10 Contoh Cerita Fabel Singkat dan Pendek Beserta Strukturnya

Diposting pada

10 Contoh Cerita Fabel Singkat dan Pendek Beserta StrukturnyaTerdapat berbagai jenis teks dalam bahasa indonesia, salah satunya adalah teks cerita bergaya narasi (karangan) seperti cerita fabel. Cerita sendiri sangat digemari oleh banyak orang karena bersifat menghibur pembaca melalui alur dan berbagai unsur cerita tersebut. Seperti yang kita ketahui, cerita juga memiliki beragam kategori, misalnya cerita fabel, cerita dongeng, cerita mitos dan lain lain. Namun cerita yang cukup banyak digemari ialah contoh cerita fabel pendek.

Banyak sekali contoh contoh cerita fabel singkat maupun pendek yang dapat kita jumpai, baik secara online ataupun offline. Bahkan tidak jarang cerita fabel tersebut diterbitkan dalam sebuah buku cerita anak. Dibalik cerita fabel tersirat pesan moral yang dapat diambil. Teks cerita fabel ialah salah satu jenis teks bahasa indonesia yang menceritakan kehidupan binatang dengan perilaku hampir mirip manusia.

10 Contoh Cerita Fabel Singkat dan Pendek Beserta Strukturnya
Contoh cerita fabel pendek beserta strukturnya

Cerita fabel pada dasarnya termasuk kedalam jenis cerita fiksi dan tidak ada unsur nyata. Cerita tersebut dibuat menggunakan unsur imajinasi tanpa mengaitkannya pada kehidupan nyata. Cerita fabel biasanya disebut cerita moral karena didalamnya terdapat pelajaran yang dapat diambil. Pada umumnya cerita fabel mengandung tokoh tokoh binatang. Cerita tersebut memiliki kemiripan dengan kehdupan manusia berserta karakter karakternya. Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan beberapa contoh cerita fabel singkat dan pendek beserta struktur cerita fabel. Langsung saja dapat anda simak dibawah ini.

10 Contoh Cerita Fabel Singkat dan Pendek Beserta Strukturnya

Dalam Bahasa Indonesia tentunya kita mengenal ada beberapa jenis teks cerita. Misalnya cerita fabel, legenda, biografi dan sebagainya. Cerita fabel ini merupakan salah satu jenis teks cerita Bahasa Indonesia yang cukup populer, terutama di kalangan anak anak. Anak anak tersebut banyak yang menggemari jenis cerita ini karena di dalamnya terdapat tokoh tokoh binatang. Namun binatang binatang ini memiliki karakter yang hampir sama dengan manusia pada umumnya.

Dalam cerita fabel terdapat tokoh binatang dengan karakter yang memiliki kemiripan dengan sifat manusia. Sifat tersebut dapat berupa kebaikan ataupun keburukan. Para tokoh binatang memiliki sifat yang sopan, jujur, senang bersahabat, pintar maupun sifat sifat terpuji lainnya. Namun para tokoh binatang juga memiliki sifat sombong, suka menipu, ingin menang sendiri, licik, culas maupun sifat tercela lainnya.

Baca juga : Contoh Majas Personifikasi Beserta Penjelasan

Cerita fabel menjadi sarana maupun tempat yang mungkin dapat memberikan nilai atau pesan moral. Pada pembuatan contoh cerita fabel singkat juga harus memperhatikan struktur cerita fabel yang berlaku. Struktur tersebut digunakan untuk membuat ceritanya menjadi lebih menarik.

Struktur Cerita Fabel

Struktur ialah suatu hal yang digunakan untuk mengembangkan suatu teks. Struktur cerita fabel meliputi resolusi, orientasi, komplikasi maupun koda. Berikut penjelasan mengenai struktur cerita fabel :

  • Koda ialah struktur cerita fabel yang terdapat dibagian akhir cerita. Struktur tersebut biasanya mengandung amanat ataupun pesan pada cerita.
  • Resolusi ialah struktur cerita fabel yang berisi cara memecahkan masalah yang dialami oleh tokoh cerita.
  • Komplikasi ialah struktur cerita fabel yang mengandung klimaks ataupun puncak dari masalah yang dialami oleh tokoh cerita.
  • Orientasi ialah struktur cerita fabel yang terdapat dibagian akhir cerita. Dalam struktur ini biasanya mengandung latar tempat, perkenalan tokoh, waktu, maupun perkenalan background.

