Pengertian Ideologi Menurut Para Ahli

Diposting pada

Pengertian Ideologi Menurut Para AhliIdeologi merupakan suatu kumpulan gagasan, ide-ide dasar, keyakinan yang bersifat sistematis dengan arah dan tujuan yang hendak dicapai dalam kehidupan nasional suatu bangsa dan negara. Ideologi berasal dari kata Idea dalam bahasa Inggris yang berarti gagasan, pengertian, cita-cita, atau konsep, dan Logi yang berasal dari bahasa Yunani Logos yang berarti ilmu atau pengetahuan.

Apa fungsi ideologi? Ideologi bagi sebuah bangsa secara umum berfungsi untuk pedoman atau dasar dalam menggapai cita cita yang menjadi dasar sebuah sistem kenegaraan atau cita cita negara untuk semua bangsa dan rakyat yang bersangkutan. Hal ini dikarenakan ideologi dijadikan sebagai alat untuk menggapai kesejahteraan dan kesetaraan bersama dalam masyarakat.

Pengertian Ideologi Menurut Para Ahli
Pengertian Ideologi Menurut Ahli

Secara harfiah, Ideologi adalah pengetahuan tentang gagasan-gagasan, ide-ide, atau ajaran tentang pengertian-pengertian dasar. Untuk menambah wawasan kita semua, bahasan artikel kali ini tentang pengertian ideologi menurut para ahli.

Pengertian Ideologi Menurut Para Ahli

Ideologi secara etimologi berasal dari bahasa Yunani yaitu kata “idea” yang maknanya cita cita, konsep atau gagasan dan kata “logos” yang maknanya pemikiran. Maka dari itu ideologi secara etimologi adalah ilmu yang berkaitan dengan kajian tentang hakikat gagasan atau ide dan asal usul.  Kemudian adapula definisi ideologi yaitu gagasan yang diyakini kebenarannya dan disusun secara sistematis demi mewujudkannya dalam kehidupan. 

Apakah anda tahu contoh ideologi itu? Contoh dari ideologi ini dapat berupa ideologi kapitalisme, sosialisme dan liberalisme. Dibalik adanya ideologi ini memiliki tujuan utama yaitu menawarkan perubahan dengan proses pemikiran yang normatif. 

Setelah menjelaskan tentang pengertian ideologi secara umum ini. Selanjutnya saya akan membahas tentang definisi ideologi menurut para ahli. Berikut penjelasan selengkapnya:

Dr. Alfian
Ideologi adalah suatu pandangan atau sistem nilai yang menyeluruh serta mendalam tentang bagaimana cara yang sebaiknya, yaitu secara moral dianggap benar dan adil, guna mengatur tingkah laku bersama dari berbagai segi kehidupan.

Ali Syariati
Ideologi adalah keyakinan-keyakinan serta gagasan yang ditaati oleh suatu kelompok kelas sosial, suatu bangsa, atau suatu ras tertentu.

Gunawan Setiardjo
Ideologi adalah kumpulan ide, gagasan, atau kaidah yang melahirkan aturan-aturan dalam kehidupan.

M.Sastra Prateja
Ideologi adalah perangkat gagasan atau pemikiran yang berorientasi pada tindakan yang terorganisir menjadi satu sistem yang teratur.

Murdiono
Ideologi adalah kompleks pengetahuan dan nilai yang keseluruhan menjadi landasan bagi seseorang atau masyarakat agar memahami jadag raya dan bumi seisinya serta menentukan sikap dasar untuk mengelolanya.

Soerjanto Poespowardoyo
Ideologi adalah kompleks pengetahuan serta macam-macam nilai yang secara universal menjadi landasan bagi seseorang atau masyarakat untuk dapat memahami jagad raya serta bumi seisinya dan juga menentukan sikap dasar untuk dapat mengolahnya.

Dr. Hafidh Shaleh
Ideoloi adalah sebuah pemikiran yang mempunyai ide dan metode berupa konsep rasional yang meliputi akidah dan solusi atau seluruh masalah kehidupan manusia.

