Contoh Kalimat Subjek Predikat Objek (SPO) yang Baik dan Benar

Diposting pada

Contoh Kalimat Subjek Predikat Objek (SPO) yang Baik dan Benar – Kalimat menjadi salah satu unsur bahasa yang menjembatani terciptanya komunikasi di tengah masyarakat. Para pakar mendefinisikan kalimat sebagai satuan bahasa yang terdiri dari rangkaian kata dengan makna lengkap dan dapat berdiri sendiri. Inilah alasan mengapa jika pesan dapat tersampaikan dengan jelas maka kalimat akan dinyatakan efektif. Namun semua itu harus diimbangi dengan kemampuan menyusun struktur yang baik sehingga tulisan atau perkataan bisa mudah dipahami. Biasanya tulisan atau laporan tersebut dibuat oleh para karyawan perkantoran, pelajar atau mahasiswa.

Pola subjek predikat objek (SPO) membantu kalimat menjadi lebih tersusun secara sistematis dan mudah dimengerti. Materi struktur kalimat pun sudah mulai diperkenalkan pada siswa bahkan semenjak dini sebagai pembekalan. Contohnya pun beragam seperti saat kita menyatakan rutinitas harian, meminta teman mengambilkan pulpen, meminta kakak membuat PR, dan lain sebagainya.

Contoh Kalimat Subjek Predikat Objek (SPO)
Contoh Kalimat Berpola SPO

Setiap kalimat yang terlontar harus memiliki struktur yang baik dan benar agar lebih mudah ditangkap oleh lawan bicara. Kalimat berpola subjek predikat objek menjadi pola standar yang dipakai oleh masyarakat. Apakah anda tahu bagaimana contoh kalimat subjek predikat objek itu? Contoh kalimat berpola SPO tersebut tentunya dapat dipahami setelah anda mengetahui bentuk kalimat efektif.

Dalam tata bahasa Indonesia terdapat kaidah penulisan yang sesuai untuk kriteria kalimat efektif. Kita bisa mempelajari serta membaca materi tersebut langsung dari buku pedoman yang notabenya memuat seluruh penjelasan secara lengkap. Melalui pemahaman materi subjek predikat objek diharapkan kalian bisa mengerti apa itu kalimat efektif.

Contoh Kalimat Subjek Predikat Objek (SPO) yang Baik dan Benar

Tanpa disadari, pengucapan kalimat SPO sebenarnya sudah sering terlontar ketika kita bercakap-cakap. Baik itu ketika berbincang dengan teman, saudara, orang tua, hingga guru sekalipun. Secara tak langsung pola kalimat efektif tersebut sudah tertanam dalam diri bahkan semenjak masih kecil. Namun terkadang siswa tak menyadari hal sedemikian sederhana karena memang tak mengetahui seperti apa contoh kalimat SPOK.

Secara garis besar materi subjek predikat objek sudah mulai diajarkan pada siswa bahkan sejak dini. ketika menginjak jenjang lebih tinggi, pemahaman struktur kalimat tersebut menjadi modal awal untuk mendalami setiap materi bahasa indonesia. Nah, apakah kalian sudah mulai ingat apa saja unsur kalimat efektif itu?

Pada kesempatan ini saya akan membagikan contoh kalimat subjek predikat objek (SPO). Tapi sebelum itu kita akan membahas terlebih dulu apa itu kalimat SPO beserta unsur yang ada di dalamnya. Tujuannya tak lain sebagai pengantar agar kalian mampu memahami penjelasan lebih baik. Untuk lebih jelasnya silahkan simak materi di bawah sampai selesai.

Apa Itu kalimat SPO

Apa yang dimaksud kalimat SPO itu? Pengertian kalimat SPO ialah serangkaian kata yang terdiri dari subjek (S), predikat (P) dan objek (O). Selain itu adapula unsur kalimat lainnya yang juga disisipkan seperti Keterangan (K) dan Pelengkap (Pel). Sebuah rangkaian kata tidak dapat dikatakan sebagai kalimat yang sebenarnya jika tidak mempunyai unsur Subjek dan Predikat di dalamnya.

Unsur subjek dan predikat yang tidak ada dalam serangkaian kata dapat dikategorikan dalam sebuah frasa. Frasa ialah sekelompok kata dengan makna lain yang disatukan. Misalnya kerjasama, dimana makna pada kata “kerja” dan “sama” tersebut berbeda pada masing masing kata ini. Tetapi jika kedua kata tadi disatukan, maka makna lain akan dihasilkan dari keduanya yaitu sebuah tindakan bersama sama untuk kepentingan umum. 

Baca juga : Contoh Kalimat Sederhana Beserta Pengertiannya Terlengkap

Subjek

Apa itu subjek? subyek termasuk dalam jajaran klausa yang merujuk pada suatu hal atau apa yang sedang dibicarakan. Cakupan subjek sendiri tidak terbatas bisa berlaku untuk orang maupun benda. Misalnya dalam kalimat “saya pergi sekolah” kata saya menjadi subjek dan merujuk pada diri pembicara.

