Pembelahan Mitosis dan Meiosis Beserta Gambarnya

Diposting pada

Pembelahan Mitosis dan Meiosis Beserta Gambarnya – Pengertian mitosis dan meiosis tidak dapat dipisahkan satu sama lain. Mitosis dan meiosis sendiri merupakan dua bentuk proses pembelahan sel yang berbeda. Tujuan pembelahan sel secara umum adalah untuk menghasilkan sel sel baru dari sel sel yang lama (yang sudah ada). Proses pembelahan sel inilah yang akhirnya disebut dengan pembelahan mitosis dan pembelahan meiosis.

Apa pengertian pembelahan mitosis itu? Apa pengertian pembelahan meiosis? Pembelahan mitosis dan meiosis pada dasarnya merupakan dua hal yang berbeda namun saling berkaitan satu sama lain. Kedua pembelahan ini memiliki ciri khasnya masing masing. Apa saja contoh pembelahan mitosis itu? Apa saja pembelahan meiosis itu?

Pembelahan Mitosis dan Meiosis Beserta Gambarnya
Gambar pembelahan mitosis dan meiosis

Pernahkah anda membayangkan bagaimana proses pembelahan sel dapat terjadi? jika kalian mengikuti pelajaran biologi pasti inilah yang ada di pikiran kalian. Meskipun sama sama dikategorikan dalam pembelahan sel, namun mitosis dan meiosis memiliki tujuan dan hasil yang berbeda. Lalu apa pengertian mitosis dan meiosis? apa tujuan pembelahan sel? Bagaimana proses terjadinya mitosis dan meiosis dan adakah gambar pembelahan sel mitosis dan meiosis? Jawabannya dapat anda simak dalam artikel kali ini.

Pembelahan Mitosis dan Meiosis Beserta Gambarnya

Seperti yang telah kita ketahui bahwa mitosis dan meiosis merujuk pada istilah pembelahan sel yang ada pada mapel biologi. Keduanya memiliki perbedaan signifikan dari pengertian, proses, tahapan, serta hasil akhirnya. Tapi beberapa siswa sering memaknai apa itu pembelahan mitosis sama seperti meiosis.

Padahal gambar mitosis maupun gambar meiosis sendiri juga sering diujikan saat tes. Tak heran apabila beberapa siswa mengalami kendala atau salah saat menyebutkan proses pembehalan sel tersebut.

Untuk mengetahuinya maka terlebih dahulu kalian harus paham tentang pengertian mitosis dan meiosis itu sendiri. Barulah kita akan mendapatkan informasi tujuan dan proses terjadinya pembelahan sel tersebut.

Dalam artikel kali ini kita akan membahas lebih dalam tentang perbedaan mitosis dan meiosis dalam proses pembelahan sel. Apa itu pembelahan mitosis? Apa itu pembelahan meiosis? Kedua jenis materi ini pada umumnya dapat kita pelajari ketika dibangku sekolah.

Pembelahan Mitosis

Pembelahan mitosis adalah proses pembelahan yang terjadi pada inti sel yang kemudian menghasilkan sel sel baru dengan jenis kromosom yang sama dengan sel lama. Secara genetik, proses pembelahan mitosis ini akan menghasilkan dua buah sel baru yang cenderung identik.

Masing masing sel baru tersebut mewarisi sifat yang sama dengan induknya. Dalam konteks kehidupan kita dapat dengan mudah menemukan contoh pembelahan mitosis di sekitar kita karena proses pembelahan mitosis ini akan terjadi pada setiap sel yang terdapat pada tubuh makhluk hidup.

Pembelahan Mitosis dan Meiosis Beserta Gambarnya
gambar proses pembelahan mitosis

Meskipun terjadi pada setiap makhluk hidup, proses pembelahan mitosis ini terjadi secara tak langsung, tidak langsung disini maksudnya adalah untuk mencapai pembelahan mitosis diperlukan beberapa fase atau tahapan. Adapun fase dan tahapan yang terdapat pada proses pembelahan mitosis adalah profase, metafase, anafase, dan telofase.

Profase (fase pertama mitosis)

Fase pertama mitosis ini ditandai dengan membrane inti sel yang rusak menjadi serpihan kecil yang disebut fragment. lama kelamaan proses pembelahan akan mulai terbentuk dengan ditandai benang benang kromatin yang mulai memadat menghasilkan kromosom. Selanjutnya kromosom ini mulai bergerak menuju titik tengan sel.

Metafase (metaphase)

Pada fase ini benang benang gelendong yang terjadi pada fase sebelumnya akan mulai terlihat dengan jelas. Kromosom mulai berjajar di ekuator sel. Beberapa benang akan terlihat mencapai kutub tanpa harus melekat pada sentromer. Sentromer ini selanjutnya akan membelah, menyebabkan kromatid berubah menjadi kromosom tunggal.

Anafase (anaphase)

Berbeda dengan fase sebelumnya, pada tahap anafase kromosom yang mulanya saling terikat secara tiba tiba akan terpisah hingga menjadi 2 bagian yang sama namun menuju ke arah kutub yang berbeda. Dan pada akhir tahapan proses anafase ini setiap ujung sel akan mempunyai kromosom yang sama sekaligus lengkap dari segi jumlah.

