Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia

Diposting pada

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia – Di seluruh bagian bumi ini tersebar berbagai jenis flora dan fauna. Keberagaman jenis flora dan fauna ini tersebar diseluruh wilayah didunia secara tidak merata. Namun persebaran flora dan fauna tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor yang terkait. Faktor umum dalam penyebaran flora dan fauna tersebut meliputi faktor kondisi tempat flora dan fauna ini tumbuh dan kondisi lingkungan sekitar tempat persebaran flora dan fauna tersebut. Faktor ini tergolong kedalam faktor fisik dalam pembagian flora dan fauna.

Jaman dahulu sebagian bumi hanya diselimuti oleh es dan batas permukaan laut masih dalam keadaan rendah yaitu pada jaman es, jaman glasial maupun jaman pleistosen. Hal tersebut membuat beberapa fauna dapat dengan mudah bermigrasi dari satu tempat ketempat lain karena daratan bumi masih bergabung satu sama lain. Flora dan fauna yang melakukan migrasi ini sebenarnya dapat dikelompokkan menjadi beberapa kategori.

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia
Peta Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia

Setelah jaman silih berganti terjadilah perubahan iklim yang ekstrim membuat sebagian es yang terdapat dalam belahan bumi mencair. Pengaruh iklim tersebut menyebabkan permukaan laut semakin tinggi dan meningkat sampai 200 meter. Perubahan tersebut juga mengkibatkan daratan bumi menjadi terpisah satu sama lain kemudian membuat sebagian bumi ditutupi oleh air. Persebaran flora dan fauna tersebut menjadi terganggu dibeberapa wilayah dunia termasuk negara Indonesia. Proses persebaran flora memang dipengaruhi oleh sejarah perkembangan bumi namun tidak hanya itu saja melainkan juga disebabkan oleh kondisi lingkungan seperti perubahan iklim yang terjadi diseluruh wilayah didunia. Berdasarkan penjelasan diatas, saya akan membagikan pembagian flora dan fauna serta persebaran flora dan fauna di Indonesia.

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia

Bagaimana pembagian persebaran flora di Indonesia? Bagaimana pembagian persebaran fauna di Indonesia? Flora dan fauna di Indonesia pada dasarnya memang dapat dibagi menjadi beberapa jenis sesuai dengan wilayah persebarannya. Disisi lain jenis jenis flora dan fauna ini juga memiliki perbedaan karakteristik karena setiap wilayah memiliki iklim yang tidak sama.

Seperti yang kita tahu bahwa disetiap wilayah dunia memiliki iklim yang berbeda beda. Hal tersebutlah yang dapat membedakan dalam menyebarkan jenis flora dan fauna. Persebaran flora dan fauna tertinggi terdapat di negara Indonesia. Keberagaman flora dan fauna diIndonesia ditunjang dengan iklimnya yang tropis. Pembagian flora dan fauna di Indonesia yang tinggi juga disesbabkan oleh perkembangan sejarah pada zaman pleistosen.

Baca juga: Batas Wilayah Negara Indonesia Bagian Timur, Barat, Utara, Dan Selatan

Pada zaman pleistosen negara Indonesia masih bergabung dengan beberapa benua seperti Asia maupun Australia sehingga menjadi sebuah daratan persebaran flora dan fauna. Persebaran flora dan persebaran fauna di Indonesia dibagi menjadi tiga kategori, meliputi bagian tengah atau peralihan, bagian barat atau Asiatis, dan bagian timur atau Australis. Ketiga kategori tersebut memiliki pegertian yang berbeda beda. Berikut penjelasan persebaran flora dan fauna berdasarkan kategorinya:

Persebaran Flora Di Indonesia

Pembagian Persebaranan flora di Indonesia hampir sama dengan persebaran fauna yang meliputi Asiatis, Peralihan dan Australis. Berikut penjelasan masing masing persebarannya:

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia
Pembagian Persebaran Flora di Indonesia

Persebaran Flora Bagian Barat atau Asiatis

Persebaran flora dibagian barat Indonesia ini dapat disebut persebaran flora Asiatis. Pembagian flora ini memiiki kesamaan dengan jenis flora pada umumnya. Variasi flora yang terdapat di Asiatis ini beragam karena berada pada hutan hujan tropis. Hutan ini memiliki kelembapan udara serta curah hujannya yang tinggi karena memiliki iklim hujan tropis. Diwilayah hutan hujan tropis terdapat beberapa jenis tumbuhan seperti paku, tanaman lumut, jamur, tanaman meranti, mahohi, damar dan masih banyak lagi.

Baca juga: 8 Contoh Teks Laporan Hasil Observasi pada Tumbuhan, Hewan, Alam dan Lingkungan Lengkap

Wilayah bagian barat Indonesia juga terdapat beberapa jenis hutan yaitu hutan musim, hutan bakau, serta hutan sabana tropis. Jenis jenis flora endemik juga terdapat pada bagian Asatis ini, contohnya Raflesia Arnoldii dan Bunga Bangkai.

