis mutualisme dan contoh simbiosis mutualisme yang dapat anda pelajari.

Pengertian Simbiosis Mutualisme

Jika definisi simbiosis adalah hubungan yang terjadi antar makhluk, maka simbiosis mutualisme adalah hubungan yang terjadi antara makhluk satu dengan makhluk yang lainnya dan dalam hubungan ini dapat menimbulkan keuntungan bagi masing masing pihak. Simbiosis mutualisme bersifat menguntungkan karena kedua belah pihak yang menjalin simbiosis sama-sama mendapatkan keuntungan dalam melakukan interaksi.

Ciri Ciri Simbiosis Mutualisme

Bagaimana kita mengetahui kalau sebuah interaksi akan berakhir pada simbiosis mutualisme? Sebuah simbiosis dapat dikatakan menguntungkan atau mutualisme jika memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  1. Saling menguntungkan kedua belah pihak.
  2. Terjadi dalam jangka waktu singkat maupun lama.
  3. Tidak menimbulkan kerugian dalam jangka waktu tertentu.
Baca Juga  Merasionalkan Penyebut Pecahan Bentuk Akar Beserta Contoh

Tiga hal diatas merupakan karakteristik dari simbiosis yang sama sama menguntukan. Namun ciri-ciri simbiosis mutualisme yang paling mencolok adalah terjadinya interaksi yang menguntungkan kedua belah pihak.

Baca Juga : Contoh Simbiosis Komensalisme Dan Pengertian Simbiosis Komensalisme

Contoh Simbiosis Mutualisme

Simbiosis mutualisme antara kerbau dengan burung jalak
Kerbau mendap keuntungan karena parasit pada kulit kerbau akan dimakan oleh burung jalak. Begitu juga burung jalak yang mendapatkan keuntungan karena mendapatkan makanan dari kerbau.

Simbiosis mutualisme antara ikan hiu dengan ikan remora
Ikan remora mendapatkan keuntungan dengan selalu didekat ikan hiu untuk menghindar dari pemangsa dan memakan kotoran pada kulit hiu. hiu mendapatkan keuntungan karena kotoran pada kulitnya dimakan ikan remora.

Simbiosis mutualisme antara cacing dengan tanaman
Cacing mendapatkan keuntungan dengan tinggal didekat tanaman karena didekat tanaman selalu terdapat banyak humus dan air. Begitu juga dengan tanaman mendapatkan keuntungan dari cacing karena cacing dapat menyuburkan dan menggemburkan tanah.

Simbiosis mutualisme antara bunga dengan kumbang
Kumbang dapat membantu proses penyerbukan bunga, dan bunga dapat memberi madu kepada kumbang tersebut. Proses ini merupakan suatu interaksi yang menguntungkan kedua belah pihak.

Itulah materi tentang pengertian simbiosis mutualisme, ciri-ciri simbiosis mutualisme dan contoh simbiosis mutualisme yang dapat anda pelajari. Memahami berbagai macam simbiosis merupakan hal mendasar yang harus dikuasai oleh semua siswa. Materi simbiosis mutualisme sendiri tidaklah terlalu susah karena kita bisa mempelajarinya secara langsung di sekitar kita.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.