Baca Juga  Apa yang Dimaksud Pelestarian In Situ? Berikut Penjelasan dan Contohnya

Telofase (telophase)

Ini merupakan tahapan pembelahan mitosis yang terakhir dimana kromosom sudah berada pada masing masing kutub sehinga nukleus akan terlihat kembali. Kromatid yang mulanya ada akan mulai menghilang hingga sitoplasma menebal dan membran sel akan terpisah dari kedua sel baru tersebut.

Pembelahan Meiosis

Pengertian pembelahan meiosis adalah jenis pembelahan sel yang terdapat pada sel reproduksi. Tujuan pembelahan meiosis ini adalah untuk menghasilkan 4 sel baru dimana setiap sel memiliki kromosom berjumlah setengah dari kromosom sel lama atau induknya.

Contoh pembelahan meiosis bisa diamati pada tumbuhan berbiji ketika proses produksi sporangium. Sedangkan pada hewan pembelahan sel berlangsung ketika sel ovum dan sperma terbentuk.

Perbedaan pembelahan mitosis dan meiosis yang paling mencolok adalah jumlah kromosom yang dihasilkan pada proses pembelahan selnya. Secara umum gambar mitosis dan gambar meiosis hampir sama yang membedakan adalah proses pembelahan meiosis dibagi menjadi dua tahapan. yakni:

Pembelahan Mitosis dan Meiosis Beserta Gambarnya
gambar proses pembelahan meiosis

Proses Pembelahan Meiosis I

Profase
Profase pada pembelahan meiosis I ini ditandaii dengan adanya kerusakan pada membran inti serta munculnya fragment (serpihan) dan terbentunya glendong pembelahan. Benang kromatin yang mulanya tak terlihat mulai memadat kemudian berubah menjadi kromosom yang selanjutnya saling berpasangan antar kromosom homolog.

Metafase (metapahse)
pada tahap kedua ini kromosom akan mulai berjajar pada ekuator sel. pada proses ini juga setiap benang spindle akan mulai melekat pada setiap sentomer kromosong yang ada. Sedangkan ujung benang ini akan membentang dan melekat pada 2 kutub pembelahan sel yang berbeda (berlawanan).

Baca juga: Pengertian Kingdom Protista, Ciri Ciri, Klasifikasi dan Contohnya

Anafase (Anaphase)
Anaphase ditandai dengan adanya proses penarikan kromosom homolog oleh benang benang spindle menuju ke arah yang saling berlawanan.

Telofase (telophase)
Telophase merupakan fase terakhir dari proses pembelahan meiosis yang ditandai dengan kromosom yang telah mencapai masing masing kutub pembelahan.

Proses Pembelahan Meiosis II

Profase (Prophase)
Fase ini ditandai dengan rusaknya membran inti dan munculnya serpihan berupa fragment, kromatid yang mulai menuju ke arah tengah sel serta terbentuknya gelendong.

Metafase (Metaphase)
Tahapan meiosis yang kedua adalah metapahse dimana kromosom yang awalnya terbentuk tidak beraturan mulai berjajar pada bidang sel.

Anafase (Anaphase)
Fase ini ditandai dengan adanya proses kromatid yang mulai terpisah satu sama lain dan menuju kutub yang saling berlawanan.

Telofase (Telophase)
Tahapan meiosis yang terakhir ini dapat ditandai dengan nukleus yang telah terbentuk dan juga kromosom yang terurai sehingga membentuk kromatin dan terjadinya proses sitokinesis.

Ciri Ciri Pembelahan Mitosis dan Meiosis

Setelah mengetahui pengertian sekaligus proses pembelahan mitosis dan meiosis harusnya kalian sudah paham keseluruhan materi.  Pada dasarnya, dua proses pembelahan sel tersebut sering muncul sebagai butir soal tes maupun ulangan biasa. Karena memiliki tujuan serupa akhirya banyak siswa yang terkecoh dan salah saat menyebutkan tahapan, fase, maupun gambar mitosis dan gambar meiosis.

Maka dari itu, penting kiranya kita mempelajari pula perbedaan antara keduanya. Apabila masih bingung simaklah perbedaan mitosis dan meiosis dalam bentuk tabel pada artikel sebelumnya. Artikel tersebut menjelaskan setidaknya ada 6 perbedaan utama apabila kalian mengidentifikasi lebih lanjut. Tentunya kalian harus memperluas sudut pandang pembelahan mitosis dan meiosis dari berbagai aspek. Baik dari segi pengertian, tujuan, proses, serta jumlah kromosom dan sel yang dihasilkan.

Itulah materi pembelahan mitosis dan meiosis yang dapat saya sampaikan dalam artikel kali ini. Pada dasarnya perbedaan mitosis dan meiosis dapat dengan mudah kita amati jika kita memahami pengertian pembelahan mitosis dan meiosis serta tujuan mitosis dan meiosis itu sendiri.

1 komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.