Pengertian Organisasi Resmi dan Tidak Resmi Beserta Contohnya

Diposting pada

Pengertian Organisasi Resmi dan Tidak Resmi Beserta ContohnyaOrganisasi adalah sebuah kumpulan dari dua orang atau lebih yang memiliki struktur di dalamnya. Organisasi dibentuk untuk mencapai tujuan bersama dari seluruh anggota. Dalam sebuah organisasi, struktur dan pemimpin diperlukan untuk mengatur organisasi agar tujuan yang diinginkan bisa dicapai. Setiap struktur organisasi memiliki tugas masing-masing namun tetap bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama.

Organisasi tersebut pada dasarnya dapat dibagi menjadi dua kategori yaitu organisasi resmi maupun organisasi tidak resmi. Apa yang dimaksud organisasi resmi? Apa yang dimaksud organisasi tidak resmi? Apa contoh organisasi resmi? Apa contoh organisasi tidak resmi?

Pengertian Organisasi Resmi dan Tidak Resmi Beserta Contohnya
Organisasi Resmi dan Tidak Resmi

Nah, setelah mengetahui sedikit tentang organisasi, kurang lengkap rasanya jika tidak membahas tentang organisasi resmi dan organisasi tidak resmi. Pada kesempatan kali ini bahasan artikelnya adalah pengertian organisasi resmi dan tidak resmi.

Pengertian Organisasi Resmi dan Tidak Resmi Beserta Contohnya

Apa itu organisasi? Organisasi secara umum dapat diartikan sebagai tempat orang bekerja sama yang dikumpulkan secara sistematis dan rasional sehingga dapat mencapai tujuan tertentu dengan terkendali atau terpimpin menggunakan sumber daya yang terdapat di dalamnnya. 

Disisi lain organisasi secara umum bertujuan untuk merealisasikan atau mencapai cita cita dan keinginan bersama bagi setiap anggota serta memperoleh penghasilan dan keuntungan bersama. Kemudian adapula fungsi organisasi yaitu memberikan aturan dan arahan, meningkatkan kemampuan dan skill anggota organisasi, upaya memperoleh dukungan dan sumber daya dari lingkungan serta memberikan pengetahuan.

Organisasi sendiri dapat bersifat resmi maupun tidak resmi. Berdirinya organisasi resmi didasarkan pada peraturan yang benar, dimana masing masing anggota memiliki tanggung jawab, wewenang dan pertanggungjabawan secara jelas. Kemudian dibentuknya organisasi tidak resmi dilakukan secara spontan karena munculnya organisasi ini tidak membutuhkan peraturan.

Baca Juga  4 Contoh Teks Anekdot Tentang Pendidikan

Organisasi Resmi

Pengertian Organisasi resmi adalah organisasi yang telah terdaftar di lembaga pemerintah atau memang dibentuk oleh pemerintah. Pada intinya, organisasi yang dibuat oleh pemerintah ataupun bukan, jika ada keterkaitan dengan dengan pemerintah dan benar-benar sudah terdaftar di lembaga pemerintah, disebut dengan organisasi resmi.

Adapun contoh-contoh dari organisasi resmi adalah sebagai berikut:

  1. PSSI (Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia)
  2. PMI (Palang Merah Indonesia)
  3. IPSI (Ikatan Pencak Silat Seluruh Indonesia)

Organisasi Tidak Resmi

Kemudian pengertian organisasi tidak resmi adalah organisasi yang tidak dibuat dan tidak terdaftar di lembaga pemerintah. Organisasi tidak resmi dibentuk tanpa adanya surat terdaftar pemerintah, jadi dinamakan sebagai organisasi tidak resmi. Walaupun tidak resmi, organisasi ini sah-sah saja dibentuk asal tidak menyalahi dan menyimpang dari atruan negara.

Adapun contoh-contoh dari organisasi tidak resmi adalah sebagai berikut:
  1. Klub pecinta burung
  2. Klub olahraga desa atau sekolahan
  3. Klub motor

Nah, itulah sedikit pembahasan mengenai pengertian organisasi dan organisasi tidak resmi. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan kita semua. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.