Cara Mudah Menghitung Persen Tanpa Kalkulator Beserta Contoh

Diposting pada

Cara Mudah Menghitung Persen Tanpa Kalkulator Beserta Contoh –  Dalam pelajaran Matematika terdapat materi pembelajaran mengenai persen. Materi ini biasanya sering kita terapkan dalam kehidupan sehari hari. Misalnya saat obral diskon pakaian atau alat kecantikan. Tentu saja teknik menghitung persen ini diterapkan. Dalam ilmu Matematika, menghitung persen dapat menggunakan rumus tertentu atau menggunakan kalkulator agar lebih mudah. Namun sekarang ini ada cara menghitung persen dengan mudah tanpa kalkulator. Bahkan dalam contoh menghitung persen tanpa kalkulator akan lebih mudah untuk menggunakan cara cara tersebut. Dengan begitu kita tidak akan malas berhitung dan tidak bergantung terhadap alat seperti kalkulator lagi.

Cara menghitung persen secara umum memang dapat dilakukan dengan mudah menggunakan metode sederhana. Cara ini dapat diterapkan oleh siapa saja dan kapan saja. Apalagi bagi para siswa yang sedang menghadapi ujian Matematika dengan materi persen tersebut. Tentunya para siswa tidak dianjurkan untuk menggunakan kalkulator selama ujian berlangsung. Maka dari itu para siswa harus menggunakan cara manual dalam menghitung soal soal persen tersebut.

Cara Mudah Menghitung Persen Tanpa Kalkulator Beserta Contoh
Cara Menghitung Persen Tanpa Kalkulator

Menghitung persen tanpa bantuan kalkulator dapat digunakan untuk mengasah otak dengan cara berhitung manual. Cara ini tentunya lebih mudah dan lebih baik dilakukan jika dibandingkan menggunakan bantuan alat. Persen dilambangkan dengan simbol %. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang cara mudah menghitung persen tanpa kalkulator beserta contoh menghitung persen tanpa kalkulator. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Cara Mudah Menghitung Persen Tanpa Kalkulator Beserta Contoh

Dalam ilmu Matematika tentunya kita pernah menjumpai materi persen di dalamnya. Materi ini cukup mudah untuk dipahami dan dipelajari. Hal ini dikarenakan cara mengerjakannya yang cukup sederhana. Untuk menyelesaikan soal soal persen biasanya dapat dilakukan dengan menggunakan kalkulator ataupun cara manual.

Seperti yang telah saya katakan bahwa cara menghitung persen dapat dilakukan dengan menggunakan rumus persen. Rumus ini bermaksud untuk memudahkan siswa agar lebih mudah dalam mencari nilai persen yang ada. Adapun rumus dalam menghitung persen yaitu

Persentase (%) = (bagian/seluruh) x 100

Dengan rumus persen diatas, kita dapat mengubah bentuk persen menjadi pecahan tertentu ataupun sebaliknya. Namun karena banyaknya variasi perhitungan persen, maka kita harus menggunakan cara mudah menghitung persen tanpa kalkulator. Caranya yaitu cukup mengubah persen menjadi bentuk pecahan kemudian dirubah lagi menjadi lebih sederhana. Setelah itu dikalikan dengan nilai yang ingin dicari persennya. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak contoh menghitung persen tanpa kalkulator di bawah ini:

Baca juga : Rumus Persamaan Garis Lurus Beserta Contoh Soal

Contoh Soal Persen

Setelah menjelaskan tentang cara menghitung persen tanpa kalkulator di atas. Selanjutnya saya akan membagikan beberapa contoh soal erkaait materi tersebut. Berikut contoh soal dan pembahasannya yaitu:

1. Pak Jono mempunyai bebek yang jumlahnya 8.000 ekor. Jika bulan depan pak Jono ingin menjual bebeknya sebanyak 25%, maka berapakah jumlah bebek yang akan di jual?

Pembahasan
Pada umumnya kita menghitung persen dengan merubahnya menjadi pecahan kemudian mengalikan dengan jumlah yang diinginkan seperti cara di bawah ini:

25% = 25/100
Jumlah bebek yang dijual = 25/100 x 8.000 = 2.000 ekor

Cara diatas menggunakan rumus persen yang ada tetapi bagaimana jika jumlah angka yang ingin dikalikan memiliki besar ratusan ribu? Tentunya cara ini akan lebih panjang dan lebih sulit. Namun tidak perlu khawatir karena anda dapat menggunakan cara mudah menghitung persen tanpa kalkulator seperti di bawah ini :

25% diubah menjadi 1/4 agar lebih mudah menghitungnya. Maka perhitungan persennya akan seperti dibawah ini :

Jumlah bebek yang dijual = 8.000/4 = 2.000 ekor 

2. Mall Sentul menyediakan diskon sebesar 20% dengan nilai belanja sebesar 200.000. Berapakah besar diskon yang diberikan oleh Mall tersebut?

Baca juga : Mengenal Jenis Jenis Sudut Matematika Beserta Penjelasan

Jawab.
20%= 1/5
Besar diskon yang diberikan = 200.000/5
                                                    = 40.000

Demikianlah penjelasan mengenai cara mudah menghitung persen tanpa kalkulator dan contoh menghitung persen tanpa kalkulator. Dalam menghitung persen, cara ini lebih mudah bukan? Maka dari itu anda tidak akan bergantung lagi dengan alat dalam perhitungan persen ataupun sejenisnya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Baca Juga  Macam Macam Rumus Luas Bangun Datar Beserta Contoh

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.