Kumpulan Contoh Saran Makalah Yang Baik dan Benar (Terlengkap)

Diposting pada

Kumpulan Contoh Saran Makalah Yang Baik dan Benar (Terlengkap) –  Makalah merupakan laporan umum yang sering kita temukan pada skripsi maupun kegiatan kegitan tertentu. Pembuatan makalah tersebut harus disertai dengan penelitian terlebih dahulu. Dengan begitu kita dapat membuat kesimpulan dan saran yang tepat dalam laporan makalah. Pada dasarnya makalah tersusun oleh beberapa bagian. Salah satunya ialah bagian penutup yang terdiri dari kesimpulan dan saran. Kebanyakan penulis banyak yang salah dalam menulis saran dalam makalah yang mereka tulis. Lalu bagaimana contoh saran dalam makalah yang baik dan benar?

Sebenarnya penulisan saran makalah tersebut telah diatur sedemikian rupa berdasarkan panduan yang berlaku. Cara menyusunnya pun harus mengikuti format penulisan makalah sesuai standar ketetapan yang ada. Tak sedikit pekerjaan siswa harus memperoleh revisi karena format yang salah atau ada bagian yang tidak relevan.

Kumpulan Contoh Saran Dalam Makalah Yang Baik dan Benar (Terlengkap)
Contoh Saran dalam makalah.

 

Membuat saran dalam makalah tidaklah semudah kedengarannya. Mengapa demikian? selain harus memperhatikan aspek format penulisan. Kalian pun wajib menyatakan saran berdasarkan substansi dari isi serta kesimpulan makalah itu sendiri. Dengan kata lain, siswa harus benar-benar mengerti betul hasil yang didapatkan sehingga bisa membuat saran yang relevan.

Dalam penulisan saran makalah anda perlu memperhatikan pola penulisannya, maka dari itu tidak hanya memperhatikan kata katanya saja. Setiap makalah memiliki bentuk saran yang berbeda karena tergantung pada tema pembahasannya. Nah pada kesempatan kali ini saya akan membagikan beberapa kumpulan contoh saran dalam makalah yang baik dan benar terlengkap. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Kumpulan Contoh Saran Makalah Yang Baik dan Benar (Terlengkap)

Penyusunan makalah menjadi salah satu materi dasar yang mulai diajarkan pada siswa saat menginjak jenjang SMP. Selain dari penjelasan guru kita bisa mempelajari seluruh cakupan materi dari buku pedoman bahasa serta LKS. Seiring berjalannya waktu, guru akan terus mengajarkan materi secara intens sebagai bekal untuk siswa. Pasalnya ketika masuk SMA khususnya kelas 10 dan 11 kalian akan mulai disibukan dengan tugas menyusun karya ilmiah tersebut.

Pada dasarnya kesimpulan dan saran dalam makalah dijadikan sebagai rangkuman singkat yang isinya pembahasan tema dari makalah yang dikaji oleh penulis. Penutup (kesimpulan dan saran) tersebut memiliki sifat yang global atau umum. Maka dari itu hasil penulisannnya merupakan penjelasan dari apa yang telah dianalisis sebelumnya. Dibawah ini terdapat beberapa kumpulan contoh saran dalam makalah yang baik dan benar.

Baca juga: 8 Contoh Penutup Makalah Yang Baik dan Benar Terlengkap

Jika kita gali lebih dalam lagi, terdapat berbagai referensi contoh saran makalah yang baik dan benar. Kita bisa menemukan contoh penulisan saran dalam makalah tersebut di perpustakaan, tepatnya pada makalah orang lain. Dengan membaca makalah orang lain kita bisa meniru gaya penulisan saran dalam makalah tersebut. Terlebih lagi jika kita masih di jenjang pendidikan, tentunya kita diajarkan cara menulis saran maupun bagaimana tata cara penulisan dan contoh saran makalah tersebut.

Contoh Saran Makalah Singkat

BAB III
PENUTUP

1. Kesimpulan
Era Globalisasi sekarang ini banyak sekali penerapan penerapan UUD 1945 dan Pancasila dalam bidang bidang kehidupan berbangsa dan bernegara mulai dari waktu ke waktu. Perkembangan jaman inilah membuat bangsa Indonesia mengalami kemajuan dan kebaikan yang ditujukan untuk umum.

Baca juga : 8 Contoh Penutup Makalah Yang Baik dan Benar Terlengkap

Meskipun negara Indonesia tidak dapat menghindar dari jaman Globalisasi ini, namun tetap dapat menyesuaikan kehidupan masyarakat agar tetap beragama dan bermoral. Kita akan mengalami kemunduran dan sia sia dalam hidup jika pengaruh Globalisasi tidak disaring sesuai dengan kebudayaan Pancasila. Terlebih lagi menyebabkan kemunduran moral bagi masyarakatnya.

