Contoh Kalimat Efektif Kelogisan dan Kesepadanan Lengkap

Diposting pada

Contoh Kalimat Efektif Kelogisan dan Kesepadanan LengkapDalam pelajaran Bahasa Indonesia terdapat materi mengenai kalimat efektif. Kalimat efektif tersebut dapat dibagi menjadi beberapa jenis yaitu kalimat efektif kelogisan, kalimat efektif kesepadanan, dan sebagainya. Namun dalam kehidupan sehari hari banyak kita temukan mengenai contoh kalimat efektif kelogisan dan contoh kalimat efektif kesepadanan. Setiap orang pasti saling berkomunikasi dengan orang lain untuk menyampaian ide, pendapat, maupun pesan melalui sebuah kalimat.

Kalimat dibuat menjadi lebih efektif agar pesan yang disampaikan dapat dengan mudah dipahami dan diterima. Kalimat efektif ini tidak hanya diperlukan dalam bentuk lisan saja, melainkan dalam bentuk tulisan juga. Lantas bagaimana cara membuat contoh kalimat efektif kesepadanan itu? Bagaimana cara membuat contoh kalimat efektif kelogisan itu?

Contoh Kalimat Efektif Kelogisan dan Kesepadanan Lengkap
Contoh Kalimat Efektif

Kalimat efektif dalam bentuk tulisan memiliki tujuan yaitu agar karya yang disampaikan dalam bentuk tulisan dapat dengan mudah dipahami maupun dimengerti oleh pembaca. Dengan contoh kalimat efektif kelogisan dan contoh kalimat efektif kesepadanan tersebut dapat kita ambil kesimpulan bahwa kalimat efektif digunakan untuk menyampaikan gagasan maupun ide dalam bentuk lisan dan tulisan sehingga lebih mudah dipahami oleh pembaca maupun pendengar. Kali ini saya akan membagikan beberapa contoh kalimat efektif kelogisan dan contoh kalimat efektif kesepadanan lengkap. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak dibawah ini.

Contoh Kalimat Efektif Kelogisan dan Kesepadanan Lengkap

Apa itu kalimat? Kalimat merupakan rangkaian kata atau satuan bahasa berbentuk kata yang dapat menyatakan makna secara lengkap dan bisa berdiri sendiri. Kalimat tersebut dapat dibagi menjadi dua yaitu kalimat efektif dan kalimat tidak efektif. Jenis kalimat yang akan saya bahas ini bersifat efektif. Apa itu kalimat efektif?

Kalimat efektif ialah sebuah kalimat yang digunakan untuk menyampaikan gagasan pengarang dengan tepat agar mudah dipahami oleh pembaca ataupun pendengar. Apabila pengarang dapat menyampaikan gagasannya dengan tepat maka pembaca maupun pendengarnya dapat lebih mudah, lengkap dan jelas dalam memahami maksud dan pikiran dari hasil karyanya. Namun harapan seperti itu terkadang tidak sesuai dengan kenyataannya. Maka dari itu diperlukan contoh kalimat efektif kelogisan dan contoh kalimat efektif kesepadanan. Misalnya terdapat seseorang yang tidak memahami maksud dan tujuan dari hasil pengucapan maupun penulisan sesuatu hal. Agar seseorang tersebut dapat memahaminya maka diperlukan unsur unsur kalimat yang harus ada. Namun unsur unsur kalimat yang tidak diperlukan harus dihilangkan.

Baca juga : Pengertian dan Jenis Jenis Kalimat Tanya Beserta Contoh

Kalimat efektif memiliki beberapa ciri khas seperti keparalelan bentuk, kehematan kata, kepaduan gagasan, kesepadanan struktur, ketegasan makna, kelogisan bahasa dan kecermatan penalaran. Untuk lebih memahami tentang kalimat efektif ini dapat anda simak contoh kalimat efektif kelogisan dan contoh kalimat efektif kesepadanan.

