Pengertian dan Jenis Besaran Pokok dan Besaran Turunan

Diposting pada

Pengertian dan Jenis Besaran Pokok dan Besaran Turunan Dalam pelajaran Fisika terdapat materi mengenai besaran. Besaran tersebut diukur menggunakan perbandingan besar dengan suatu standar. Misalnya mengukur besar panjang dari sebuah meja, kemudian memperoleh hasil panjang sebesar 5 jengkal. Dengan begitu anda membandingkan besar panjang meja dengan panjang jengkal yang diperoleh tadi. Dengan kata lain jengkal tadi merupakan standarnya. Besaran dalam fisika dibagi menjadi dua yaitu besaran pokok dan besaran turunan.

Apa perbedaan besaran pokok dan besaran turunan? Besaran dasar atau besaran pokok merupakan besaran yang satuannya sudah ditetapkan atau didefinisikan terlebih dahulu dan tidak disesuaikan dengan satuan SI (Sistem Internasional) lainnya. Sedangkan besaran turunan merupakan besaran yang satuannya dijabarkan atau diturunkan berdasarkan satuan pokoknya.

Besaran ialah sesuatu yang bisa diukur maupun dihitung, kemudian memiliki nilai yang ditunjukkan dalam bentuk satuan atau angka. Misalnya panjang, kecepatan, massa, dan sebagainya. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai besaran pokok dan besaran turunan. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak dibawah ini.

Pengertian dan Jenis Besaran Pokok dan Besaran Turunan

Seperti yang telah kita tahu bahwa besaran Fisika merupakan sifat Fisika yang terdapat dalam sebuah sistem atau materi yang bisa dihitung dan diukur dengan instrumen pengukuran. Besaran Fisika ini secara sederhana bisa dinyatakan dalam bentuk kombinasi dari satuan dan nilai numerik hasil pengukuran.

Besaran pada umumnya sering dikaitkan dengan adanya satuan. Besaran digunakan untuk mencari sesuatu yang bisa diukur. Misalnya waktu, suhu, panjang dan lain sebagainya. Sedangkan satuan berfungsi untuk membandingkan hasil ukuran besaran. Misalnya kilometer, menit, jam dan lain lain.

Besaran dalam fisika secara umum dapat dibagi menjadi dua yaitu besaran pokok dan besaran turunan. Setiap besaran menggunakan satuan yang berbeda beda, contohnya waktu memiliki satuan second (s) dan lain lain. Berikut penjelasan mengenai besaran pokok dan besaran turunan berdasarkan nilai satuannya :

Baca juga : Pengertian, Klasifikasi, Struktur dan Sifat Polimer

Besaran Pokok

Besaran pokok ialah jenis besaran yang satuannya telah ditetapkan oleh para fisikawan terdahulu. Jadi besaran ini menggunakan satuan dari kesepakatan para tokoh fisikawan. Besaran pokok dapat dibagi menjadi tujuh kategori. Dibawah ini terdapat tabel jenis jenis besaran pokok beserta penjelasannya:

Pengertian dan Jenis Besaran Pokok dan Besaran Turunan
Jenis Jenis Besaran Pokok

Besaran Turunan

Besaran turunan ialah jenis besaraan yang memiliki nilai satuan berdasarkan susunan dari turunan besaran pokok. Besaran turunan memiliki kategori yang cukup banyak. Di bawah ini terdapat beberapa contoh dari besaran turunan.

Jenis Jenis Besaran Pokok
Jenis Jenis Besaran Turunan

Berdasarkan contoh besaran turunan diatas dapat kita peroleh beberapa kesimpulan yaitu:

Baca juga : Pengertian, Fungsi dan Bunyi Hukum Kepler I,II, dan III

  1. Luas merupakan turunan besaran pokok berupa panjang. Hal tersebut dikarenakan besar luas berasal dari panjang kali panjang.
  2. Kecepatan merupakan turunan besaran pokok berupa waktu dan panjang. Hal tersebut dikarenakan besar kecepatan berasal dari panjang (jarak) di bagi waktu.
  3. Percepatan merupakan turunan besaran pokok berupa waktu dan panjang. Hal tersebut dikarenakan besar percepatan berasal dari panjang (jarak) di bagi waktu pangkat dua.
  4. Massa merupakan turunan besaran pokok berupa panjang dan massa. Hal tersebut dikarenakan besar massa berasal dari massa di bagi volume (panjang pangkat tiga).
  5. Gaya merupakan turunan besaran pokok berupa waktu, massa dan panjang. Hal tersebut dikarenakan besar gaya berasal dari massa kali (panjang dibagi waktu pangkat dua).
  6. Tekanan merupakan turunan besaran pokok berupa waktu, massa dan panjang. Hal tersebut dikarenakan besar gaya berasal dari massa dibagi (massa dikali waktu pangkat dua).

Besaran pokok dengan besaran turunan dapat disusun menjadi sebuah dimensi. Besaran pokok memiliki peran dimensi yang cukup besar. Berikut tabel dimensi yang disusun oleh besaran pokok dan besaran turunan.

Pengertian dan Jenis Besaran Pokok dan Besaran Turunan
Dimensi Besaran Pokok

Misalnya saja dimensi kecepatan (V) ialah pembagian dari perpindahan (s) dengan waktu (t). Dimensi ini dapat diperoleh hasilnya dengan menggunakan rumus di bawah ini:

Pengertian dan Jenis Besaran Pokok dan Besaran Turunan
Rumus Dimensi Kecepatan

Adapula contoh dimensi percepatan (a) ialah pembagian dari kecepatan (V) dengan waktu (t). Dimensi ini dapat diperoleh hasilnya dengan menggunakan rumus di bawah ini:

Pengertian dan Jenis Besaran Pokok dan Besaran Turunan
Rumus Dimensi Percepatan

Demikianlah penjelasan mengenai besaran pokok dan besaran turunan. Besaran ini memang dapat dinyatakan dalam bentuk besaran turunan dan pokok. Semoga artikel ini dapat bermanfaat. Terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Baca Juga  Pengertian Gaya Gravitasi dan Gaya Berat Beserta Contoh

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.