Kirdi Dipoyuda
Ideologi adalah suatu kesatuan gagasan dasar yang sistematis dan menyeluruh tentang manusia dan kehidupannya baik individual maupun sosial, termasuk kehidupan bernegara.

Muhammad Ismail
Ideologi adalah pemikiran mendasar yang sama sekali tidak dibangun di atas pemikiran-pemikiran yang lain, melainkan akumulasi jawaban atas pertanyaan dari mana, untuk apa, dan mau kemana alam manusia dan kehidupan ini dihubungkan dengan asal muasal penciptaannya dan kehidupan setelahnya.

Baca Juga  9 Contoh Paragraf Persuasi Singkat dan Penjelasannya

Silvio Vietta
Ideologi adalah bentuk perlindungan kumpulan ide terhadap tingkah politik yang tidak rasional yang bertindak dalam wujud idealisme.

Nicollo Machiavelli
Ideologi adalah pengetahuan mengenai cara menyembunyikan kepentingan, mendapatkan, serta mempertahankan kekuasaan dengan memanfaatkan konsepsi-konsepsi keagamaan dan tipu daya.

Karl Marx
Ideologi adalah kesadaran palsu, karena ideologi adalah suatu hasil pemikiran yang diciptakan oleh pemikirnya yang ditentukan oleh kepentingannya.

Frans Magnis Suseno
Ideologi adalah keseluruhan sistem berpikir dan sikap dasar rohaniah sebuah gerakan, kelompok sosial, atau individu.

Louis Althuser
Ideologi adalah suatu gagasan yang spekulatif, namun bukan gagasan palsu, karena bukan dimaksudkan untuk menggambarkan suatu realitas melainkan untuk dapat memberikan gambaran mengenai bagaimana semestinya manusia itu dapat menjalani hidupnya.

Harold H. Titus
Ideologi adalah suatu istilah yang dipergunakan untuk sekelompok cita-cita mengenai berbagai macam masalah politik dan ekonomi yang dilaksanakan dalam suatu rencana sistematis dan dijalankan oleh kelompok atau lapisan masyarakat.

Antonine Destut de Tracy
Ideologi adalah ilmu mengenai gagasan atau ilmu tentang ide-ide yang sesuai dengan realita dan sejalan dengan akal budi bukan khayalan atau gagasan palsu.

Karl Maanheim
Ideologi adalah sistem pemikiran yang berguna dalam mempertahankan orde sosial tertentu.

Machiavelli
Ideologi adalah sistem perlindungan kekuasaan yang dimiliki oleh penguasa.

Francis Bacon
Ideologi adalah sintesa pemikiran mendasar dari suatu konsep hidup. Maksud dari sintesa adalah paduan berbagai pengertian agar semuanya menjadi selaras.

Descartes
Ideologi adalah inti dari semua pemikiran manusia.

Thomas H
Ideologi adalah suatu cara untuk melindungi kekuasaan pemerintah agar dapat bertahan dan mengatur rakyatnya.

W. White
Ideologi adalah cita-cita politik atau doktrin dari suatu lapisan masyarakat atau sekelompok manusia yang dapat dibeda-bedakan.

Napoleon
Ideologi adalah keseluruhan pemikiran politik serta juga rival-rivalnya.

C.C. Rodee
Ideologi adalah sekumpulan gagasan yang secara logis berkaitan dan mengidentifikasikan nilai-nilai yang memberi keabsahan bagi institusi dan pelakunya.

A.S. Hornby
Ideologi adalah seperangkat gagasan yang membentuk landasan teori ekonomi dan politik yang dipegang oleh seseorang atau sekelompok orang.

Manfred Steger dan Paul James
Manfred Steger dan Paul James memiliki 2 pengertian ideologi, yaitu:

  1. Ideologi adalah sekelompok ide dan konsep yang normatif yang memiliki pola, yang merupakan representasi dari kekuatan politik yang ada.
  2. Ideologi adalah peta konsep yang membantu masyarakat dalam mengarahkan kompleksnya kehidupan berpolitik dan keyakinan akan kebenaran sosial.

Nah, itulah beberapa pengertian Ideologi menurut para ahli. Mungkin hanya ini yang dapat saya tulis pada kesempatan kali ini. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua. Terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.