Pengertian Sistem Operasi Berbasis GUI (Graphical User Interface)

Diposting pada

Pengertian Sistem Operasi Berbasis GUI (Graphical User Interface) – Sebagai siswa tentunya kita sudah sangat familiar dengan sistem operasi yang dipakai pada perangkat laptop atau komputer. Pilihan antara windows dan linux terkadang menjadi dilema besar bagi mereka yang tak mengetahuinya. Secara garis besar keduanya memang mendukung basis OS yang sama yakni GUI.

Bagi siswa SMK khususnya TKJ pasti tak asing dengan definisi GUI pada sistem operasi. Namun hal ini tidak berlaku bagi mereka yang mengambil jurusan lain seperti SMA. Maka dari itu apa itu graphic user interface terdengar sangat asing di telinga. Secara garis besar GUI merupakan bentuk antar muka yang menggunakan menu grafis atau tampilan. Tujuannya tak lain untuk mempermudah user dalam mengoperasikan perangkat komputer atau laptop.

Kenyamanan dalam menggunakan sistem operasi GUI ini bisa dijamin, karena pengguna akan merasa nyaman dan tidak bingung ketika melihat interfacenya. Bisa dikatakan pula sistem operasi ini sebagai sistem operasi yang user friendly. Artinya, pengguna dapat dengan mudah mengoperasikan sistem operasi tersebut dengan sangat mudah menggunakan tool yang sudah disediakan. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan lebih lanjut mengenai pengertian sistem operasi berbasis GUI (Graphical User Interface) lengkap. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Pengertian Sistem Operasi Berbasis GUI (Graphical User Interface)

Dalam konteks pendidikan, materi yang membahas sistem operasi GUI biasanya akan disampaikan ketika siswa menginjak bangku sekolah menengah. Lebih tepatnya pada mata pelajaran informatika kalian akan disuguhi beberapa penjelasan terkait antar muka pada sistem operasi itu sendiri.

Meski terdengar mudah, tapi faktanya masih banyak siswa yang tak mengetahui apa itu sistem operasi GUI. Padahal semua pembahasannya sudah terangkum dalam buku pedoman informatika. Di lain sisi, guru pun biasanya akan menyampaikan materi tersebut secara mendalam. Mengapa demikian? karena berbagai jenis sistem operasi berbasis GUI sering menjelma menjadi butir soal ujian.

Apa Itu GUI

GUI sendiri dapat diartikan sebagai media antar muka pada sistem operasi yang menggunakan menu grafis atau tampilan dengan maksud memudahkan pengguna (user) dalam menggunakan/mengoperasikan sistem operasi tersebut. Jadi pada intinya, sistem operasi GUI adalah sistem operasi yang sudah didesain sedemikian rupa oleh desainernya dengan maksud agar user dapat dengan mudah menangkap apa yang dilihatnya dan melakukan hal apa saja dengan mudah. Intinya adalah memudahkan.

Pengertian Sistem Operasi Berbasis GUI (Graphical User Interface)
Sistem Operasi GUI

Kelebihan dan Kekurangan GUI

Setelah mengetahui pengertian dari sistem operasi GUI, kurang lengkap rasanya jika tidak mengetahui kelebihan dan kekurangannya. Semua hal mempunyai kelebihan dan kekurangan, termasuk sistem operasi Graphical User Interface ini.

Kelebihan Sistem Operasi GUI

GUI memiliki beberapa kelebihan didalamnya. Adapun beberapa kelebihan sistem operasi berbasis GUI yaitu meliputi:

1. Tampilan Menarik
Ya, tampilan dari GUI memang sangat menarik. Desain yang dibuat sudah nyaman dipandang mata. Saya yakin Anda semua merupakan penggina SO GUI, ya kan? Jika Anda memperhatikannya, maka akan sangat terlihat dengan jelas tampilan pada setiap bagian sistem operasi Anda pasti sudah sangat nyaman dipandang.

Yang terakhir muncul sistem operasi GUI dari Windows adalah windows 10. Tampilan dari windows 10 sendiri sangatlah keren, saya sendiri juga menggunakannya. Terlihat dari bagian menu start yang merupakan salah satu tampilan yang menarik, dari segi warna maupun bentuk.

2. Mudah Digunakan
Dengan tampilan yang user friendly, maka sudah jelas sistem operasi berbasis GUI ini memang sangat mudah digunakan jika dibandingkan dengan sistem operasi berbasis CLI (Command Line Interface).

Dengan menggunakan sistem operasi GUI, Anda sudah tidak perlu lagi mengingat cara yang sulit dalam menjalankan perintah karena sistem operasi GUI interfacenya sudah tersusun dengan rapih dan mudah diingat pula. Lain halnya dengan CLI yang harus mengingat cara yang sulit, karena sistem ini menggunakan perintah text dan baris.

