Pengertian Ekologi Menurut Para Ahli (Terlengkap)

Diposting pada

Pengertian Ekologi Menurut Para Ahli (Terlengkap)Dalam ilmu Sains kita sering mendengar istilah mengenai Ekologi. Bagi orang awam istilah Ekologi mungkin terdengar asing bahkan belum mengetahui apa pengertiannya. Tetapi sebenarnya ilmu Ekologi ini berhubungan dengan lingkungan disekitar kita. Bahkan ketika di bangku sekolah, para siswa diajarkan mengenai definisi Ekologi menurut para ahli maupun secara umum. Apa yang dimaksud ekologi itu?

Pada dasarnya ilmu Ekologi mempelajari tentang interaksi yang terjadi antar organisme satu sama lain dengan lingkungannya masing masing. Maka dari itu interaksi antara makhluk hidup dengan lingkungannya serta interaksi antar makhluk hidup didunia dapat dipelajari dengan menggunakan ilmu ini.

Pengertian Ekologi Menurut Para Ahli (Terlengkap)
Pengertian ekologi menurut para ahli

Ekologi tidak hanya mempelajari tentang interaksi makhluk hidup saja. Tetapi Ekologi juga dapat digunakan untuk mempelajari sistem dalam lingkungan hidup yang menjadi satu kesatuan. Maka dari itu, tidak heran jika Ekologi berhubungan dengan Ekosistem beserta komponen penyusunnya, baik biotik maupun abiotik. Komponen biotik seperti hewan, manusia, mikroba hidup dan tumbuhan. Sedangkan komponen abiotik seperti suhu, topografi, kelembaban, air dan cahaya. Ekologi tidak hanya berhubungan dengan ekosistem saja, melainkan dengan tingkat organisasi makhluk hidup lainnya seperti komunitas dan populasi. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang pengertian Ekologi menurut para ahli terlengkap. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Pengertian Ekologi Menurut Para Ahli (Terlengkap)

Jika membahas tentang makhluk hidup maka tidak dapat dipisahkan dengan adanya lingkungan. Hal ini dikarenakan makhluk hidup akan selalui beradaptasi dengan lingkungan tempat ia berada. Seperti halnya tumbuhan, hewan ataupun manusia. Makhluk hidup ini melakukan berbagai cara untuk beradaptasi dengan lingkungan demi mempertahankan hidupnya. Dalam proses tersebut biasanya terdapat sistem ekologi di dalamnya. Apa yang dimaksud ekologi itu? Bagaimana hubungan ekologi itu?

Hubungan antara Ekologi dengan tingkat organisasi makhluk hidup (ekosistem, komunitas dan populasi) akan membentuk satu kesatuan sistem yang utuh. Pada tahun 1834 – 1914, istilah Ekologi pertama kali disampaikan oleh Ernst Haeckel. Menurut Bahasa Yunani kata Ekologi terdiri dari kata “Oikos” yang berarti Habitat dan “Logos” yang berarti Ilmu.

Secara umum pengertian dari Ekologi ialah sebuah ilmu yang mempelajari interaksi makhluk hidup dengan lingkungannya serta interaksi antar makhluk hidup di dunia. Dengan kata lain terdapat sistem ketergantungan satu sama lain, baik antar makhluk hidup ataupun dengan lingkungannya. Dibawah ini terdapat pengertian Ekologi menurut para ahli.

Baca juga : Tujuan Pohon Jati Menggugurkan Daunnya Ketika Musim Kemarau

Pengertian Ekologi Menurut Para Ahli (Terlengkap)
Ernest Haeckel

Pengertian Ekologi

Seperti yang telah saya bahas di atas bahwa Ekologi berhubungan dengan Ekosistem. Ekosistem tersebut disusun oleh beberapa komponen yang dilakukan secara dinamis dan terorganisir agar dapat membentuk keseimbangan lingkungan. Lalu apa pendapat para ahli mengenai pengertian Ekologi? Di bawah ini terdapat beberapa definisi Ekologi menurut para ahli yaitu sebagai berikut:

Miller (1975)

Pengertian Ekologi menurut Miller ialah sebuah ilmu tentang interaksi timbal balik antara sesama organisme maupun dengan lingkungannya.

Otto Soemarwoto

Definisi Ekologi menurut Otto Soemarwoto ialah sebuah ilmu tentang interaksi timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungan disekitarnya.

C. Elton

Definisi Ekologi menurut C. Elton ialah sebuah ilmu yang mempelajari tentang sejarah dan kehidupan alam secara ilmiah.

Resosoedarmo

Pengertian Ekologi menurut Resosoedarmo ialah sebuah ilmu yang mengkaji interaksi timbal balik makhluk hidup dengan lingkungannya.

Baca juga : Pengertian Limbah Organik dan Anorganik Beserta Contoh

Krebsekologi

Definisi Ekologi menurut Krebsekologi ialah ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang hubungan organisme yang melimpah beserta penyebarannya.

Eugene P. Odum

Definisi Ekologi menurut Eugene P. Odum ialah ilmu tentang alam yang fungsinya terstruktur dan hubungan antara organisme satu sama lain dengan lingkungannya.

Andrewarthaekologi

Definisi Ekologi menurut Andrewarthaekologi ialah ilmu mengenai kemelimpahan dan penyerbaran dari organisme.

Selain pengertian Ekologi menurut para ahli di atas, adapula beberapa prinsip Ekologi. Adapun prinsip prinsip dari Ekologi yaitu sebagai berikut:

  • Diversity (Keanekaragaman)
  • Interaction (Interaksi)
  • Sustainability (Kemampuan yang berlanjut)
  • Interdependence (Saling bergantung)
  • Harmony (Keharmonisan)

Ilmu ini tidak hanya mengandung pengertian Ekologi menurut para ahli dan prinsip Ekologi saja. Tetapi adapula aspek aspek ekologi yang utama dalam melakukan kajian disetiap bagiannya. Berikut beberapa aspek Ekologi yaitu:

  • Ilmu tentang interaksi fungsi alam beserta strukturnya.
  • Ilmu tentang interaksi antara organisme dengan lingkungannya.
  • Ilmu tentang interaksi antar sesama organisme.

Demikianlah penjelasan mengenai pengertian Ekologi menurut para ahli terlengkap. Ekologi berkaitan dengan tingkat organisasi makhluk hidup (ekosistem, komunitas dan populasi) sehingga dapat membentuk satu kesatuan sistem yang utuh. Semoga artikel ini dapat bermanfaat. Terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Baca Juga  Penjelasan Lengkap Sistem Ekskresi pada Hewan Invertebrata

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.