Tujuan Pohon Jati Menggugurkan Daunnya Ketika Musim Kemarau

Diposting pada

Tujuan Pohon Jati Menggugurkan Daunnya Ketika Musim Kemarau – Pada musim kemarau tanah akan mengalami pengurangan kadar air. Kadar air tersebut berguna untuk kelangsungan hidup bagi tumbuhan. Jika kadar air dalam tanah berkurang maka tumbuhan harus beradaptasi dengan musim tersebut. Seperti halnya tujuan pohon jati menggugurkan daunnya ketika musim kemarau. Apakah anda pernah menjumpai pohon yang tidak memiliki daun? Pohon tersebut tidak memiliki daun dikarenakan dimakan oleh ulat ataupun karena sengaja menggugurkan daunnya.

Di musim kemarau tentunya setiap jenis tumbuhan memiliki caranya masing masing untuk beradaptasi. Adaptasi terhadap lingkungan ini merupakan bentuk tumbuhan untuk mempertahankan hidupnya. Seperti halnya pohon jati. Pohon jati beradaptasi di musim kemarau dengan cara menggugurkan daunnya. Apa anda tahu alasan pohon jati menggugurkan daun dimusim kemarau?

Tujuan Pohon Jati Menggugurkan Daunnya Ketika Musim Kemarau
Tujuan Pohon Jati Menggugurkan Daunnya

Pohon pohon yang terdapat dihutan banyak sekali yang mengalami adaptasi dengan lingkungan dan musim. Terlebih lagi hutan tropis yang terdapat di Indonesia. Banyak sekali pohon pohon yang melakukan adaptasi musim dengan cara menggugurkan daunnya. Seperti halnya pohon jati. Lalu apa tujuan pohon jati menggugurkan daunnya? Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang tujuan pohon jati menggugurkan daunnya ketika musim kemarau. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Tujuan Pohon Jati Menggugurkan Daunnya Ketika Musim Kemarau

Seperti yang sudah saya jelaskan di atas bahwa setiap makhluk hidup akan melakukan adaptasi dengan lingkungannya demi mempertahankan hidupnya. Bentuk adaptasi ini dapat dilakukan dalam berbagai iklim dan cuaca. Misalnya saja tumbuhan akan melakukan penguguran daunnya ketika berada di musim kemarau. Berbeda lagi jika cuacanya musim hujan, tumbuhan tersebut tidak akan melakukan pengguguran daunnya. Tetapi tidak semua tumbuhan melakukan pengguguran daun ketika musim kemarau. Ada salah satu contoh tumbuhan yang melakukan adaptasi tersebut yaitu pohon jati.

Pohon jati merupakan salah satu jenis pohon yang melakukan adaptasi dengan lingkungannya saat musim kemarau. Pohon jati akan menggugurkan daun saat musim kemarau demi beradaptasi dengan lingkungan. Namun tujuan pohon jati akan menggugurkan daunnya ketika musim kemarau ialah untuk mengurangi penguapan yang berlebihan di dalam pohon tersebut. Penguapan ini berlangsung dibagian daun jati. Maka dari itu daun jati harus digugurkan. Jika daun jati tersebut tidak digugurkan maka pohon akan mati. Hal ini dikarenakan penguapan akan terus terjadi, meskipun air yang diperoleh dari tanah sangat sedikit.

Baca juga : Pengertian Limbah Organik dan Anorganik Beserta Contoh

Semua jenis pohon jati akan melakukan pengguguran daunnya untuk beradaptasi dan bertahan hidup. Tujuan pohon jati menggugurkan daunnya ketika musim kemarau pada setiap jenis pohon adalah sama. Selain jati adapula pohon lainnya yang melakukan pengguguran daun seperti pohon petai, pohon albasiar, pohon mahoni dan pohon akasia. Pohon pohon tersebut menggugurkan daunnya untuk mengurangi penguapan air. Cadangan air yang terdapat dipohon tersebut berada di akar pohon dan dapat bertahan sampai musim kemarau selesai. Apabila penguapan tidak diatasi saat musim kemarau, maka cadangan air akan terus habis dan membuat pohon mati.

Setiap musim para pohon di bumi ini memiliki proses adaptasi yang berbeda. Misalnya saja saat musim semi, maka pohon akan berbunga dan berbuah. Setelah itu akan mulai tumbuh biji pada musim panas. Kemudian daun akan mulai gugur saat kemarau. Hal ini juga terjadi pada pohon jati. Nah apakah anda sudah mengerti tujuan pohon jati ketika menggugurkan daunnya?

Baca juga : Macam Macam Bentuk Tulang Daun Beserta Contohnya

Demikianlah penjelasan mengenai tujuan pohon jati menggugurkan daunnya ketika musim kemarau. Pohon jati tersebut menggugurkan daunnya untuk mengurangi penguapan. Semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Baca Juga  Pengertian Magnet, Sifat, Jenis dan Cara Membuatnya

1 komentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.