Contoh Cerpen Singkat Romantis Tentang Cinta (Contoh, Struktur, Alur dan Tema)

Diposting pada

Contoh Cerpen Singkat Romantis Tentang Cinta (Contoh, Struktur, Alur dan Tema) – Cerpen merupakan karya tulis yang berupa cerita atau kisah hidup seseorang yang bersifat karangan fiktif maupun kisah nyata. Cerpen adalah singkatan dari cerita pendek, dan merupakan salah satu dari berbagai jenis teks dalam bahasa indonesia. Jika mendengar kalimat cerpen pendek tentunya kita akan teringat dengan pelajaran bahasa indonesia di sekolah karena umumnya cerpen ini dijumpai saat kita masih dalam bangku sekolah.

Cerpen Singkat Tentang Cinta Sejati (Contoh Cerpen Romantis)
Contoh Cerpen Singkat Tentang Cinta Sejati (Contoh Cerpen Romantis)

Cerpen romantis tentang cinta memiliki daya tarik tersendiri bagi pembacanya karena di dalam cerpen cinta biasanya kita akan disuguhi cerita sedih, haru, galau dan juga mengandung unsur romantis didalamnya. Dalam beberapa kasus, kumpulan cerpen tentang cinta juga sering dibukukan dan dijadikan sebagai novel dengan tujuan untuk menarik minat pembacanya.

Banyak sekali contoh cerpen romantis yang dapat kita temukan baik dalan bentuk novel seperti yang saya sebutkan di atas ataupun dalam media online. Ada yang memiliki epilog happy ending namun tidak sedikit juga yang berakhir sad ending. Tidak bisa dipungkiri bahwa pemilihan alur dan akhir cerita pada cerpen romantis dapat mempengaruhi tingkat emosional pembacanya. Faktanya, cerpen dengan epilog sad ending justru meninggalkan kesan nyesek yang lebih dalam.

Contoh Cerpen Singkat Romantis Tentang Cinta (Contoh, Struktur, Alur dan Tema)

Apa itu cerpen? Cerpen merupakan singkatan dari cerita pendek. Cerpen tersebut berisi cerita yang berasal dari kisah nyata ataupu hanya sekedar fiktif belaka. Meski bentuk ceritanya pendek, namun cerpen memiliki struktur di dalamnya. Struktur tersebut diambil dari ciri ciri cerpen yang ada. Disisi lain cerpen juga dapat dibagi menjadi beberapa macam.

Berdasarkan ceritanya cerpen sendiri terbagi menjadi beberapa jenis. Setiap jenis cerpen tentunya memiliki nilai-nilai kehidupan yang dapat kita ambil sebagai hikmahnya. Jenis-jenis cerpen jika dilihat dari segi suasana adalah sebagai berikut :

  1. Cerpen Persahabatan (Bercerita tentang hubungan pertemanan)
  2. Cerpen Romantis (Biasanya bercerita tentang cinta).
  3. Cerpen Sedih (Berkisah tentang kesedihan yang harus dihadapi oleh seseorang).
  4. Cerpen Legenda (Bercerita tentang legenda jaman dulu).
  5. Dan lain sebagainya.

Baca juga: Teks Cerpen (Pengertian, Ciri-ciri, Jenis Dan Contoh)

Dari sekian banyak cerpen diatas, kali ini saya akan membahas tentang contoh cerpen tentang cinta sejati (romantisme). Dengan membaca contoh cerpen romantis ini diharapkan kita dapat mempelajari alur, gaya bahasa, latar, dan komponen cerita yang lainnya. berikut kita simak cerpen romantis dibawah ini:

Contoh Cerpen Romantis Tentang Cinta Sejati

Icha tengah melamun memandangi langit malam yang penuh bintang bertaburan berkelip diangkasa pada malam itu. Icha sedang memikirkan seseorang yakni mantan kekasihnya, karena mereka baru saja putus hubungan.

“kenapa kok tega banget sih dia sama icha, padahal aku sayang banget, cinta banget sama dia tapi kenapa dia pergi dari aku hanya untuk orang perempuan lain” Curhat icha kepada teman cowoknya.
“Udahlah, mending kamu move on deh, cari cowok lain yang lebih baik dari dia” jawab eko (temannya)
“tapi kan ko, Nyari cowok buat gantiin dia itu nggak semudah itu” sahut icha.

contoh cerpen singkat kisah cinta eko dan icha
contoh cerpen singkat romantis tentang cinta

