12 Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Ilmiah, Hewan, dan Tumbuhan

Diposting pada

12 Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Ilmiah, Hewan, dan Tumbuhan – Dalam sebuah penelitian tentunya tak akan lepas dari proses observasi awal. Lewat observasi kita bisa mengumpulkan data-data yang diperlukan untuk menunjang penelitian. Oleh karenanya observasi dapat dikatakan sebagai teknik pengumpulan data penelitian baik secara kuantitatif ataupun kualitatif. Setelah data terkumpul kemudian dirangkum menjadi teks yang kita sebut sebagai laporan hasil observasi.

Lalu bagaimana contoh teks laporan hasil observasi yang benar? Penulisan contoh laporan hasil  observasi pun tak boleh sembarangan. kalian wajib mengikuti kaidah kebahasaans erta struktur yang berlaku. Tanpanya tulisan tidak akan tertata dengan baik dan sulit untuk dipahami. Pada dasarnya jenis teks satu ini tidak memiliki batasan tema karena bisa membahas tentang hal ilmiah, hewan, tumbuhan, dan lain sebagainya.

12 Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Ilmiah, Hewan dan Tumbuhan
Membuat Teks Laporan Hasil Observasi

Apa itu teks laporan observasi? Teks laporan observasi ialah teks yang berisi penjelasan informasi mengenai hal tertentu sesuai dengan faktanya seperti hewan, ilmiah, tumbuhan, fenomena alam dan sebagainya. Contoh teks hasil observasi tersebut berisi klarifikasi subkelas dan kelas yang disesuaikan dengan pengamatan yang telah dilakukan sebelumnya. Nah dalam pembahasan kali ini saya akan membagikan beberapa contoh teks laporan hasil observasi ilmiah, hewan dan tumbuhan. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

12 Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Ilmiah, Hewan, dan Tumbuhan

Seperti yang sudah saya jelaskan bahwa teks laporan observasi merupakan teks yang menjelaskan hasil observasi sesuai dengan kenyataan dan fakta yang ada kemudian disusun secara objektif dan sistematik. Maka dari itu contoh teks hasil observasi berisi pendiskripsian sifat umum, bentuk dan ciri dari sebuah objek. Objek observasi yang dapat digunakan tersebut beraneka macam seperti manusia, benda, hewan, peristiwa yang pernah terjadi, tumbuhan dan lain lain.

Penulisan contoh teks laporan hasil observasi bertujuan untuk menyampaikan informasi secara apa adanya mengenai jenis klasifikasi tertentu. Laporan tersebut juga harus disesuaikan dengan kriteria hasil pengamatan yang objektif dan sistematis. Dengan begitu persoalan dapat dipecahkan dengan hipotesis.

Baca juga :  8 Contoh Teks Laporan Hasil Observasi pada Tumbuhan, Hewan, Alam dan Lingkungan Lengkap

Sebenarnya kita bisa menemukan berbagai contoh laporan hasil observasi di berbagai media dengan cakupan bahasan di berbagai bidang pula. Jika kita adalah murid sekolah menengah atas, tentunya kita bisa menemukan contoh teks ini dengan mudah di perpustakaan. Teks laporan hasil observasi sebenarnya juga telah masuk dalam kurikulum pendidikan, jadi sudah pasti kita mendapatkan pelajaran tersebut.

Di bawah ini terdapat beberapa contoh teks laporan hasil observasi ilmiah, contoh teks laporan observasi tentang hewan, contoh teks hasil observasi tentang tumbuhan dan sebagainya. Berikut contoh teksnya yaitu meliputi:

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Singkat

Laporan Hasil Observasi Lingkungan Sekolah
SMP 4 Sukabumi merupakan salah satu sekolah yang berlokasi di Jalan Sukabumi. Sekolah ini termasuk sekolah yang lingkungannya bersih dan sehat karena didalam sekolah tersebut terdapat dua jenis lingkungan seperti lingkungan abiotik (benda mati) dan lingkungan biotik (benda hidup).

