Batas Wilayah Negara Indonesia Bagian Timur, Barat, Utara, Dan Selatan

Diposting pada

Batas Wilayah Negara Indonesia Bagian Timur, Barat, Utara, Dan Selatan – Disamping rakyat dan pemerintahan, wilayah adalah komponen internal yang harus dimiliki suatu negara. Maka dari itu setiap negara yang sudah merdeka diwajibkan memiliki batasan wilayah sesuai dengan ketentuan internasional. Begitu juga dengan negara indonesia yang memiliki batas wilayah bagian timur, barat, selatan, dan utara.

Meski terdengar sepele tapi perbatasan menjadi suatu hal yang benar-benar dijaga oleh setiap negara. Hal ini terbukti dari banyaknya polemik terkait pelanggaran perbatasan yang sering disinggung dalam berbagai pertemuan internasional. Lantas apa sebenarnya yang membuat negara kita sangat sensitif terhadap batas wilayah indonesia di berbagai penjuru? Hal ini disebabkan karena keinginan indonesia untuk menjaga keamanan negara serta martabat bangsa.

Mengetahui batas wilayah negara indonesia di semua bagian sudah menjadi kewajiban kita sebagai siswa. Lewat pengetahuan dasar inilah nantinya kita bisa menjaga keutuhan daerah agar tidak seenaknya dimasuki oleh pihak asing. Bahkan materi batas negara indonesia tersebut dirumuskan dalam pembelajaran geografi. Tujuannya tidak lain agar kita tau perbatasan antara indonesia dan negara tetangga. Pada artikel kali ini saya akan membahas tentang Batas Wilayah Negara Kesatuan Indonesia (NKRI) secara lengkap.

Batas Wilayah Negara Indonesia Bagian Timur, Barat, Utara, Dan Selatan

Indonesia merupakan negara kepulauan yang terdiri dari berbagai wilayah, baik itu darat maupun perairan. Ada beberapa daerah yang memang berbatasan langsung dengan negara tetangga seperti di pulau kalimantan, laut bagian barat, dan lain sebagainya. Perbatasan tersebut dipakai untuk mengatur sekaligus menandai peraturan dari negara yang bersangkutan. Area inilah yang akhirnya memisahkan wilayah indonesia dengan negara lain.

Kita bisa menjumpai materi yang membahas batas wilayah negara indonesia bagian timur, barat, utara, dan selatan pada pembelajaran geografi. Materi tersebut biasanya disampaikan pada siswa ketika berada di bangku sekolah menengah. Meski semua penjelasan sudah tertulis rapi di buku pedoman ternyata masih ada beberapa siswa mengaku kesulitan menghafal daerah perbatasan indonesia. Berkaca dari masalah ini akhirnya membuat saya ingin membuat rangkuman batas wilayah Indonesia.

Batas Wilayah Negara Indonesia Bagian Timur, Barat, Utara, Dan Selatan
Batas Wilayah Negara Indonesia

Telah diatur didalam Amandemen UUD RI tahun 1945 Bab IX A tentang Wilayah Negara, Pasal 25 A. Menegaskan bahwa Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah sebuah negara kepulauan yang berciri nusantara dengan wilayah yang batas-batas dan hak-haknya ditetapkan dengan undang-undang. Dari bunyi pasal tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa Indonesia merupakan Negara Kepulauan dan Nusantara, Maka dari itu batas wilayah laut Indonesia haruslah mengacu pada UNCLOS (United Nations Convension on the Law of the Sea) 82 atau Hukum Laut (HUKLA) 82 yang kemudian diratifikasi oleh UUD No. 17 Tahun 1985.

Baca Juga : Persebaran Flora Dan Fauna Di Indonesia

Perbatasan Negara Indonesia

Penggunaan UNCLOS ini berdampak pada negara dengan menetapkan adanya Batas Laut Wilayah (Batas Laut Teritorial), Batas Landas Kontinen dan Zone Ekonomi Ekslusif (ZEE). Hal ini sejalan dengan perjanjian bilateral yang sudah dibuat antara indonesia dengan negara tengga di konverensi internasional. Perjanjian tersebut tidak lain menyangkut batas negara indonesia di bagian barat, timur, utara dan selatan.

