40 Contoh Puisi Ulang Tahun Untuk Ibu, Sahabat, Pacar, Teman, Saudara

Diposting pada

40 Contoh Puisi Ulang Tahun Untuk Ibu, Sahabat, Pacar, Teman, Saudara – Ulang tahun ialah momen bagi setiap orang yang paling membahagiakan dan mengesankan. Karena di hari itulah kita mengenang tanggal kelahiran setiap tahunnya. Selain itu, banyak pula orang yang memberikan kado, kejutan, perhatian dan ucapan selamat ulang tahun kepada kita, terutama dari orang orang terdekat dan terkasih. Untuk momen istimewa tersebut tentunya memerlukan hadiah yang istimewa pula. Misalnya saja puisi ulang tahun yang istimewa.

Cara membuat puisi ulang tahun yang baik dan benar sebenarnya cukup mudah. Kalian bisa menyusunnya sendiri maupun mengadaptasi kumpulan puisi singkat dari internet sebagai referensi. Memperkuat kesan estetik tanpa mengurangi makna dan tujuan puisi menjadi kunci utama penulisan. Berbagai pemilihan diksi, tata bahasa, dan penggunaan majas pun dapat kita pakai untuk mewujudkannya?

40 Contoh Puisi Ulang Tahun Untuk Ibu, Sahabat, Pacar, Teman, Saudara
Contoh Puisi Ulang Tahun

Puisi dapat anda berikan ketika ulang tahun ibu tercinta, sabahat, ataupun pacar sekalipun. Bentuk kado berbentuk puisi tersebut akan lebih berkesan dibandingkan kado berbentuk barang. Untuk itu anda dapat mencobanya sendiri karena puisi yang dibuat memiliki kesan dan arti yang mendalam karena terdapat ketulusan didalamnya. Terlebih lagi banyak sekali referensi kumpulan puisi ulang tahun di buku buku ataupun internet, baik untuk ibu, sahabat ataupun pacar. Nah dalam pembahasan kali ini saya akan membagikan beberapa kumpulan contoh puisi ulang tahun terlengkap. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

40 Contoh Puisi Ulang Tahun Untuk Ibu, Sahabat, Pacar, Teman, Saudara

Secara garis besar puisi menjadi salah satu materi pokok yang mulai diajarkan pada siswa bahkan semenjak berada di bangku sekolah dasar. Di dalamnya kalian akan menjumpai berbagai aspek dan instrumen bahasa indonesia. Misalnya pemilihan diksi, menetapkan bait dan larik, hingga menentukan tema yang hendak diangkat menjadi karya sastra. Dalam konteks kehidupan puisi pun banyak dipakai untuk berbagai tujuan. Contoh paling sederhana untuk mengungkapkan perasaan senang, bentuk penghargaan, dan lain sebagainya.

Melalui puisi, kita juga dapat mengutarakan rasa kasih sayang yang besar untuk orang lain. Seperti kasih sayang untuk orang tua, sahabat dan sebagainya. Ketulusan yang terdapat dalam contoh puisi tentang ulang tahun tersebut menggambarkan betapa perhatiannya kita kepada orang yang diberikan puisi itu. Selain itu puisi juga dapat menggambarkan perasaan seseorang melalui kata kata yang indah nan mendalam. Sama halnya dengan contoh puisi ulang tahun untuk pacar, sahabat, maupun orang tua kita tentu akan menggambarkan bagaimana perasaan kita.

Baca juga : 8 Puisi Ibu Sedih, Mengharukan, dan Ungkapan Sayang Untuk Ibu

Puisi ulang tahun juga bisa diartikan sebagai ucapan selamat ulang tahun dalam bentuk karya sastra. Mengapa harus melalui puisi dan bukan dengan kata kata? karena dari segi estetika dan keindahan bahasa, puisi memiliki nilai plus dan kelebihan tersediri dalam hal penyampaian. Dibawah ini terdapat beberapa kumpulan contoh puisi ulang tahun untuk ibu, sahabat dan pacar. Berikut ulasan selengkapnya:

