4 Jenis Prisma Beserta Sifat Sifatnya Lengkap

Diposting pada

4 Jenis Prisma Beserta Sifat Sifatnya LengkapBangun prisma merupakan bangun ruang yang mempunyai sisi atap dan alasnya sama serta mempunyai sisi samping yang berbentuk persegi panjang. Sebenarnya bangun ruang ini dapat dibagi menjadi beberapa jenis dengan sifat sifat yang berbeda. Macam macam prisma tersebut berbeda di bentuk alas dan atapnya. Apakah anda tahu apa saja sifat sifat prima itu?

Seperti yang telah kita ketahui bahwa jenis jenis prisma ini memiliki sifat sifat prima yang tidak sama. Meski begitu secara umum rumus volume prisma dan rumus luas permukaan prisma yang digunakan tetap sama. Tetapi diantara macam macam bangun prisma tersebut terdapat perbedaan pada luas alasnya saja. Hal ini dikarenakan bentuk alas dan atapnya yang tidak sama.

4 Jenis Prisma Beserta Sifat Sifatnya Lengkap
Bangun Ruang Prisma

Bangun ruang prisma sebenarnya memiliki beragam bentuk bahkan sampai puluhan dan ribuan bentuk. Namun dalam Ilmu Matematika bangun prisma hanya dijabarkan menjadi 4 bentuk saja. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang 4 jenis prisma beserta sifat sifat prismanya lengkap. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

4 Jenis Prisma Beserta Sifat Sifatnya Lengkap

Dalam ilmu Matematika tentunya banyak sekali jenis jenis bangun ruang. Salah satu jenis bangun ruang tersebut ialah prisma. Bangun ruang prisma tersebut pada umumnya berbeda dengan bangun ruang lainnya, baik dilihat dari segi bentuk, sifat maupun rumus yang digunakan.

Seperti yang telah kita ketahui bahwa prisma merupakan bangun ruang yang terdiri dari dua bangun sisi alas dan atas serta sisi selimut. Jika alas prisma berbentuk segitiga maka sisi atasnya akan berbentuk segitiga pula. Hal ini dikarenakan sisi alas dan sisi atas prisma memiliki ukuran yang sama dan sebanding. 

Bangun prisma secaran umum dapat dibedakan menjadi 4 jenis yaitu prisma segitiga, prisma segi empat, prisma segi lima dan prisma segi enam. Setiap bentuk prisma tersebut memiliki sifatnya masing masing. Dibawah ini terdapat penjelasan mengenai jenis jenis prisma lengkap dengan sifat sifat prismanya. Berikut ulasan selengkapnya:

Prisma Segitiga

Prisma segitiga merupakan bangun ruang prisma yang mempunyai alas dan atap yang bentuknya segitiga beserta sisi samping (selimut) yang bentuknya persegi panjang. 

4 Jenis Prisma Beserta Sifat Sifatnya Lengkap
Prisma Segitiga

Adapun sifat sifat pada prisma segitiga sebagai berikut:

  • Bangun prisma ini mempunyai 6 titik sudut.
  • Prisma segitiga mempunyai 9 rusuk.
  • Mempunyai 3 buah rusuk tegak.

Prisma Segi Empat

Jenis prisma selanjutnya ialah prisma segi empat. Prisma segi empat merupakan bangun ruang prisma yang mempunyai alas dan atap yang bentuknya segi empat atau persegi beserta sisi samping (selimut) yang bentuknya persegi panjang. Bangun prisma ini sering disebut sebagai bangun balok.

4 Jenis Prisma Beserta Sifat Sifatnya Lengkap
Prisma Segi Empat

Adapun sifat sifat prisma segi empat sebagai berikut:

  • Prisma segi empat mempuntai 2 alas dan 2 atap. 4 sisi samping yang bentuknya persegi panjang dan secara keseluruhan mempunyai 6 sisi.
  • Mempunyai 8 titik sudut.
  • Prisma segi empat mempunyai 12 rusuk.
  • Mempunyai 4 rusuk tegak.

Baca juga : Cara Mudah Menghitung KPK Beserta Contoh Soal Terlengkap

Prisma Segi Lima

Jenis prisma selanjutnya ialah prisma segi lima. Prisma segi lima merupakan bangun ruang prisma yang mempunyai alas dan atap yang bentuknya segi lima beserta sisi samping (selimut) yang bentuknya persegi panjang.

4 Jenis Prisma Beserta Sifat Sifatnya Lengkap
Prisma Segi Lima

Adapun sifat sifat prisma segi lima sebagai berikut:

  • Prisma segi lima mempunyai 10 titik sudut.
  • Bangun prisma ini memiliki 7 sisi, 5 diantaranya adalah sisi samping dan 2 sisi lainnya adalah sisi atap dan alasnya.
  • Mempunyai 15 rusuk.
  • Prisma ini mempunyai 5 rusuk tegak.

Prisma Segi Enam

Jenis prisma selanjutnya ialah prisma segi enam. Prisma segi enam merupakan bangun ruang prisma yang mempunyai alas dan atap yang bentuknya segi enam beserta sisi samping (selimut) yang bentuknya persegi panjang.

4 Jenis Prisma Beserta Sifat Sifatnya Lengkap
Prisma Segi Enam

Adapun sifat sifat prisma segi enam sebagai berikut:

  • Prisma segi enam mempunyai 12 titik sudut.
  • Bangun prisma ini memiliki 8 sisi, 6 diantaranya adalah sisi samping dan 2 sisi lainnya adalah sisi atap dan alasnya.
  • Mempunyai 18 rusuk.
  • Prisma ini mempunyai 6 rusuk tegak.

Meskipun prisma terdiri dari beberapa jenis, namun rumus yang digunakan tetap sama. Yang membedakan disini hanya rumus alas/atas prisma, karena disesuaikan dengan bentuk sisi alas/atasnya. Dengan begitu anda tidak perlu kebingungan jika rumus bentuk alas prismanya berbeda beda.

Demikianlah penjelasan mengenai 4 jenis prisma lengkap dengan sifat sifat prismanya. Prisma dapat dibagi menjadi 4 jenis yaitu prisma segitiga, prisma segi empat, prisma segi lima, dan prisma segi enam. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Baca Juga  Rumus Diagonal Ruang Beserta Pengertian dan Contoh Soal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.