Selain struktur, dalam contoh cerita fabel biasanya juga memiliki kaidah kebahasaan yang juga menjadi ciri ciri khusus dari jenis teks cerita ini. Adapun ciri cirinya adalah mirip seperti cerita narasi atau karangan. Jika anda

Contoh Cerita Fabel Singkat Pendek

Seperti yang saya sampaikan diatas bahwa kita bisa menemukan berbagai contoh cerita fabel pendek lengkap dengan strukturnya di berbagai media baik cetak maupun non cetak. Terlebih lagi jika kita masih duduk di bangku sekolah tentunya dengan mudah kita akan menjumpai contoh pada cerita fabel ini.

Dibawah ini telah saya sajikan beberapa contoh pada cerita fabel terbaik yang bisa kita ambil hikmahnya ataupun sekedar kita jadikan sebagai bacaan ringan. Setiap contoh cerita dibawah memiliki penokohan, alur, latar, dan setting yang berbeda beda, jadi silahkan simak cerita fabel dibawah ini.

Contoh Cerita Fabel Singkat “Katak dan Ular Piton”

Disebuah danau hiduplah dua binatang bernama katak dan ular air. Katak tersebut melompat lompat disekitar danau karena ia termasuk hewan yang suka ingin tahu. Katak tersebut ingin mencari kegiatan baru dengan cara berpetualang disekitar danau. Dengan senangnya sang katak melompat lompat menjauhi danau. Iapun terkejut karena ada semak semak yang goyang. Ternyata dibalik semak semak tersebut muncullah ular piton. Katakpun kaget dan berusaha menjauhi ular piton, kemudian ia berusaha kembali ke danau lagi. Sebelum katak menjauhi ular, ternyata si piton menyadari keberadaan katak. Ular tersebut berusaha mendekati katak dan merayap dengan cepat.

10 Contoh Cerita Fabel Singkat dan Pendek Beserta Strukturnya
contoh cerita fabel singkat dan pendek tentang katak dan ular piton

Setelah ular dekat dengan katak, ia segera mengangkat kepalanya dengan tinggi dan berkata, “Hai katak gemuk apa yang kau lakukan dihutan ini?” Katak tersebut takut dengan ular dan berusaha untuk menjauh. Sang ular pun berkata bahwa ia tak akan memakan katak karena ia sudah memakan kelinci kecil. Kemudian sang kata berkata, “Aku ingin berpetulang dan mencari kegiatan baru”. Sang ular menawarkan petualangan yang seru dan katakpun mau. Apabila katak ingin mencoba petualangan baru, ia harus menjelajahi hutan sendirian. Katakpun belum pernah menelusuri sekitar hutan karena ia takut dimangsa hewan hewan buas lainnya.

Baca juga : Pengertian, Jenis Jenis dan Contoh Majas Dalam Puisi

Sang ular meawarkan bantuan untuk menemani katak menjelajahi hutan. Ia berkata,”Wahai ular carilah tali dan ikatkan pada ekorku.” Sang kata bertanya, “Untuk apa tali itu?” Tali tersebut untuk menjaga agar katak tidak tertinggal jauh ketika dihutan, jadi ia tetap aman bersama ular. Katak tersebut tidak pikir panjang dan menerima tawaran  ular. Katakpun mencari tali dan mengikatkan perutnya dengan ekor sang ular. Setelah itu mereka berjalan menjelajahi hutan, sampai ditengah hutan sang ular memiliki niat buruk. Ia ingin berusaha membelit katak. Ular tesebut berusaha membelit katak namun tubuh katak disambar oleh elang dan digelantungkan di udara. Elang tadi menyadari bahwa ia juga menangkap piton karena ekornya terikat dengan katak.

