12 Contoh Kutipan Langsung Lebih dari 4 Baris Terbaru

Diposting pada

12 Contoh Kutipan Langsung Lebih dari 4 Baris Terbaru – Kutipan adalah salah satu unsur bahasa yang sering kita jumpai hampir setiap saat. Kutipan biasanya merujuk pada sebuah pendapat atau perkataan orang yang diadaptasi menjadi referensi. Secara garis besar kalian bisa membaginya menjadi dua jenis yakni kutipan langsung dan tak langsung.

Apa itu kutipan langsung? Kutipan ialah pendapat dari seseorang yang dianggap terkenal, atau kalimat pinjaman yang diungkapkan oleh seseorang, baik dalam majalah ataupun dalam buku. Kutipan pendapat tersebut ditulis dengan anggapan bahwa hal tersebut benar serta diberikan penyebutan dimana pendapat tersebut dibaca. Maka dari itu pembaca dapat mencocokkan pendapat tersebut dengan yang aslinya. Contoh kutipan langsung tersebut beragam seperti contoh kutipan langsung lebih dari 4 baris maupun contoh kutipan langsung kurang dari 4 baris.

12 Contoh Kutipan Langsung Lebih dari 4 Baris Terbaru
contoh kutipan langsung

Meskipun kutipan langsung tersebut berasal dari para ahli namun dianggap kurang berarti apabila jenis tulisannya sama persis dengan aslinya. Dalam mengutip sebuah pendapat, penulis tidak diperkenankan untuk menyamakan tulisannya dengan keseluruhan pendapat yang ada di buku. Nah pada kesempatan kali ini saya akan membagikan beberapa contoh kutipan langsung lebih dari 4 baris terbaru. Langsung saja dapat anda simak di bawah ini.

12 Contoh Kutipan Langsung Lebih dari 4 Baris Terbaru

Sebenarnya cara menulis kutipan yang baik dan benar sudah mulai diajarkan pada siswa ketika menginjak bangku sekolah menengah. Meski tak disampaikan secara formal tapi guru biasanya akan memberikan penekanan pada bagian satu ini. Mengapa demikian? karena kutipan sedikit banyak akan terpakai ketika kalian menyusun tugas tertulis. Misalnya saat membuat laporan makalah, merangkum jurnal, dan lain sebagainya.

Kutipan berdasarkan jenisnya dapat dibagi menjadi dua yaitu kutipan langsung dan kutipan tidak langsung. Kutipan langsung ialah pinjaman dari kalimat secara lengkap yang meliputi kalimat demi kalimat, kata demi kata dari teks aslinya. Sedangkan untuk kalimat tidak langsung ialah pinjamn pendapat dari tokoh terkenal ataupun pengarang yang terdiri dari ikhtisar (inti sari) pendapat tersebut. Kedua jenis kutipan ini memiliki perbedaan yang menjadi perhatian khusus. Hal ini dikarenakan jika dimasukkan ke dalam teks akan memberikan konsekuensi yang berbeda.

Baca juga : Contoh Cerpen Singkat Tentang Persahabatan (Contoh, Struktur, Alur dan Tema)

Penulis biasanya akan membuat contoh kutipan langsung lebih dari 4 baris tanpa menggunakan tanda (“). Sedangkan untuk kutipan tidak langsung penulisannya tidak diapit dengan tanda kutip. Inilah yang terkadang membuat orang bingung dan kesulitan untuk membedakan dua jenis kutipan tersebut. Tidak heran jika banyak siswa yang kesulitan ketika guru meminta untuk mengutip sebuah pendapat. Untuk mengatasi masalah tersebut maka dalam artikel kali ini saya ingin membahas lebih dalam contoh kutipan langsung secara singkat dan padat.

Cara Menulis Kutipan Langsung

Bagaimana tata cara penulisan kutipan langsung yang baik dan benar? inilah pertanyaan yang sering terdengar keluar dari mulut siswa. Secara garis besar materi satu ini memang tak termasuk dalam materi dasar sehingga guru pun jarang membahasnya. Di bawah ini terdapat beberapa cara menulis contoh kutipan langsung lebih dari 4 baris :

  1. Dalam kutipan langsung terdapat pemisah teks yang jaraknya 2,5 spasi.
  2. Jarak atara baris kutipan dengan baris lainnya ialah satu stapsi.
  3. Kutipan tersebut tidak diapit oleh tanpa kutip serta tidak diperbolehkan diapit.
  4. Seteah penulisan kutipan telah selesai maka diberikan nomor penunjuk sengan spasi setengah ke atas, atau diberikan nama singkat pengarang, nomor halaman tempat kutipan tersebut diambil dan tahun kutipan.
  5. Kutipan tersebut masukkan seluruhnya dengan jumlah kutipan 5-7 ketikan. Jika kutipan tersebut diawali dengan alinea baru maka didalamnya harus terdapat 5-7 ketikan lagi.

