Rumus Luas dan Keliling Lingkaran Beserta Contoh

Diposting pada

Rumus Luas dan Keliling Lingkaran Beserta ContohBangun datar Matematika memiliki beberapa bentuk seperti lingkaran, persegi, trapesium dan sebagainya. Setiap bentuk bangun datar memiliki rumus masing masing. Seperti halnya rumus luas lingkaran dan rumus keliling lingkaran ini. Rumus lingkaran telah kita pelajari ketika dibangku sekolah. Namun walaupun demikian masih terdapat beberapa siswa yang lupa dengan rumus tersebut.

Lingkaran secara umum memiliki rumus yang didasarkan pada unsur unsur bagian di dalamnya. Unsur tersebut dapat berupa jari jari lingkaran maupun diameter lingkaran. Selain itu adapula nilai phi (π) yang juga digunakan sesuai besar jari jari lingkarannya. Phi memiliki nilai yang besarnya 3,14 ataupun 22/7.

Bagaimana rumus lingkaran itu? Rumus luas lingkaran dengan rumus keliling lingkaran pada dasarnya hampir mirip. Maka tidak heran apabila para siswa sering keliru dalam menggunakannya. Dengan kejadian tersebut kita harus lebih teliti dalam mengerjakan soal soal yang ada. Kali ini saya akan menjelaskan mengenai rumus luas dan keliling lingkaran beserta contohnya. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Rumus Luas dan Keliling Lingkaran Beserta Contoh

Apakah anda tahu apa saja bagian bagian dari lingkaran itu? Sebelum membahas tentang rumus luas dan keliling lingkaran, saya akan menjelaskan terlebih dahulu mengenai bagian bagian lingkaran. Berikut gambar dan penjelasan mengenai bagian bagian bangun lingkaran yaitu:

http://www.antotunggal.com/2018/01/rumus-luas-dan-keliling-lingkaran.html
Bagian Bagian Lingkaran

Gambar gambar di atas dapat digunakan dalam rumus luas lingkaran maupun rumus keliling lingkaran. Adapun keterangan di masing masing bagian yaitu:

1. Gambar lingkaran no. 1 merupakan titik pusat lingkaran. Titik pusat lingkaran ialah titik yang berada ditengah tengah atau pusat lingkaran.

Baca juga : Contoh Soal Skala Beserta Pembahasan

2. Gambar lingkaran no. 2 merupakan jari jari lingkaran. Jari jari lingkaran ialah garis yang diambil dari pusat lingkaran kemudian ditarik menuju luar lingkaran sampai menyentuh garis lengkung lingkaran. Jari jari lingkaran memiliki lambang R atau r. Dalam rumus lingkaran biasanya ditemukan jari jari ini di dalamnya.

3. Gambar lingkaran no. 3 merupakan diameter lingkaran. Diameter lingkaran ialah garis yang melewati titik pusat serta dihubungkan dengan dua titik pada garis lengkung lingkaran. Diameter lingkaran merupakan garis tengah lingkaran membagi menjadi dua bidang yang besarnya sama. Diameter lingkaran memiliki lambang D. Diameter juga sering ditemukan dalam rumus luas lingkaran maupun rumus keliling lingkaran.

4. Gambar lingkaran no. 4 merupakan tali busur. Tali busur ialah garis yang menghubungkan antara dua titik yang terdapat dalam lingkaran.

5. Gambar lingkaran no. 5 merupakan apotema lingkaran. Apotema lingkaran ialah garis yang ditarik dari tengah lingkaran serta tegak lurus dengan tali busur. Apotema lingkaran merupakan jarak yang terdapat diantara titik tengah dengan tali busur lingkaran.

6. Gambar lingkaran no. 6 merupakan busur lingkaran. Busur lingkaran ialah sebuah bagian yang terdapat dalam keliling lingkaran.

7. Gambar lingkaran no. 7 merupakan juring lingkaran. Juring lingkaran ialah daerah yang terdapat didalam lingkaran dan dibatasi oleh dua jari jari lingkaran maupun busur lingkaran. Kemudian berhadapan dengan sudut pusat dari dua jari jari lingkaran tadi.