3. Masih Banyak Lagi
Keunggulan dari sistem operasi GUI masih banyak sekali. Yang pasti unggul dalam hal interface yang sudah sangat user friendly dan mudah digunakan. Pada tahun 2016 ini (sekarang) hampir semua pengguna laptop/komputer menggunakan sistem operasi berbasis Graphical User Interface. Kecuali komputer yang dijadikan server memang biasanya menggunakan sistem operasi Command Line Interface.

Baca Juga  Cara Setting Mikrotik Sebagai Gateway Internet

Kekurangan Sistem Operasi GUI

Selain kelebihan GUI, adapula beberapa kekurangan dari sistem operasi GUI. Adapun beberapa kekurangan sistem operasi berbasis GUI yaitu meliputi:

1. Lebih Berat
Ya sangat jelas sekali kalau GUI lebih berat dibandingkan CLI. Sudah bisa dibayangkan, interface dari GUI sendiri sudah sangat menarik dan memudahkan, tampilannya juga tidak membosankan. Semua itu juga memerlukan sebuah memory untuk menjalankannya.

Jadi semakin bagus interface sebuah sistem operasi maka akan semakin berat pula, yang pasti akan memakan memory yang banyak untuk menjalankannya. Menurut saya pribadi, kekurangan sistem operasi GUI hanya terletak pada psesifikasi hardware saja. Namun untuk sekarang, saya yakin bahwa spesifikasi hardware laptop/komputer keluaran terbaru sudah mampu menjalankan sistem GUI semua.

Macam Macam Sistem Operasi GUI

Nah, selanjutnya saya akan memberikan beberapa contoh sistem operasi berbasis Graphical User Interface.

Windows

Di bawah ini terdapat macam macam sistem operasi berbasis GUI yang termasuk keluarga windows. Berikut jenis jenisnya yaitu:

  1. Windows 1.0x. Ini merupakan sistem operasi Windows yang menggunakan GUI. Sistem windows ini menampilkan 32×32 pixel icon dan warna grafis.
  2. Windows 95. Pada windows 95, peningkatan paling pesat adalah dengan adanya penambahan fitur start. Dengan adanya tombol start ini, interface windows 95 menjadi semakin berbeda.
  3. Windows 98. Tidak ada penambahan fitur GUI pada windows 98 ini, semuanya hampir sama dengan windows 95. Yang membedakan adalah jumlah warna yang dimiliki, windows 98 sudah memiliki 256 warna.
  4. Windows XP. Pada windows XP ini, Microsoft melakukan perubahan besar-besaran. Anda pasti sudah pernah menggunakan windows XP kan, ya tampilannya sudah sangat memudahkan user. Dengan rilisnya windows XP ini, pengguna windows semakin bertambah banyak.
  5. Windows Vista. Selanjutnya adalah windows Vista. Semua hampir mirip dengan windows XP, hanya saja ada penambahan animasi-animasi 3d yang menambah kesan menarik.
  6. Windows 7. Windows 7 merupakan penerus dari windows Vista. Tampilannya memang hampir sama, namun tetap ada perbedaan. Yang pasti, windows 7 lebih unggul.
  7. Windows 8 dan 8.1. Windows ini merupakan penerus dari windows 7. Tampilan menu startnya berubah total dari versi windows sebelumnya. Namun windows 8 ini belum terlalu lama dirilis, sudah muncul pembaharuan lagi yaitu windows 10.
  8. Windows 10. Windows 10 merupakan windows yang paling baru dan terupdate saat ini. Tampilannya sangat keren menurut saya. Dan soal GUI jangan ditanya lagi, windows 10 sudah user friendly banget.

Keluarga Mac OS

Selanjutnya saya akan menjelaskan tentang macam macam sistem operasi berbasis GUI untuk kategori keluarga Mac OS. Berikut jenis jenisnya yaitu meliputi:

  1. Mac OS X. Mac OS X dirilis pada tahun 2001. Tampilan GUI OS ini merupakan salah satu yang paling keren dan menarik.
  2. Mac OS X Leopard. Pada sistem operasi ini, sangat banyak penambahan fitur GUI seperti animasi interaktif yang sangat memanjakan mata.
  3. Mac OS X SnowLeopard. Yang pasti dalam OS ini adalah penambahan fitur-fitur yang semakin menarik dan keren.
  4. Masih Banyak

Sekarang sudah banyak Machintos yang terbaru. Mac OS memang keren dalam segi interface, sangat mudah dipahami oleh user. Namun sayangnya, saya sendiri belum pernah menggunakannya.

Linux

Selanjutnya saya akan menjelaskan tentang macam macam sistem operasi berbasis GUI untuk kategori keluarga Mac OS. Berikut jenis jenisnya yaitu meliputi:

  1. GNOME. Yang ini saya kurang tahu penjelasannya, yang pasti dari Linux.
  2. Ubuntu
  3. KDE
  4. Cinnamon
  5. Masih Banyak

Mungkin hanya itu saja yang saya bagikan pada kali ini. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk Anda semua yang sedang membaca, terlebih untuk Anda yang kelas X karena ini merupakan salah satu materi TKJ kelas X. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.