“Memang sesulit apa cari pengganti mantanmu itu sih?” tanya eko
“Aku enggak mau disakitin lagi, aku harus cari orang yang bener-bener cinta sama aku” jawab chacha.
“aku cinta sama kamu, sayang sama kamu” ujar eko.
“Bercandamu enggak lucu ko” sahut Icha,
“Aku serius cha, aku tuh beneran sayang kamu cinta kamu, aku bisa kok jaga kamu sampai kapanpun kamu mau kan jadi pacar aku?” tatap eko dengan penuh harap.
“em… kalo emang kamu beneran cinta sama aku, oke deh aku mau” jawab icha

Pada malam itu kisah cinta mereka berdua pun dimulai dengan indah.
Janji untuk saling menjaga dan mencintai hingga maut menjemput pun di ikhrarkan oleh keduanya. Hari demi hari mereka menjalaninya dengan penuh cinta. Disaat icha kehujanan eko pun berusaha memeluk icha dengan erat. Disaat icha terluka pun eko juga akan sigap mengobati lukanya. Sampai suatu hari icha menemukan secarik kertas surat dimeja sekolahnya. Dibukalah kertas itu dan dibacanya.

“Sayangku, jika suatu hari aku sudah tidak disampingmu untuk selalu mencintai dan menemanimu, janganlah kamu teteskan satu butir air mata untukku”.

Ingatlah, aku akan selalu bersamamu, dimanapun, dan kapanpun.
Aku akan tetap menepati janjiku kepadamu untuk selalu menjaga dan melindungimu, sekalipun kamu tidak bisa bisa meluhatku aku akn berusaha yang terbaik untukmu.

contoh cerpen singkat kisah cinta eko dan icha
Contoh cerpen singkat romantis

Sayangku, mulai sekarang jagalah dirimu, jangan mencariku karena itu akan sia-sia saja.
Aku akan selalu sayang padamu selamanya. Love u Icha
Dari: Eko” Bunyi surat itu.

Setelah membaca surat itu hati Icha menjadi tidak tenang dan gelisah. Akhirnya ia bertanya pada temannya ririn

“cha, kamu kenapa?” tanya ririn
“Aku enggak ngerti maksutnya eko, dia ngasih surat ini ke aku” jawab Icha
“Emm cha, emang kamu belum tau yang terjadi sama eko??” Tanya ririn lagi
“Apa rin??? apa yang terjadi?” Icha bertanya balik
“Eko barusan mengalami kecelakaan parah cha, dan sekarang dia keritis di rumah sakit” Jawab ririn.

Icha yang terkejut pun langsung berangkat pergi ke rumah sakit dengan ririn. Icha melihat Eko terbaring lemah di UGD, dibantu dengan alat pernafasan seadanya. Icha pun menerobos masuk encoba untuk masuk ke ruang rawat namun dokter dan suster menjadi penghalang icha dengan eko saat itu. Tidak lama berselang dokterpun keluar ruangan UGD Dokter memberitahukan bahwa eko sudah meninggal dunia. Seketika itu juga Icha langsung drop dan menangis tanpa henti karena merasa kecewa terhadap diri sendiri yang tidak bisa menjaga eko kekasihnya. Ichapun pulang dengan perasaan lesu dan tidak memiliki semangat lagi untuk menjalani hidup.

Keesokan harinya ririn mencoba untuk menemui Icha di kontrakannya, kebetulan icha menempati kontrakan seorang diri. Betapa kagetnya ririn karena menemukan Icha dikamar mandi dengan tangan berlumuran darah. dan sedang memegang secarik kertas. “Mungkin tindakanku ini sangat salah, dan sangat berdosa.

Contoh cerpen singkat romantis
Contoh cerpen singkat romantis

Tapi jujur aku sudah tidak tahan dengan kehidupanku sekarang. Ditinggalkan oleh kekasihku yang benar-benar mencintaiku. Aku akan segera menyusulmu dan mugkin kita akan bertemu dan bahagia di alam sana. Aku juga akan menepati janjiku kepadamu, bahwa akan mencintaimu didunia dan di akherat sana.
Eko, aku sayang padamu sampai akhir nafasku.”
Dari : Icha

Itulah cerpen romantis tentang cinta sedih yang romantis yang dapat kita ambil manfaatnya. Sepatutnya kita tidak meniru Icha dalam cerpen ini, karena bunuh diri adalah hl yang dilarang oleh agama. Kita tidak boleh berputus asa dan menyerah dalam menghadapi cobaan hidup. Dan cara yang diakukan icha adalah sebuah kesalahan besar. Selalu ingat bahwa Allah tidak akan memberikan ujian diluar batas kemampuan hambanya.

Baca Juga  30 Contoh Kalimat Langsung dan Tidak Langsung Beserta Strukturnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.