Pengertian Dinamika Partikel dan Jenis Jenisnya

Diposting pada

Pengertian Dinamika Partikel dan Jenis Jenisnya – Tak semua orang familiar ketika ditanya apa itu dinamika partikel maupun rumus hitungnya. Materi yang masuk dalam mapel fisika ini sering kali dianggap menyulitkan karena berbagai alasan. Meski demikian saya sendiri menganggap semua jenis dinamika partikel mudah untuk dikuasai karena pembahasannya cukup sederhana.

Apakah anda tahu apa pengertian materi dinamika partikel? Apa saja jenis jenis dinamika partikel? Ketika di bangku sekolah tentunya para siswa telah diajarkan mengenai materi tentang dinamika partikel ini. Akan tetapi masih ada beberapa siswa yang belum mengetahui apa itu dinamika partikel. Dinamika partikel tersebut sering kali dikaitkan dengan adanya gaya.

Pada umumnya dinamika partikel berisi pembahasan mengenai hal-hal terkait massa di dalamnya. Untuk itulah dalam materi ini terdapat rumus gaya yang tersedia. Lantas apa pengertian dinamika partikel itu? Apa saja jenis jenis dinamika partikel? Seperti yang telah kita ketahui bahwa dinamika partikel merupakan suatu cabang mekanika yang membahas tentang penyebab sebuah gerak. Gerak benda ini menyebabkan sebuah besaran yang dinamakan dengan gaya. Maka dari itu dalam dinamika partikel terdapat hasil gerak dan beberapa gaya yang bekerja pada benda itu sendiri.

Pengertian Dinamika Partikel dan Jenis Jenisnya

Di sisi lain materi dinamika partikel berkaitan pula dengan percepatan yang dialami dan bekerjanya resultan gaya pada benda itu sendiri. Kita dapat menjelaskan hubungan dinamika partikel ini dengan melewati hukum Newton terkait gerak suatu benda. Kegunaan hukum newton ini biasanya untuk membuat analisa beberapa masalah sederhana terkait dinamika partikel seperti gerak pada bidang miring, sistem katrol dan bidang datar.

Dalam konteks pendidikan materi satu ini mulai diajarkan pada siswa ketika menginjak bangku sekolah menengah. Secara kasat mata tentu kita akan melihat banyak siswa yang mengeluh kesulitan untuk memahami materi. Maka dari itu, dalam artikel singkat kali ini saya ingin membahas jenis dinamika partikel secara terperinci.

Apa Itu Dinamika Partikel

Apa itu dinamika partikel dalam mapel fisika? pertanyaan ini sering kali terngiang di benak kita. Sebenarnya definisi tersebut bisa kalian baca sendiri di buku pedoman lengkap dengan jenis dan rumus hitungnya. Guru biasanya juga akan menyampaikannya secara intensif karena sedikit banyak soal dinamika partikel sudah pasti keluar saat ujian.

Lantas apa definisi dinamika partikel? Kita bisa mengartikannya sebagai ilmu yang menjelaskan tentang gaya untuk memperlambat dan mempercepat gerak benda atau gerakan partikel yang awalnya dalam keadaan diam. Dari pengertian ini kita tahu bahwa dalam materi dinamika partikel terdapat hubungan dengan gaya sebuah benda.

Baca juga : Rumus Kinematika, Pengertian dan Contoh Soal

Selain pengertian dinamika partikel, tentunya adapula jenis jenis dinamika partikel. Apa saja macam macam dinamika partikel itu? Di bawah ini terdapat pembahasan mengenai macam macam dinamika suatu partikel yaitu meliputi:

Jenis Dinamika Partikel

Dinamika partikel pada umumnya dapat dibagi menjadi beberapa jenis seperti di bawah ini:

Gaya

Sebuah benda dapat melakukan gaya apabila benda ini bisa menarik atau mendorong sesuatu. Pelaksanaan gaya tersebut tidak hanya terdapat pada benda hidup saja namun juga ada pada benda benda mati. Misalnya gaya benda pada lokomotif untuk menarik gerbong gerbong. Gaya secara umum termasuk dalam besaran vektor karena mempunyai besar dan arah.

Kita dapat menyatakan gaya dalam bentuk garis yang dibagian ujungnya terdapat tanda panah sebagai bentuk arahnya dan besar gaya tersebut terletak pada panjang garisnya. Gaya dalam SI memiliki satuan yang berupa kg.m/s² atau Newton (N). 

Gaya Gravitasi

Selain pengertian dinamika partikel, adapula jenis jenis dinamika partikel yang berupa gaya gravitasi. Benda benda yang satu dengan lainnya dapat memiliki percepatan yang sama apabila jatuh didekat permukaan bumi yakni g= 9,8 m/s²= 9,8 N/kg dalam sistem SI. Gaya gravitasi sendiri dapat diartikan sebagai gaya benda yang dilakukan disekitaran bumi. Gaya gravitasi ini memiliki rumusnya sendiri. Adapun rumus gaya gravitasi yaitu:

Pengertian Dinamika Partikel dan Jenis Jenisnya

Keterangan:
F = Gaya tarik menarik dua benda (N)
G = Tetapan gravitasi (6,673 x 10‾¹¹ Nm²/kg‾²)
m1, m2 = Massa benda (kg)
r = Jarak dua benda (m)

Baca juga : Pengertian Kinematika Gerak Lurus dan Rumusnya

Gaya Normal

Pengertian gaya normal ialah gaya yang tercipta karena terdapat sentuhan dua benda. Gaya normal akan memiliki arah yang tetap tegak lurus jika permukaan benda tersebut saling bersentuhan. Gaya normal memiliki besar yang didasarkan pada besar tekanan bidang singgungnya (permukaan kontak). Untuk itu gaya normal akan semakin besar jika tekanannya semakin besar pula, namun jika tekanannya kecil maka gaya normalnya juga kecil.

Gaya Gesek

Dua buah benda yang saling bergesekan akan menimbulkan adanya gaya gesek. Gaya gesek ini memiliki arah yang selalu berlawanan dengan arah gerakan bendanya. Untuk itu jika apabila gerakan balok di atas lantai berasal dari arah kiri ke kanan, maka arah gaya gesek yang bekerja pada balok tersebut berasal dari kiri. Gaya gesek yang bekerja pada benda padat dapat berbentuk gaya gesek statis dan kinetis. Sedangkan gaya yang bekerja pada benda gas dan cair dapat berupa gaya stokes.

Demikianlah penjelasan mengenai pengertian dinamika partikel dan jenis jenis dinamika partikel. Dinamika partikel merupakan ilmu yang menjelaskan tentang gaya untuk memperlambat dan mempercepat gerak benda atau gerakan partikel yang awalnya dalam keadaan diam. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah membaca materi dinamika partikel ini.

Baca Juga  Contoh Besaran Vektor, Rumus dan Cara Menyatakan