Cara Menentukan Faktor Suatu Bilangan dan Contoh Soalnya

Diposting pada

Cara Menentukan Faktor Suatu Bilangan dan Contoh Soalnya – Cara menentukan faktor bilangan termasuk dalam salah satu materi Matematika yang telah diajarkan ketika berada di bangku sekolah. Materi ini memang masih berkaitan dengan faktorisasi prima, FPB dan KPK.  Untuk itulah fakor dari suatu bilangan dapat ditentukan dengan cara yang hampir sama. Namun semua itu tidak terlepas dari sistem perkalian dan pembagian. Penentuan faktor bilangan memang dapat mudah dilakukan, namun terkadang dapat menjerumuskan jika pengerjaannya disepelekan. Untuk itulah anda harus mengerjakan contoh soal faktor suatu bilangan dengan benar dan teliti.

Faktor bilangan dapat diartikan sebagai unsur unsur atau bagian yang termasuk dalam perkalian suatu bilangan. Bagian ini dijadikan sebagai hasil dari perkalian itu sendiri. Kata faktor tersebut memang sering terdengar dalam ilmu Matematika. Untuk itulah di dalam pelajaran Matematika terdapat materi mengenai cara menentukan faktor suatu bilangan. Lantas bagaimana cara menentukan faktor suatu bilangan itu? Menentukan faktor dari suatu bilangan merupakan salah satu materi awal yang dipelajari dalam Matematika. Lantas bagaimana bentuk contoh soal faktor suatu bilangan itu?

Cara Menentukan Faktor Suatu Bilangan dan Contoh Soalnya
Faktor dari Suatu Bilangan

Seperti yang telah kita ketahui bahwa bahwa pengertian faktor bilangan ialah sebuah bilangan yang menghasilkan bilangan asli dari pembagian bilangan lainnya. Contohnya bilangan 6 yang dibagi dengan 2. Untuk itu 2 adalah faktor. Hal ini dikarenakan bilangan dua termasuk dalam bilangan pembagi dan termasuk salah satu bilangan asli. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan lebih lanjut mengenai cara menentukan faktor suatu bilangan beserta contoh soal faktor suatu bilangan. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Cara Menentukan Faktor Suatu Bilangan dan Contoh Soalnya

Ketentukan dalam cara menentukan faktor bilangan tersebut harus dibagi dengan bilangan asli. Lantas bagaimana jika pembagi faktor bilangannya berupa pecahan atau desimal? Jika hal ini terjadi maka sudah dipastikan bahwa bukan termasuk faktor bilangan. Ketentuan ini adalah mutlak untuk kategori faktor bilangan. Cara menentukan faktor dari suatu bilangan dilakukan dengan cara membagi bilangan itu sendiri. Untuk itulah cara yang dilakukan cukup mudah dipahami.

Baca juga : Rangkuman Materi Faktorisasi Prima Matematika Beserta Contoh Soal

Apa yang dimaksud faktor? Faktor dapat diartikan sebagai sebuah bilangan yang dapat membagi habis dari bilangan lainnya. Misalnya faktor dari 15 ialah 1, 3, 5 dan 15. Lalu bagaimana cara menentukan faktor suatu bilangan itu? Agar anda lebih memahami lebih lanjut mengenai faktor bilangan tersebut, maka dapat memperhatikan perkalian antara dua bilangan seperti di bawah ini:
1 x 15 = 15
3 x 5 = 15

Dari perkalian dua bilangan tersebut dapat diketahui beberapa bilangan tercantum di dalamnya seperti 1, 3, 5 dan 15. Bilangan bilangan inilah yang dinamakan dengan faktor dari 15. Dari sini tentunya kita telah mengetahui bagaimana cara menentukan faktor bilangan Matematika. Lalu coba perhatikan lagi contoh perkalian bilangan seperti di bawah ini:
1 x 2
1 x 3
1 x 5
1 x 7

Dalam perkalian di atas terdapat angka 2, 3, 5, dan 7 yang hanya mempunyai dua faktor seperti bilangan itu sendiri dan 1. Bilangan seperti ini dinamakan dengan bilangan prima yaitu bilangan yang hanya memiliki dua faktor berupa bilangan itu sendiri dan 1. Maka dari itu faktor suatu bilangan asli m dapat didefinisikan sebagai sebuah perkalian bilangan asli dengan bilangan asli lainnya, dimana memiliki persamaan hasil m nya. Agar anda lebih memahami cara menentukan faktor suatu bilangan, saya akan membagikan contoh soal faktor suatu bilangan tersebut. Berikut contoh soal dan pembahasannya:

Baca juga : Perbandingan Rasio Matematika: Rumus, Contoh Soal dan Jawaban

Contoh Soal Menentukan Faktor Bilangan

Setelah membahas tentang cara menentukan faktor bilangan di atas. Selanjutnya saya akan membagikan beberapa contoh soal menentukan faktor suatu bilangan. Adapun contoh soal dan pembahasannya yaitu:

1. Tentukan faktor bilangan dari 42!

Pembahasan.
Untuk menentukan faktor dari 42 dapat menggunakan perkalian seperti di bawah ini:
1 x 42 = 42
2 x 21 = 42
3 x 14 = 42
6 x 7 = 42
Jadi faktor dari 42 adalah 1, 2, 3, 6, 7, 14, 21, dan 42.

2. Tentukan faktor bilangan dari 28!

Pembahasan.
Contoh soal faktor suatu bilangan dapat ditentukan dengan cara seperti di bawah ini:
1 x 28 = 28
2 x 14 = 28
4 x 7 = 28
Jadi faktor dari 28 adalah 1, 2, 4, 7, 14, dan 28.

3.  Tentukan faktor dari 56!

Pembahasan.
1 x 56 = 56
2 x 28 = 56
4 x 14 = 56
7 x 8 = 56
Jadi faktor dari 56 adalah 1, 2, 4, 7, 8, 14, 28, dan 56.

Agar anda lebih paham lagi dengan cara menentukan faktor suatu bilangan, maka saya akan membagikan beberapa latihan soal faktor bilangan lainnya yang dapat anda kerjakan. Berikut soal soal faktor bilangannya yaitu:

  1. Tentukan faktor bilangan dari 60!
  2. Tentukan faktor bilangan dari 36 dan tentukan juga yang termasuk bilangan prima di dalamnya!
  3. Carilah semua faktor dari 72?
  4. Tentukan faktor dari 81!
  5. Tentukan semua faktor bilangan dari 77!

Sekian penjelasan mengenai cara menentukan faktor suatu bilangan beserta contoh soal faktor suatu bilangan. Faktor bilangan ialah sebuah bilangan yang menghasilkan bilangan asli dari pembagian bilangan lainnya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan selamat belajar.

Baca Juga  Persamaan dan Pertidaksamaan Nilai Mutlak (Pengertian, Rumus, dan Contohnya)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.