Maka jangan merasa heran bila batas-batas indonesia memiliki hubungan dengan 10 negara disekitarnya karena batas Negara Indonesia tidak hanya mengacu pada batas darat yang hanya berbatasan dengan 3 negara. Untuk mengetahui Batas Negara Indonesia maka simak informasi di bawah ini tentang Batas Wilayah Negara Indonesia bagian Timur, Barat, Utara Dan selatan.

Seperti mata angin yang memiliki berbagai penjuru. Batas negara indonesia juga memiliki penjuru diantara timur, barat, selatan, dan utara. Dalam kesempatan kali ini kita akan membahasnya secara detail. Silahkan simak 4 batas wilayah indonesia di bawah ini.

Batas Negara Indonesia Bagian Utara

Hampir setiap orang tau bahwa negara kita berbatasan langsung dengan malaysia baik dari segi darat maupun lautan. Tapi hanya sedikit orang yang mengetahui banyaknya konflik yang timbul akibat pelanggaran perbatasan. Berbagai pelanggaran pun memaksa masyarakat harus berperan aktif untuk ikut menjaga zona tersebut.

Menghafal dimana perbatasan negara indonesia dengan malaysia dan negara tetangga sebenarnya tidak terlalu sulit. Bahkan kita bisa langsung mengetahuinya dalam sekejam karena Indonesia hanya memiliki 4 batas wilayah saja. Nah, area daratan atau lebih tepatnya pulau kalimantan mendominasi batas wilayah negara indonesia bagian utara.

Materi perbatasan negara indonesia tidaklah terlalu rumit. Bahkan kita bisa menghafalkannya dalam sekejap karena indonesia hanya memiliki 4 batas wilayah saja. Batas wilayah negara indonesia bagian utara didominaasi oleh daratan lebih tepatnya di pulau kalimantan. Indonesisa berbatasan dengan malaysia. namun tidak sedikit juga perbatasan laut di bagian timur indonesia. Untuk lebih jelasnya silahkan simak batas negara indonesia bagian utara di bawah ini:

  1. Indonesia berbatasan langsung dengan Malaysia (bagian timur), Tepatnya berada di pulau kalimantan.
  2. Wilayah perairan Indonesia sebelah utara (selat Malaka) berbatasan langsung dengan laut di lima negara, antara lain : Malaysia, Thailand, Singapura,Vietnam dan juga Filipina.

Batas Wilayah Negara Indonesia Bagian Barat

Secara garis besar perbatasan indonesia bagian barat didominasi oleh lautan. Lebih tepatnya negara kita secara langsung menghadap samudera hindia. Jika ditarik lebih panjang maka wilayah tersebut akan bersinggungan dengan negara India. Meski tak berbatasan langsung dari segi darat tapi kalian harus tetap ingat bahwa indonesia berbatasan dengan india melalui jalur laut.

Baca juga : Komponen Peta Beserta Penjelasannya

Batas negara indonesia bagian barat memang didominasi oleh area perairan. Sebagai negara maritim kita harus memiliki kekuatan tempur yang kuat di laut karena perbatasan laut memiliki porsi terbesar. Sementara itu, perkembangan alutsista indonesia sendiri menurut saya masih kurang mendukung. Perlu adanya sedikit revitalisasi di beberapa bagian khususnya pada kapal perang maupun kapal patroli laut.

Jika dilihat pada peta, terdapat dua pulau yang menjadi penanda perbatasan atara Negara Indonesia dan Negara India. Yakni pulau ronde dan pulau nicobar dimana di area ini sering kali terjadi pelanggaran daerah teritorial yang dilakukan oleh para nelayan penangkap ikan. Disinilah sektor inilah TNI AL akan ditugaskan, yakni untuk menghalau penangkap ikan ilegal yang masuk ke batas wilayah negara indonesia lewat jalur laut.

Batas Negara Indonesia Bagian Timur

Wilayah timur Indonesia berbatasan langsung dengan perairan wilayah perairan Samudera Pasifik dan daratan Papua New Ginie. Indonesia dan Papua New Ginie telah menyepakati kesepakatan bilateral yang sudah dibuat untuk mengatur hak kekuasaan di masing-masing negara. Perjanjian tersebut menuntut untuk tidak mencampuri kepentingan negara lain baik di darat maupun laut.

