Dampak Positif dan Negatif Konflik Sosial (Terlengkap)

Diposting pada

Dampak Positif dan Negatif Konflik Sosial (Terlengkap)Konflik sosial diartikan sebagai proses sosial yang terjadi antara dua pihak yang berbeda, dimana masing masing pihak ingin menghancurkan dan menyingkirkan satu sama lain sampai tidak berdaya. Konflik tersebut didasarkan pada perbedaan antara keduanya yang sulit menemukan titik penyelesaian, perdamaian ataupun persamaan, baik adat istiadat, ciri fisik, kepandaian, keyakinan maupun pengetahuan. Hal ini menimbulkan dampak positif konflik sosial dan dampak negatif konflik sosial dalam lingkup masyarakat dan sekitarnya.

Jika dilihat dari segi bahasa, konflik selalu diartikan sebagai sesuatu yang bertentangan. Konflik sendiri dapat terjadi diantara perorangan, kelompok maupun lingkup sosial sekalipun. Apa yang dimaksud konflik sosial? Konflik sosial ini dapat menimbulkan dampak tertentu. Dampak ini dapat bersifat positif maupun negatif.

Dampak Positif dan Negatif Konflik Sosial (Terlengkap)
Dampak positif konflik sosial dan dampak negatif konflik sosial

Konflik sosial pernah dialami oleh negara Indonesia dengan negara Malaysia pada tahun 2005. Konflik antar kedua negara ini disebabkan oleh perbedaan pendapat masalah wilayah Blok Ambalat yang termasuk bagian pulau Nusantara. Pada saat itu bangsa Indonesia sangat marah dan bersatu melawan pemeritahan Malaysia. Hal inilah merupakan contoh terjadinya suatu konflik sosial. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas beberapa dampak positif konflik sosial dan dampak negatif konflik sosial terlengkap. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Dampak Positif dan Negatif Konflik Sosial (Terlengkap)

Apabila membahas tentang konflik maka selalu dikaitkan dengan hal hal yang bersifat negatif. Hal ini dikarenakan konflik terjadi antara dua orang yang saling bertentangan. Namun jika lebih diperdalami lagi, konflik tersebut tidak hanya menimbulkan hal negatif tetapi juga berdampak positif. Lantas apa saja dampak positif dari konflik tersebut?

Pada dasarnya konflik sosial memiliki faktor positif yang bersifat konstruktif (membangun). Namun konflik sosial juga memiliki faktor negatif yang bersifat destruktif (merusak) perdamaian. Konflik sosial konstruktif ialah suatu hak yang mendorong perkembangan modal untuk mencapai perdamaian sosial sehingga antar kelompok dapat tercipta solidaritas yang tinggi.

Sedangkan konflik sosial destruktif ialah sesuatu hal yang digunakan untuk menjaga integrasi sosial kelompok dan masyarakat agar tetap utuh dalam lingkup skala yang luas. Tetapi jika terjadi disintegrasi sosial yang memungkinkan berlebihnya kapasitas dan batas tolerasi antar pihak yang terlibat maka akan diberikan solusi paling cepat terkait masalah tersebut. Dibawah ini terdapat beberapa dampak positif konflik sosial dan dampak negatif konflik sosial yang meliputi:

Baca juga : Faktor Faktor Pendorong dan Penghambat Integrasi Nasional

Dampak Positif Konflik Sosial

Konflik sosial menyebabkan beberapa dampak positif untuk masyarakat. Adapun dampak konflik sosial yang bersifat positif yaitu meliputi:

  • Menimbulkan keharmonisan dalam integrasi sosial.
  • Identitas pihak yang berkonflik semakin kuat.
  • Membentuk kelompok baru.
  • Memperluas wawasan.
  • Ketidaktuntasan berbagai aspek kehidupan dapat lebih diperjelas.
  • Solidaritas yang terjadi antar anggota dalam kelompok dapat lebih meningkat.
  • Rasa ketergantungan kelompok ataupun individu dapat dikurangi.
  • Menciptakan kompromi yang baru.

Dampak Negatif Konflik Sosial

Konflik sosial menyebabkan beberapa dampak negatif untuk masyarakat. Adapun dampak konflik sosial yang bersifat negatif yaitu meliputi:

  • Fasilitas umum menjadi rusak.
  • Menimbulkan perubahan kepribadian.

Baca juga : Pengertian, Manfaat, dan Cara Berpikir Kritis

  • Membentuk kelompok pemenang yang dominan.
  • Hubungan antar kelompok atau individu menjadi lebih retak.
  • Korban jiwa semakin berjatuhan dan berbagai harta benda menjadi rusak.

Seperti yang telah saya jelaskan di atas bahwa konflik tidak semuanya berdampak negatif. Namun konflik juga memiliki beberapa dampak positif di dalamnya. Kedua dampak ini tergantung dari sikap dua orang atau lebih yang saling berkonflik atau bertentangan.

Sekian penjelasan mengenai dampak positif konflik sosial dan dampak negatif konflik sosial terlengkap. Konflik sosial adalah proses sosial yang terjadi antara dua pihak yang berbeda, dimana masing masing pihak ingin menghancurkan dan menyingkirkan satu sama lain sampai tidak berdaya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat. Terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Baca Juga  Mengapa Faktor Ekonomi Menjadi Penghambat Mobilitas Sosial

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.