Lingkungan hidup (biotik) yang terdapat disekolah tersebut meliputi pohon besar dan tanaman hias yang dirawat dengan baik. Pohon pohon besar digunakan sebagai tempat naungan di lingkungan sekolah sehingga suasananya lebih sejuk dan teduh. Sedangkan lingkungan mati (abiotik) yang terdapat di sekolah meliputi peralatan sekolah, properti sekolah, dan gedung sekolah.

Di sekolah SMP Sukabumi terdapat lingkungan hidup yang di awali dari halaman depan sekolah. Di depan sekolah diberikan beberapa tanaman hias yang sangat indah. Selain itu di dalam sekolah juga terdapat taman yang ditumbuhi oleh rerumputan dan berbagai tanaman. Di lingkungan sekolah tersebut terdapat beberapa tempat yang diberikan tanaman hias seperti di depan kelas, di ruang kepala sekolah dan di depan ruang guru.

Di SMP Sukabumi terdapat beragam tanaman hias seperti bungan mawar, bunga asoka, bunga bougenville, bunga kembang sepatu, bunga lili, bunga alamanda, bunga amarilis, bunga anggrek dan bungan kemuning. Semua jenis bunga tersebut tertata rapi dan cantik di halaman sekolah dan di tempat dalam sekolah lainnya karena di rawat dengan baik. Di SMP Sukabumi juga terdapat beberapa jenis pohon besar seperti pohon mangga, pohon bambu Jepang ukuran kecil, pohon bambu kuning, pohon beringin, pohon cemara, pohon beringin karet, pohon jeruk dan sebagainya. Bahkan di halaman belakang pekarangan kelas juga terdapat beberapa tanaman lain seperti singkong dan jagung.

Catatan : Dalam contoh teks hasil observasi terdapat struktur teks yang meliputi pernyataan umum atau klasifikasi dan paragraf yang isinya faktor observasi. Struktur klasifikasi berisi informasi hasil observasi mengenai objek yang diamati. Sedangkan untuk struktur bagian kedua dalam contoh teks laporan hasil observasi berisi informasi objek yang lebih rinci dan disusun secara teratur, mulai dari awal sampai akhir teks laporan observasinya.

Hasil kebun tersebut berguna untuk dikonsumsi bersama (guru dan siswa) dan untuk penelitian biologi. Di dalam SMP Sukabumi ini terdapat lingkungan abiotik seperti gedung seolah yang terdiri dari ruang guru, ruang tata usaha, ruang kepala sekolah, perpustakaan, aula, ruang kelas siswa, kantin, gudang, koperasi, UKS dan kamar mandi. Kemudian di sekolah juga terdapat peralatan seperti meja kursi untuk siswa, papan tulis, globe, lemari, alat peraga biologi, layar LCD proyektor, buku, dan sebagainya. Untuk peralatan olahraga sekolah terdiri dari bola basket beserta ring, bola tenis, jaring voli, bola sepak, jaring bulutangkis, bola voli dan lain lain.

Di dalam sekolah terdapat lapangan olahraga untuk bermain sepakbola, voli, basket, lapangan khusus tempat parkir siswa dan guru, serta lapangan upacara. Sekian hasil observasi lingkungan sekolah di SMP Sukabumi yang berupa lingkungan abiotik (benda mati) dan lingkungan biotik (benda hidup). Seluruh warga sekolah harus memiliki kesadaran untuk merawat, memelihara dan menjaga kedua jenis lingkungan tersebut agar tetap asri, bersih dan rapi.

Baca juga : 8 Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Singkat (Laporan Hasil Observasi Dan Strukturnya)

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tentang Hewan

Hasil observasi tentang Komodo
Siapa yang tidak kenal dengan komodo? Komodo adalah jenis hewan melata paling besar yang dilindungi oleh negara Indonesia. Tempat hidup komodo berada di sejumlah hutan dan semak semak belukar yang terdapat di Indonesia. Bahkan di Indonesia, Komodo termasuk hewan melata paling berat karena tubuhnya memiliki berat sekitar 100 kg atau lebih.