Contoh Puisi Ulang Tahun Untuk Sahabat

Sahabat merupakan teman terdekat yang bisa kita percayai, peran sahabat dalam hidup sangatlah banyak mulai dari peduli terhadap kita, selalu membantu jika ada kesulitan, dan lain sebagainya. Sebagai seorang sahabat, kita juga harus melakukan hal demikian. Terlebih lagi jika sahabat kita sedang ulang tahun, kita bisa memberikan kado, mengajaknya jalan jalan ataupun memberikan puisi ulang tahun untuk sahabat kita. Berikut ini adalah kumpulan puisi ulang tahun untuk sahabat yang berjudul hari bahagiamu:

Hari Bahagiamu

Hari ini hari bahagiamu
Dimana Sang Kuasa telah menciptakanmu
Sambut harimu….
Dengan senyum manismu…

Hari ini…
Dimana usiamu genap 20 tahun
Tahun tahun yang berkesan untukku
Meski aku baru mengenalmu 5 tahun
Tapi itu membuatku sangat bahagia karena ada kamu

Duhai sahabatku…
Selamat berulang tahun…
Dipanjangkan umurmu
Dan diberikan kemudahan atas segala urusanku

Disaat kau meniup lilun pertamamu
Aku berharap kau selalu bahagia selalu
Tiada hari, bulan, tahun yang dapat menggantikanmu
Karena kaulah sahabat terbaikku

Selain contoh puisi ulang tahun di atas, saya masih memiliki satu contoh puisi sahabat yang layak diberikan ketika ia sedang berulang tahun. Judul dari puisi ulang tahun ini adalah di ujung dunia dimana isi dari puisi ini adalah rasa kagum dan harapan kita terhadap sahabat.

Di Ujung Dunia

Tuhan yang menciptakan kita
Dimanapun dan kapanpun kita berada
Tuhanlah yang mengatur semuanya
Jodoh, Kelahiran ataupun Kematian

Hari ini kau terlahir
Sebagai sosok wanita karir
Mungkin tak banyak yang bisa kuberikan
Namun yang pasti aku menyayangimu kawan
Meski diujung dunia sekalipun

Kawanku sahabat terbaikku
Selama ulang tahun untukmu
Aku hanya berpesan kepadamu
Jadilah pribadi yang selalu baik dan terus maju

Jangan lupakan aku yang disini
Selalu mendoakanmu dari sini
Semoga kamu menjadi pribadi yang lebih baik dan baik lagi
Tiada kata yang mampu mewakili
Semua rindu dan kasih sayangku kepadamu
Wahai temanku sahabat terbaikku

Contoh Puisi Ulang Tahun Untuk Ibu Tercinta

Ibu merupakan sosok wanita paling penting yang telah melahirkan dan membesarkan kita. Jasa seorang ibu memang tidak akan pernah bisa terbalaskan, namun kita masih bisa menghormati setiap jasa jasanya dengan cara berbakti kepadanya, memberikan kado ketika ia ulang tahun, membacakan puisi ulang tahun untuk ibu kita dan merawatnya ketia ia menua.

Sebenarnya terdapat banyak sekali puisi ibu yang bisa kita temukan. Namun dalam artikel kali ini saya akan memberikan kumpulan puisi ulang tahun untuk ibu yang menyentuh hati yang bisa kita hadiahkan pada ibu kita ketika berulangtahun.

Bunda Tercinta

Tiada kata yang mampu mewakili semua
Semua jasa jasa bunda
Semua jerih payah bunda
Mulai dari aku lahir sampai besar ini bunda

Bunda…
Tiada orang yang pantas menggantikanmu…
Tiada kata yang dapat aku ucapkan
Untuk mewakili semua rasa sayangku kepadamu

Baca juga : 24 Contoh Puisi Lama dan Puisi Baru Terbaik

Aku bersyukur telah lahir dari rahimmu
Bersyukur karena engkaulah ibuku
Meski aku bertambah dewasa
Namun aku selalu akan mengingatmu dan menyayangimu

Bunda…
Selamat Ulang Tahun…
Semoga Bunda sehat selalu
Panjang Umur
dan terus bersamaku
Terimakasih bunda…
Karena engkaulah ibu sejatiku..