Dalam prakteknya subyek sering diinterpretasikan sebagai orang yang menjadi topik pembicaraan dalam sebuah kalimat. Selain itu, subyek biasanya selalu ditempatkan pada bagian paling awal yang selanjutnya diikuti oleh predikat lalu objek.

Predikat

Predikat merupakan klausa yang menunjukan suatu aktivitas. Secara garis besar kalian bisa menyebutnya sebagai kata kerja pada kalimat. Tanpa adanya kata kerja, kalian tidak akan bisa membuat kalimat efektif yang baik dan benar. Bahkan pendengar pun tidak akan mengetahui maksud ucapan kalau tidak ada predikat didalamnya.

Misalnya saja dalam kalimat “Sarah pergi bekerja” kata pergi menjadi predikat karena menunjukan suatu aktvitas. Sarah beraktivitas dengan cara pergi dari suatu tempat ke tempat lain utuk melakukan pekerjaan. Mengapa predikatnya bukan bekerja? karena konsep bekerja dalam kalimat tersebut bukan kata karja melainkan objek.

Objek

Objek sendiri mereferensikan target berupa orang, benda, atau makluk hidup lain dalam pembicaraan. Objek sendiri dibagi menjadi tiga jenis yakni objek langsung, objek tak langsung, dan objek preposisi. Masing-masing tentunya memiliki karakteristik serta fungsi berbeda untuk membangun sebuah kalimat efektif. Nah, untuk lebih jelasnya lagi simaklah contoh kalimat subjek predikat objek yang baik dan benar pada sesi berikutnya.

Contoh Kalimat SPO (Subjek Predikat Objek)

Meski penggunaanya bisa kita jumpai di tengah hidup bermasyarakat tapi faktanya hanya sedikit siswa yang sadar. Inilah alasan mengapa ketika guru meminta membuat contoh kalimat subjek predikat objek mereka pun menjadi kebingungan. Padahal materi tentang struktur kalimat di atas menjadi kunci utama untuk menguasai materi lainnya.

Setelah menjelaskan tentang pengertian kalimat SPO tersebut, selanjutnya saya akan membagikan contoh kalimat subjek predikat objek. Dalam kalimat Bahasa Indonesia memang terdapat beberapa unsur di dalamnya seperti subjek, predikat dan objek. Bagaimana contoh kalimat berpola SPO itu? Di bawah ini terdapat beberapa contoh kalimat SPO yaitu sebagai berikut:

  1. Ibu memasak nasi. (Ibu = Subjek, memasak = Predikat, nasi = Objek)
  2. Para pedagang sedang menjual ikan. (Para pedagang = Subjek, sedang menjual= Predikat, ikan= Objek)
  3. Rika menjenguk Indah. (Rika = Subjek, menjenguk = Predikat, Indah = Objek)
  4. Ayah membaca koran. (Ayah = Subjek, membaca = Predikat, koran = Objek)
  5. Polisi menangkap pencuri. (Polisi = Subjek, menangkap = Predikat, pencuri = Objek)
  6. Ibu menjumpai nenek. (Ibu = Subjek, menjumpai = Predikat, nenek = Objek)
  7. Kakak membuat kue. (Kakak = Subjek, membuat = Predikat, kue = Objek)
  8. Wartawan mewawancarai artis. (Wartawan = Subjek, mewawancarai = Predikat, artis = Objek)
  9. Riki menemui pacarnya. (Riki = Subjek, menemui = Predikat, pacarnya = Objek)
  10. Adik sedang menggambar gunung. (Adik = Subjek, sedang menggambar = Predikat, gunung = Objek)
  11. Kakak mengendarai motor. (Kakak = Subjek, mengendarai = Predikat, motor = Objek)
  12. Pak Irwan telah menandatangani perjanjian. (Pak Irwan = Subjek, telah menandatangani = Predikat, perjanjian = Objek)
  13. Para siswa sedang mengerjakan ujian sekolah. (Para siswa = Subjek, sedang mengerjakan = Predikat, ujian sekolah = Objek)
  14. Adik membuka pintu. (Adik = Subjek, membuka = Predikat, pintu = Objek)
  15. Pak Direktur telah memecat para karyawan. (Pak Direktur = Subjek, telah memecat = Predikat, para karyawan = Objek)

Demikianlah beberapa contoh kalimat subjek predikat objek (SPO) yang dapat saya bagikan. Kalimat berpola SPO ialah serangkaian kata yang memuat unsur subjek (S), predikat (P) dan objek (O) di dalamnya. Pada jenjang lebih tinggi kalian akan disuguhkan kembali materi demikian dengan tingkat kesulitan lebih tinggi. Misalnya dengan menambahkan keterangan di akhir kalimat ataupun unsur lain. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Baca Juga  Pengertian Frasa, Ciri Ciri, Jenis Dan Contoh Frasa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.