Penulisan Proposal Kegiatan yang Baik dan Benar Beserta Contohnya

Diposting pada

Penulisan Proposal Kegiatan yang Baik dan Benar Beserta Contohnya – Penggunaan proposal pada umumnya untuk mengajukan permohonan seperti permohonan dukungan (sponsor) maupun dana. Proposal sendiri dapat diartikan sebagai sebuah rencana kegiatan yang berbentuk rancangan kerja tertulis untuk nantinya akan dilakukan. Penulisan rancangan ini harus detail sehingga tujuan pembuatan proposal tersebut dapat dipahami oleh pihak yang berkepentingan. Contoh proposal dapat kita jumpai dalam lingkungan organisasi, sekolah dan sebagainya. Untuk contoh pembuatan proposal dalam lingkup sekolah biasanya berbentuk pengajuan pensi (pentas seni) dan lain sebagainya.

Tujuan dari pembuatan proposal tersebut memang meminta dukungan dalam hal pendanaan dan lain sebagainya agar kegiatan yang diadakan dapat berjalan dengan sukses. Selain itu contoh proposal juga dapat berbentuk proposal usaha, proposal penelitian dan sebagainya. Secara umum, pengertian proposal ialah perancangan yang bentuknya penawaran, permohonan atau pengajuan secara tertulis untuk memperoleh dukungan dana, izin, dan sebagainya kepada pihak lain, baik berupa rencana maupun gagasan. Lantas bagaimana penulisan proposal yang baik itu?

Cara Membuat Proposal yang Baik dan Benat

Secara sederhana, proposal dapat diartikan sebagai sebuah rangkaian tertulis dalam pengadaan kegiatan yang mencakup rancangan kerja. Proposal yang mengandung rancangan kerja ini memiliki suatu program yang akan dilakukan nantinya. Rancangan kerja yang terdapat dalam proposal tersebut bertujuan untuk membuat pihak yang berkepentingan merasa yakin tentang program tersebut sehingga agenda dari rancangan ini dapat dipahami dengan mudah oleh pihak itu. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang penulisan proposal yang benar berserta contoh proposal terlengkap. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Penulisan Proposal Kegiatan yang Baik dan Benar Beserta Contohnya

Proposal menjadi salah satu dokumen resmi yang cukup familiar untuk siswa yang aktif berorganisasi. Tapi mayoritas orang awam terlebih bagi mereka yang pasif berorganisasi pasti akan bingung ketika diminta menjelaskan cara menyusun proposal. Sebenarnya contoh proposal kegiatan bisa kita temukan dengan mudah di internet. Baik itu perlombaan resmi, pameran seni, ataupun kegiatan di tengah masyarakat.

Dalam konteks pendidikan kita bisa menjumpai materi yang mengajarkan cara menulis proposal kegiatan pada saat masuk jenjang SMP. Kalian pun bisa membaca pembahasannya dalam LKS maupun buku pedoman bahasa Indonesia. Karena mencakup banyak aspek akhirnya membuat siswa kewalahan menghafal tata cara penulisan proposal yang baik dan benar. Padahal materi satu ini sering pula muncul sebagai butir soal ujian yang tentunya sangat menyulitkan.

Baca juga : 12 Contoh Kata Pengantar Makalah, Tugas, Proposal, dan Laporan

Orang yang memberikan sumbangan atau bantuan dana dan izin merupakan pihak berkepentingan secara umum dengan agenda dalam proposal. Namun pembuatan proposal  itu sendiri sering membuat seseorang merasa kebingungan. Oleh karenanya harus ada penjelasan dan panduan khusus tentang cara membuat proposal yang baik dan benar. Namun semua itu juga dapat didukung dengan pemberian contoh proposal sebagai bahan referensi.

Struktur Proposal

Seperti yang telah saya jelaskan di atas bahwa proposal dapat diartikan sebagai sebuah rencana yang berbentuk tulisan berisi program yang nantinya akan dilakukan serta para pembacanya dapat memahami maksud dari isi proposal tersebut. Penggunaan proposal pada dasarnya berisi suatu usulan untuk pihak terkait yang programnya ditulis dalam bentuk tertulis mencakup kegiatan yang akan dilakukan. Sebelum memahami bagaimana cara penulisan proposal yang benar. Anda harus memahami bagian bagian dari proposal terlebih dahulu. Proposal memiliki beberapa bagian seperti di bawah ini:

  • Judul
  • Pendahuluan
  • Dasar Kegiatan
  • Tujuan Kegiatan
  • Nama Kegiatan
  • Tempat dan Waktu Kegiatan
  • Susunan Acara Kegiatan
  • Susunan Panitia dalam Kegiatan
  • Anggaran Kegiatan
  • Lampiran

Cara membuat proposal kegiatan tergolong lebih sederhana daripada proposal penelitian. Meski begitu pembuatan proposal ini juga harus mempertimbangkan tahapan atau alur pembuatannya. Di bawah ini terdapat penjelasan mengenai bagian bagian proposal di atas yaitu sebagai berikut:

Judul Proposal

Bagian dari proposal pertama yang harus kalian tulis ialah judul proposal. Penulisan judul  ini harus disesuaikan dengan penyelenggaraan kegiatan nanti yang akan dilakukan. Cara menulis proposal yang baik adalah dengan menyertakan tujuan kegiatan ke dalam judul sehingga pembaca pun mudah menangkap maksudnya.

Misal kalian hendak membuat proposal lomba 17 agustus yang akan diselenggarakan dalam lingkup sekolah. Maka judul proposal harusnya berbunyi “Proposal Lomba 17 Agustus SMK Pelita Bangsa“. Jadi, pada saat melihat judul pun harusnya pembaca akan memiliki gambaran seperti apa isi dan rangkaian kegiatannya.

Pendahuluan Proposal

Bagian proposal yang harus di tulis selanjutnya ialah pendahuluan. Bagian pendahuluan proposal ini memiliki beberapa sub menu di dalamnya. Adapun sub menu yang terdapat dalam pendahuluan proposal yaitu meliputi:

  • Latar Belakang Kegiatan
  • Tujuan Kegiatan

Dalam penulisan proposal yang benar memang menggunakan sub menu ini sebagai pelengkap. Maka dari itu dalam contoh proposal pasti kita sering menemukan adanya latar belakang dan tujuan kegiatannya. Isi dari latar belakang kegiatan ialah alasan atau dasar mengapa harus diadakan kegiatan tersebut. Kemudian untuk isi dari tujuan kegiatannya adalah hasil dari penyelenggaraan kegiatan yang diharapkan nantinya.

Isi Proposal

Bagian dari proposal yang harus kita tulis selanjutnya adalah isi. Cara membuat proposal yang baik dan benar harus mengandung isi di dalamnya. Di bagian isi tersebut terdapat beberapa sub menu lainnya yang meliputi:

  • Tema Kegiatan
  • Jenis Jenis Kegiatan
  • Peserta
  • Peralatan yang diperlukan
  • Tempat dan Waktu Kegiatan
  • Susunan Acara di dalam Kegiatan
  • Susunan Kepanitiaan
  • Anggaran Dana

Baca juga : Pengertian Pidato Persuasif, Tujuan, Struktur dan Contohnya

Biasanya, pada contoh proposal kegiatan yang paling banyak mengalami revisi ada pada bagian isi. Mengapa demikian? karena di dalamnya memuat berbagai unsur serta aspek yang harus dijelaskan secara rinci. Misalnya susunan acara, kepanitiaan, sampai anggaran dana.

Tak sedikit siswa yang frustasi karena salah menuliskan rincian pada bagian isi. Maka dari itu, sebelum mulai menulis alangkah baiknya kalian cek terlebih dahulu apakah informasi sudah benar atau belum. Karena sedikit saja kesalahan khususnya pada anggaran dana akan berimbas besar pada hasil yang kalian dapatkan.

Penutup

Jika kalian sudah selesai menulis isi proposal maka bagian akhir yang harus kalian buat adalah penutup. Meski terdengar sepele tapi faktanya dokumen resmi satu ini mememang memerlukan sebuah penutup kata yang baik.

Penutup tersebut ditambahkan pada bagian ujung proposal. Isi dari penutup proposal tersebut ialah harapan terhadap pihak terkait agar memberikan dukungannya dalam kelancaran dari penyelenggaraan kegiatan itu.

Contoh Proposal Kegiatan

Kita tak bisa menampik fakta bahwa tidak semua siswa tau tata cara penulisan proposal yang baik dan benar. Kurangnya pemahaman serta contoh nyata menjadi salah satu alasan utamanya. Oleh karena itu, kalian perlu menambah pengetahuan dengan mencari sendiri berbagai model proposal di internet.

Agar anda lebih paham mengenai cara membuat proposal yang baik dan benar di atas. Maka saya akan membagikan contoh lengkap dengan bagian bagiannya. Contoh proposal kegiatan sekolah merupakan salah satu dokumen yang paling mudah kita temukan di lingkup pendidikan. Berikut contohnya yaitu:

Proposal
Pelaksanaan Pentas Seni (PENSI) Untuk Perpisahan SIswa Siswi Kelas IX
SMP Negeri Permata Jaya Tahun 2022

I. Pendahuluan
A. Latar Belakang
Kita sepatutnya harus mengembangkan seni sebagai bentuk kreatifitas untuk menjadi lebih besar. Salah satu cara mengembangkan seni tersebut ialah melalui Pentas Seni atau Pensi. Setiap kelas di SMP Negeri Permata Jaya akan mengadakan pentas drama yang diselenggarakan oleh OSIS di sekolah tersebut. Dengan begitu apresiasi siswa dapat ditingkatkan melalui pentas drama itu dalam segi peran serta rasa percaya diri dalam siswa dapat dilatih lagi.

Selain itu, kreatifitas siswa juga dapat dikembangkan melalui tarian. Bahkan suasananya dapat ditambah kesannya menjadi lebih semangat dengan kontes menyanyi dan kontes band. Pengadaan pentas seni tersebut juga digunakan untuk menghibur siswa sebelum menghadapi ujian nantinya. Bahkan pentas seni ini diselenggarakan dalam acara perpisahan siswa siswi kelas IX untuk hiburan semata. Maka dari itu acara ini perlu diadakan oleh OSIS yang bertema “Kebudayaan Seni”.

B. Tujuan Kegiatan
Acara ini dilakukan dengan beberapa tujuan kegiatan didalamnya seperti:

  • Membuat tali silaturahmi diantara siswa siswi SMP Negeri Permata Jaya semakin erat.
  • Menumbuhkan sikap semangat untuk menggapai tujuan dengan cara bekerja sama.
  • Membuat kreatifitas siswa di bidang seni menjadi semakin meningkat.
  • Untuk media hiburan untuk siswa.

II. Isi Proposal
A. Tema
Tema yang diangkat oleh kami dalam penyelenggaraan kegiatan kali ini ialah “Kebudayaan Seni” untuk membuat para siswa lebih mengenal lagi akan jenis jenis seni di Indonesia. Terlebih lagi kebudayaan dalam seni peran.

B. Jenis Jenis Kegiatan
Kami akan melakukan berbagai jenis kegiatan seperti di bawah ini:

  1. Band
  2. Pentas Drama
  3. Dance Modern

C. Peserta
Pentas seni yang diadakan kali ini dapat diikuti oleh peserta peserta dari perwakilan setiap kelas VII di SMP Negeri Permata Jaya.

Baca juga : 12 Contoh Karangan Siswa Tentang Kegiatan Sekolah

D. Peralatan yang Diperlukan
Pelaksanaan Pensi tersebut membutuhkan peralatan seperti mikrofon, kostum, panggung, pengeras suara atau speaker, spanduk maupun atribut.

E. Tempat dan Waktu Pelaksanaan
Pentas seni dilakukan di tempat dan waktu seperti di bawah ini:

  1. Pada hari Minggu, 1 Juli 2018 diadakan pentas drama yang bertempat di Gedung Serbaguna SMP Negeri Permata Jaya pukul 09.00 – 11.00 WIB.
  2. Pada hari Minggu, 1 Juli 2018 diadakan dance modern yang bertempat di Gedung Serbaguna SMP Negeri Permata Jaya pukul 12.30 – 13.30 WIB.
  3. Pada hari Minggu, 1 Juli 2018 diadakan pentas band yang bertempat di Gedung Serbaguna SMP Negeri Permata Jaya pukul 14.00 – 16.30 WIB.

III. Susunan Acara

  • Pukul 07.30 – 08.00 WIB bertempat di Gedung Serbaguna SMP Negeri Permata Jaya yang dikoordinasi oleh Denis.
  • Pukul 08.30 – 09.00 WIB bertempat di panggung pensi dalam rangka pembukaan yang dikoordinasi oleh Mike.
  • Pukul 09.00 – 09.30 WIB bertempat di panggung pensi dalam rangka sambutan dari kepala sekolah, ketua panitia dan ketua OSIS yang dikoordinasi oleh Bento.
  • Pukul 09.30 – 14.30 WIB dilaksanakan acara band, kegiatan pensi, dance dan drama modern yang dikoordinasi oleh Dika.
  • Pukul 14.30 – 15.00 WIB bertempat di Aula dalam rangka istirahat yang dikoordinasi oleh Tino.
  • Pukul 15.00 – selesai acara penutup yang dikoordinasi oleh Monika.

IV. Susunan Kepanitiaan
Pelindung                : Drs. Mulyadi Josokusuma (Kepala Sekolah)
Pengarah                 : Joko Wiryono S.pd
Penanggung Jawab : Reno Subekti (Ketua OSIS)
Ketua Panitia          : Istiqomah Wahyuningsih
Sekretaris                : Dea Wulandari
Bendahara               : Reni Suryani
Seksi Acara             : Dorry Sumargo
Seksi Dana Usaha   : Rika Rahmawati
Seksi Dokumentasi : Reino Wijaya
Seksi Humas           : Arka Sasongko
Seksi Keamanan     : Riko Riyono
Seksi Peralatan       : Dika Muhammad

V. Anggaran Dana
Anggaran dana yang dibutuhkan dalam kegiatan Pentas Seni kali ini demi kelancarannya harus mengeluarkan dan memperoleh rincian seperti di bawah ini:

Pemerolehan dana untuk kegiatan Pensi:

  1. Dana kas sekolah sebanyak Rp 500.000,00.
  2. Dana partisipasi dari siswa sebanyak Rp 1.200.000,00.
  3. Dana partisipasi dari guru sebanyak Rp 800.000,00.
  4. Dana sponsor M3 sebanyak Rp 3.000.000,00
  5. Dana sponsor SIMPATI sebanyak Rp 4.000.000,00.

Pengeluaran yang dilakukan membutuhkan biaya seperti di bawah ini:

  1. Biaya untuk menyewa tempat sebanyak Rp 2.500.000,00.
  2. Biaya untuk menyewa panggung sebanyak Rp 1.000.000,00.
  3. Biaya untuk menyewa alat musik sebanyak Rp 800.000,00.
  4. Biaya untuk menata panggung sebanyak Rp 200.000,00.
  5. Biaya konsumsi sebanyak Rp 550.000,00.
  6. Biaya untuk spanduk Rp 250.000,00.
  7. Biaya lain lain sebanyak Rp 300.000,00.

Total biaya seluruhnya Rp 5.600.000,00.

VI. Penutup
Demikianlah proposal yang dapat kami buat. Kami berharap pihak sekolah ikut berpartisipasi dan mendukung acara ini. Semoga acara tersebut sesuai dengan harapan kita sebagaimana yang akan dilakukan nantinya. Atas perhatian dan kerjasamanya, kami mengucapkan terima kasih.

Disahkan di:                  
Mojokerto, 25 Juli 2017
 

                    Mengetahui,
                    Ketua OSIS                                                                  Panitia

                    Reno Subekti                                                      Istiqomah Wahyuningsih

Kepala Sekolah
 
Drs. Mulyadi Josokusuma

Secara garis besar, contoh proposal kegiatan memang tidak sesederhana layaknya dokumen lain. Karena di dalamnya memuat seluruh rancangan kegiatan mulai dari latar belakang, tujuan, sampai pembiayaan. Ada berbagai komponen yang harus kalian cantumkan secara rinci pada saat menyusunnya.

Sekian penjelasan mengenai penulisan proposal yang benar berserta contoh proposal terlengkap. Proposal ialah sebuah rencana kegiatan yang berbentuk rancangan kerja tertulis untuk nantinya akan dilakukan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Baca Juga  Teks Iklan: Pengertian, Contoh, Fungsi, Struktur, dan Kaidah Kebahasaan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.