Kalimat Efektif Kelogisan

Kalimat efektif kelogisan adalah kalimat yang berisi gagasan pengarang untuk disampaikan kepada pembaca atau pendengar dengan menggunakan ejaan yang berlaku. Kalimat efektif dalam kelogisan harus mudah untuk dipahami dan dimengerti. Maka dari itu diperlukan unsur unsur kalimat yang yang bersifat masuk akal atau logis. Berikut contoh kalimat efektif kelogisan :

“Bapak kepala sekolah, waktu dan tempat saya persilakan.” Kalimat ini memiliki sifat yang tidak masuk akal maupun logis karena tempat dan waktu termasuk benda mati yang tidak bisa dipersilakan. Maka dari itu kalimatnya harus diubah menjadi “Bapak kepala sekolah, saya persilakan untuk naik kemimbar ceramah.”

Adapula contoh kalimat efektif kelogisan yang lain yaitu :
1. Kepada Ketua RT, waktu dan tempat kami persilakan. (Kalimat tidak efektif)
    Kepada Ketua RT, kami persilakan untuk menyampaikan pidato. (Kalimat efektif)

2. Untuk mempercepat waktu, mari langsung saja kita selesaikan acara ini. (Kalimat tidak efektif)
    Untuk menghemat waktu, langsung saja kita mulai acara ini. (Kalimat efektif)

Kalimat Efektif Kesepadanan

Kalimat efektif kesepadanan adalah kalimat yang berisi gagasan pengarang untuk disampaikan kepada pembaca atau pendengar dengan menggunakan struktur bahasa dan kesatuan gagasan yang seimbang. Kesepadanan dalam contoh kalimat efektif kesepadanan ini ditunjukan dari gagasan yang menyatu secara kompak maupun perpaduan pikiran yang baik. Kalimat efektif kesepadanan memiliki beberapa ciri yaitu :

  • Dalam kalimatnya memiliki subjek dan predikat yang jelas. Apabila subjek dan predikatnya tidak memiliki kejelasan maka akan mengakibatkan kalimat tidak efektif. 
  • Menghindari penggunaan kata depan di, pada, dalam, sebagai, bagi, untuk, mengenai, menurut, tentang dan lain lain agar subjek dan predikatnya jelas.

Baca juga : Pengertian, Jenis Jenis dan Contoh Majas Dalam Puisi

Berikut contoh kalimat efektif kesepadanan :
Bagi semua siswa kelas XII harus membayar uang SPP bulanan. (Kalimat tidak efektif)
Semua siswa kelas XII harus membayar uang SPP bulanan. (Kalimat efektif)

Contoh kalimat efektif kesepadanan dengan subjek tunggal :

1. Penyusunan skripsi itu saya dibantu oleh para sahabat. (Kalimat tidak efektif)
    Dalam menyusun skripsi itu, saya dibantuk oleh para sahabat. (Kalimat efektif)

2. Pelajaran itu saya kurang paham. (Kalimat tidak efektif)
    Pelajaran itu bagi saya kurang paham. (Kalimat efektif)

Adapula contoh kalimat efektif kesepadanan yang lain yaitu :

1. Ibu ke pasar minggu depan. (Kalimat tidak efektif)
    Ibu pergi ke pasar minggu depan. (Kalimat efektif)

2. Ani meminum siang ini. (Kalimat tidak efektif)
    Ani meminum jus durian siang ini. (Kalimat efektif)

3. Aku melihat Rika juga melihat Tina di mall. (Kalimat tidak efektif)
    Aku dan Rika melihat Tina di mall. (Kalimat efektif)

Inilah contoh kalimat efektif kelogisan dan contoh kalimat efektif kesepadanan yang dapat saya bagikan. Ubahlah kalimat yang anda sampaikan menjadi lebih efektif agar mudah untuk dipahami. Semoga artikel ini dapat bermanfaat. Terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Baca Juga  Intisari Dari Sebuah Bacaan Disebut

1 komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.