Contoh Soal Menyederhanakan Bentuk Pangkat Kelas 9

Diposting pada

Contoh Soal Menyederhanakan Bentuk Pangkat Kelas 9 – Perpangkatan menjadi salah satu materi dasar matematika yang bisa kalian jumpai hampir di semua jenjang. Meski terkesan mudah tapi kita tak bisa menampik fakta bahwa masih ada beberapa siswa kesulitan menghafal rumus akar pangkat. Akhirnya mereka pun kesulitan mengerjakan soal ketika ujian karena tak mengetahui bagaimana cara menghitung bentuk pangkat.

Cara menyederhanakan pangkat pada dasarnya dapat dilakukan menggunakan rumus konvensional bersumber dari buku pedoman. Sebagian orang menganggapnya sulit karena melibatkan metode hitung numerik yang terdengar asing di telinga. Tapi sebenarnya materi tersebut tak sesulit kelihatannya selama kita memahami rumus menyederhanakan bentuk pangkat. Kalian juga bisa mengasah kemampuan dengan mengerjakan berbagai model soal latihan yang didapat dari internet maupun buku latihan.

Contoh Soal Menyederhanakan Bentuk Pangkat Kelas 9
Cara Menyederhanakan Perpangkatan

Pengertian perpangkatan ialah perkalian sebuah bilangan yang sama secara berulang. Perkalian bilangan pokok secara berulang ini dapat dinamakan dengan basis, sedangkan perkalian berulang antara beberapa bilangan pokok tersebut terkenal dengan nama eksponen atau pangkat. Apakah anda tahu bagaimana contoh soal menyederhanakan bentuk pangkat itu?

Bagaimana cara menyederhanakan bentuk pangkat? inilah pertanyaan yang sering diajukan oleh siswa kelas 9. Ketika sudah masuk ke kelas 9 kalian akan dihadapkan dengan banyak variasi latihan soal pembagian bilangan berpangkat. Guru memberikannya sebagai bahan ajar agar siswa mampu mengerjakan soal asli ketika ujian berlangsung nantinya. Maka dari itu, kita harus mampu mengahfalkan rumus hitung akar pangkat dengan baik dan benar.

Contoh Soal Menyederhanakan Bentuk Pangkat Kelas 9

Perpangkatan dalam Matematika pada dasarnya dapat dibagi menjadi beberapa jenis. Jenis jenis perpangkatan tersebut dapat berupa bilangan berpangkat nol, bilangan berpangkat bulat positif, maupun bilangan berpangkat negatif. Bilangan berpangkat bulat pada umumnya dapat dinyatakan dalam bentuk aⁿ = a x a x a x . . . x a, dimana a ialah basis atau bilangan pokok yang memuat bilangan real di dalamnya dan n ialah eksponen atau faktor yang memuat bilangan bulat positif. Contohnya 2³ = 2 x 2 x 2 dan sebagainya. Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan contoh soal menyederhanakan bentuk pangkat kelas 9.

Bilangan berpangkat bulat positif pada umumnya mempunyai sifat sifat di dalamnya. Sifat sifat ini nantinya digunakan sebagai salah satu cara menyederhanakan bentuk pangkat tersebut. Sifat sifat tersebut berhubungan dengan perkalian bentuk pangkat maupun pembagian bentuk pangkat. Operasi perkalian bilangan berpangkat dapat dilakukan dengan menjumlahkan pangkatnya saja apabila basisnya sudah sama. Kemudian operasi pembagian bilangan berpangkat dilakukan dengan cara mengurangkan pangkatnya apabila basisnya sudah sama.

Baca juga : Contoh Soal Bilangan Berpangkat Negatif Beserta Pengertian

Adapula bilangan berpangkat yang masih dipangkatkan lagi. Untuk menyelesaikan masalah ini, maka pangkat pada basis tadi dikalikan dengan bilangan pangkat yang memangkatkannya tadi. Inti dari cara menyederhanakan bentuk pangkat tersebut ialah membuat basisnya menjadi sama terlebih dahulu, baik diruas kiri ataupun kanan. Di bawah ini terdapat contoh soal menyederhanakan bentuk pangkat kelas 9 yaitu sebagai berikut:

1. Bentuk sederhana dari 2² x 2³ x 2⁴ ialah …

Jawab.
Untuk menyelesaiakan materi menyederhanakan bentuk pangkat kelas 9 ini dapat dilakukan dengan sifat sifat di dalamnya. Sifat sifat penyederhanaan bentuk pangkat yang digunakan dapat berupa:
Contoh Soal Menyederhanakan Bentuk Pangkat Kelas 9

Untuk itu hasilnya akan menjadi seperti di bawah ini:
Contoh Soal Menyederhanakan Bentuk Pangkat Kelas 9Jadi bentuk sederhana dari 2² x 2³ x 2⁴ ialah 2⁹.

2. Sederhanakan bentuk dari 3² x 9² x 27²?

Jawab.
Contoh soal menyederhanakan bentuk pangkat tersebut dapat dilakukan dengan sifat sifat seperti pada nomor 1 tersebut. Maka dari itu cara menyederhanakan bentuk pangkat ini dapat seperti berikut:
3² x 9² x 27² = 3² x (3²)² x (3³)²
                       = 3² x 3⁴ x 3⁵
                       = 3¹¹
Catatan : (aᵐ)ⁿ = aᵐˣⁿ
Jadi bentuk dari 3² x 9² x 27² ialah 3¹¹.

3. Tentukan nilai dari 4² + 4‾² ?

Baca juga : Materi Irisan Kerucut Elips (Rumus dan Contoh Soal)

Jawab.
Materi menyederhanakan bentuk pangkat kelas 9 ini dapat diselesaikan dengan cara seperti di bawah ini:
Contoh Soal Menyederhanakan Bentuk Pangkat Kelas 9

4. Tentukan bentuk sederhana dari Contoh Soal Menyederhanakan Bentuk Pangkat Kelas 9 ?

Jawab.
Contoh soal menyederhanakan bentuk pangkat ini dapat diselesaikan dengan sifat sifat di dalamnya. Adapun cara menyederhanakan bentuk pangkat tersebut yaitu diantaranya:
Contoh Soal Menyederhanakan Bentuk Pangkat Kelas 9Catatan aᵐ : aⁿ = aᵐ‾ⁿ

5. Tentukan nilai dari Contoh Soal Menyederhanakan Bentuk Pangkat Kelas 9 ?

Jawab.
Contoh Soal Menyederhanakan Bentuk Pangkat Kelas 9

Sekian contoh soal menyederhanakan bentuk pangkat kelas 9 yang dapat saya bagikan. Cara menyederhanakan bentuk pangkat dapat dilakukan menggunakan beberapa sifat di dalamnya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Baca Juga  Rumus Luas Segi (n) Beraturan Beserta Contoh Soal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.