Dalam menulis contoh kutipan langsung lebih dari 4 baris terkadang mengalami kesulitan seperti dalam kutipan aslinya terdapat kutipan kutipan lainnya. Maka dari itu anda dapat menggunakan cara cara di bawah ini:

  1. Untuk kutipan aslinya menggunakan tanda kutip ganda [“…”], sedangkan untuk kutipan yang terdapat didalamnya menggunakan tanda kutip tunggal [‘…’], atau bahkan sebaliknya.
  2. Untuk kutipan aslinya tidak menggunakan tanda kutip apapun dan untuk kutipan yang terdapat didalamnya dapat menggunakan tanda kutip ganda.

Contoh Kutipan Langsung Lebih dari 4 Baris

Kutipan langsung memiliki konsep yang fleksibel karena bisa memakai ataupun tanpa tanda (“). Meski demikian kalian bisa langsung mengidentifikasinya jika mengetahui ciri-ciri secara spesifik. Maka dari itu, saya ingin membahas karakteristiknya satu persatu yang akan disertai dengan contoh kutipan itu sendiri.

Menggunakan Tanda Kutip

Di bawah ini terdapat contoh kutipan langsung lebih dari 4 baris yang menggunakan tanda kutip:

Karya Ilmiah yang diterjemahkan dalam Bahasa Indonesia mengalami ketidakpuasan karena penerjemah kurang terlatih dan kurang mendalami ilmu penterjemahan (sebuah ilmu yang merupakan kedisiplinan ilmiah tersebut).

Contohnya terdapat penerjemahan buku ilmu pengetahuan yang terkenal diprawacanai dengan :

“Sebuah pikiran yang menyebar dikalangan banyak orang serta masyarakat luas dengan penggambaran buku buku sebagai benda yang tidak berjiwa, tidak efektif, serba tenang yang terdapat dalam tempat kelindungan kelindungan sejuk dan kedamaian yang berasal dari banyak biara dan universitas, bahkan juga berasal dari tempat pengasingan yang jauh dari dunia materalistik dan jahat ini” (Asrul Sani 1959 : 7)

Tidak Menggunakan Tanda Kutip

Di bawah ini terdapat contoh kutipan langsung lebih dari 4 baris yang tidak menggunakan tanda kutip:

Karya Ilmiah yang diterjemahkan dalam Bahasa Indonesia mengalami ketidakpuasan karena penerjemah kurang terlatih dan kurang mendalami ilmu penterjemahan (sebuah ilmu yang merupakan kedisiplinan ilmiah tersebut).

Contohnya terdapat penerjemahan buku ilmu pengetahuan yang terkenal diprawacanai dengan :

Sebuah pikiran yang menyebar dikalangan banyak orang serta masyarakat luas dengan penggambaran buku buku sebagai benda yang tidak berjiwa, tidak efektif, serba tenang yang terdapat dalam tempat kelindungan kelindungan sejuk dan kedamaian yang berasal dari banyak biara dan universitas, bahkan juga berasal dari tempat pengasingan yang jauh dari dunia materalistik dan jahat ini (Asrul Sani 1959 : 7)

Menggunakan Dua Jenis Tanda Kutip

Di bawah ini terdapat contoh kutipan langsung lebih dari 4 baris yang menggunakan dua jenis tanda kutip:

“Dramatik tercipta dari konflik (pertentangan); pertentangan dengan Tuhan dan Alam, dengan sesama manusia, dengan diri sendiri, dengan lingkungan. Pertentangan inilah mendatangkan alur atau plot (intrigue) dan lakon.

Namun apa sebenarnya sumber pertentangan tersebut? Bagaimana bisa timbul pertentangan? Sumber dari pertentangan yang paling utama ialah berasal dari jiwa manusia. Tidak lain dan tidak bukan jiwa manusia inilah yang menjadi logam berat yang bermuatan listrik. Apabila benda tersebut bertemu dengan benda listrik lainnya maka akan menimbulkan dramatik: ‘sebelum handle ini kutarik dan elektron menjadi berloncatan dari tepi kutub menuju kutub ungu gelora panas dan bangis…’

Jadi kunci utama sebuh dramatik ialah kejiwaan manusia, ‘benda yang bermuatan listrik’, dengan voltase yang besarnya lebih dari seribu.”

Demikianlah beberapa contoh kutipan langsung lebih dari 4 baris yang dapat saya bagikan. Kutipan dapat diartikan sebagai pendapat dari seseorang yang dianggap terkenal, atau kalimat pinjaman yang diungkapkan oleh seseorang, baik dalam majalah ataupun dalam buku. Semoga artikel ini dapat bermanfaat. Terima kasih.

Baca Juga  8 Contoh Percakapan Dua Orang di Telepon

1 komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.