Penyebab Kenapa Indonesia Disebut Negara Maritim

Diposting pada

Penyebab Kenapa Indonesia Disebut Negara Maritim – Alasan Indonesia disebut sebagai negara maritim mengacu pada julukan Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia. Keunikan tersebut diimbangi dengan ragam budaya dan suku bangsa Indonesia. Alam Indonesia juga dipenuhi dengan hutan hujan, persawahan, kawasan perairan dan lain sebagainya. Namun dari berbagai perbedaan latar belakang tersebut kita masih bisa berdiri kokoh menghadapi gempuran dari luar.

indonesia negara maritim
indonesia negara maritim

Banyak sekali julukan yang telah disematkan dunia pada negara Indonesia. Misalnya saja jamrud khatulistiwa, paru paru dunia, dan lain sebagainya. Selain dijuluki sebagai negara agraris yang notabennya sebagai penghasil padi. Indonesia dijuluki sebagai negara maritim yang secara pengertian merupakan negara kepulauan. Jika diuraikan lebih spesifik artinya indonesia memiliki wilayah laut dan perairan yang luasnya hampir sama dengan wilayah daratan.

Nah pernahkah anda mendengar istilah negara maritim? tentu saja pernah kan. Apalagi dengan pemberitaan sekarang ini yang terus menyebutkan bahwa indonesia sedang memperkuat alutsistanya di bidang maritim. Tidak banyak negara yang dijuluki sebagai negara maritim di dunia ini. Dan beruntungnya indonesia bisa mendapatkan julukan tersebut sehingga bisa mengangkat martabat bangsa.

Penyebab Kenapa Indonesia Disebut Negara Maritim

Pada umumnya setiap negara memiliki julukannya masing masing. Julukan tersebut diberikan berdasarkan kondisi dari negara tersebut, baik kondisi ekonomi, militer maupun aspek lainnya. Contohnya saja negara Indonesia yang dapat disebut dengan negara maritim karena kondisi geografis negara tersebut. Lantas apa yang dimaksud negara maritim itu?

Sebelum memahami apa alasan dan penyebab indonesia disebut sebagai negara maritim terlebih dahulu kita harus tau tentang pengertian dan hakekat negara maritim tersebut terlebih dahulu. Adapun pengertian negara maritim menurut para ahli adalah sebagai berikut:

  • Negara maritim adalah sebuah negara yang memiliki kawasan teritorial laut yang luas.
  • Negara maritim umumnya berbentuk kepulauan atau negara yang memiliki banyak pulau.
  • Negara maritim adalah satu negara yang memiliki berbagai kekayaan alam dalam kekuasaan laut yang cukup luas.
  • Negara maritim adalah negara yang secara geografis dikelilingi oleh wilayah perairan dan laut.
  • Maritim memiliki pengertian wilayah laut. Penduduk Negara maritim umumnya berprofesi sebagai nelayan.
  • Hakekat dan konsep negara maritim adalah menggunakan segala sumber kekayaan laut untuk kepentingan dan kesejahteraan rakyat.

Baca juga: Cara Penulisan Daftar Pustaka yang Benar Beserta Contohnya

Indonesia disebut negara maritim yang secara geografis memiliki daerah teritorial perairan dan laut lebih luas bahkan melebihi dearah dan teritorial darat. Berdasarkan pernyataan tersebut dapat kita tarik kesimpulan bahwa negara maritim adalah negara yang menyandang status negara kepulauan. Untuk menjawab pertanyaan kenapa indonesia disebut sebagai negara maritim mengacu kembali pada pengertian bahwa indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia yang secara geografis memiliki 2/3 teritorial laut dan hanya memiliki 1/3 wilayah daratan.

Baca juga: Strategi Indonesia Menghadapi Ancaman di Bidang Militer, Politik, Ekonomi, Sosial, Budaya, Ideologi

Alasan Indonesia Disebut Negara Maritim

Akan saya jabarkan beberapa alasan mengapa indonesia disebut negara maritim oleh dunia. Alasan tersebut karena:

  1. Indonesia memiliki lebih dari 3000 pulau berpenghuni.
  2. Luas wilayah laut hampir sama dengan daratan.
  3. Kekayaan laut yang melimpah.
  4. Memiliki budaya yang melekat pada daerah pesisir pantai.
  5. Letak yang strategis karena berbatasan dengan 2 samudra dan 2 benua.

