4 Contoh Teks Cerita Sejarah Singkat Beserta Strukturnya (5W1H)

Diposting pada

4 Contoh Teks Cerita Sejarah Singkat Beserta Strukturnya (5W1H) – Teks cerita sejarah merupakan teks yang mengandung cerita yang telah terjadi di masa lalu. Pengertian teks cerita sejarah menurut para ahli adalah sebuah teks yang berisi penjelasan tentang fakta yang telah terjadi di masa lampau. Umumnya asal usul cerita tersebut mengandung unsur sejarah. Unsur teks cerita sejarah sendiri adalah terdiri dari orientasi, urutan kejadian dan ditutup dengan reorientasi kembali.

Sama seperti jenis jenis teks dalam bahasa indonesia pada umumnya, teks cerita sejarah juga memiliki kaidah kebahasaan yakni memiliki kata ganti. Lebih tepatnya adalah pemilihan kata yang dapat menunjukkan kejadian dan konjungsi temporal. Sedangkan contoh teks cerita sejarah sendiri pada dasarnya dapat kita temukan dalam kehidupan sehari-hari terlebih lagi pada jenjang sekolah. Apa saja struktur teks cerita sejarah itu?

Didalam menyusun contoh teks cerita sejarah ini kita juga harus memperhatikan kaidah kebahasaan. Kaidah tersebut adalah 5W1H yang mencakup why, when, where, what, who, dan how. Kaidah 5W dan 1H ini berfungsi agar cerita sejarah yang terdapat dalam teks ini memuat informasi lengkap dan tidak terputus putus. Tidak hanya itu, karena contoh teks cerita sejarah ini bersifat fakta dengan berdasar pada struktur teks cerita sejarah tersebut. Maka kita juga harus mencantumkan sumber dimana kita mengutip cerita ini.

4 Contoh Teks Cerita Sejarah Singkat Beserta Strukturnya (5W1H)

Dalam konteks kehidupan nyata teks ini hanya ditemukan di beberapa tempat. Mengapa demikian? Karena tujuan teks sejarah adalah untuk menginformasikan suatu kejadian penting yang terjadi di masa lalu. Jadi kita hanya akan menemukan teks cerita sejarah di tempat bersejarah saja. Misalnya seperti museum, candi, situs peninggalan kuno dan lain sebagainya. Selain itu, tidak sembarangan orang juga menyampaikan contoh cerita sejarah melainkan hanya orang yang berpengalaman saja.

contoh teks sejarah singkat tentang bencana alam dan perkembangan teknologi
contoh teks sejarah singkat tentang bencana alam dan perkembangan teknologi

Contoh teks cerita sejarah yang paling umum dijumpai adalah ketika kita tengah berkunjung ke museum atau wisata peninggalan kuno yang notabennya merupakan tempat bersejarah. Umumnya didalam contoh cerita sejarah ini akan kita temui deskripsi kejadian awal dimulainya sejarah tersebut. Hingga diakhiri oleh penegasan ulang mengapa kejadian tersebut dapat diaggap sebagai sebuah sejarah. Selain itu kita juga bisa mendengar cerita sejarah singkat langsung dari tour guide yang menemani kita.

Dalam pembahasan kali ini kita akan membahas tentang contoh cerita sejarah beserta strukturnya. Pada dasarnya jenis teks ini sangat mudah ditemukan dalam kehidupan kita, baik disekolah maupun saat kita tengah liburan. Tanpa sadar ketika kita tengah mendengarkan atau membaca deskripsi sejarah dari sebuah tempata atau peristiwa sebenarnya kita telah membaca contoh cerita sejarah tersebut. Baiklah langsung saja kita menuju pembahasan contoh dari teks cerita sejarah singkat dibawah ini.

Contoh Teks Cerita Sejarah Tentang Pendidikan

Apakah kalian tau bagaimana proses terbentuknya sistem pendidikan di Indonesia? mayoritas siswa pasti akan menjawab tidak. Padahal jaman dahulu tak semua orang bisa mengenyam pendidikan karena dianggap sebagai salah satu hal spesial. Tapi kini, bersekolah bahkan sampai ke jenjang perguruan tinggi sudah menjadi hal biasa di tengah masyarakat.

Cerita sejarah tentang pendidikan memang tak terlalu populer seperti tema lainnya. Tapi sebagai siswa, kita harus mengetahui bagaimana perkembangan pendidikan di Indonesia dari awal terbentuk sampai sekarang.

