24 Contoh Puisi Pendidikan Singkat, Terbaik dan Terbaru

Diposting pada

24 Contoh Puisi Pendidikan Singkat, Terbaik dan Terbaru – Puisi dapat digunakan sebagai media ekspresi seseorang untuk diungkapkan kepada orang lain. Tidak hanya itu saja, puisi juga dapat dijadikan sebagai media pengungkapan rasa kecewa, memberikan dukungan, semangat dan masih banyak lagi. Maka dari itulah banyak sekali kumpulan puisi karya karya anak bangsa dengan berbagai tema didalamnya. Misalnya saja contoh puisi pendidikan.

Kumpulan puisi pendidikan sendiri memiliki tujuan untuk menghasilkan generasi penerus bangsa yang berkualitas. Karena pendidikan adalah hakikat paling penting yang dapat mendukung kemajuan bangsa melalui generasi muda berkualitas dan berprestasi. Akhirnya banyak sastrawan yang menuangkan gagasan tentang pentingnya pendidikan demi kemajuan bangsa dalam wujud contoh puisi tema pendidikan terbaik.

24 Contoh Puisi Pendidikan Singkat, Terbaik dan Terbaru
Contoh Puisi Pendidikan tentang sekolah, guru, dan hari pendidikan.

Masalahnya, tak semua siswa mampu menulis puisi tentang pendidikan dengan baik dan benar. Berbagai faktor pun menjadi penyebabnya seperti tak mampu menuangkan ide/gagasan, kurang mahir menggunakan majas, dan lain sebagainya. Padahal kalian bisa mempelajari semua materi tersebut di buku pedoman bahasa Indonesia semua jenjang. Di lain sisi, guru pun pasti akan menjelaskan serta memberikan contoh puisi tema pendidikan yang baik itu seperti apa.

Kumpulan puisi pendidikan dapat memberikan gambaran mengenai hal-hal dalam kegiatan belajar mengajar seperti guru, buku, semangat siswa untuk meraih prestasi, dan sebagainya. Kita pun tak bisa menampik fakta bahwa kehidupan manusia memang tak akan terlepas dari proses belajar berkelanjutan. Bahkan saat masih kecil pun saya yakin kalian juga mengeyam pendidikan dalam lingkup keluarga. Contohnya belajar berjalan, berbicara, makan, tata krama dan lain lain.

24 Contoh Puisi Pendidikan Singkat, Terbaik dan Terbaru

Puisi sendiri menjadi salah satu materi dasar yang wajib dikuasai oleh siswa ketika berada di bangku sekolah menengah. karya sastra satu ini memiliki berbagai unsur mulai dari intrinsik, ekstrinsik, hingga menyampaikan fungsi sosial. Kaidah kebahasaannya pun sudah diatur sedemikian rupa agar terbaca ataupun terdengar lebih estetik. Ketika masuk ke materi puisi kalian akan disuguhkan dengan berbagai aspek seperti diksi hingga penggunaan majas sekalipun.

Pendidikan dapat diartikan sebagai proses perkembangan manusia dalam menjalani kehidupan yang lebih baik. Bahkan pendidikan dalam negara maju tersebut sangat diperhatikan. Hal ini terlihat pada besarnya anggaran sebuah negara yang ditujukan untuk kemajuan pendidikan generasi muda bangsa. Unsur unsur dalam pendidikan sendiri dapat dikaitkan satu sama lain seperti peserta didik, penyelenggara pendidikan secara formal, masyarakat maupun orang tua. Maka dari itu kumpulan puisi pendidikan dapat memiliki tema yang berbeda beda, misalnya puisi pendidikan bertemakan guru, orang tua, lingkungan sekolah dan lain lain.

Baca juga : 40 Contoh Puisi Ulang Tahun Untuk Ibu, Sahabat, Pacar, Teman, Saudara

Tidak perlu menunggu hari pendidikan nasional (hardiknas) jika ingin mengapresiasikan pikiran kita tentang proses belajar. Karena kita bisa mengekspresikan setiap gagasan kapan saja melalui puisi, pantun, dan lain sebagainya. Contoh puisi pendidikan pertama adalah puisi yang menceritakan tentang arti penting sebuah buku dalam dunia pendidikan khususnya di sekolah. Tidak dapat dipungkiri memang dalam pendidikan di lingkup sekolah tidak akan pernah terlepas dari media buku. Buku dianggap sebagai jendela ilmu yang berisi segudang pengetahuan. Banyak sastrawan yang akhirnya membuat puisi pendidikan tentang sekolah dan buku buku seperti contoh dibawah ini:

Contoh Puisi Pendidikan 4 Bait

Puisi 4 bait menjadi pilihan siswa karena lebih singkat tanpa mengurangi makna yang terkandung. Secara garis besar kalian bebas menggunakan berapapun jumlah kalimat dalam satu bait tersebut. Tapi biasanya mayoritas orang hanya akan memasukan 5 atau 6 baris saja di dalamnya. Tujuannya tak lain agar karya tersebut menjadi singkat dan mudah dipahami oleh pembaca.