Di Indonesia pernah ada komodo terbesar dengan panjang sampai 3 meter dan berat 166 kg. Pada umumnya Komodo memiliki pajang 2,5 meter dan berat 91 kg. Tetapi beberapa jenis Komodo di Indonesia dapat mencapai berat dan panjang yang lebih dari rata rata. Kulit komodo berwarna abu abu, tungkai lengannya kuat, bersisik, ekornya berotot dan bentuk moncongnya lancip. Komodo menggunakan indera penciuman yang kuat untuk mendeteksi letak mangsanya seperti bangkai binatang. Ia akan tetap bisa mencium baunya meskipun jarak mangsa tersebut berada di beberapa meter ke depan.

Kemudian komodo juga dapat memangsa binatang melata seperti binatang mamalia ukuran besar. Komodo memiliki gigi yang hampir semua bagiannya tertutup gusi, maka dari itu bagian giginya tidak dapat dilihat. Yang unik dalam komodo ialah gusinya akan berdarah ketika sedang mengunyah dan makan karena inilah yang menjadi media berbahaya dalam perkembangan bakteri.

Di dalam mulut komodo terdapat bakteri hidup yang mengakibatkan darah korban menjadi keracunan ketika ia gigit. Mangsa komodo akan digigit olehnya dan dibuntuti sampai tidak dapat pergi dan akhirnya lemas. Tetapi sekarang komodo dalam keadaan yang terancam punah. Hal ini dikarenakan habitat komodo yang rusak dan banyak pemburu komodo yang tidak bertanggung jawab.

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tentang Tumbuhan

Jenis flora (tumbuhan) langka yang ada di Indonesia cukup beragam. Hal ini dikarenakan Indonesia termasuk negara yang bertanah subur dan beriklim tropis. Meskipun begitu jenis tumbuhan langka yang terdapat di Indonesia sudah tergolong punah. Adapun beberapa jenis tumbuhan di Indonesia yang termasuk langka seperti:

Bunga Bangkai
Jenis tumbuhan langka yang pertama ialah bunga bangkai. Bunga bangkai memiliki nama asli yakni Raflesia Arnoldi dengan ukuran bunga yang cukup besar dan baunya tidak sedap. Bau menyengat dan tidak sedap ini berguna untuk menarik perhatian binatang seperti serangga dan lalat. Binatang ini berguna untuk membantu proses penyerbukan bunga bangkai,

Bunga bangkai pada awalnya tumbuh dan berkembang di hutan Sumatera, namun dipindahkan ke Bandung karena hampir punah. Berdasarkan observasi yang dilakukan, ketika mekar bunga bangkai akan memiliki kelopak yang warnanya putih. Sedangkan warna mahkota bunganya yakni merah keunguan. Bunga ini tampil dengan kokoh, namun hanya dapat hidup selama 7 hari saja.

Tumbuhan Damar
Jenis tumbuhan langka selanjutnya ialah tumbuhan damar. Berdasarkan hasil observasi, asal tumbuhan damar ialah di negara Indonesia. Damar dapat tumbuh dengan ketinggian mencapai 60 meter. Karena sekarang ini damar didayagunakan secara berlebihan mengakibatkan tumbuhan tersebut sulit ditemukan. Manfaat dari tumbuhan damar yaitu untuk diambil getahnya dan dibuat menjadi vernis, cairan pelapis kertas dan kaca.

Catatan : Contoh teks laporan hasil observasi memiliki ciri ciri teks didalamnya seperti objektif, universal, sistematis, faktual, objek yang diobservasi dan tidak memiliki penutup laporan. Ciri ciri inilah yang membedakan contoh teks hasil observasi dengan contoh teks lainnya. Jika anda menemukan ciri ciri teks laporan observasi di atas, maka sudah dapat dipastikan bahwa teks ini merupakan teks laporan hasil observasi.

