18 Perbedaan Negara Maju dan Negara Berkembang Lengkap

Diposting pada

18 Perbedaan Negara Maju dan Negara Berkembang Lengkap – Setiap negara memiliki status berbeda yang dipengaruhi oleh beberapa faktor. Misalnya latar belakang sejarah, tingkat pendapatan/utang, kualitas SDM, hingga laju pertumbuhannya sekalipun. Dari parameter itulah kita bisa menilai apakah suatu negara termasuk maju atau masih berkembang.

Apa perbedaan negara maju dan berkembang? inilah pertanyaan yang sering terngiang di benak siswa. Padahal jika membicarakan perbedaan menurut saya pribadi cukup signifikan bahkan kita bisa melihatnya secara kasat mata. Misalnya kesenjangan yang terjadi antara Indonesia dan amerika yang notabenya dapat kalian amati hampir di semua aspek. Mulai dari tingkat pendapatan, alutsista, penggunaan teknologi, pembangunan, dan lain sebagainya.

18 Perbedaan Negara Maju dan Negara Berkembang Lengkap
Perbedaan Negara Maju dan Berkembang

Salah satu kriteria negara maju ialah tingkat perekonomian negaranya tergolong tinggi. Sedangkan untuk negara berkembang memilii perekonomian yang tergolong rendah. Bahkan perkembangan sebuah negara tersebut juga dipengaruhi oleh tingkat kesejahteraan dari rakyat negara itu sendiri. Nah pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang perbedaan negara maju dan negara berkembang lengkap. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

18 Perbedaan Negara Maju dan Negara Berkembang Lengkap

Negara maju ialah julukan yang diberikan kepada sebuah negara yang mempunyai kriteria hidup tinggi, sistem perekonomian yang merata serta teknologinya canggih. Misalnya negara Inggris, Amerika Serikat, Australia, Belanda, Jepang dan lain sebagainya. Negara yang tergolong maju biasanya berasal dari anggota Uni Eropa, namun adapula negara bukan anggota Uni Eropa yang termasuk negara maju. Berdasarkan pengertian tersebut, kita dapat mengambil beberapa perbedaan negara maju dan negara berkembang.

Baca juga : Kebijakan Politik Pintu Terbuka Dalam Pemerintahan Hindia Belanda

Kemudian negara berkembang merupakan julukan yang diberikan kepada sebuah negara yang kriteria hidupnya rata bahkan rendah. Negara berkembang memiliki infrastruktur yang terbelakang serta pendapatan penduduknya tergolong rendah. Misalnya negara India, Filipina, Indonesia, Thailand, Laos, dan lain sebagainya.

Negara yang dikatakan maju biasanya sudah berhasil melaksanakan pembangunan secara merata pada semua wilayahnya. sedangkan untuk negara berkembang masih belum memaksimalkan pemerataan pembangunan di setiap aspek. Beberapa siswa pun akhirnya bertanya-tanya apa saja perbedaan negara maju dan berkembang? Untuk menjawabnya kita perlu melakukan analisa terlebih dulu. Pada artikel kali ini saya ingin membahas lebih dalam tentang perbedaan tersebut lebih jelas.

Perbedaan Tingkat Pendapatan Negaranya

Perbedaan negara maju dan negara berkembang yang pertama terletak pada tingkat pendapatan negaranya. Pendapatan negara tersebut dapat disebabkan oleh beberapa faktor seperti jumlah penduduk, tingkat pendapatan perkapita maupun luas wilayah negara tersebut. Negara yang dikatakan berkembang berjumlah 144 negara. Kemudian 95 negara diantaranya memiliki jumlah penduduk 15 juta dan sisanya sebanyak kurang dari 5 juta penduduk. 

Perbedaan negara maju dan negara berkembang dalam hal tingkap pendapatan negara itu sendiri memang dipengaruhi oleh jumlah penduduknya. Semakin banyak penduduknya maka semakin banyak pembangunan yang harus dilakukan. Kualitas penduduk yang semakin baik akan mempengaruhi tingkat pembangunannya dan begitu pula sebaliknya. Pendapatan perkapita pada negara berkembang cenderung rendah, sedangkan pada negara maju cenderung lebih tinggi. Pendapatan perkapita pada negara berkembang sekitar $876 sampai $3.465, namun untuk kategori negara berkembang menengah memiliki pendapatan perkapita sekitar $3.466 hingga $10,275. Sedangkan pendapatan perkapita negara maju lebih dari $10.726.

Perbedaan Sumber Daya Manusia dan Sumber Daya Alam

Perbedaan negara maju dan negara berkembang selanjutnya terletak pada sumber daya manusia (SDM) dan sumber daya alamnya (SDA). Kedua hal ini berpengaruh terhadap ekonomi negara itu sendiri. Sebuah negara yang memiliki perekonomian tinggi biasanya memiliki potensi alam yang kaya dan bagus. Namun juga diimbangi dengan kualitas manusia yang baik pula.

Baca juga : Kebudayaan Proto Melayu dan Deutro Melayu Beserta Proses Kedatangannya

Perbedaan Latar Belakang Sejarah

Apa perbedaan negara maju dan berkembang? inilah pertanyaan yang sering terngiang di benak siswa. Meski guru sudah membahasnya dalam berbagai kesempatan tapi faktanya masih ada pula siswa yang masih belum memahaminya.

