12 Contoh Teks Negosiasi Singkat Beserta Strukturnya

Diposting pada

12 Contoh Teks Negosiasi Singkat Beserta Strukturnya – Contoh negosiasi tentang jual beli, lingkungan masyarakat, dan pendidikan sangat umum kita jumpai di dalam kehidupan sehari hari. Teks negosiasi sendiri adalah salah satu jenis teks dalam bahasa indonesia yang bahasanya diadaptasi dari bahasa inggris (Negotiation). Contoh teks Bahasa Indonesia ini juga seringkali diasumsikan sebagai teks perundingan. Hal ini terjadi bukan tanpa alasan melainkan baik dalam teks negosiasi dan teks perundingan sama-sama memiliki arti musyawarah untuk mufakat.

Berdasarkan kamus besar bahasa Indonesia (KBBI), negosiasi memiliki arti sebagai sebuah proses tawar menawar melalui adanya perundingan untuk memberi maupun menerima dengan tujuan meraih kesepakatan bersama. Sehingga orang yang melakukan negosiasi jual beli maupun aktivitas lainnya disebut sebagai negosiator. Contoh teks negosiasi singkat juga bisa kita artikan sebagai sebuah dialog. Mengapa dialog? karena sebuah negosiasi hanya akan terjadi jika pesertanya dua orang atau lebih guna menyelesaikan sebuah permasalahan. Penyelesaian masalah melalui dialog negosiasi umumnya diawali dengan bertukar pikiran terlebih dahulu. Lalu dilanjutkan dengan mencari solusi dari permasalahan tersebut.

12 Contoh Teks Negosiasi Singkat Beserta Strukturnya
Contoh teks negosiasi beserta strukturnya

Dari penjelasan di atas dapat kita simpulkan bahwa contoh teks negosiasi adalah sebuah dialog yang terjadi antara lebih dari satu orang. Topiknya selalu membahas permasalahan baik jual beli maupun sebagainya. Karena tidak dapat menyelesaikannya sendiri maka diperlukan adanya orang lain untuk diajak bernegosiasi. Namun tidak selamanya sebuah dialog negosiasi akan menghasilkan sebuah kesepakatan bersama. Dalam contoh negosiasi umumnya terdapat pro dan kontra antara masing masing negosiator.

Contoh Teks Negosiasi Singkat Beserta Strukturnya

Apa itu teks negosiasi? tak semua siswa mampu menjabarkan definisinya dengan baik dan benar. Padahal, materi satu ini bisa kita jumpai dengan mudah hampir di semua jenjang. Pembahasan terkait pengertian, struktur, kaidah kebahasaan, dan berbagai unsurnya pun dapat kalian baca sendiri dari buku pedoman. Karena dianggap penting, guru biasanya juga menyampaikan materi tersebut secara intensif karena negosiasi sering muncul sebagai butir soal ujian.

Teks negosiasi pada dasarnya berbeda dengan jenis teks Bahasa Indonesia lainnya. Perbedaan jenis teks ini dapat ditinjau berdasarkan pengertian, ciri ciri, struktur teks, maupun kaidah kebahasaan teks tersebut. Namun apakah anda tahu bahwa beberapa siswa masih belum mengetahui apa makna dari teks negosiasi ini. Walaupun dibeberapa kesempatan, siswa telah diajarkan mengenai apa itu teks negosiasi.

Namun sebelum beranjak membahas contoh teks negosiasi ada baiknya kita juga mengetahui beberapa unsur di dalamnya. Mulai dari definisi teks negosiasi, ciri-ciri, kaidah kebahasaan, dan struktur teks negosiasi tersebut.

Pengertian Teks Negosiasi

Secara umum pengertian teks negosiasi adalah sebuah bacaan yang di dalamnya memuat dialog terdiri lebih dari satu orang yang saling bercakap-cakap untuk menyelesaikan masalah bersama. Salah satu jenis teks dalam bahasa indonesia satu ini sebenarnya sangat umum kita jumpai di tengah masyarakat. Bentuk dan contohnya bisa mencakup hampir semua tema dalam aspek kehidupan.