Pesan moral dari contoh cerita fabel singkat diatas yaitu jauhilah niat buruk terhadap orang lain karena dikemudian hari akan merugikan kita.

Contoh Cerita Fabel Singkat “Kelinci dan Siput”

Pada jaman dahulu hiduplah dua binatang dihutan yang luas. Binatang itu ialah kelinci dan siput. Kelinci tersebut memiliki sifat sangat sombong dan pemarah. Bahkan sang kelinci sering meremehkan hewan hewan lainnya. Ketika ia berjalan jalan disekitar hutan, kelinci itu bertemu sang siput berjalan dengan lambatnya. Kelinci berkata, “ Siput, apa yang kamu lakukan disini?” Siput menjawab,” Aku sedang mencari penghidupan.” Kelinci tersebut malah marah karena ia berpikir sang siput hanya berlagak mencari penghidupan. Si siput berusaha menjelaskan maksud jawabannya tadi namun kelinci tetap saja marah bahkan ia juga mengancam akan menginjak tubuh siput.

10 Contoh Cerita Fabel Singkat dan Pendek Beserta Strukturnya
contoh cerita fabel pendek tentang siput dan kelinci

Akhirnya siput menantang adu kecepatan dengan kelinci. Mendengar tantangan tersebut sang kelinci marah besar. Ia menerima tawaran siput dan berkata dengan keras agar hewan hewan lain menjadi saksi perlombaan lari antara kelinci dengan siput. Hari perlombaan tiba, kelinci dan siput tadi berlomba lari untuk sampai kefinish. Namun sebelumnya si siput memiliki akal untuk meminta siput siput lainnya berada di titik titik jalur lomba lari sampai ke finish. Hal ini dikarenakan cangkang semua siput memiiliki kesamaan, dengan begitu hewan hewan lain tidak akan curiga. Kelincipun melompat dan berlari meninggalkan siput dijalur start. Akhirnya rencana siput berjalan lancar dan akhirnya siput tadi menjadi pemenang walaupun sebenarnya yang memasuki finish ialah temannya. Dengan kemenangan siput membuat kelinci menjadi tidak sombong dan tidak pemarah lagi.

Pesan moral contoh cerita fabel singkat diatas ialah jangan suka meremehkan orang lain dengan kesombongan kita. Kesombongan tersebut akan membuat kita rugi dan menyesal dikemudian hari.

Contoh Cerita Fabel Pendek “Gajah, Kerbau dan Harimau”

Suatu hari ada seekor kerbau mencari gajah didalam hutan. Kerbau tersebut mencari gajah untuk menemaninya mencari makanan dihutan. Setelah lama mencari akhirnya kerbau melihat gajah yang sedang berjalan. Gajah tersebut mau menemani kerbau untuk mencari makanan, tetapi sebelum bertemu gajah sang kerbau menemui harimau terlebih dahulu. Sang kerbau juga meminta harimau untuk menemaninya mencari makanan dihutan dan harimau menerima ajakannya. Setelah kerbau mengumpulkan gajah dan harimau. Kemudian mereka berusaha melakukan perburuan makanan bersama. Mereka berusaha menangkap hewan hewan lain dan merebut makanan hewan lain juga. Ketiga hewan itu bekerja sama untuk memburu makanan dihutan.

Baca juga : Jenis Jenis Prosa Lama dan Prosa Baru

Hewan hewan tersebut mulai dari pagi sampai sore mencari makanan. Mereka berhasil menangkap hewan lain dan merebut makanannya. Berbagai jenis makanan dikumpulkan mulai dari buah buahan sampai hewan hewan hidup. Harimau menunjuk kerbau untuk membagi makanannya. Kerbau tersebut menghitung banyaknya makanan dan membagi  tiga dengan adil. Sang harimau merasa tidak adil dan marah, akhirnya ia menerkam kerbau dan tumpukan makanannya menjadi bertambah. Setelah itu harimau menunjuk gajah untuk membagi makanannya. Akhirnya karena harimau merasa masih kurang akhirnya ia juga menerkam gajah. Harimau tersebut serakah karena merasa kekurangan makanan dan menerkam kedua temannya tadi.

