Pengertian Teks Tantangan, Struktur, Kaidah Kebahasaan, dan Contohnya

Diposting pada

Pengertian Teks Tantangan, Struktur, Kaidah Kebahasaan, dan Contohnya – Teks tantangan menjadi salah satu jenis bacaan yang asing di telinga siswa. Biasanya, teks ini dipakai sebagai bentuk persuasi agar lawan bicara mau mengikuti kehendak kita. Jenis teks satu ini berisi sanggahan yang dilengkapi dengan data valid (benar) dan bukti mengenai terjadinya konflik sosial. Karena memiliki data valid maka argumen yang dianggap tidak benar dapat dibantah. Pemberian atau munculnya teks tantangan biasanya untuk pihak yang dirasa tidak sesuai dengan apa yang disampaikan.

Teks tantangan juga sering muncul dalam bentuk selebaran pengakuan ataupun perdebatan. Akan tetapi kalian tak bisa menyamakannya dengan teks tanggapan kritis. Perbedaan ini dapat dilihat dari pengertian teks tantangan, ciri ciri teks tantangan, struktur teks tantangan, kaidah kebahasaan teks tantangan, cara menyusun teks tantangan dan contoh teks tantangan. Ketika dibangku sekolah kita menemui sedikit informasi mengenai materi teks tantangan ini. Teks ini disandingkan dengan teks tanggapan kritis.

Pengertian Teks Tantangan, Ciri Ciri, Struktur dan Contohnya
Penggunaan Teks Tantangan

Apabila mengulas sedikit mengenai teks tanggapan dan teks tantangan tentunya kedua jenis teks Bahasa Indonesia ini berbeda. Meski sama sama digunakan dalam debat, namun dari segi arti, ciri ciri, struktur dan aspek lainnya juga berbeda. Meski berbeda, namun masih adapula beberapa orang yang belum mengetahui perbedaan teks tanggapan dan teks tantangan.

Apa yang dimaksud teks tantangan? Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang pengertian teks tantangan, ciri ciri teks tantangan, struktur teks tantangan, kaidah kebahasaan teks tantangan, cara menyusun teks tantangan dan contoh teks tantangan. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Pengertian Teks Tantangan, Struktur, Kaidah Kebahasaan, dan Contohnya

Pada dasarnya teks tantangan sudah mulai diberikan pada siswa ketika menginjak bangku SMP. Cakupan pembahasan seputar pengertian, kaidah kebahasaan, dan strukturnya juga sudah tertulis rapi di buku pedoman bahasa. Di lain sisi, guru pun biasanya akan menjelaskan aspek-aspek di dalamnya secara intensif. Mengingat jenis teks satu ini sering kali muncul sebagai butir soal ujian yang menyusahkan.

Dalam konteks kehidupan sehari-hari teks tantangan memang tak terlalu banyak dijumpai. Tapi, kalian bisa melihat contohnya dalam bentuk dialog saat sedang menonton acara debat di televisi. Pembicaraan yang bersifat kontroversi dan memiliki unsur pro dan kontra merupakan salah satu ciri utamanya.

Sebenarnya, fungsi sosial teks tantangan menurut saya cukup baik dan membangun. Karena menggunakan bahasa persuasif maka lawan bicara pun akan tertantang untuk mengikuti keinginan kita. Biasanya, tema teks tantangan pun juga bersifat positif. Misalnya peningkatan taraf pendidikan, penanganan sampah/limbah, dan lain sebagainya.

Dalam artikel singkat kali ini saya ingin membahas lebih dalam materi teks tantangan SMP SMA. Kita akan mempelajarinya secara bertahap mulai dari pengertian, kaidah kebahasaan, ciri-ciri, lalu contohnya. Nah, tak perlu menunggu lama simaklah pembahasan di bawah sampai selesai.