Misalnya proses jual beli dan tawar menawar yang memuat sebuah dialog negosiasi guna menemukan kesepakatan bersama antar kedua belah pihak. Tidak hanya dapat terjadi antara dua orang saja, namun sebuah negosiasi juga dapat terjadi antara tiga orang, bahkan lima orang sekalipun. Selama subyek yang ada di dalamnya lebih dari satu dan memenuhi kriteria penyelesaian masalah maka kita bisa mengartikannya sebagai sebuah negosiasi.

Dalam kenyataanya proses negosiasi tidak selalu berjalan mulus dan menghasilkan titik terang. Ada kalanya para peserta tak mau berkompromi sehingga masalah pun tak kunjung terselesaikan. Misalnya seperti pada saat tawar menawar antara pedagang dan pembeli yang gagal karena memperdebatkan harga barang.

Struktur Teks Negosiasi

Dalam sebuah contoh teks negosiasi jual beli singkat sekalipun kita akan menemukan struktur otentik. Meski tak bersifat mengikat dan fleksibel tapi lewat struktur tersebut kita bisa menyusun sebuah percakapan guna menyelesaikan masalah. Nah, sebelum beranjak membahas unsur lain alangkah baiknya kalian menghafalkan struktur di bawah terlebih dahulu:

  1. Orientasi : Bagian ini umumnya memuat kalimat atau dialog pembuka. Biasanya salah satu negosiator akan mengucapkan salam untuk memulai proses negosiasi.
  2. Permintaan : Pada bagian ini salah satu negosiator meminta suatu barang atau jasa kepada sang penjual (jika negosiasi tersebut dalam konteks jual beli dan tawar menawar).
  3. Pemenuhan : Pada bagian ini penjual memenuhi permintaan pembeli.
  4. Penawaran : Penawaran merupakan bagian inti dari sebuah negosiasi jual beli dimana pembeli berusaha menawar harga barang agar lebih murah.
  5. Persetujuan : Persetujuan adalah bagian dimana kedua belah pihak telah sepakat setelah proses tawar menawar selesai.
  6. Pembelian : Adalah bagian dimana pembeli memutuskan untuk melanjutkan transaksi jual beli atau tidak.
  7. Penutup : Umumnya dalam penutup negosiasi kedua belah pihak akan mengucapkan terimakasih sekalipun proses negosiasi gagal sebagai simbol penghormatan dan menandai negosiasi telah selesai.

Ciri-Ciri Teks Negosiasi

Bagaimana cara membedakan teks negosiasi dengan jenis bacaan lain? pertanyaan ini sering diajukan oleh siswa. Meski terdengar sepele tapi faktanya beberapa orang tidak bisa mengidentifikasi seperti apa sebuah negosiasi.

Jika kita amati secara seksama, setiap contoh teks negosiasi singkat yang ada akan mengandung struktur khusus serta ciri ciri di dalamnya. Ciri ciri ini dapat kita jadikan sebagai parameter apakah sebuah percakapan termasuk dalam dialog negosiasi atau tidak. Adapun ciri ciri teks negosiasi adalah :

  • Peserta percakapan atau dialog terdiri lebih dari satu orang, bisa dua atau lebih.
  • Mengarah pada suatu tujuan.
  • Memprioritaskan kepentingan bersamba dibandingkan individu.
  • Terdapat masalah baik jual beli maupun lainnya.
  • Peserta negosiasi mencari solusi bersama.
  • Menghasilkan kesepakatan negosiasi antara kedua belah pihak.

Contoh Teks Negosiasi Singkat

Setelah kita mempelajari ciri ciri dan struktur teks negosiasi, maka simaklah contoh teks yang telah kami sajikan dibawah ini dalam bentuk dialog atau percakapan dua orang atau lebih. Contoh kali ini terdiri dari berbagai tema dan persoalan yang memiliki satu tujuan sama yakni berusaha memecahkan masalah dengan melakukan negosiasi. Adapun tema yang akan kita bahas adalah contoh negosiasi jual beli dilanjutkan dengan contoh teks tawar menawar hingga contoh negosiasi tentang pendidikan dan lain sebagainya.