8. Gambar lingkaran no. 8 merupakan tembereng lingkaran. Tembereng lingkaran ialah daerah yang terdapat didalam lingkaran dan dibatasi oleh tali busur maupun busur lingkaran.

Baca juga : Rumus dan Contoh Soal Perbandingan Lengkap

Rumus Luas Lingkaran

Sebuah lingkaran dapat ditentukan luasnya menggunakan rumus luas. Rumus ini tentunya berbeda dengan rumus luas bangun datar lainnya. Adapun rumus lingkaran yang digunakan yaitu:

Luas = π × r²

Keterangan :
r = jari jari lingkaran, untuk satuannya tergantung soal, misal meter.
π = phi (3,14 atau 22/7)
Luas lingkaran memiliki satuan kuadrat, contohnya m² atau cm².

Contoh Soal Luas Lingkaran

1. Sebuah lingkaran memiliki diamater 28 cm. Hitunglah luas lingkarannya?

Pembahasan
Diketahui : d = 28 cm, r = d/2 = 28/2 = 14 cm
Ditanyakan: Luas lingkaran = ?
Jawab.
Luas = π × r²
         = 22/7 x 14²
         = 616 cm²
Jadi luas lingkarannya ialah 616 cm² .

2. Bangun datar lingkaran memiliki jari jari 20 cm. Hitunglah luas lingkarannya?

Pembahasan
Diketahui : r = 20 cm
Ditanyakan: Luas lingkaran = ?
Jawab.
Contoh soal luas lingkaran ini dapat diselesaikan dengan rumus tertentu. Adapun rumus luas lingkaran yang digunakan yaitu:
Luas = π × r²
         = 3,14 x 20²
         = 1256 cm²
Jadi luas lingkarannya ialah 1256 cm² .

Rumus Keliling Lingkaran

Sebuah lingkaran dapat ditentukan kelilingnya menggunakan rumus keliling. Berikut rumus lingkaran yang digunakan yaitu:

Keliling = 2 × π × r   atau
Keliling = π × d

Keterangan :
r = jari jari lingkaran, untuk satuannya tergantung soal, misal meter.
d = diameter lingkaran, untuk satuannya tergantung soal, misal meter.
π = phi (3,14 atau 22/7)

Baca juga : Rumus Luas dan Volume Tabung Beserta Cara Menghitungnya

Contoh Soal Keliling Lingkaran

1. Sebuah lingkaran memiliki jari jari 40 cm. Berapakah keliling lingkaran tersebut?

Pembahasan
Diketahui : r = 40 cm
Ditanyakan: Keliling lingkaran = ?
Jawab.
Keliling = 2 × π × r
              = 2 x 3,14 x 40
              = 251,2 cm
Jadi keliling lingkarannya ialah 251,2 cm.

2. Berapakah keliling lingkaran apabila diameternya 10 cm?

Pembahasan
Diketahui : d = 10 cm
Ditanyakan: Keliling lingkaran = ?
Jawab.
Contoh soal keliling lingkaran ini dapat diselesaikan dengan rumus tertentu. Adapun rumus keliling lingkaran yang digunakan yaitu:
Keliling = π × d
              = 3,14 x 10
              = 31,4 cm
Jadi keliling lingkarannya ialah 31,4 cm.

3. Sebuah lingkaran diketahui mempunyai keliling  132 cm. Berapakah nilai diameter lingkarannya?

Pembahasan
Diketahui : K = 132 cm
Ditanyakan: Diameter lingkaran = ?
Jawab.
Contoh soal lingkaran ini dapat diselesaikan dengan rumus lingkaran seperti di bawah ini:
Keliling = π × d
       132 = 22/7 x d
           d = 132 x (7/22)
           d = 42 cm
Jadi diameter lingkarannya ialah 42 cm.

Demikianlah penjelasan mengenai rumus luas lingkaran dan rumus keliling lingkaran. Lingkaran memiliki rumus luas dan keliling yang hampir sama. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Baca Juga  Kumpulan Rumus Bangun Datar (Luas dan Keliling) Lengkap

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *