Manfaat Kerjasama Ekonomi Internasional Beserta Bentuknya

Diposting pada

Manfaat Kerjasama Ekonomi Internasional Beserta Bentuknya – Kerjasama dapat diartikan sebagai sebuah kegiatan yang dilakukan bersama sehingga tidak hanya sendiri sendiri (individualisme). Kerjasama yang dilakukan dalam sebuah kegiatan dapat membuat pelaku di dalamnya lebih peduli, suka berbagi, saling melengkapi dan mengerti satu sama lain sehingga tujuan dan keuntungan bersama dapat tercapai. Kerjasama sendiri dapat berlangsung antar individu, kelompok, maupun antar negara. Biasanya kerjasama antar negara akan mengakibatkan hubungan Internasional. Salah satunya ialah bentuk kerjasama ekonomi Internasional. Apa manfaat dari kerjasama ekonomi Internasional? inilah pertanyaan yang sering diajukan siswa.

Setiap perwujudan bentuk kerjasama internasional dapat dinyatakan berdasarkan manfaat serta tujuannya. Misalnya bentuk kerjasama dalam sebuah perusahaan, dimana di dalamnya terdapat tim untuk mewujudkan tujuan bersama sehingga perusahaan dapat lebih maju dan berjalan lancar. Selain itu kerjasama juga berlangsung dalam bidang ekonomi, baik dalam skala Nasional dan Internasional. Masalahnya, tak semua siswa mengetahui apa mnanfaat kerjasama internasional di bidang ekonomi.

Manfaat Kerjasama Ekonomi Internasional Beserta Bentuknya
Kerjasama Ekonomi Internasional

Kerjasama yang terjadi diantara individu yang akan menciptakan rasa simpati, komunikasi, empati dan tanggung jawab dalam diri sendiri. Kerjasama tersebut pada dasarnya berguna untuk melatih kesabaran dan menghargai pendapat orang lain. Terjadinya kerjasama Internasional didasarkan pada kodrat manusia yang tidak dapat hidup sendiri. Hal ini berlaku juga untuk negara juga karena negara tidak dapat berkembang dengan sendirinya. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang manfaat kerjasama ekonomi Internasional dan bentuk bentuk kerjasama ekonomi Internasional. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Manfaat Kerjasama Ekonomi Internasional Beserta Bentuknya

Seperti yang telah kita ketahui bahwa setiap negara pasti memerlukan bantuan negara lain. Untuk itu berlangsungnya sebuah negara tidak hanya dapat berdiri sendiri saja. Kerjasama yang dilakukan antar negara tersebut dapat dilakukan dengan berbagai bentuk seperti dalam bidang ekonomi, pendidikan, keamanan, politik, sosial dan lain lain. Untuk itulah terbentuk hubungan kerjasama ekonomi Internasional.

Lalu apakah kalian tau apa saja contoh kerjasama ekonomi Internasional? Secara garis besar, masing-masing negara memang memiliki tujuan berbeda ketika melakukan kerjasama. Salah satu tujuannya yakni membuat kegiatan ekonomi di negaranya meningkat sehingga bisa memicu perkembangan pembangunan dan pertumbuhan ekonominya seiring berkembangnya teknologi dan ilmu pengetahuan.

Baca juga : Penyebab Jatuhnya Kabinet Sukiman Beserta Program Kerjanya

Pada kenyataannya manfaat kerjasama ekonomi Internasional memang sangat penting untuk masing masing negara. Hal ini menunjukkan bahwa kerjasama yang dilakukan dengan negara lain sangat menguntungkan satu sama lain. Pelaksanaan kerjasama di akhir akhir perkembangan ini memang mengarah pada peningkatan perdagangan secara Internasional. Untuk itu dengan melalui kerjasama Internasional ini diharapkan dapat membuat negara yang terlibat perjanjian perdagangan menjadi lebih sejahtera.

Dalam hal ini perjanjian yang dilakukan berdasar pada komoditas yang mempunyai keunggulan kompetitif dan keunggulan komparatif. Inilah yang menjadi salah satu latar belakang bentuk bentuk kerjasama Internasional yang terjadi di Indonesia. Negara Indonesia memang dikenal sebagai salah satu negara dengan komitmen terbuka sehingga dalam perjanjian perdagangan terdapat peran serta secara bebas di berbagai kawasannya.

Pengertian Kerjasama Ekonomi Internasional

Secara garis besar, guru akan memberikan materi bentuk kerjasama internasional ketika siswa menginjak bangku sekolah menengah. Pembahasan lengkapnya pun bisa kalian baca sendiri di buku pedoman serta LKS ekonomi. Meski telah mendapat bekal teori tapi faktanya masih ada beberapa siswa yang kesulitan ketika diminta menyebutkan contoh kerjasama ekonomi internasional. Oleh karennya, pada sesi pertama saya ingin memaparkan terlebih dahulu apa pengertiannya.

Apakah manfaat kerjasama ekonomi internasional begitu signifikan? tentu saja iya. Setiap negara pasti memerlukan bantuan untuk memenuhi kebutuhan yang memang tak terpenuhi. Bahkan hal ini pun berlaku pula untuk negara besar seperti amerika, rusia, jerman, dan lain sebagainya. Tingkat ketergantungan antar negara menjadi semakin tinggi karena pengaruh kebudayaan umat manusia yang semakin modern.

Dari penjelasan di atas bisa kita simpulkan bahwa pengertian kerjasama ekonomi Internasional adalah bentuk kerjasama yang dilakukan oleh satu negara dengan negara lain di bidang ekonomi. Aktivitas ini bisa melibatkan dua negara atau lebih sesuai kesepakatan bersama. Kerjasama Internasional di bidang ekonomi memiliki beberapa tujuan utama, diantaranya:

  1. Memenuhi kebutuhan di dalam negeri
  2. Membuat produktivitas di dalam negeri lebih meningkat.
  3. Menciptakan lapangan kerja yang lebih luas.
  4. Membuat pendapatan negara lebih meningkat melalui ekspor.
  5. Membuat rasa persahabatan menjadi lebih kuat.

Baca juga : Pengertian Norma Sosial, Jenis dan Contohnya Terlengkap

Manfaat Kerjasama Ekonomi Internasional

Secara garis besar, indonesia memang menjadi salah satu pelaku kerjasama internasional. Bentuk kerjasama tersebut terjalin dengan beberapa negara besar seperti cina, amerika, rusia, dan negara tetangga lain.

Selain pengertian kerjasama ekonomi Internasioal dan tujuan kerjasama ekonomi Internasional di atas. Selanjutnya saya akan membahas tentang manfaat kerjasama ekonomi secara Internasional. Kerjasama Internasional dalam bidang ekonomi memang memiliki beberapa manfaat seperti di bawah ini:

  1. Teknologi dan pengetahuan yang asalnya dari negara maju.
  2. Membuat posisi Indonesia dan daya tawarnya menjadi lebih kuat di mata dunia Internasional.
  3. Akan membuat masuknya modal negara asing setelah berkembangnya kegiatan ekonomi di Indonesia.
  4. Permintaan jasa dan barang dari luar negeri atau dalam negeri semakin tinggi sehingga jumlah harga pokok setiap unit produksi menjadi lebih ditekan.
  5. Produksi dari dalam negeri dapat impor dengan harga yang lebih mahal.
  6. Membuat kreativitas, kecerdasan dan keterampilan pada tenaga kerja akan lebih meningkat karena kegiatan ekspor semakin pesat menuju luar negeri dengan tuntutan di dalamnya.
  7. Bahan tambahan dan bahan baku dalam proses produksi semakin mudah didapatkan.
  8. Dapat menciptakan lapangan pekerjaaan sehingga kemiskinan dan angka pengangguran di Indonesia menjadi lebih menurun.

Bentuk kerjasama ekonomi yang paling umum adalah terjadinya perdagangan internasional. Contoh paling mudah adalah kegiatan ekspor impor barang, bahan makanan, maupun komoditas lain yang melibatkan dua negara. Negara pengirim akan mendapat keuntungan dari segi finansial, sedangkan penerimanya juga bisa memenuhi kebutuhan komoditasnya. Hubungan timbal balik ini tentunya sangat menguntungkan kedua belah pihak.

Contoh dan Bentuk Kerjasama Ekonomi Internasional

Setelah menjelaskan tentang manfaat kerjasama ekonomi Internasional. Selanjutnya saya akan membahas tentang bentuk bentuk kerjasama ekonomi secara Internasional. Kerjasama ekonomi Internasional memang banyak dilakukan oleh banyak negara karena manfaat yang diberikan memang cukup banyak.

Pelaksanaan kerjasama Internasional biasanya berlaku antar negara maju maupun antara negara berkembang dengan negara maju. contoh kerjasama internasional tersebut dapat dilakukan dengan menukarkan modal dan tenaga ahli dengan barang mentah serta menukarkan barang jadi dengan barang mentah.

Baca juga : Pengertian Biografi, Struktur dan Jenis Jenisnya

Kemudian untuk kerjasama antar negara maju dapat dilakukan dengan menukarkan teknologi, ilmu pengetahuan, serta tenaga ahli di dalamnya. Kerjasama ekonomi Internasional dapat dibedakan menjadi beberapa bentuk berdasarkan letak geografisnya. Adapun contoh dan bentuk kerjasama ekonomi Internasional yaitu sebagai berikut:

  • Kerjasama ekonomi Internasional ialah kerjasama yang dilaksanakan oleh banyak negara di dunia dalam bidang ekonomi.
  • Kerjasama ekonomi regional ialah kerjasama yang dilaksanakan oleh beberapa negara dalam bidang ekonomi namun masih termasuk dalam kawasan yang sama.
  • Kerjasama ekonomi antar regional ialah kerjasama yang dilaksanakan oleh beberapa negara dalam bidang ekonomi, namun dikawasan yang berbeda.

Selain itu, adapula kerjasama Internasional di bidang ekonomi menurut banyaknya negara peserta yang dapat dibagi menjadi beberapa jenis yaitu diantaranya:

  • Kerjasama ekonomi bilateral ialah kerjasama yang dilaksanakan oleh dua negara dalam bidang ekonomi.
  • Kerjasama ekonomi multilateral ialah kerjasama yang dilaksanakan oleh dua negara atau lebih dalam bidang ekonomi.

Sekian penjelasan mengenai manfaat kerjasama ekonomi Internasional dan bentuk bentuk kerjasama ekonomi Internasional. Kerjasama ekonomi Internasional ialah bentuk kerjasama yang dilakukan oleh satu negara dengan negara lain dalam bidang ekonomi. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Baca Juga  Sejarah Kerajaan Tarumanegara Lengkap

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.