Sebagai konsekwensi disebut sebagai negara maritim maka Indonesia harus mampu mengembangkan segala aktivitas di bidang pelayaran. Hal ini disebabkan karena salah satu sektor penunjang perekonomian di Indonesia merupakan sektor pelayaran dan perikanan. Karena Indonesia berada pada letak geografis yang strategis yakni berada pada garis khatulistiwa dan diapt oleh dua samudera dan dua benua maka Indonesi memiliki kekayaan alam laut dan potensi besar dalam bidang pelayaran dan perairan.

Untuk memahami pengaruh dan dampak Indonesia dilintasi garis khatulistiwa dan diapit oleh dua benua dengan negara maritim maka simaklah artikel sebelumnya yang berjudul Batas Wilayah Negara Indonesia Bagian Timur, Barat, Utara, Dan Selatan

Penjabaran Materi Kemaritiman

Dalam membangun serta mengelola bebagai sumberdaya maritim di atas diperlukan adanya pemahanan akan pentingnya kearifan lokal. Kearifan sendiri berasal dari kata baku yakni arif yang berarti kebijaksanaan, paham, ilmu, pandai dan sebagainya. Berdasarkan pengertian tersebut, Dalam rangka untuk mengelola alam dan lingkungan. Tidak hanya dalam waktu singkat namun implikasi ini juga dalam jangka waktu panjang.

Alasan indonesia disebut sebagai negara maritim
Alasan indonesia disebut sebagai negara maritim

Untuk mewujudkan Indonesia sebagai negara martim yang maju harus diimbangi dengan pembangunan di berbagai daerah dengan tanpa menghilangkan unsur unsur kebudayaan daerah tersebut. Untuk melakukan pembangunan sebaiknya meninjau kondisi sosial dan budaya terlebih dahulu sehingga sumber daya dapat dikelola tanpa merugikan masyarakat dan rakyat sehingga dapat memajukan tingkat perekonomian daerah tersebut dan negara itu sendiri.

Karena Indoensia adalah negara martim maka hal ini menyebabkan ragam budaya dan sosial, hal ini juga menyebabkan persebaran flora dan fauna yang berbeda tiap daerahnya. Hal ini telah kita bahas sebelumnya dalam Pembagian Persebaran Fauna Di Indonesia

Indonesia sebagai negara maritim, hal ini dikarenakan di Indonesia didominasi oleh perairan dan lautan dari pada daratan. Hal inilah yang menyebabkan indonesia memiliki budaya kemaritiman yang kuat, masyarakat umumny juga berprofesi sebagai nelayan, pelaut dan pelayaran yang notabennya memanfaatan daerah teritorial laut.

Baca juga: Komponen Peta Dan Penjelasannya

Karena Indonesia memiliki budaya kemaritiman yang kuat maka segala pembangunan yang dilaksanakan Indonesia harus memiliki paradigma kemaritiman. Maksud dari kalimat tersebut adalah maritim menjadi sebuah pusat pembangunan bangsa Indonesia itu sendiri. Hal ini dapat dilakukan dengan melakukan pembangunan bersifat maritim berkelanjutan yang dirancang pihak pihak terkait seperti pemerintah. Adapun contoh pembangunan tersebut seperti:

  • Penangkapa ikan secara alami.
  • Melestarikan derah pesisir pantai.
  • Mengelola energi dan sumber daya bawah laut dengan AMDAL atau “analisa mengenai dampak dan lingkungan”.
  • Membangun pusat penangkaran dan pelestarian biota alam bawah laut.
  • Membangun sektor pariwisata di bidang bahari.

Namun secara realita banyak penelitian mengungkap tentang perilaku tidak etis seperti pengkapan ikan dan pemanfaatan sumberdaya menggunakan peralatan yang berpotensi dapat merusak alam dan lingkungan bawah laut. Hal ini dikarenakan sifat manusia yang ingin serba mudah dan instan. Adapun beberapa alat yang digunakan dan berpotensi merusak lingkungan adalah:

  • Racun sianida.
  • Bom ikan.
  • Bom racun.
  • Dan lain sebagainya.

Itulah artikel kali ini yang membahas tentang alasan penyebab indonesia disebut negara maritim yang dapat saya sampaikan. Indonesia disebut sebagai negara maritim bukan tanpa alasan karena Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki wilayah teritorial perairan dan laut yang luas dengan sumber daya alam yang banyak. Maka dari itu kita harus mampu menjaga kelestarian alam tersebut agar Indonesia tetap disebut sebagai negara maritim yang kuat.

Baca Juga  Pembagian Persebaran Fauna di Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.