Tanpa kita sadari, latar belakang sejarah suatu negara juga bisa membedakan statusnya. Negara berkembang yang terletak di benua Afrika maupun Asia kebanyakan pernah dijajah oleh kolonial Eropa Barat. Akibat penjajahan tersebut membuat struktur pendidikan, perekonomian, lembaga sosial dan semacamnya sesuai dengan negara yang menjajah dulu.

Perbedaan Tingkat Pendidikan

Perbedaan negara maju dan negara berkembang selanjutnya terletak pada tingkat pendidikannya. Kebanyakan warga negara maju dapat menulis dan membaca karena tingkat pendidikannya tinggi. Bahkan pihak pemerintah negara maju menjamin pendidikan dasar gratis untuk semua rakyatnya.

Sedangkan negara berkembang mempunyai tingkat pendidikan yang rendah. Pendidikan yang masih rendah ini dapat dipengaruh oleh fasilitas pendidikan yang kurang memadai, pendidikan dikalangan rakyat kurang merata, dan tidak adanya jaminan pendidikan dasar gratis. 

Perbedaan Laju Pertumbuhan

Perbedaan negara maju dan negara berkembang selanjutnya terletak pada laju pertumbuhannya. Laju pertumbuhan pada negara maju lebih rendah dibandingkan negara berkembang. Hal ini dapat dilihat pada angka kematian dan angka kelahiran pada negara maju.

Pada umumnya negara maju memiliki masyarakat yang sadar akan sistem keluarga berencanan yang lebih tinggi dibandingkan negara berkembang. Hal ini dikarenakan masyarakat negara berkembang masih memiliki keyakinan bahwa semakin banyak mempunyai anak maka rezekinya akan semakin banyak pula.

Perbedaan Kegiatan Perekonomian

Perbedaan negara maju dan negara berkembang selanjutnya terletak pada kegiatan perekonomiannya. Untuk negara maju memiliki kegiatan perekonomian yang berkaitan dengan bidang jasa maupun industri. Sedangkan negara berkembang mempunyai kegiatan perekonomian dalam bidang perikanan, pertanian, pertambangan maupun kehutanan. Negara berkembang tidak melakukan kegiatan perekonomian dalam bidang jasa dan industri karena teknologinya terbatas.

Perbedaan Tingkat Pengangguran

Perbedaan negara maju dan berkembang juga dapat kalian lihat pada tingkat pengangguran penduduknya. Tingkat pengangguran pada negara maju tergolong rendah karena adanya peralihan tenaga kerja. Sedangkan untuk negara berkembang memiliki tingkat pengangguran yang tinggi.

Perbedaan Tingkat Kesehatan

Perbedaan negara maju dan negara berkembang selanjutnya terletak pada tingkat kesehatan penduduknya. Tingkat kesehatan pada negara berkembang tergolong rendah. Hal ini dikarenakan pendapatan/penghasilan rakyatnya juga rendah.

Sedangkan negara maju memiliki tingkat kesehatan yang tinggi karena pengasilannya juga tinggi. Selain itu tingkat kesehatan negara maju dan berkembang juga dipengaruhi oleh harapan hidup peduduknya. Harapan hidup penduduk negara maju biasanya diatas usia 70 tahun, sedangkan untuk negara berkembang hanya sampai 52 tahun saja.

Baca juga : Keadaan Iklim Indonesia Beserta Unsur dan Ciri Cirinya

Perbedaan Pemerataan Pendapatan

Perbedaan negara maju dan negara berkembang selanjutnya terletak pada pemerataan pendapatannya. Negara maju memiliki pemerataan pendapatan dengan bantuan distribusi penghasilan yang merata. Maka dari itu masyarakat negara maju tidak terlalu jelas dalam hal perbedaan orang kaya dan miskin. Sedangkan untuk negara berkembang memiliki tingkat pemerataan pendapatan yang berbeda. Maka dari itu kesenjangan antara orang kaya dan miskin terlihat jelas.

Perbedaan Tingkat Kemiskinan

Perbedaan negara maju dan negara berkembang selanjutnya terletak pada tingkat kemiskinan penduduknya. Dalam hal ini sangat dipengaruh oleh tingkat kesenjangan dalam distribusi pendapatan dengan tingkat pendapatan nasionalnya. Apabila distribusi pendapatan sebuah negara merata maka tingkat kemiskinannya akan rendah. Namun jika distribusi pendapatannya sudah tidak merata, maka tingkat kemiskinannya akan tinggi.

Perbedaan negara maju dan negara berkembang tidak hanya itu saja. Melainkan masih ada lagi beberapa perbedaan antara negara maju dengan negara berkembang. Berikut beberapa perbedaan lainnya:

  • Pertanian negara berkembang digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup rakyatnya, sedangkan hasil pertanian negara maju diekspor dan dijual ke negara lain.
  • Tingkat ketergantungan alam.
  • Intensitas Mobilitas.
  • Sikap penduduknya yang mandiri.
  • Perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan.
  • Beban tanggungan penduduk bagi setiap rakyat.
  • Angka kematian dan kelahirannya.
  • Harapan hidup.
  • Tingkat Kriminalitas.

Demikianlah penjelasan tentang perbedaan negara maju dan negara berkembang. Sebagai generasi muda sekarang, diharapkan memiliki tingkat kemauan akan pendidikan yang tinggi. Dengan pendidikan tinggi tersebut akan mempengaruhi pembangunan negaranya agar lebih baik lagi. Semoga artikel ini dapat bermanfaat. Terima kasih.

Baca Juga  Kekuatan Politik Militer Era Orde Baru di Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.