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia
Pembagian Persebaran Flora di Indonesia Bagian Barat atau Asiatis

Persebaran Flora Bagian Tengah atau Peralihan

Flora yang terdapat dibagian tengah Indonesia ini dapat disebut flora kepulauan Wallace. Hal tersebut dikarenakan daerah ini berada di garis Wallace atau garis khayal yang membagi flora dan fauna Australis dengan flora dan fauna Asiatis. Wilayah flora peralihan ini memiliki kelembapan udara dan curah hujan yang rendah sehingga memiliki iklim yang kering. Wilayah ini didominasi oleh hutan sabana, stepa tropis maupun hutan pegunungan. Persebaran flora peralihan membuat beberapa tanaman rempah tumbuh diwilayah ini seperti cengkeh, kayu cendana, tanaman pala, kayu boni, kayu manis, dan beberapa jenis anggrek.

Persebaran Flora Bagian Timur atau Australis

Persebaran flora bagian timur ini memiliki nama lain persebaran flora australis. Wilayah Australis didominasi oleh hutan mangrove, hutan pegunungan maupun hutan hujan tropis karena memiliki iklim hujan tropis. Pembagian flora diwilayah timur Indonesia memiliki kesamaan dengan pembagian flora yang terdapat dibenua Australia, misalnya pohon rasamala maupun tanaman eucalyptus.

Persebaran Fauna Di Indonesia

Persebaran fauna di Indonesia juga dibagi menjadi tiga kategori seperti Asiatis, Australis maupun Peralihan. Dibawah ini terdapat penjelasan mengenai pembagian fauna dimasing masing wilayah :

Fauna Bagian Barat atau Asiatis

Persebaran fauna ini hampir sama dengan persebaran flora karena diwilayah bagian barat juga mempunyai tipe yang hampir sama dengan benua Asia. Persamaan tersebut menimbulkan keadaan permukaan bumi terhubung dengan benua Asia sehingga memiliki satu daratan yang sama pada zaman pleistosen. Wilayah yang tergolong bagian barat Indonesia meliputi wilayah Kalimantan, Sumatera, dan Jawa. Dalam wilayah tersebut dapat kita jumpai beberapa jenis reptil, mamalia, serangga, ikan, maupun beberapa jenis burung. Hewan endemikpun juga terdapat dalam wilayah ini seperti orang utan, badak bercula satu, tapir, siamang, ikan pesut dan sebagainya.

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia
Peta Persebaran Fauna di Indonesia

Persebaran Fauna Bagian Tengah atau Peralihan

Persebaran fauna bagian tengah ini juga terdapat diwilayah Wallace karena berada diperbatasan antara fauna Australis dengan fauna Asiatis. Bagian tengah Indonesia ini meliputi wilayah Sumatera dan sekitarnya. Wilayah peralihan ini dapat kita jumpai beberapa jenis fauna endemik contohnya anoa, komodo, babi rusa, monyet hantu/tarsius, dan burung maleo.

Persebaran Fauna Bagian Timur atau Australis

Pembagian fauna yang terdapat diwilayah Australis ini memiliki kesamaaan dengan persebaran fauna yang terdapat dibenua Australia, misalnya walaby, beberapa jenis primata, kanguru, reptil, maupun beberapa jenis burung. Persebaran fauna bagian barat ini meliputi wilayah papua dan sekitarnya. Diwilayah Australis juga dapat kita jumpai beberapa jenis hewan endemik seperti kasuari, burung cendrawasih, nuri sayap hitam, kanguru pohon mantel emas, hiu karpet berbintik maupun merak gouravictori.

Baca juga: Pembagian Persebaran Fauna Di Indonesia

Persebaran flora yang terdapat di Indonesia mencapai 25.000 jenis flora atau sebanyak 10% dari pembagian flora didunia. Sedangkan untuk persebaran fauna di Indonesia dapat mencapai lebih dari 1500 jenis burung, 500 lebih jenis mamalia, 600 jenis reptil, 100 jenis kupu kupu, dan 250 jenis amfibi. Persebaran flora dan fauna di Indonesia juga terdapat beberapa jenis flora fauna endemik. Namun jenis flora dan fauna endemik tersebut banyak pula yang hampir punah karena ulah manusia. Sebagai generasi penerus bangsa yang baik harusnya terdapat kesadaran bagi kita untuk melindungi jenis jenis flora dan fauna endemik yang masih ada.Tugas kita sebagai warga Indonesia harus melindungi dan menjaga flora dan fauna tersebut, bukan malah membuatnya semakin punah.

Demikianlah penjelasan mengenai pembagian persebaran flora dan fauna di Indonesia. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk anda. Jagalah jenis flora dan fauna yang masih ada sebelum mereka benar benar punah. Terima kasih.

Baca Juga  Urutan Proses Pembentukan Urine yang Benar Adalah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.