2. Saran
Menurut pendapat saya, di era Globalisasi ini bangsa Indonesia memerlukan berbagai perbaikan dalam segala bidang. Adapun bidang dasar yang cukup penting seperti sosial dan budaya, politik, hukum serta bidang ekonomii agar perubahan yang terjadi nantinya menjadi lebih baik lagi.

Kita dapat menanamkan penerapan nilai nilai UUD 1945 dan Pancasila agar bangsa Indonesia tetap maju dan ciri khas dari bangsa tersebut tetap terjaga meskipun pengaruh era Globalisasi tidak dapat dihindarkan. Saya yakin bahwa bangsa ini akan memiliki kehidupan yang lebih baik jika berpegang teguh pada pedoman yang ada, walaupun jaman dan teknologi semakin canggih.

Contoh Penulisan Saran Dalam Makalah

BAB III
PENUTUP

1. Kesimpulan
Berdasarkan data diatas, dapat saya simpulkan bahwa makalah berjudul “Kegiatan Jurnalistik Menggunakan Bahasa Baku” yaitu kegiatan jurnalistik dapat menggunakan bahasa baku yang terdiri dari beberapa bahasa, misalnya memadukan bahasa asing dengan bahasa melayu. Penggunaan bahasa ini kemudian diterapkan dalam kegiatan jurnalistik sesuai dengan penggunaannya. Selain itu adapula perbaduan Bahasa Indonesia dengan bahasa asing ataupun bahasa melayu dalam dunia jurnalistik.

2. Saran
Penulis menyadari bahwa makalah diatas banyak sekali kesalahan dan jauh dari kesempurnaan. Penulis akan memperbaiki makalah tersebut dengan berpedoman pada banyak sumber yang dapat dipertanggungjawabkan. Maka dari itu penulis mengharapkan kritik dan saran mengenai pembahasan makalah dalam kesimpulan di atas.

Contoh Saran Makalah Pengamatan

BAB III
PENUTUP

1. Kesimpulan
Berdasarkan hasil analisis mengenai Sistem Informasi Perusahaan Barang diatas, maka dapat disimpulkan bahwa:

Baca juga : Contoh Majas Anafora Dalam Puisi dan Kalimat Bahasa Indonesia

  • Perusahaan lebih terbantu dalam menyediakan informasi pengadaan dan penjualan barang melalui system informasi yang ada.
  • Perusahaan lebih mudah mendapatkan informasi pengadaan dan penjualan seperti proses penjualan, pembuatan laporan, proses pengadaan, maupun pencarian data.

2. Saran
Penulis menyarankan agar beberapa hal terkait pengembangan Perusahaan dimasa mendatang yaitu:

  • Dalam penerapan system akan lebih baik jika menambah beberapa peralatan komputer agar operasi kerja dapat berjalan dengan tepat dan cepat.
  • Pegawai operator komputer lebih baik dibimbing dan dilatih dalam penggunaan komputer yang lebih optimal.

Contoh Saran Makalah Penelitian

BAB III
PENUTUP

1. Kesimpulan
Berdasarkan data diatas dapat penulis simpulkan beberapa hal seperti:

  • Pola pikir guru dapat berubah sesuai paradigma pendidikan yang baru seperti anak harus menguasasi kompetensi yang ada (life skill), memperbanyak pengalaman belajar pada siswa dan pola guru sentris kepada siswa sentris dalam proses belajar mengajar. Maka dari itu pembelajaran dapat dilakukan lebih kontekstual.
  • Untuk menciptakan pembelajaran yang efektif dan kontekstual diperlukan guru yang profesional. Dengan begitu akan timbul alat peraga yang baik dan efektif.
  • Alat peraga berperan dalam membuat pembelajaran lebih menyenangkan, menarik, kreatif, dinamis dan aktif sehingga sangat penting.
  • Anak anak diharapkan dapat menentukan tindakan dan menerapkan informasi belajar yang proporsional dan rasional melalui alat peraga tersebut.

2. Saran
Penulis menyarankan beberapa hal terkait proses pembelajaran diatas seperti:

  • Menciptakan alat peraga sederhana agar pembelajaran dapat dilakukan dengan luas sehingga tercipta guru guru yang profesional.
  • Untuk pengembangan dan pengadaan media pendidikan (alat peraga) maka dapat mengimplementasikan eksistensi manajemen dan Gugus sekolah.
  • Penulis juga mengharapkan kkritik dan saran dalam penulisan makalah dikemudian hari.

Faktor utama dalam penulisan contoh saran dalam makalah sebenarnya sangat simpel, yakni sampaikanlah saran yang bersifat membangun dengan bahasa yang baku sopan, padat namun berisi. Demikianlah ulasan tentang beberapa kumpulan contoh saran dalam makalah yang baik dan benar terlengkap. Meskipun saran merupakan salah satu bagian dalam makalah, namun perannya sangat penting dalam makalah tersebut. Semoga artikel ini dapat bermanfaat. Terima kasih.

Baca Juga  Contoh Cerpen Singkat Romantis Tentang Cinta (Contoh, Struktur, Alur dan Tema)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.