Wilayah Indonesia timur berbatasan dengan Papua New Ginie sebelah barat, yaitu Provinsi Barat (Fly) dan Provinsi Sepik Barat (Sandaun). Jika kita tarik lebih panjang maka pada area tersebut juga akan dijumpai garis yang menjadi pertanda area samudera pasifik.

Batas wilayah negara indonesia bagian timur menurut saya juga sangat rawan terjadi pelanggaran. Mengapa demikian? hal ini disebabkan karena indonesia bagian timur masih belum terjamah oleh pemerintah. Dari segi masyarakat mereka sangat menjunjung tinggi adat istiadat setempat.

Berbagai konflik pun sering terjadi antara organisasi non pemerintah melawan TNI. Berkaca dari masalah ini kita sebagai WNI yang baik harus membantu mempertahankan perbatasan Indonesia timur. Tak perlu mengikuti baku tembak layaknya tentara tapi dengan mengamalkan toleransi antar suku dan bahu membahu membangun ibu pertiwi.

Batas Wilayah Indonesia Sebelah Selatan

Indonesia sebelah selatan berbatasan langsung dengan wilayah darat perairan Australia, Timor Leste, dan Samudera Hindia. Banyak sekali bukan? tentu saja karena indonesia adalah negara kepulauan. Hal ini pula yang menjadi salah satu faktor keberagaman persebaran flora dan fauna.

Timor Leste dulunya adalah bekas wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang telah memisahkan diri secara sukarela. Penyebabnya sendiri karena perekonomian dan propaganda yang disebarkan oleh belanda. Hingga akhirnya timor leste menjadi negara sendiri pada pertengahan tahun 1999.

Sebelum memisahkan diri wilayah ini dikenal dengan timor timur. Indonesia juga berbatasan dengan perairan Australia. Pada awal tahun 1997, NKRI dan Australia telah menyepakati sebuah perjanjian yang mengatur tenantang batas-batas wilayah negara keduanya yang meliputi Zona Ekonomi Ekslusif (ZEE), hak otonomi dan batas landas kontinen.

Baca Juga : Pengertian Dan Cara Menghitung Skala Peta

Negara Indonesia merupakan negara kepulauan di Asia Tenggara yang memiliki 13.487 pulau besar dan pulau kecil. 6.000 pulau di antaranya tidak berpenghuni, dan menyebar disekitar garis khatulistiwa. Secara astronomis Indonesia terletak pada koordinat 6°LU – 11°08’LS dan dari 95°’BT – 141°45’BT serta terletak di antara dua benua yaitu benua Asia dan benua Australia.

  1. Indonesia diukur dari kepulauan dengan menggunakan territorial laut sejauh 12 mil laut
  2. serta zona ekonomi eksklusif sejauh 200 mil laut yang mengarah ke segala penjuru mata angin.

Pengaturan wilayah negara meliputi wilayah daratan, perairan dalam, perairan kepulauan dan laut teritorial beserta dasar laut, dan tanah yang ada di bawahnya, serta ruang udara yang ada di atasnya, termasuk seluruh sumber kekayaan alam yang terkandung di dalamnya, untuk memberikan kepastian hukum dan kejelasan kepada warga negara mengenai wilayah negara.

Itulah sedikit banyak materi batas wilayah negara indonesia bagian barat, timur, utara, dan selatan yang dapat saya sampaikan. Mengajarkan batas wilayah sebagai bagian dari pelajaran geografi memang sangat penting. Lewat pembelajaran inilah siswa bisa mengetahui kewajibannya sebagai warga negara. Sebagai bangsa yang baik kita harus menjaga batas negara indonesia agar tidak dilewati seenaknya oleh penyintas ilegal. Jika kita mendapati adanya pelanggaran perbatasan tersebut segeralah melapor pada dinas dan petugas terkait.

Baca Juga  Pengertian Teori Geosentris, Heliosentris, dan Antroposentris

2 komentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.