Sifat dan Contoh Pembiasan Cahaya Lengkap

Diposting pada

Sifat dan Contoh Pembiasan Cahaya Lengkap – Dalam kehidupan sehari hari, sering kita jumpai peristiwa pembiasan cahaya. Mungkin anda pernah menjumpainya secara langsung namun sulit untuk menjelaskannya. Ketika dibangku sekolah, kita juga dijelaskan mengenai sifat pembiasan cahaya beserta contoh pembiasan cahayanya. Lalu apa itu pembiasan cahaya? Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang sifat pembiasan cahaya dan contoh pada pembiasan cahaya dalam kehidupan sehari hari. 

Apa saja sifat pembiasan cahaya itu? Apa saja contoh pembiasan cahaya? Kita tahu bahwa cahaya tidak hanya dapat dipantulkan. Namun cahaya juga dapat dibiaskan. Pembiasan cahaya tersebut dapat terjadi melalui medium tertentu. Dengan medium ini, cahaya akan mengalami pembiasan sehingga seolah olah benda yang masuk dalam medium tersebut patah.

Sifat dan Contoh Pembiasan Cahaya Lengkap
Pembiasan Cahaya

Pembiasan cahaya merupakan peristiwa dimana arah cahaya dibelokkan saat memasuki medium yang kerapatan optiknya berbeda. Terjadinya pembiasan ini dikarenakan cahaya yang masuk pada medium mengalami pembelokan. Cahaya yang dibiaskan biasanya memiliki sifat sifatnya sendiri. Bagaimana cahaya dapat dibiaskan? Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Sifat dan Contoh Pembiasan Cahaya Lengkap

Seperti yang telah kita ketahui bahwa definisi cahaya adalah gelombang elektromagnetik yang berasal dari energi, dimana memiliki panjang gelombang 380 sampai 750 nm dan terlihat kasat mata. Cahaya ini mengalami beberapa peristiwa jika dikaitkan dengan medium tertentu. Peristwa ini dapat berupa proses pemantulan, pembiasan dan sebagainya.

Pengertian pembiasan cahaya ialah peristiwa dimana arah cahaya dibelokkan saat memasuki medium yang kerapatan optiknya berbeda. Contohnya berkas cahaya yang melalui medium udara akan berbeda arah cahaya saat masuk ke dalam medium air ataupun kaca. Perbedaan ini dikarenakan indeks bias atau kerapatan optiknya juga tidak sama.

Kerapatan optik di udara lebih kecil dibandingkan kerapatan optik pada kaca. Kerapatan optik (indeks bias) udara adalah 1 dan kerapatan optik (indeks bias) kaca ialah 1,3. Dibawah ini terdapat beberapa sifat pembiasan cahaya beserta contoh pembiasan cahaya.

Baca juga : Rumus Tekanan Hidrostatis Beserta Contoh Soalnya

Sifat Pembiasan Cahaya

Pembiasan cahaya memiliki sifat sifat yang digunakan saat memasuki medium yang berbeda. Berikut beberapa sifat pada pembiasan cahaya:

Sifat dan Contoh Pembiasan Cahaya Lengkap
Skema Sifat Pembiasan Cahaya

Mendekati Garis Normal

Sifat pada pembiasan cahaya yang pertama ialah mendekati garis normal. Pembiasan tersebut akan terjadi jika berkas cahaya dari medium yang kerapatannya kurang menuju medium yang kerapatannya lebih, maka akan terjadi pembiasan cahaya yang mendekati garis normal. Misalnya berkas cahaya yang berasal dari udara masuk ke dalam air.

Menjauhi Garis Normal

Sifat pembiasan cahaya selanjutnya ialah menjauhi garis normal. Pembiasan tersebut akan terjadi jika berkas cahaya dari medium yang kerapatannya besar menuju medium yang kerapatannya kecil maka akan terjadi pembiasan cahaya yang menjauhi garis normal. Misalnya berkas cahaya yang berasal dari dalam air masuk ke udara. 

Arah cahaya yang akan dibiaskan dipengaruhi oleh besar indeks bias terhadap sudut biasnya. Jika berkas cahaya mendekati garis normal maka sudut biasnya akan lebih kecil, begitu pula sebaliknya.

Baca juga : Sifat Bayangan Cermin Datar, Cermin Cekung, dan Cermin Cembung

Contoh Pembiasan Cahaya

Pembiasan cahaya dapat kita amati dalam kehidupan sehari hari. Berikut beberapa contoh pembiasan cahaya :

  • Pensil maupun sedotan yang dimasukkan ke dalam gelas yang didalamnya terdapat air, maka akan terlihat seperti patah.
  • Terciptanya pelangi karena titik titik air mengalami pembiasan cahaya.
  • Kolam atau sungai yang jernih seakan akan terlihat dangkal, meskipun sebenarnya kolam/sungai tersebut cukup dalam.

Peristiwa pembiasan cahaya pertama kali di temukan oleh Snellius. Kemudian terciptalah Bunyi Hukum Snellius yaitu:

“Berkas sinar datang, garis normal, dan berkas sinar bias berada pada satu bidang (bidang yang sama).”

Indeks bias pada pembiasan cahaya ialah bilangan tetap yang berasal dari perbandingan sinus sudut bias dengan sinus sudut datang. Berikut rumusnya:

Sin1 x n1 = Sin2 x n2

Contoh Soal

Sinar laser dihadapkan menuju kaca plan paralel. Kemudian sinar laser yang datang memiliki sudut 45 derajat. Namun setelah diukur biasnya memiliki sudut 30 derajat. Lalu berapakah indeks bias pada kaca plan paralel?

Jawab:
 Sin1 x n1 = Sin2 x n2
Sin 45 x 1 = Sin 30 x n2
   √2/2 x 1 = 1/2 x n2
            n2 = √2/2 :1/2
            n2 = √2
                 = 1,4

Demikianlah penjelasan mengenai sifat sifat pembiasan cahaya dan contoh pembiasan cahaya. Pembiasan cahaya dapat terjadi karena cahaya yang masuk ke dalam sebuah medium mengalami pembelokkan. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan anda. Terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Baca Juga  Fluida Statis dan Dinamis (Pengertian, Rumus dan Contoh Soal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.