Berikut ini adalah contoh percakapan negosiasi bisnis beserta strukturnya tentang peminjaman uang ke bank yang dapat anda simak.

Baca Juga  Contoh Kalimat Inversi, Ciri Ciri, Pola, dan Pengertiannya

Costumer bank : “Selamat pagi ibu, silahkan duduk, dengan ibu siapa? ada yang bisa saya bantu?”
Nasabah bank :  “Selamat pagi juga mbak, Terimakasih, nama saya rita”
Costumer bank : “Iya bu rita, ada yang bisa saya bantu?”
Nasabah bank : “jadi begini mbak, saya ingin mengajukan sebah proposal pinjaman uang untuk usaha restoran saya yang baru”
Costumer bank : “Baik bu, bisa saya lihat proposal ibu?”
Nasabah bank : “Ini mbak, silahkan dilihat”
Costumer bank : “Sebenarnya proposal yang ibu ajukan ini sangat bagus, saya tidak menemukan masalah sedikitpun. Namun kami selaku pihak bank tidak bisa memenuhi permintaan pinjalaman dana ibu sebesar 500 juta”

Baca juga: 6 Contoh Teks Anekdot Lucu Terbaru

Nasabah bank : “Lalu kira kira bank bisa memberikan pinjaman berapa ya mbak?”
Costumer bank : “Setelah saya hitung dengan teliti, kami menyanggupi maksimal 350 juga bu, dengan bunga 3%”
Nasabah bank : “Apakah tidak bisa ditambah mbak? Usaha ini sebenernya sukses sekali. Pesanan catering ke restoran kami juga berasal dari luar daerah”.
Nasabah bank : “Rencananya dana ini akan kami pakai untuk menambah kapasitas produksi dan pengemasan untuk memenuhi permintaan pesanan pelanggan yang makin hari makin banyak”
Costumer bank : “Baik bu, saya hitung dulu”
Costumer bank : “Sepertinya maksimal kami hanya menyanggupi 400 juta bu”
Nasabah bank : “Baik mbak, saya terima 400 juta dengan bunga bank 3%”

Dari contoh teks negosiasi singkat diatas dapat kita simpulkan bahwa costumer bank memberikan salam pembuka untuk mengawali negosiasi, lalu nasabah mulai mengajukan permintaan berupa permohonan proposal pinjaman uang. Terjadilah proses diskusi tawar menawar tentang kesepakatan pinjaman dan diakhiri dengan penutup.

Contoh Teks Negosiasi Jual Beli

Dalam bacaan kedua kali ini kita akan membahas contoh percakapan negosiasi jual beli singkat. Pada dasarnya dialog jual beli yang mengandung unsur negosiasi dapat dengan mudah kita temukan dalam kehidupan serti pasar ketika kita hendak membeli barang dan sebagainya. Berikut adalah contoh dialog yang dapat anda simak.

Penjual : “Pagi mas, silahkan mau cari apa?”
Pembeli : “Selamat pagi bu, saya mau beli gitar yang ini, berapa ya harganya?”
Penjual : “Itu gitar ibanez original mas, harganya 2 juta mas”
Pembeli : “Boleh kurang bu harganya?”
Penjual : “Hmmm, gimana ya mas. Mas mau nawar berapa?”
Pembeli : “1,7 juta boleh bu?”

Baca juga: 4 Contoh Teks Cerita Sejarah Singkat Beserta Strukturnya (5W1H)

Penjual : “Waduh, tidak bisa mas kalo harga segitu, soalnya ini gitar original mas”
Pembeli : “Hmm, kalau 1,75 juta boleh bu?”
Penjual : “Harganya naikin dikit mas, 1,8 juta deh ibu lepas”
Pembeli : “Iya deh bu, 1.8 juta saya setuju. Bentar ya bu saya ambil uangnya”

Dalam contoh negosiasi jual beli tersebut kita dapat melihat adanya tawar menawar yang menandai bahwa percakapan tersebut termasuk dalam percakapan negosiasi yang menghasilkan kesepakatan bahwa gitar ibanez original dijual 1,8 juta setelah melalui proses tawar menawar.