Apa Itu Teks Tantangan

Definisi teks tantangan ialah teks yang memiliki informasi bantahan dengan argumen dan data data yang memperkuat bantahan itu mengenai hal yang menjadi perdebatan atau sedang kontroversial dalam masyarakat. Untuk itu kegunaan teks tantangan ini biasanya untuk penyangga atau sanggahan ketika debat. Selain itu adapula tujuan teks tantangan yaitu untuk menyampaikan sebuah masalah dan menyelesaikannya menggunakan penyangga tertentu sesuai dengan apa yang diperdebatkan.

Baca juga : Pengertian Kalimat Imperatif, Ciri-Ciri, Jenis dan Contohnya Terlengkap

Jika melihat pengertian teks tantangan di atas, tentunya kita mengetahui sedikit mengenai gambaran tentang jenis teks Bahasa Indonesia tersebut. Selain pengertian adapula ciri ciri teks tantangan, struktur teks tantangan, kaidah kebahasaan teks tantangan, cara menyusun teks tantangan dan contoh teks tantangan. Berikut penjelasan selengkapnya:

Struktur Teks Tantangan

Salah satu unsur yang tak boleh kita lewatkan ketika membuat karya tulis adalah memperhatikan strukturnya. Lewat struktur inilah kita bisa membuat bacaan yang koheren dan mudah untuk ditangkap maksudnya. Jadi, bisa dikatakan bagian ini lebih mirip seperti kerangka yang mengakomodasi ide pada setiap paragraf.

Struktur teks tantangan sebenarnya cukup sederhana karena hanya berisi tiga hal. Pertama adalah isu sebagai pengantar, dilanjutkan argumen, lalu simpulan atau penegasan ulang. Tapi ternyata beberapa siswa masih kesulitan menghafal apa saja stuktur teks tersebut karena berbagai alasan.

Maka dari itu, dalam sesi ini saya akan menjelaskan terlebih dahulu seperti apa struktur teks tantangan yang baik dan benar. Simaklah penjelasan beberapa poin di bawah:

  • Pengantar (isu) ialah bagian teks berisi topik yang menjadi bantahan.
  • Argumen ialah bagian yang berisi rangkaian bukti atau alasan untuk mendukung bantahan tersebut.
  • Simpulan ialah bagian yang berisi pernyataan bantahan agar lebih tegas.

Baca juga : Contoh Kalimat Sederhana Beserta Pengertiannya Terlengkap

Kaidah Kebahasaan Teks Tantangan

Apa itu kaidah? secara garis besar kalian bisa mengartikannya sebagai aturan dasar tentang tata bahasa yang harus dipakai untuk menyusun sebuah tulisan. Pada bagian ini kalian akan menjumpai beberapa unsur berupa penggunaan kata kerja, gaya bahasa, dan aturan dasar lainnya.

Karena sifatnya menantang sekaligus mengajak maka kalian perlu menyampaikan argumen dengan bahasa yang baik. Masalahnya, tak semua orang tau bagaimana cara melakukannya. Penyusunan kalimat yang kurang baik justru sering mengarah pada perdebatan negatif yang tak bersifat membangun. Lantas apa saja kaidah kebahasaan teks tantangan? simaklah poin-poin berikut:

  • Kalimat kompleks: kalimat yang memiliki satu kata kerja dan mengandung lebih dari satu struktur.
  • Kata hubung: kata yang berguna untuk menghubungkan kata.
  • Kata rujukan: kaya yang menyatakan rujukan untuk memberikan informasi.
  • Pilihan kata: upaya untuk menyampaikan gagasan teks dengan baik.
  • Sifatnya bisa persuasif

Ciri Ciri Teks Tantangan

Bagaimana cara membedakan teks tantangan dengan jenis bacaan lain? kita tak bisa menampik fakta bahwa tak semua siswa tau perbedaan jenis teks bahasa indonesia. Hal ini disebabkan karena unsur yang ada di dalam bacaan hampir sama seperti kebanyakan teks lainnya.

Sebenarnya, kalian bisa mengidentifikasi teks tantangan dengan sangat mudah. Setelah memahami struktur teks tantangan dan kaidah kebahasaan di dalamnya kita bisa membuat menyimpulkan kaarakteristiknya. Meski tak tak sepenuhnya tertulis dalam buku, tapi pada sesi ini saya ingin memberikan ciri-ciri teks tantangan:

  • Memiliki struktur yang berupa isu (pengantar), menentang (argumen) dan saran (simpulan).
  • Berisi informasi bantahan dilengkapi dengan argumen dan data yang memperkuat bantahan itu mengenai hal yang diperdebatkan masyarakat.
  • Menggunakan kata hubung, pilihan kata, kalimat kompleks dan kata rujukan.

Cara Menyusun Teks Tantangan

Bagaimana cara membuat teks tantangan yang baik dan benar? inilah pertanyaan yang sering terdengar dari mulut siswa. Terbatasnya pengetahuan menjadi salah satu kendala utama penyusunan. Meski demikian, kalian sebenarnya hanya perlu berpegang pada kaidah kebahasaan dan struktur teks yang telah saya jelaskan di atas.

Jika kamu masih bingung tata caranya, maka simaklah penjelasan pada sesi ini. Teks tantangan dapat disusun dengan beberapa cara seperti di bawah ini:

  • Langkah pertama yaitu menentukan judul dan tema teksnya.
  • Kemudian menentukan sumber informasi yang akan menjadi bahan pembicaraan.
  • Mengolah informasi atau data untuk menganalisis bahan.
  • Menyusun teks hasil analisis menggunakan urutan struktur sehingga membentuk teks tantangan yang utuh.

Contoh Teks Tantangan

Pengantar (Isu)
Narkoba ialah beberapa campuran atau rangkaian bahan yang disusun menjadi sebuah bahan aktif. Dalam narkoba tersebut terdapat campuran bahan yang berupa golongan bahan psikotropika, adiktif dan bahan narkotika.

Argumen
Menurut berbagai pendapat menjelaskan bahwa narkoba ialah obat yang berbahaya untuk kesehatan tubuh dan terlarang. Namun pada kenyataannya tidak semuanya benar. Hal ini dikarenakan dalam ilmu medis masih terdapat beberapa jenis obat narkoba yang digunakan. Untuk para penderita penyakit memang masih banyak membutuhkan obat narkoba ini.

Dokter memberikan obat jenis narkoba kepada pasiennya dengan basis kesehatan karena berhubungan dengan ilmu medis. Untuk itu efek sampingnya tidak terlalu dimiliki. Jika dijalanan anda menemukan pengguna narkoba dan dia terlihat gila, maka obat tersebut disalahgunakan oleh penggunanya.

Simpulan
Penggunaan narkoba seharusnya untuk menyembuhkan penyakit. Untuk itu tidak boleh disalahgunakan karena dalam dunia medispun penggunaannya harus hati hati. Penyalahgunaan inilah yang membuat masyarakat menganggap citra buruk mengenai obat ini. 

Sebenarnya ada banyak sekali contoh teks tantangan yang dapat kita ambil sebagai referensi. Tema yang beragam pun juga dapat kalian temukan hampir di semua media baik itu cetak maupun onlen. Pada pembahasan sebelumnya, saja juga sudah menuliskan beberapa di antaranya dalam artikel berjudul 6 Contoh Teks Tantangan Singkat Tentang Sampah, Pendidikan, Teknologi, Beserta Strukturnya.

Demikianlah penjelasan mengenai pengertian teks tantangan, ciri ciri teks tantangan, struktur teks tantangan, kaidah kebahasaan teks tantangan, cara menyusun teks tantangan dan contoh teks tantangan. Teks tantangan merupakan teks yang memiliki informasi bantahan dengan argumen dan data data yang memperkuat bantahan itu mengenai hal yang menjadi perdebatan atau sedang kontroversial dalam masyarakat. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah membaca materi teks tantangan di atas.

Baca Juga  Struktur Isi, Bentuk dan Cara Menyunting Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.