Rumus Anuitas Keuangan Matematika dan Contoh Soalnya

Diposting pada

Rumus Anuitas Keuangan Matematika dan Contoh Soalnya – Apabila kita membahas tentang pinjaman uang untuk perorangan atau badan. Tentunya tidak akan terlepas dari angsuran dan anuitas Matematika keuangan. Angsuran bisa kita artikan sebagai sejumlah uang yang harus dibayarkan untuk melunasi sebuah pajak, hutang, dan lain sebagainya. Sedangkan anuitas merupakan banyaknya uang yang digunakan untuk membayar angsuran. Kedua hal ini tentunya harus kalian bayar sesuai dengan jumlah yang telah ditentukan.

Rumus Anuitas Matematika Keuangan Lengkap
Anuitas Matematika Keuangan

Nah rumus anuitas keuangan matematika berperan untuk mendukung pengelolaan keuangan. Menghitung jumlah uang dan menyesuaikannya dengan kemampuan adalah syarat agar seluruh angsuran dapat terbayar tanpa kendala. Kelihatannya memang sulit tapi jika kita mengetahui bagaimana rumus hitungnya maka semua itu akan menjadi mudah.

Sebenarnya cara menghitung anuitas keuangan tak akan kalian temukan pada ilmu matematika murni. Mengapa demikian? karena rumus anuitas biasanya hanya diajarkan pada mata pelajaran matematika akutansi saja. Inilah alasan mengapa banyak siswa yang merasa kurang familiar dengannya. Oleh karenanya, dalam artikel singkat kali ini saya ingin membahas lebih dalam seperti apa cara mengerjakan soal anuitas.

Rumus Anuitas Keuangan Matematika dan Contoh Soalnya

Anuitas sendiri menjadi salah satu materi yang mulai diajarkan pada siswa ketika menginjak bangku SMA/SMK. Meski tak memiliki cakupan pembahasan yang luas tapi faktanya masih banyak siswa kesulitan mengerjakan soal anuitas keuangan.

Pengertian anuitas keuangan adalah teori Matematika berupa sekumpulan pembayaran dan penerimaan tetap. Pembayaran tersebut dilakukan secara berkala dan dalam jangka waktu tertentu sesuai kesepakatan. Misalnya penerimaan bunga dari dividen atau obligasi sebuah saham preferen secara tunai. Jumlah penerimaan bunga tersebut tentunya dapat kita ketahui menggunakan rumus anuitas matematika yang ada.

Seperti yang telah kita bahas sebelumnya bahwa anuitas keuangan merupakan teori Matematika keuangan yang berupa sekumpulan pembayaran dan penerimaan tetap dalam jangka waktu tertentu dan secara berkala. Sebelum membahas tentang rumus anuitas Matematika keuangan, saya akan menjelaskan tentang jenis anuitas terlebih dahulu.

Anuitas Variabel (Tetap)

Jenis anuitas Matematika keuangan yang pertama ialah anuitas variabel atau anuitas tetap. Anuitas variabel ialah jenis anuitas yang tingkat bunganya tertentu hampir sama dengan Sertifikat Deposito Bank. Di dalam anuitas ini terdapat jaminan tingkat bunga minimun dan pokok dari perusahaan asuransi. Maka dari itu uang yang anda tanamkan dalam anuitas tetap tidak akan mengalami penurunan nilai dan bahkan dapat tumbuh, karena perusahaan asuransi memiliki finansial yang bagus.

Jenis anuitas Matematika keuangan ini akan mengembalikan uang anda secara bertingkat dan tidak tetap jika diinvestasikan dalam bentuk instrumen investasi terutama bagian reksadana. Jumlah uang dan nilai uang dalam anuitas tetap tersebut akan dikurangi dengan biaya pengelolaan dana. Setelah itu akan dibayarkan kepada Anda sesuai dengan kinerja investasi yang dilakukan.

Anuitas Segera (Tangguhan)

Jenis anuitas Matematika keuangan selanjutnya ialah anuitas segera atau anuitas tangguhan. Anuitas segera ialah anuitas yang hasil investasi dan preminya akan dikumpulkan sebelum pembayaran rutin dengan masa tertentu. Masa pengumpulan tersebut dapat berlangsung lama. Misalnya dana pensiun dalam anuitas tangguhan yang berlangsung sampai karyawan memiliki usia pensiun atau selama beberapa dekade.

Jenis anuitas Matematika keuangan ini sebelumnya harus dibeli dan dilakukan pembayaran awal dengan pendapatan yang berkala. Besar pendapatan yang akan dibayarkan tidak bergantung pada berapa lama periode waktunya. Misalnya pendapatan anda diperoleh setiap bulannya, maka pembayaran anuitas yang akan dibeli berlangsung setelah pembayaran pertama.

Anuitas Periode Tetap

Jenis anuitas Matematika keuangan selanjutnya ialah anuitas periode tetap. Jenis anuitas ini merupakan pembayaran penghasilan dalam jangka waktu tertentu, contohnya lima belas tahun. Pembayaran jumlah pendapatan ini tidak bergantung pada keberlanjutan hidup anuitan (orang yang membeli anuitas) maupun umur dari anuitan tersebut.

Anuitas seumur hidup ini merupakan jenis anuitas Matematika keuangan yang disampaikan kepada anuitan selama sisa umurnya dalam bentuk penghasilan. Anuitas Matematika keuangan ini memiliki program tertentu yang memiliki kelebihan yakni tetap memberikan penghasilan meski sepasang anuitan sudah meninggal. Pembayaran jumlah anuitas ini tergantung pada pengembalian investasi, usia anuitan dan pembayaran premi anuitas setelah diakumulasikan.

Anuitas Premi Fleksibel (Premi Tunggal)

Jenis anuitas Matematika keuangan selanjutnya ialah anuitas premi fleksibel atau premi tunggal. Anuitas premi tunggal ini memiliki sifat yang segera atau tangguhan. Hal ini dikarenakan dana anuitas tunggal banyak berasal dari tabungan pensium DPLK (Dana Pensiun Lembaga Keuangan) yang telah jatuh tempo.

Anuitas premi fleksibel dapat diartikan sebagai anuitas Matematika keuangan yang memperoleh dana dari sekumpulan pembayaran premi. Jenis anuitas ini memang memiliki sifat tangguhan karena perancangannya dilakukan dengan jangka waktu tertentu sehingga pembayaran pendapatan investasi dan akumulasi premi dapat dilakukan secara berkala.

Baca juga : Pembahasan Soal Deret Angka Dalam Tes Psikotes

Rumus Anuitas Matematika Keuangan

Dibawah ini terdapat rumus anuitas matematika keuangan yaitu sebagai berikut :

AN = An + Bn

Keterangan :
AN = Anuitas
An = Angsuran
Bn = Bunga

Agar anda lebih memahami mengenai rumus anuitas Matematika keuangan di atas. Saya akan membagikan beberapa contoh soal anuitas terkait rumus tersebut. Berikut contoh soal dan pembahasannya:

Contoh Soal
1. Adi meminjam uang dengan sistem pelunasan anuitas bulanan. Apabila setiap bulan Adi harus membayar angsuran Rp. 90.000 dengan bunga Rp 300.000. Berapakah besar anuitasnya?

Pembahasan
Diketahui : An : 90.000; Bn = 300.000
Ditanyakan : AN = ?
Jawab :
AN = An + Bn
       = 90.000 + 300.000
       = 390.000
Jadi besar anuitasnya ialah Rp 390.000.

2. Indah meminjam uang dengan sistem pelunasan anuitas bulanan. Apabila besar anuitasnya ialah Rp 500.000,00. Berapakah angsuran ke 4 apabila bunga ke 4 sebesar Rp 400.000,00?

Pembahasan
Diketahui : AN = 500.000; Bn = 400.000
Ditanyakan : An = ?
Jawab :
       AN = An + Bn
500.000 = An + 400.000
        An = 500.000 – 400.000
        An = 100.000
Jadi besar angsurannya ialah Rp 100.000.

Sekian penjelasan mengenai rumus anuitas Matematika keuangan lengkap. Anuitas ialah teori Matematika keuangan yang berupa sekumpulan pembayaran dan penerimaan tetap dalam jangka waktu tertentu dan secara berkala. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan anda.

Baca Juga  Contoh Soal Debit Air Beserta Pembahasan Lengkap

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.