Pengertian IP Address dan Fungsinya

Diposting pada

Pengertian IP Address dan FungsinyaHalo teman-teman TKJ Indonesia dimanapun Anda berada. Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan sebuah artikel mengenai pengertian dan fungsi dari IP Address. Mungkin bagi siswa TKJ kelas XI dan XII sudah tahu semua mengenai materi ini. Namun mungkin juga untuk siswa TKJ kelas X yang baru saja masuk, belum tahu akan materi ini. Oleh karena itu saya sengaja membuat artikel ini untuk memberikan penjelasan kepada Anda semua dan juga untuk melakukan backup materi agar sewaktu-waktu ketika saya ingin membuka kembali materi ini tinggal membuka blog saya.

Pengertian IP Address dan Fungsinya
Definisi IP Address

Alamat IP setiap komputer bersifat unik, maksudnya adalah setiap komputer memiliki alamat IP yang berbeda-beda. Tidak mungkin ada dua komputer dengan IP Address yang sama. IP Address juga bisa diartikan sebagai identitas yang diberikan kepada suatu alat seperti komputer, router, atau printer pada suatu jaringan yang menggunakan Internet Protocol sebagai alat komunikasi.

Pengertian IP Address dan Fungsinya

Apa definisi alamat IP? inilah pertanyaan yang sering diajukan oleh siswa. Meski termasuk materi yang mudah untuk dikuasai tapi fakta tak semua mampu menjawab pertanyaan secara tepat. Mayoritas siswa hanya mengartikan IP address sebagai digit code yang merepresentasikan alamat untuk mengakses internet saja. Padahal jika dijabarkan kembali pengertian IP address lebih dari itu.

Apa Itu IP Address

IP Address adalah memiliki kepanjangan Internet Protocol Address, yaitu sebuah deretan angka biner antara 32bit sampai 128bit yang digunakan sebagai alamat identifikasi pada setiap komputer dalam jaringan. Angka biner 32bit digunakan untuk alamat IPv4 sedangkan 128bit digunakan untuk alamat IPv6 untuk menunjukkan alamat dari komputer pada jaringan TCP/IP.

Baca Juga  Pengertian Microsoft Office dan Jenisnya

Setelah mengetahui mengenai pengertian IP Address, sekarang kita akan membahas mengenai fungsinya. Apa sih fungsi dari IP Address? Adapun fungsi dari IP Address adalah sebagai berikut ini:

  1. Sebagai alat identifikasi host atau antarmuka pada suatu jaringan.
  2. Sebagai alamat lokasi jaringan.

Untuk lebih jelas mengenai kedua fungsi di atas, dilahkan simak penjelasan di bawah ini.

Sebagai alat identifikasi host atau antarmuka pada suatu jaringan

Fungsi pertama ini bisa diartikan sebagai identifikasi atau pengenalan. Kita ketahui bahwasannya setiap komputer memiliki alamat IP yang unik atau yang hanya dimiliki oleh komputer itu saja. Jadi, alamat IP yang unik itu akan digunakan untuk mengenali sebuah komputer, router, ataupun printer pada suatu jaringan.

Sebagai alamat lokasi jaringan

Fungsi kedua ini bisa diartikan sebagai pemberitahu keberadaan atau lokasi komputer tersebut. Untuk memudahkan pengiriman paket data, maka IP Address akan memuat semua informasi mengenai keberadaannya karena untuk memberitahukan adanya rute yang harus dilewati agar data yang dikirim dapat sampai kepada komputer tujuan.

Nah, mungkin hanya ini saja yang dapat saya bagikan mengenai pengertian IP Address dan Fungsinya. Semoga artikel yang sangat singkat ini bisa dengan mudah memberikan gambaran kepada Anda mengenai IP Address. Dan semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk Anda semua. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.