Pengertian Ideologi Secara Umum dan Menurut Ahli

Diposting pada

Pengertian Ideologi Secara Umum dan Menurut AhliDalam sebuah negara pasti selalu berpedoman pada ideologi. Di bangku sekolahpun para siswa juga diajarkan mengenai definisi ideologi, baik secara umum maupun menurut para ahli. Lalu apa itu ideologi? Apa pengertian dari ideologi? Sebenarnya pengertian ideologi memiliki banyak makna karena dapat berupa pendapat para ahli maupun berasal dari beberapa sumber.

Berdasarkan semua sumber definisi ideologi tadi dapat disimpulkan menjadi pengertian ideologi sesungguhnya. Lalu apa sih ideologi itu? Pengertian ideologi secara umum ialah sekumpulan ide, gagasan, kepercayaan dan keyakinan yang memiliki sifat sistematis dengan tujuan dan arah yang dapat dicapai melalui kehidupan nasional berbangsa dan bernegara.

Pengertian Ideologi Secara Umum dan Menurut Ahli
Makna dari Ideologi

Ideologi menurut istilah bahasa Inggris yaitu “idea” yang artinya konsep, cita cita, pengertian dasar, gagasan dan kata “logi” memiliki istilah Yunani yaitu logos yang berarti pengetahuan aau ilmu. Definisi ideologi secara harfiah ialah sebuah pengetahuan mengenai gagasan, ide ide, pengertian dasar ataupun science of ideas. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan lebih lengkap mengenai pengertian ideologi secara umum dan menurut ahli. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak dibawah ini.

Pengertian Ideologi Secara Umum dan Menurut Ahli

Menurut bahasa Yunani, kata ideologi berarti “Idein” yang artinya melihat atau “Idea” yang artinya perawakan, buah pikiran, raut muka, gagasan, logika atau ajaran. Kemudian kata “Logos” yang artinya ilmu. Secara umum definisi ideologi yaitu sekumpulan ide, gagasan, kepercayaan dan keyakinan yang memiliki sifat sistematis dengan tujuan dan arah yang dapat dicapai melalui berbagai bidang kehidupan. Bidang tersebut meliputi bidang politik (keamanan, hukum dan pertahanan), bidang kebudayaan, bidang sosial dan bidang keagamaan. 

Pada tahun 1796 terdapat filsuf Perancis yang bernama Destutt de Tracy berhasil menemukan istilah ideologi pertama kali. Namun pengertian ideologi tersebut menjelaskan tentang bidang otonom yang menganalisis secara ilmiah mengenai cara berpikir manusia. Namun istilah otonom secara luas berarti metafisika ataupun ide tentang sains. Ideologi tersebut diduga dapat menjadi visi yang bersifat komprehensif, cara pandang sesuatu, akal sehat dari berbagai kecenderungan filosofis, ataupun sekumpulan ide berdasarkan pendapat masyarakat dominan bagi semua anggota masyarakat.

Ideologi tersebut dapat sebagai dasar keyakinan dalam penyembunyian kontradisksi internal. Yang maksudnya dalam sebuah ideologi pasti menyembunyikan sebuah kontradiksi yang terdapar dalam ajarannya. Contohnya, dalam demokrasi liberal terdapat ajaran yang memiliki kelemahan yang bersifat merugikan sesama manusia dalam pemberian kesempatan untuk lebih berkembang. Manusia yang dianggap gagal ialah orang orang yang tidak mampu mencapai kesuksesan dan bukan dikarenakan kontradiksi yang terdapat dalam sistem ekonomi tersebut. Sebenarnya pengertian ideologi juga dapat dikemukakan menurut para ahli.

Pengertian Ideologi Menurut Para Ahli

Dibawah ini terdapat beberapa definisi ideologi menurut para ahli. Berikut penjelasannya:

1. Ideologi menurut Francis Bacon ialah sebuah sintesan pemikiran dasar dalam sebuah konsep kehidupan.

2. Ideologi menurut Gunawan Setiardjo ialah sekumpulan gagasan, ide, aqidah ‘aqliyyah atau akidah melalui proses berpikir yang menciptakan aturan dalam kehidupan.

3. Ideologi menurut Taqiyuddin An-Nabhani Mabda’ ialah sebuah aqidah ‘aqliyyah yang menciptakan kehidupan. Aqidah tersebut memiliki makna yang luas yaitu keseluruhan pemikiran mengenai manusia, hidup dan alam semesta, baik sebelum maupun sesudah kehidupan. Selain itu terdapat kaitannya dengan Zat yang telah menciptakan kita sebelum dan sesudah menjalani kehidupan di dunia ini. Selain itu terdapat istilah Mabda’ yaitu sebuah ide yang mendasar secara keseluruhan tentang manusia, hidup dan alam semesta, baik secara fikrah maupun thariqah.

4. Pengertian ideologi menurut Destutt de Tracy ialah pembelajaran tentang pemikiran atau ide ide tertentu.

5. Definisi ideologi menurut Descartes ialah dasar dari seluruh pemikiran manusia.

6. Ideologi menurut Napoleon ialah semua pemikiran politik yang berasal dari semua rivalnya. 

7. Ideologi menurut Machiavelli ialah suatu sistem yang melindungi kekuasaan yang dimiliki penguasa.

8. Ideologi menurut Karl Marx ialah alat yang digunakan dalam mencapai kesejahteraan dan kesetaraan yang sama dalam masyarakat.

9. Pengertian ideologi menurut Thomas H. ialah sebuah cara dalam melindungi kekuasan pemerintah dalam mengatur rakyat dan tetap dapat bertahan.

10. Definisi ideologi menurut Dr. Hafidh Shaleh ialah suatu pemikiran ataupun ide yang berupa aqidah aqliyah maupun konsep rasional. Hal ini mengandung solusi maupun akidah dalam menyelesaikan masalah kehidupan manusia. Pemikiran tersebut memiliki metode yang aktual, mempertahankan, dan menyebar di seluruh dunia. 

Demikianlah penjelasan mengenai pengertian ideologi baik secara umum maupun berdasarkan para ahli. Secara garis besar ideologi ialah sekumpulan ide, gagasan dan keyakinan yang digunakan untuk mencapai kehidupan diberbagai bidang. Semoga artikel ini dapat menambah ilmu anda. Terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Baca Juga  Pelaksanaan Politik Luar Negeri Mencerminkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.