Pengertian Masyarakat Menurut Para Ahli Beserta Ciri-Cirinya

Diposting pada

Pengertian Masyarakat Menurut Para Ahli Beserta Ciri-Cirinya Istilah masyarakat mungkin sudah tidak familiar lagi untuk kita. Lalu apa pengertian masyarakat itu? Bagaimana karakteristik masyarakat tersebut? Kata masyarakat secara etimologi dalam bahasa Arab berarti “Musyarak” yang maknanya interaksi atau hubungan. Maka dari itu ada yang mengartikan masyarakat sebagai sekelompok manusia yang saling berinteraksi satu sama lain dengan cara teratur dan hidup bersama sama. Masyarakat sendiri dibentuk dari penggunaan hasrat, perasaan dan pikiran manusia untuk melakukan reaksi terhadap lingkungannya. Hal ini membuktikan bahwa manusia ditakdirkan untuk hidup bersama sama dan saling membutuhkan satu sama lain.

Pengertian Masyarakat Beserta Karakteristiknya (Terperinci)
Pengertian masyarakat dan ciri ciri masyarakat secara terperinci

Arti masyarakat juga dapat berasal dari Bahasa Inggris yang berarti “Society”. Adapula arti masyarakat menurut bahasa Latin yaitu “Societas” maknanya kawan. Masyarakat sering didefinisikan sebagai sekelompok individu yang menjalankan hidupnya secara bersama sama. Didalamnya juga terdapat kerja sama dalam mencapai kepentingan bersama sesuai dengan adat istiadat, tatanan hidup dan norma yang berlaku dalam lingkungan masyarakat tersebut. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang pengertian masyarakat dan karakteristik masyarakat terperinci. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Pengertian Masyarakat Menurut Para Ahli Beserta Ciri-Cirinya

Apa yang dimaksud masyarakat itu? Masyarakat tersebut mungkin selalu dikaitkan dengan adanya sekelompok orang. Namun definisi masyarakat dapat berupa pengertian secara umum maupun menurut para ahli. Pada pembahasan kali ini saya akan menjelaskan tentang makna masyarakat beserta karakteristik masyarakat.

Pengertian masyarakat dapat dibagi menjadi beberapa definisi yaitu pengertian secara luas dan pengertian secara sempit. Namun definisi dari masyarakat tersebut juga dikemukakan oleh beberapa ahli. Selain itu tidak ketinggalan dengan karakteristik masyarakat yang terdapat didalamnya. Berikut ulasan selengkapnya:

Pengertian Masyarakat

Seperti yang telah saya jelaskan di atas bahwa definisi masyarakat dapat dibagi menjadi dua yaitu pengertian secara luas dan pengertian secara sempit. Pengertian masyarakat secara luas ialah hubungan bersama dalam kehidupan secara keseluruhan tanpa dibatasi oleh bangsa, lingkungan dan lain sebagainya. Sedangkan pengertian dalam arti sempit, masyarakat ialah sekumpulan individu yang dibatasi oleh teritorial, golongan, bangsa dan sebagainya. Masyarakat juga dapat diartikan sebagai sekelompok orang yang mempunyai tujuan yang sama secara terorganisasi.

Baca juga : Kekuatan Politik Militer Era Orde Baru di Indonesia

Makna masyarakat secara sederhana ialah sekelompok manusia yang saling bergaul dan berinteraksi demi mencapai kepentingan yang sama. Masyarakat tersebut dapat terbentuk karena adanya keinginan, perasaan dan pikiran sehingga memiliki reaksi terhadap lingkungannya. Selain pengertian pengertian di atas, adapula pengertian masyarakat menurut para ahli. Berikut pengertian menurut beberapa ahli yaitu:

Paul B. Harton
Pengertian masyarakat menurut Paul B. Harton ialah sekelompok manusia yang tinggal dalam wilayah tertentu, hidup dengan mandiri, sebagian besar melakukan kegiatan dengan kelompok tersebut, sekelompok orang yang hidup bersama sama dalam kurun waktu yang lama, dan mempunyai kesamaan budaya (kebudayaan).

Abdul Syani
Pengertian masyarakat menurut Abdul Syani ialah saling mempengaruhi, bersama, berkumpul, saling berhubungan dan hidup bersama.

Robert P dan Richard T. Schaefer
Pengertian masyarakat menurut Robert P dan Richard T. Schaefer ialah sekelompok orang yang jumlahnya besar memiliki wilayah tepat tinggal yang sama, kebudayaan yang sama dan cukup independen dari orang orang luar.

Soerjono Soekanto
Pengertian masyarakat menurut Soerjono Soekanto ialah proses hubungan sosial yang dapat terjadi melalui dua syarat seperti komunikasi dan kontak sosial.

John J. Macionis
Pengertian masyarakat menurut John J. Macionis ialah interaksi yang terjadi diantara sekelompok orang dalam suatu wilayah tertentu dengan persamaan budaya.

Baca juga : Pengertian Akulturasi, Sinkretisme, Milenarisme dan Adaptasi Lengkap

Gillin
Pengertian masyarakat menurut Gillin ialah sekumpulan manusia yang memiliki persatuan perasaan, sikap dan tradisi kebiasaan yang terikat secara bersama sama.

Harton Haunt
Pengertian masyarakat menurut Harton Haunt ialah masyarakat yang saling berorganisasi dan berhubungan satu sama lain.

Selo Sumardjan
Pengertian masyarakat menurut Selo Sumardjan ialah orang orang yang dapat menciptakan kebudayaan dan saling hidup bersama.

Ciri-Ciri Masyarakat

Secara garis besar masyarakat dapat kita artikan sebagai sekumpulan individu yang memutuskan untuk hidup dalam satu lingkungan yang sama. Selanjutnya para anggota tersebut membaur dan menciptakan budaya hidup baru tanpa adanya konflik ataupun perselisihan. Meski pernyataan terkait pengertian masyarakat menurut para ahli sudah tertulis rapi di buku pedoman sosiologi. Tapi ternyata muncul masalah baru dimana siswa tak bisa mengidentifikasi seperti apa karakteristik masyarakat itu sendiri.

padahal, karakteristik ini digunakan sebagai ciri khas dalam lingkup pengertian masyarakat yang sebenarnya. Berikut beberapa karakteristik dalam masyarakat yaitu:

  1. Mempunyai wilayah tertentu.
  2. Dapat menghindari dan menghadapi musuh dengan cara kolektif atau bersama sama.
  3. Tercipta adanya diskriminasi yang bukan warga masyarakat dan warga masyarakat.
  4. Setiap anggota masyarakat dapat beraktivitas dan bereproduksi.

Sekian penjelasan mengenai pengertian masyarakat dan karakteristik masyarakat secara terperinci. Definisi masyarakat dapat diartikan secara luas, sempit ataupun menurut pendapat beberapa ahli. Semoga artikel ini dapat bermanfaat. Terima kasih.

Baca Juga  Letak Astronomis dan Letak Geografis Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.