Proses Fotosintesis pada Tumbuhan Beserta Tempat Berlangsungnya

Diposting pada

Proses Fotosintesis pada Tumbuhan Beserta Tempat Berlangsungnya – Di dunia ini terdapat benda benda mati dan juga makhluk hidup. Kedua komponen tersebut tidak dapat saling terpisahkan karena dua komponen tersebut saling membutuhkan satu sama lain. Misalkan manusia butuh oksigen untuk bernafas dan oksigen tersebut berasal dari dari fotosintesis tumbuhan, sedangkan tumbuhan memerlukan karbon dioksida untuk proses fotosintesis. Kali ini kita akan membahas mengenai tumbuhan itu sendiri beserta cara terjadinya fotosintesis pada tumbuhan.

Seperti yang telah kita ketahui bahwa makhluk hidup membutuhkan makanan. Makanan ini dapat berasal dari makhluk hidup lain maupun dapat dibuat sendiri. Salah satu contoh makhluk hidup yang dapat membuat makanannya sendiri ialah tumbuhan. Tumbuhan ini membuat makanannya sendiri dengan cara berfotosintesis.

Proses Fotosintesis pada Tumbuhan Beserta Tempat Berlangsungnya
Proses Fotosintesis Tumbuhan
 

Sebelum itu apa sih yang disebut dengan tumbuhan? pasti semua orang mengenal apa itu tumbuhan karena dimanapun kita berada pasti ada tumbuhan. Jika tidak ada tumbuhan bagaimana manusia memperoleh oksigen atau menunjang kehidupannya??  Tumbuhan adalah salah satu makhluk hidup yang sangat berpengaruh dalam dunia ini karena memiliki manfaat dalam kehidupan manusia, baik dalam keperluan pembangunan maupun keperluan lainnya.

Proses Fotosintesis pada Tumbuhan Beserta Tempat Berlangsungnya

Seperti yang telah kita ketahui bahwa oksigen merupakan hasil dari fotosintesis tumbuhan. Oksigen tersebut dihasilkan tumbuhan dengan bantuan sinar matahari serta komponen komponen lainnya. Agar anda lebih paham mengenai materi ini, maka saya akan menjelaskan lebih lanjut mengenai fotosintesis tumbuhan tersebut.

Sebelum membahas lebih dalam mengenai fotosintesis tumbuhan ini, anda harus mengetahui apa yang dimaksud dengan tumbuhan tersebut. Kemudian anda juga harus mengetahui apa itu klorofil. Klorofil tersebut merupakan zat hijau dalam tumbuhan yang berperan penting dalam proses fotosintesis ini.

Dari pernyataan diatas kita mengenal adanya istilah tentang fotosintesis tumbuhan. Mengapa tumbuhan harus berfotosintesis? Mengapa pula harus ada fotosisntesis?? Sebenarnya apa itu fotosintesis. Kali ini materi belajar akan membahas lebih lanjut mengenai hal itu. Untuk lebih lanjutnya mari kita bahas mengenai tumbuhan yang berfotosintesis.

Terjadinya Fotosintesis pada Tumbuhan

Sebelum membahas prosesnya mari kita mengenal terlebih dahulu apa itu fotosintesis. Fotosintesis ialah proses pembakaran karbohidrat yang didapat oleh tumbuhan yang dicampur dengan zat hijau yang terdapat dalam tumbuhan hijau yang bisasanya dapat pula disebut dengan krolofil serta bereaksi dengan karbon dioksida yang dihasilkan dari pernafasan manusia. Tumbuhan tidak dapat berfotosintesis pada malam hari. Fotosintesis hanya dapat dilakukan pada siang hari saja, karena tumbuhan memerlukan energi cahaya matahari sebagai proses pembakarannya.

Baca Juga  Sistem Peredaran Darah Manusia Beserta Penjelasannya

Pada dasarnya proses fotosintesis tidak dapat dilakukan oleh semua jenis tumbuhan. Fotosintesis hanya dapat dilakukan oleh tumbuhan yang memiliki zat hijau atau klorofil, sehingga tumbuhan tersebut dapat membuat makanan sendiri. Tumbuhan yang dapat membuat makanan sendiri tersebut dapat disebut dengan jenis tumbuhan autrotop. Setelah mengetahui apa itu fotosintesis maka akan lebih mudah untuk mengetahui proses terjadinya forosintesis.

Baca juga : Contoh Simbiosis Komensalisme Dan Pengertian Simbiosis Komensalisme

Proses Terjadinya Fotosintesis

Di dalam tumbuhan terdapat sebuah zat hijau atau dapat juga disebut dengan klorofil. Klorofil tersebut tekandung dalam bagian kloroplas pada tumbuhan. Fotosintesis dapat terbentuk karena adanya  zat hijau, tidak hanya zat hijau saja. Tumbuhan juga memerlukan air yang didapatkan oleh tumbuhan, air tersebut berasal dari tanah dan diserap oleh akar tumbuhan, selain itu tumbuhan juga memerlukan karbon dioksida serta energi cahaya matahari. Proses terjadinya fotosintesis berada pada kloroplas yang mengandung banyak zat klorofil. Kemudian Klorofillah yang akan menyerap cahaya matahari dan kemudian cahaya tersebutlah yang akan digunakan dalam proses fotosintesis. Adapun reaksi fotosintesis dalam ilmu kimia : 6H2O + 6CO2 + cahaya = C6H12O6 (Glukosa) + 6O2.

Pada proses fotosintesis tidak hanya menghasilkan oksigen, melainkan juga menghasilkan glukosa juga. Glukosa tersebut merupakan senyawa organik seperti zat selulosa yang dapat digunakan dalam proses pembuatan bahan bakar. Terjadinya fotosintesis pada tumbuhan berlangsung melalui respirasi seluler, dan biasanya sering terjadi pada tumbuhan maupun pada hewan. Pada dasarnya proses respirasi berkebalikan dengan proses fotosintesis, atau dapat dijelaskan  melalui rumus kimia yaitu C6H12O6 (Glukosa) + 6O2 = 6H2O + 6CO2 + Energi. Proses respirasi tersebut terjadi akibat terdapat reaksi antara glukosa beserta senyawa lain yang dibantu dengan oksigen sehingga dapat menghasilkan energi kimia, air dan juga karbon dioksida.

Sekian penjelasan mengenai proses fotosintesis pada tumbuhan dan tempat berlangsungnya fotosintesis pada tumbuhan. Tumbuhan melakukan fotosintesis untuk membuat makanannya sendiri dengan bantuan cahaya matahari. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.