Orientasi
Pendidikan menjadi salah satu aspek penting untuk perkembangan masyarakat. Pendidikan tak serta merta harus didapatkan secara formal dari sekolah ataupun mengikuti kursus/pelatihan. Bahkan dalam lingkup terkecil pun seseorang bisa memulai proses belajar mengajar. Contohnya seorang ayah yang mengajari anaknya untuk makan sendiri, seorang individu belajar norma di tengah masyarakat, dan lain sebagainya.

Urutan Peristiwa
Masuknya pendidikan di Indonesia dimulai semenjak masa kerajaan hindu buddha pada abad ke 4. Pada masa itu masyarakat lebih familiar menyebut kegiatan belajar sebagai karsyan yang artinya melepaskan diri dari hiruk pikuk dunia dan lebih mendekatkan diri pada sang pencipta.

Seiring berjalannya waktu mulai masuklah paham-paham baru yang berasal dari negara eropa. Metode yang diterapkan pun masih sama yakni pendidikan dilaksanakan menggunakan perantara media agama di berbagai daerah. Pada masa ini pula sistem pembelajaran formal mulai masuk dan diterapkan oleh pemerintah hinda-belanda. Sayangnya tak semua pribumi bisa menikmatinya karena pihak kerajaan spanyol pun tak mau Indonesia menjadi bangsa yang pintar.

Di lain sisi, berdasarkan hukum sistem pendidikan Indonesia secara resmi terbentuk pada tahun 1922. Lembaga yang menaungi proses kegiatan belajar mengajar tersebut adalah taman siswa yang didirikan oleh Ki Hadjar Dewantara. Segera setelahnya perekrutan guru yang berasal dari kalangan aktivis, pemuda pergerakan kemerdekaan, dan tokoh masyarakat pun mulai dilaksanakan. Sedangkan pembiaan pada masa itu dikelola secara otonomi secara swadaya berbasis daerah.

Reorientasi
Sampai sekarang rakyat Indonesia masih tetap mengenang momen bersejarah tersebut sebagai hari pendidikan nasional yang jatuh pada tanggal 2 mei. Perkembangan di bidang pendidikan pun terus berlangsung dan kini kita bisa melihat sendiri sistem yang terus mengalami perbaikan. Kini, Indonesia sendiri mewajibkan generasi muda untuk mengenyam pendidikan wajib selama 9 tahun.

Contoh Teks Cerita Sejarah Singkat

Salah satu tema yang cocok dijadikan topik bahasan tentang teks cerita sejarah adalah tentang perkembangan teknologi. Dari masa ke masa teknologi terus berevolusi dan berkembang menyesuiakan perkembangan jaman. Salah satunya adalah internet yang saat ini sudah menjadi bagian dari kehidupan kita. Untuk mengetahui seperti apa sepak terjang perkembangan internet silahkan simak contoh teks cerita sejarah di bawah ini.

Orientasi

Internet adalah sebuah jaringan komputer yang pada mulanya diciptakan oleh Departemen Pertahanan milik Amerika Serikat pada sekitar tahun 1969. Awal mula diciptakannya internet adalah untuk kepentingan militer. Dengan sistem sistem operasi berbasis UNIX, mereka mendemonstrasikan dan mencoba perangkat keras dan lunak. Tujuannya adalah untuk berkomunikasi secara jarak jauh yang jaraknya tidak terjangkau melebihi jarak sambungan telepon.

Demonstrasi dan tes ARPANET (Advanced Research Project Agency Network) ini meliputi ketangkasan jaringan, bentuk jaringan, dan kapasitas informasi yang dapat dipindahkan. Dan akhirnya setelah melewati beberapa kali uji ARPANET menjadi standard untuk menentukan pembangunan sebuah protokol baru. Pengembangan inilah yang sekarang kita sebut dengan transmission control protocol/internet protocol (TCP/IP).

Seperti yang disebutkan diatas, tujuan diciptakannya internet pada awalnya untuk keperluan pertahanan militer saja. Pada masa itu, departemen pertahanan AS menempatkan sejumlah komputer-komputer di beberapa daerah. Tidak semua daerah melainkan titik vital dan menghubungkannya dengan jaringan internet saja. Tujuannya tidak lain untuk mengantisipasi terjadinya serangan nuklir dan informasi terpusat yang notabennya sangat mudah dihancurkan jika ada serangan.

