Pengertian, Manfaat, dan Cara Berpikir Kritis

Diposting pada

Pengertian, Manfaat, dan Cara Berpikir Kritis – Berpikir kritis kerap dikaitkan dengan analitis dan reflektif. Pada dasarnya pengertian berpikir kritis adalah sebuah proses berpikir dengan tujuan untuk membuat keputusan secara rasional untuk memutuskan suatu perkara atau masalah. Di jaman sekarang ini pola berpikir kritis sangatlah penting dalam kehipan kita sehari-hari. Cara berpikir kritis ini dapat membantu manusia menyelesaikan masalah, kemampuan dalam mengambil keputusan secara selektif dan lain sebagainya.

Seperti yang kita tahu bahwa masing masing orang memiliki cara berfikir yang berbeda beda. Namun tidak menutup kemungkinan bahwa pemikiran kritis dimiliki oleh hampir semua orang. Cara berfikir ini tentunya memiliki manfaat dan metode pemikirannya sendiri. Namun apakah anda tahu definisi berpikir kritis itu?

Pengertian, Manfaat, dan Cara Berpikir Kritis
Cara Berpikir Kritis

Pengertian berpikir menurut para ahli yakni, berdasarkan Gunawan (2003:177-178) berpikir kritis adalah kemampuan untuk berpikir secara kompleks yang menggunakan proses diantaranya analisis dan evaluasi. Berpikir kritis juga melibatkan keahlian berpikir induktif (mengenali permasalahan yang bersifat terbuka, mengenali hubungan, mampu menemukan sebab dan akibat, membuat kesimpulan dengan data yang relevan. Selain kealian berpikir induktif juga terdapat keahlian berpikir deduktif yakni kemampuan memecahkan masalah spasial, mampu membedakan antara fakta dan opini.

Pengertian, Manfaat, dan Cara Berpikir Kritis

Dari pernyataan diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa pengertian berpikir kritis merupakan sebuah pola pikir yang memungkinkan manusia menganalisa masalah berdasarkan data yang relevan sehingga dapat mencari kemungkinan pemecahan masalah dan pengambilang keputusan yang terbaik.

Jelas manfaat berpikir kritis dapat kita rasakan ketika kita sedang dilanda permasalahan yakni:

  1. Berpikir kritis mampu menyelesaikan masalah.
  2. Berpikir kritis dapat membantu dalam pengambilan keputusan.
  3. Berpikir kritis dapat membedakan antara fakta dan opini.
  4. Berpikir kritis membantu kita untuk tetap tenang sekalipun dalam masalah yang sulit.
Baca Juga  Materi Puisi: Pengertian, Ciri-Ciri, Jenis, Unsur dan Contoh Puisi

Cara berpikir kritis pada dasarnya datang dari dalam diri seseorang. Mengembangka cara berpikir kritis dapat membantu seseorang untuk menjadi pribadi yang tidak gegabah dala mengambil keputusan maupun mencari penyelesaian suatu masalah. Berikut adalah cara berpikir kritis adalah:

  1. Selalu berpikir dengan kepala dingin.
  2. Tidak mendahulukan emosi dibandingkan logika.
  3. Selalu berpikir tentang segala kemungkinan yang terjadi.
  4. Selalu siap dengan apa yang harus dihadapi dan menanggung resikonya.
  5. Mengambil keputusan berdasarkan data yang faktual dan bersifat fakta.

Sekian penjelasan mengenai pengertian berpikir kritis, manfaat berpikir kritis dan cara berpikir kritis. Berpikir kritis dapat dikaitkan sebagai suatu proses berpikir dengan tujuan untuk membuat keputusan secara rasional maupun memutuskan sebuah perkara atau masalah. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.