Pesan moral dari contoh cerita fabel pendek diatas ialah jangan memiliki sifat serakah dan kurang agar tidak dijauhi oleh orang lain.  Karena pada suatu hari kita akan membutuhkan bantuan orang lain juga. Namun pada akhirnya orang lain tidak mau untuk membantu kita.

Contoh Cerita Fabel Pendek “Kancil dan Anjing Pemburu”

Disebuah hutan ada pemburu yang ditemani anjingnya. Ia mencari hewan hewan hutan untuk dimangsanya. Anjing tersebut dilatih untuk memburu hewan hewan dihutan. Pemburu tersebut akhirnya mencari buruannya bersama sang anjing. Ditengah tengah pemburuannya, ia melihat kancil sedang makan. Ia berusaha mengejar sang kancil sampai akhirnya sang kancil tertangkap.  Sang kancil berusaha keras mengindari pemburu dan anjingnya. Namun apa daya dia malah tertangkap dan dimasukkan ke dalam kandang. Sang kancil termasuk hewan yang cerdik dihutan. Ia berusaha keluar dari kandang tesebut. Sang kancil berusaha menipu anjing tadi agar ia bisa membantu mengeluarkannya dari kandang. Kancil berkata bahwa ialah yang disayang oleh pemburu karena kancil diberikan makanan yang banyak dan diberikan kasih sayang lebih. Ia juga berkata bahwa anjing tadi akan digantikan oleh kancil.

10 Contoh Cerita Fabel Singkat dan Pendek Beserta Strukturnya
contoh cerita fabel singkat tentang kancil dan anjing pemburu

Dengan berpikir panjang akhirnya anjing berhasil ditipu oleh sang kancil. Ia termakan kata katanya dan tidak terima atas perkataan kancil. Akhirnya anjing membuka pintu kandang dan mengusir kancil dari tempatnya. Anjing juga mengancam kancil apaila ia masih mendekati pemburu, ia akan dimangsa oleh anjing. Sang kancilpun menjauhi temoat pemburu tadi dan berusaha meloloskan diri. Sang pemburu datang untuk mengambil buruannya. Melihat buruannya yang lepas membuat pemburu sangat marah. Pemburu tadi akhirnya marah kepada anjing tadi. Dengan kecerdikan kancil membuatnya terlepas dari bahaya yang mengancamnya.

Pesan moral dari contoh cerita fabel diatas ialah apabila kita mempunyai semangat dan keinginan kuat untuk mewujudkannya. Maka cepat atau lambat pasti keinginan tersebut akan terwujud.

Karena bersifat membangun kepribadian, cerita fabel ini banyak digunakan orang tua untuk memberikan pesan moral pada anak anaknya. Lebih jauh lagi, contoh cerita fabel juga dijadikan sebagai materi dalam mata pelajaran bahasa indonesia di sekolah khususnya SD hingga SMP.

Demikianlah penjelasan mengenai contoh fabel singkat dan pendek beserta pesan moral dan struktur cerita fabel. Perlu kita ingat kembali bahwa cerita fabel merupakan sebuah cerita bergaya narasi yang merupakan karangan fiktif belaka.

Digunakan untuk menghibur pembacanya melalui alur cerita lucu dan hal yang paling menonjol dari cerita fabel adalah karakter dalam cerita merupakan hewan yang dapat berbicara layaknya manusia. Terimakasih telah membaca contoh pada cerita fabel singkat dan pendek beserta strukturnya.

Baca Juga  Materi Teks Cerita Fantasi: Pengertian, Ciri ciri, Struktur dan Contoh Cerita Fantasi

1 komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.