Sayangnya menyusun puisi tema pendidikan tidaklah semudah membalik telapak tangan. Terlebih jika siswa harus menulisnya menjadi 4 bait saja. Hal ini pun sudah terbukti dengan banyaknya frekuensi pertanyaan di internet. Jika kebetulan kalian sedang mendapat tugas dari guru maka simaklah contoh di bawah:

Buku

Buku…
Kau adalah sumber ilmu
Jendela bagi segudang pengetahuan
Tempat goresan dari jutaan pena
dan Jendela bagi semua orang

Buku…
Meski kau sering dilupakan
Ditemani dengan deraian debu
Namun ku tetap berterimakasih
Karena kaulah ku tahu ilmu
Karena kaulah ku tahu pengetahuan

Buku…
Kau juga tempat berbagi rasaku
Berbagi kisah kisah pilu dan senangku
Lembaran demi lembaran perasaanku
Ku tuliskan di dalammu

Buku…
Meski kau terdiam membisu
Namun manfaatmu
Begitu besar untukku
Karena telah mengisi hari hariku

Contoh Puisi Pendidikan Pendek Tentang Guru

Tidak hanya buku, pendidikan juga sangat identik dengan adanya guru. Guru merupakan orang yang memandu atau menjadi teladan kita selama kita belajar baik itu dalam konteks sekolah maupun diluar sekolah. Guru tidak hanya dapat kita temui di sekolah saja, secara tidak langsung orang tua yang mengajari anaknya makan minum dan berjalan juga bisa kita sebut sebagai guru. Berikut ini adalah contoh puisi tema pendidikan tentang guru yang dapat anda simak.

Guruku

Guruku
Jasa jasamu sungguh besar
Memberikan segudang ilmu 
Bagi generasi generasi bangsamu

Meski nafasmu terengah engah
Jalanmu tertatih tatih
dan Hanya sepeda tuamu yang menemani
Namun engkau tetap berbagi ilmu
Ilmu bagi anak anakmu
Meski bukan anak kandungmu

Guruku…
Cintamu begitu besar
Seperti layaknya orang tua kami
dan Terus menemani kami
Sampai jenjang yang lebih tinggi

Baca juga : 8 Puisi Ibu Sedih, Mengharukan, dan Ungkapan Sayang Untuk Ibu

Guruku
Terima kasih karena ilmumu
Kami tak lagi berpikiran kerdil
Kami menyayangimu
Sebesar engkau menyayangi kami

Contoh puisi pendidikan diatas menggambarkan jasa-jasa seorang guru dan pentingnya sebuah buku dalam pendidikan. Masih banyak sekali kumpulan puisi pendidikan yang memberikan gambaran terhadap dunia dunia pendidikan di dunia ini. Seperti kumpulan puisi dibawah ini memiliki tema pendidikan untuk negeriku. Yang artinya didalamnya berisi gambaran bagaimana bentuk pendidikan yang baik untuk negeri sendiri.

Puisi Pendidikan Nasional

Ketika membicarakan tema pendidikan nasional pasti mayoritas orang akan langsung terbesit tanggal 2 mei. Ya, tanggal tersebut menjadi momen bersejarah untuk rakyat karena ditetapkan sebagai hari pendidikan nasional. Tapi ketika menuangkannya dalam karya sastra kita bisa memakai tema lain yang masih memiliki korelasi.

Sebenarnya sejak dahulu sudah banyak sastrawan dan penyair yang memperhatikan kualitas pendidikan di Negeri ini. Salah satunya adalah chairil anwar yang merupakan sastrawan terkenal, bahkan puisinya hingga kini masih dikenang dan sering digunakan. Aspirasi sastrawan tentang pendidikan di negeri ini dapat anda lihat dalam contoh puisi pendidikan dibawah ini.

Pendidikan Untuk Negeriku

Meski ku tak tahu sampai kapan ku berdiri 
Tapi yang ku tahu aku harus tetap maju
Melangkah dan berjalan tiada henti
Demi menyambung kehidupanku

Meski banyak titel Sarjana didepanku
Namun ku tetap miris melihat negeriku
Negeri dimana ku melangkah maju
Negeri dimana telah membesarkanku

Pendidikan untuk negeriku
Dasar pedoman bagi penerus penerus bangsa
Penerus negeriku
Namun mengapa masih banyak anak yang putus sekolah
Hanya untuk mecari sesuap nasi
Nasi untuk keluarga sendiri

Pendidikan semakin maju
Namun mengapa masih banyak generasi anak muda putus sekolah
Generasi yang nantinya akan menciptakan banyak hal
Demi kemajuan bangsa

Negeriku
Pendidikan untuk anak anakmu
Membuat masa depan cerah untuk generasi bangsamu
Hingga anak cucumu

Tidak lengkap rasanya jika kita hanya membahas puisi pendidikan tentang sekolah, buku, atapun guru jika tidak menyebutkan peran serta murid juga. Siswa merupakan elemen penting terciptanya sebuah pendidikan karena murid inilah yang nantinya akan mewarisi ilmu dari guru buku dan sekolahan. Semangat murid untuk belajar harus terus dijaga, karena itulah banyak sastrawan yang mengapresiasi siswa melalui contoh puisi pendidikan untuk siswa yang berjudul semangat pendidikan. Puisi ini juga sering dibacakan sebagai puisi hari pendidikan nasional pada tanggal 2 mei.