Urutan Peristiwa Cerita Sejarah

Pada awalnya, ARPANET ini hanya menghubungkan tidak lebih dari 4 situs saja, yakni university of california, university of utah, standford research instittute, dan santa barbara yang pada mulanya mereka membentuk sebuah jaringan terpadu sekitar tahun 1969 silam. Secara garis besar ARPANET resmi diluncurkan pada bulan oktober tahun 1972. Tidak lama setelahnya proyek ini mengalami perkembangan yang sangat pesat hingga  ke seluruh penjuru daerah di Amerika Serikat. Hal ini memicu antusias barbagai universitas untuk bergabung dengan jaringan ARPANET hingga membuat departemen pertahanan kewalahan.

Baca juga: 6 Contoh Teks Eksplanasi Singkat, Padat, Jelas Beserta Strukturnya

Maka dari itu, untuk menanggapi fenomena ini akhirnya Arpanet dipisah dan dipecah menjadi dua bagian yakni Milnet yang mengatur keperluan militer saja. Dan Arpanet baru dengan skala yang lebih kecil untuk keperluan non militer seperti untuk universitas. Penggabungan dari kedua sistem ini akhirnya disebut dengan DARPA internet. Namun seiring perkembangan jaman akhirnya nama tersebut mengalami bentuk penyederhanaan menjadi internet saja.

Reorientasi

Penggunaan internet di jaman sekarang ini sudah sangat dianggap penting bagi banyak orang. Seperti contoh seorang siswa sekolah dapat mencari dan mendapatkan informasi dari berbagai sumber yang tidak akan mereka temukan di perpustakaan sekolah mereka. Saling berkomunikasi jarak jauh baik itu dala lingkung siswa dengan siswa lain maupun siswa dengan guru. Semua hal hal diatas dapat mereka lakukan dengan mengakses internet.

Contoh Cerita Sejarah Pendek

Instagram adalah platform jejaring sosial berbasis foto. Instagram juga merupakan anak perusahaan dari facebook dan whatsapp. Seiring berlajalannya waktu instagram terus mengalami peningkatan dari segi pengguna. Nah seperti apa sejarah singkat tentang instagram? silahkan simak di bawah ini.

Sebenarnya contoh teks cerita sejarah satu ini masih mengangkat tema yang sama seperti sebelumnya yakni teknologi. Hanya saja topik bahasan yang saya ambil sedikit berbeda dan lebih condong ke jejarian sosial. Mengapa saya memilih jejaring sosial? karena dahulu platform satu ini jauh dari kata populer. Tapi sering berjalannya waktu instagram mampu menduduki peringkat teratas platform sosmed yang paling banyak dipakai.

Orientasi teks

Siapa yang tidak kenal dengan instagram, Aplikasi yang berfungsi untuk berbagi foto dan video ini memungkinkan penggunanya untuk mengambil foto, memfilter digital, menambahkan efek, dan mempubikasikan foto tersebut ke berbagai jenis jejaring sosial yang ada termasuk kedalam jejaring instagram itu sendiri.

Instagram sendiri terbentuk dari dua kata utama yakni “insta” yang berarti “instan” seperti pada kamera jenis polaroid yang lebih akrab disebut dengan foto instan. Dan kata “gram” mengarah pada kata “telegram” yang cara atau pengaplikasiannya adalah untuk mengirimkan sejumlah informasi pada seseorang dengan sangat cepat.

Urutan Peristiwa Teks Cerita Sejarah

Burbn, Inc yang merupakan perusahaan start up teknologi yang notabennya hanya berkonsentrasi pada pengembangan dan pembuatan aplikasi telepon genggam berdiri pada sekitar tahun 2010 lalu. Pada mulanya Burbn, Inc sendiri berfokus pada pendalaman seluruh fungsi bahasa pemprograman yakni HTML5. Namun seiring berjalannya waktu, Mike krieger dan Kevin Systorm selaku CEO dari perusahaan ini memilih untuk berfokus hanya pada satu hal asaja.

Seminggu lamanya mereka berusaha membuat ide ide yang mungkin dapat mendatangkan profit, pada akhirnya kedua CEO ini berhasil enciptakan versi pertama dari instagram, namun seperti pada prototype pada umumnya, versi awal dari instagram ini masih memiliki banyak sekali kelemahan dalam segala sistemnya. Setelah melalui berbagai tahap penyempurnaan versi burbn (instagram) ini akhirnya sudah dapat diujicoba dengan menggunakan perangkat iphone. Namun tetap saja dirasa memiliki banyak sekali fitur yang tidak terkategori dengan baik.