Selain contoh puisi ulang tahun diatas, saya juga akan memberikan puisi ibu yang berjudul “my mom” atau dalam bahasa Indonesianya adalah ibuku. Puisi ibu yang satu ini berisikan perjalanan singkat ibu kita dalam membesarkan kita. Puisi ulang tahun untuk ibu dibawah ini juga bisa diartikan sebagai ungkapan rasa kagum dan terimakasih kita.

My Mom

Mami…
Engkaulah ibu terhebat di dunia ini
Memikul beban berat ini
Menunjukkan jalan yang baik untuk kami
Melindungi kami
dan Senantiasa berusaha mencukupi kebutuhan kami

Setiap peluh yang engkau teteskan
Begitu berharga tiada tara
Mami…
Dihari ulang tahunmu ini
Aku berharap mami
Selalu sehat dan terus menemani kami
Sampai kami bisa membalas jasa jasa mami

Mami…
Happy Birthday mami…
Engkaulah wanita terhebat dalam hidup kami
Engkaulah wanita yang sangat berjasa untuk kami
Semoga Tuhan selalu melindungi mami
Setiap doaku hanya tertuju untuk mami
Mami sehat, mami bahagia dan mami terus bersama kami
I Love U Mom
You Are My Wonder Woman

Baca juga : Puisi Ibu (Kumpulan Puisi Sedih Tentang Ibu Singkat dan Penuh Makna)

Contoh Puisi Ulang Tahun Untuk Pacar

Dalam menjalani kehidupan tentunya kita memiliki teman, sahabat, dan pasangan. Pasangan adalah orang yang selalu menemani kita dan menjadi pendamping hidup kita. Untuk merayakan ulang tahunnya kita bisa memberikan puisi ulang tahun untuk pacar kita. Pada bagian ini saya akan memberikan kumpulan puisi ulang tahun pacar singkat namun penuh makna.

Happy Birthday Dear

Seuntai kasih membawa kata
Sepatah kata membuatku bahagia
Tiada hari yang dapat mengerti
Betapa engkau sangat berarti untukku kasih

Dihari kelahiranmu
Di hari bertambahnya usiamu
Dihari dimana tertiupnya lilin pertamamu
Aku berharap semoga dipanjangkan umurmu

Tercapainya cita citamu
dan dimudahkan segala urusanmu
Aku tanpamu
Tiadalah berarti tanpa kehadiranmu

Dear…
Happy Birthday…
Wish you all the best
I Love U
So so so much..

Selain contoh puisi ulang tahun diatas, saya akan memberikan contoh puisi ulang tahun pacar yang berjudul doa untukmu. sama seperti judulnya, puisi ulang tahun yang satu ini berisikan harapan dan doa dari kita untuk pacar.

Doa Untukmu

Kekasihku…
Meski waktu terus berjalan
Namun tiada hari yang kusesalkan
Setiap waktu yang kuhabiskan bersamamu
Adalah kebahagiaan yang tak tergantikan untukku…

Selamat ulang tahun
Doaku untukmu kekasihmu
Semoga panjang umur
Sehat selalu
Semoga Tuhan selalu melindungimu

Kupanjatkan do’a untukmu
Di setiap Ibadahku
Inilah doaku untukmu

Dalam dunia pendidikan, kumpulan puisi termasuk dalam pelajaran bahasa indonesia dan dikategorikan sebagai karya sastra. Baik puisi ulang tahun untuk pacar, untuk sahabat dan puisi ibu diatas merupakan sedikit contoh dari sekian banyak contoh puisi yang bisa kita temui.

Sekian artikel yang berisi kumpulan contoh puisi ulang tahun yang dapat saya bagikan. Apapun bentuk puisinya, kepada siapapun puisi itu dibuat, pastinya akan memberikan kesan yang mendalam karena disetiap katanya terdapat ketulusan didalamnya. Jadi puisi ulang tahun diatas dapat anda berikan kepada ibu tercinta, sahabat ataupun pacar ketika meraka berulang tahun. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah membaca artikel di atas.

Baca Juga  24 Contoh Kalimat Majemuk Setara

1 komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.