Semangat untuk pendidikan

Kaki kaki kecilmu
Yang terus berjalan mencari ilmu
Tiada kata letih dalam jalanmu
Meski kau harus bekerja setelah itu
Namun kau terus semangat menjalani hidupmu

Semangat berpendidikanmu
Patut dicontoh anak anak bangsa
Karena semangat akan pendidikan
Tiada hentinya menimba ilmu

Meski jalan jalanmu berbatu
Semoga kau terus maju
Meraih cita citamu
Demi masa depanmu

Harapanmu
Semangatmu
Adalah jalan menuju masa depanmu
Teruslah maju
Berjuanglah
dan Bersemangatlah

Puisi Pendidikan Pendek

Selanjutnya saya akan membagikan sekumpulan puisi pendidikan dengan tema yang hampir sama namun dengan judul yang berbeda. Contoh puisi pendidikan di bawah ini menggambarkan bagaimana sebuah harapan hancur dalam dunia pendidikan dan pentingnya sebuah membaca. Adapun contohnya yaitu sebagai berikut:

Baca juga : Puisi Ibu (Kumpulan Puisi Sedih Tentang Ibu Singkat dan Penuh Makna)

Hancurnya Sebuah Harapan

Ketika pendidikan adalah ujung tombaknya
Harapan bagi semua cita cita
Mendukung semua impian
dan Jalan bagi semua langkah

Setiap langkah dan harapan anak bangsa
Hancur dan runtuh tiada tara
Menghilangkan semuanya
Tanpa ada bekasnya

Semua harapan dan impian
Hancur tidak ada hentinya
Pendidikan untuk anak bangsa
Harus tetap jadi prioritasnya
Untuk membangun bangsa
Apresiasi agar terus merdeka

Pemerintahku
Pemimpinku
Akankah kalian melihat anak bangsamu
Pendidikan generasimu
Rintihan demi rintihan
Kehausan akan pendidikan
Itulah wujud akan kebutuhan penerus muda

Apakah kalian lupa
Janji demi janji kalian akan pendidikan
Dimana semua mata menyaksikan
Demi kemajuan bangsa
dan demi para penerus bangsa

Harapanku
Negeri ini terus maju
Memajukan pendidikan anak bangsa
Demi masa depan bangsa dan negara

Puisi Tema Pendidikan Berkarakter

Contoh puisi tema pendidikan yang terakhir berjudul pentingnya membaca dan dikarang oleh salah satu sastrawan terkenal. Sama seperti judulnya, puisi ini berisi tentang ajakan dan pengingat untuk selalu membaca karena dengan membaca kita bisa menambah wawasan dan pengetahuan.

Pentingnya Membaca” 

Selembar demi selembar
Jutaan pena memandang
Menanti untuk dibaca
Mengapa engkau hanya terdiam
Meski semua ada manfaatnya

Membaca
Membaca dan terus membaca
Membuat semuanya terasa jelas
Mulai dari ketidaktahuan
Menjadi sebuah pengalaman

Meski ilmu teruslah ada
Namun tanpa membaca
Kita tidak tahu segalanya
Janganlah enggan untuk membaca
Karena semua bukanlah angan angan semata

Dunia semakin terbentang
Dunia dapat berbicara
Melalui membaca
Begitu pentingnya membaca
Membuat segalanya menjadi terasa
Pengetahuan dan cita cita

Contoh puisi pendidikan di atas hanya sepenggal puisi dari sekumpulan puisi pendidikan diluar sana. Masih banyak sekali contoh contoh puisi tema pendidikan sebagai hasil karya sastra anak bangsa. Puisi ini dapat menjadi ekspresi dan ungkapan perasaan seseorang terhadap dunia pendidikan di negara negara di dunia. Bagaimana pentingnya pendidikan untuk anak bangsa dan bagaimana bentuk pendidikan yang baik bagi rakyatnya.

Demikianlah kumpulan contoh puisi pendidikan yang dapat saya bagikan. Kumpulan puisi singkat diatas dapat ditujukan untuk guru, manfaat membaca, pentingnya sebuah pendidikan, lingkungan sekolah dan sebagainya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah membaca contoh puisi tentang pendidikan yang telah saya berikan diatas.

Baca Juga  Puisi Ditulis Dalam Bentuk

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.