Sulit bagi Kevin dan Mike untuk mengatur ulang seluruh fitur yang ada dan memulai semuanya dari awal. Akhirnya mike dan kevin memilih untuk berfokus hanya pada fitur foto, berkomentar dan menyukai foto saja. Inilah kerangka awal terbentuknya jejaring sosial instagram saat ini.

Pada tahun 2012 tepatnya tanggal  09 april diumuman sebuah berita besar yakni saha dan kepemilikan facebook akan diambil alih oleh mark zuckerberg selaku pemiliki facebook dengan uang tunai dan saham senilai 1 miliar dollar.

Reorientasi cerita

Instagram saat ini telah banyak diminati baik tua maupun muda. Penggunaan yang mudah dan fitur yang terkesan canggih membuat instagram semakin populer dari tahun ke tahun. Dengan jejaring sosial instagram ini kita dapat mengetahui segala aktivitas teman teman kita hanya dengan melihat foto dan video mereka.

Contoh Teks Sejarah Singkat Tentang Bencana Alam

Bencana alam adalah peristiwa buruk yang terjadi tanpa adanya campur tangan manusia (disebabkan oleh alam). Sering kali bencana alam meninggalkan bekas fisik pada suatu daerah. Namun fenomena alam yang satu ini memberikan dampak lebih besar bagi psikis orang yang menerimanya. Pada contoh teks cerita sejarah terakhir ini saya akan memberikan sedikit cerita tentang bencana alam yang pernah terjadi di masa lalu.

Gempa bumi dengan kekuatan 7,8 skala richter telah mengguncang Provinsi Balukistan, (Pakistan). Gempa yang terjadi sekitar 24 september 2013 silam memiliki pusat gempa dengan kedalaman sekitar 23 kilometer dan telah menelan setidaknya 500 lebih korban jiwa, 842 korban luka, dan menyebabkan ribuan bangunan mengalami kerusakan cukup parah. Bahkan gempa ini juga sempat dirasakan oleh warga daerah kzuhdar, karachi, dan gwadar yang notabennya berjarak ratusan kilometer dari pusat terjadinya gempa.

Bahkan saking dasyatnya gempa ini hingga dapat dirasakan sampai ke new delhi, india. Dilaporkan bahwa sebuah pulau baru muncul beberapa jam setelah terjadinya gempa di pesisir gwadar pakistan. Diduga pulau itu dapat terbentuk dari kumpulan lapisan tanah pada kawah lumpur dengan tinggi 19 meter, panjang 35 meter dan lebar sekitar 80 meter. Tidak lama setelah terjadinya gempa dasyat yang belum pernah terjadi sebelumnya. Tepatnya lima hari setelahnya provinsi ini kembali dilanda gempa dengan kekuatan 6,7 skala richter.

Pusat gempa kali ini berasal dari 96 kiloeter di timur laut awaran dan memiliki kedalaman sekitar 14 kilometer. Korban jiwa yang tercatat dalam bencana ini mencapai 23 orang. Tidak hanya itu gempa kedua kali ini juga menyebabkan belasan ribu rumah dan bangunan luluh lantah. Berbagai evakuasi telah dilakukan, namun tetap saja terkendala oleh rusak dan kurangnya infrastruktur yang ada. ditambah lokasi korban saling berjauhan antara kota satu dan kota yang lainnya. Tim penyelamat dan evakuasi juga harus mempertaruhkan nyawa dengan berhadapan dengan kelompok separatis di daerah tersebut.

Struktur Teks Cerita Sejarah

Mengapa saya tidak menyertakan sturktur teks dalam cerita sejarah diatas? sudah jelas sebagai perbandingan. Setelah membaca dua contoh cerita sejarah sebelumnya cobalah menganalisa struktur teks pada contoh terakhir. Dengan demikian kalian akan lebih mahir dalam mengidentifikasi ciri-ciri dari teks cerita sejarah itu sendiri.

Itulah contoh teks cerita sejarah singkat beserta struktur teks cerita sejarah yang dapat saya sampaikan kali ini. Contoh teks cerita ini pada dasarnya sangat mudah diingat dan diidentifikasi dengan cara melihat kaidah kebahasaan dan unsur-unsurnya jika didalam contoh teks ini mengandung cerita sejarah maka dapat dipastikan bahwa teks tersebut merupakan contoh cerita sejarah. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Baca Juga  Pengertian Teks Narasi, Ciri-ciri, Jenis, dan Contoh Paragraf Narasi

1 komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.