Kantong Semar
Jenis tumbuhan langka selanjutnya ialah kantong semar. Kantong semar tergolong sebagai jenis tumbuhan yang karnivora. Berdasarkan hasil penelitian, kantong semar dapat memakan serangga yang ukurannya kecil seperti lebah, lalat dan semut. Serangga tersebut dapat ditangkap dengan proses yang cukup unik yaitu kantung mulut pada tumbuhan kantong semar akan terbuka selebar mungkin.

Kantung mulut pada tumbuhan ini terdapat cairan didalamnya yang menarik perhatian serangga serangga kecil. Ketika kantung mulut tersebut dimasuki oleh serangga kemudian kantung mulut pada tumbuhan kantong semar akan segera tertutup. Kantong semar dirawat di beberapa tempat di Indonesia agar tetap dapat berkembangbiak dan tidak terancam punah.

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Pendek Sosial

Nasi Goreng Pak Kumis

Latar Belakang Masalah
Sekarang ini usaha kecil menengah berhubungan dengan perekonomian masyarakat karena telah menjadi persaingan bisnis kecil kecilan. Usaha kecil tersebut banyak sekali jenisnya sehingga membuat para wirausahawan terus mencari cara agar dapat berlomba dalam pasar dan usahanya terus berkembang. Setiap wirausahawan mencari strategi agar usahanya tetap bertahan di tengah persaingan pasar dan tidak tersisihkan.

Baca juga : 6 Contoh Teks Tanggapan Kritis Singkat Beserta Strukturnya

Di Indonesia, jumlah pengangguran dapat dikurangi dengan melalui usaha kecil menengah ini. Misalnya saja binis yang dilakukan wirausahawan seperti dalam bidang kuliner. Hal ini dikarenakan makanan adalah kebutuhan pokok yang tidak dapat ditinggalkan oleh manusia. Terlebih lagi jika makanannya memiliki jenis yang lain dari yang lainnya. Salah satu jenis makanan cepat saji yang cukup populer ialah nasi goreng.

Deskripsi Hasil Observasi
Jenis usaha      : Kuliner
Nama usaha    : Nasi Goreng Pak Kumis
Nama pemilik : Pak Kumis
Alamat usaha  : Jalan Pemuda No. 5 Jakarta Selatan
Kegiatan           : Membuat nasi goreng dengan tambahan laut yang berbeda seperti nasi goreng ikan asin, nasi goreng sosis, nasi goreng ayam, nasi goreng telur spesial, dan nasi goreng daging sapi.

Di pasaran, nasi goreng Pak Kumis ini tergolong cukup laris karena lauknya berbeda dengan nasi goreng lain, rasanya enak dan porsi nasi gorengnya cukup banyak. Nasi goreng ini buka pukul 15.00 sampai 22.00 malam. Namun warung nasi goreng Pak Kumis sering tutup terlebih dahulu sebelum waktunya karena sudah habis.

Informasi Keuangan
Harga 1 porsi nasi goreng : Rp 10.000 – Rp 17.000
Pendapatan kotor per hari : Rp 700.000
Pendapatan bersih per hari : Rp 300.000

Kesimpulan
Bisnis kuliner nasi goreng dapat dimulai dengan cara yang mudah. Hal terpenting yang perlu diperhatikan adalah usaha yang keras dan niat. Selain itu berjualan nasi goreng juga harus menjaga kebersihan dan kualitas rasa dari nasi goreng itu sendiri. Dengan begitu jumlah pelanggan akan bertambah dan pelanggan setia akan selalu datang untuk membeli nasi goreng.

Sekian beberapa contoh teks laporan hasil observasi ilmiah, hewan dan tumbuhan yang dapat saya bagikan. Pembuatan contoh teks hasil observasi tersebut tidak terlepas dari adanya struktur dan kaidah kebahasaan teks yang terdapat didalamnya. Adapun pengertian teks laporan observasi adalah teks yang berisi penjelasan informasi mengenai hal tertentu sesuai dengan faktanya seperti hewan, ilmiah, tumbuhan, fenomena alam dan sebagainya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah membaca.

Baca Juga  6 Contoh Teks Eksplanasi Singkat, Padat, Jelas Beserta Strukturnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.