Contoh Teks Negosiasi Singkat Tentang Pendidikan

Dalam contoh kali ini kita akan membahas pendidikan. tepatnya negosiasi ini terjadi di lingkup sekolah. Isi dari dialog negosiasi ini adalah percakapan antara ketua kelas dan wali kelas tentang rencana study tour dan wisata. Berikut ini adalah contoh percakapan negosiasi tersebut :

Wali kelas : “Andi?, bagaimana rencana kita study wisata ke hutan pinus biru? apa semua teman temanmu setuju?”
Ketua kelas : “Saya barusan sudah bicara dengan teman teman bu, kami setuju study alam ke hutan pinus, cuma ada usulan untuk wisatanya ke pantai padawa saja bu”
Wali kelas : “Wah kenapa gitu?”
Ketua kelas : “Soalnya kalau di hutan pinus tidak ada tempat wisata yang menarik bu, yang ada cuma hutan sama rumah pohon saja”

Baca juga: Contoh Teks Ulasan Film, Novel, Buku Singkat Beserta Strukturnya

Wali kelas : “Wah tapi andi, ibu sudah bilang rencana kita ini ke kepala sekolah. Dan beliau juga sudah menyetujui”
Ketua kelas : “Iya bu, tapi kayaknya banyak yang tidak ikut bu kalau study dan wisatanya dilakukan di hutan pinus biru”
Wali kelas : “Waduh, gimana ya? soalnya ini ibu udah mempersiapkan semuanya ndi”
Ketua kelas : “Apa begini saja bu, biar saya sama teman teman yang lain nanti menghadap ke kepala sekolah untuk bercerita rencana kami”
Wali kelas : “Yasudah kalau begitu, segera menghadap beliau dan laporkan hasil diskusinya sama ibu”
Ketua kelas : “Baik bu terimakasih”

Dari contoh negosiasi diatas dapat kita simpulkan bahwa terdapat permasalahan tentang memutuskan tempat tujuan study wisata yang akan dilaksanakan oleh sekolah. Terjadi proses negosiasi dan tawar menawar tentang tempat tujuan wisata.

Contoh Teks Negosiasi dalam Kehidupan Sehari Hari

Contoh percakapan negosiasi kali ini akan membahas negosiasi tentang hal hal yang sering terjadi dalam kehidupan sehari hari. Untuk contoh kali ini kita akan membahas dialog negosiasi antara tukang becak dan penumpang yang berkaitan dengan proses tawar menawar.

Penumpang : “Pak, ke pasar gede berapa?”
Tukang becak : “15 ribu mbak”
Penumpang : “wahhh mahal banget pak?, nggak 10 ribu aja pak?”
Tukang becak : “Aduh 10 ribu itu kemurahan mbak, kan pasar gede jauh”
Penumpang : “Iya deh pak saya tambahin 12 ribu gimana?”
Tukang becak : “Naikin jadi 13 ribu mbak”
Penumpang : “Oke deh pak, saya setuju 13 ribu ke pasar gede ya pak”

Percakapan diatas dapat kita sebut sebagai contoh negosiasi tawar menawar antara penumpang dan tukang becak karena pada dialognya mengandung percakapan yang intinya menawar tarif becak.

Pada dasarnya masih banyak sekali contoh percakapan negosiasi dua orang atau lebih yang dapat kita jadikan sebagai contoh teks negosiasi singkat. Namun seperti yang saya katakan sebelumnya bahwa tidak semua percakapan bisa disebut sebagai negosiasi. Hal ini disebabkan karena contoh teks negosiasi pada umumnya mengandung kalimat kalimat penawaran yang pada intinya mengajak tawar menawar serta musyawarah untuk menyelesaikan masalah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.