Rumus Diagonal Sisi dan Diagonal Ruang Kubus

Diposting pada

Rumus Diagonal Sisi dan Diagonal Ruang Kubus – Bangun ruang menjadi materi yang menurut saya cukup mudah untuk dikuasai siswa. Cakupan pembahasannya pun sedikit karena hanya berkutat pada volume, luas permukaan, serta bidang diagonal saja. Di lain sisi, hampir setiap orang familiar dengan bentuk kubus yang notabenya merupakan manifestasi 3D dari bangun persegi.

Kubus adalah bangun ruang tiga dimensi yang memiliki enam bidang sisi yang sama besar dan kongruen. Bentuk sisi sisi pada kubus ialah bujur sangkar. Selain itu kubus juga memiliki diagonal sisi dan diagonal ruang. Cara menghitung diagonal sisi kubus dan cara menghitung diagonal ruang kubus dapat diperoleh dengan menggunakan rumus yang ada. Rumus tersebut cukup sederhana dan mudah untuk diingat.

Cara Menghitung Diagonal Sisi dan Diagonal Ruang Kubus
Rumus Diagonal Sisi dan Ruang Kubus

Pada dasarnya kubus memang sering menjelma menjadi butir soal ujian. Inilah alasan mengapa kalian harus menghafal rumus diagonal sisi kubus dan cara menghitungnya. Selain itu, siswa juga wajib mempelajari pula rumus diagonal ruang kubus karena kedua aspek tersebut sama pentingnya. Meski ada banyak sekali variasi latihan soal tapi sebenarnya rumus kubus tetaplah sama. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang cara menghitung diagonal sisi kubus dan cara menghitung diagonal ruang kubus. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Rumus Diagonal Sisi dan Diagonal Ruang Kubus

Dalam konteks pendidikan kita bisa menjumpai materi yang membahas rumus kubus hampir di semua jenjang. Rumus volume, luas permukaan, sifat-sifat, serta diagonalnya pun tertulis rapi di buku pedoman matematika. Di lain sisi, guru juga pasti menyampaikan materinya secara intensif mengingat bangun kubus sering muncul sebagai butir soal ujian.

Semua bangun ruang pada dasarnya memiliki dua jenis diagonal yakni bidang dan ruang. Masing-masing tentu memiliki definisi, sifat, serta rumus hitung yang berbeda. Masalahnya masih banyak siswa yang belum menguasai materi tersebut karena berbagai alasan. Padahal menurut saya rumus diagonal sisi kubus sangat mudah, begitu juga dengan diagonal ruangnya.

Baca juga : Kumpulan Gambar Jaring Jaring Kubus

Diagonal ialah garis yang diperoleh dari penarikan salah satu titik sudut dengan sudut lainnya yang saling berhadapan sehingga dapat melintang. Diagonal tersebut terdiri dari diaginal sisi (bidang) dan diagonal ruang, seperti halnya yang terdapat pada bangun kubus. Jika kalian mengalami kesulitan pada saat menghitung maka ada baiknya melihat rumus diagonal ruang kubus yang tercantum di buku pedoman.

Diagonal Sisi Kubus

Sebelum membahas tentang cara menghitung diagonal sisi kubus, saya akan menjelaskan pengertian diagonal sisi terlebih dahulu. Diagonal sisi kubus ialah garis penghubung antara dua titik yang saling berseberangan dalam permukaan bidang kubus. Perhatikan gambar kubus di bawah ini!

Cara Menghitung Diagonal Sisi dan Diagonal Ruang Kubus
Diagonal Sisi Kubus

Gambar kubus di atas menunjukkan beberapa letak diagonal sisi pada bangun tersebut. Kubus memiliki 12 diagonal sisi. Cara menghitung diagonal sisi kubus dapat menggunakan prinsip theorema phytagoras maupun menggunakan rumus yang ada. Adapun rumus diagonal sisi kubus yaitu:

Diagonal Sisi Kubus = s√2

Keterangan:
s = panjang sisi kubus

Diagonal Ruang Kubus

Diagonal ruang kubus ialah ruas garis yang menghubungkan dua titik sudut yang saling berhadapan di dalam ruang bangun kubus. Cara menghitung diagonal ruang kubus berbeda dengan menghitung diagonal sisi pada kubus. Hal ini dikarenakan banyaknya diagonal sisi dan diagonal ruangnya juga berbeda. Kubus memiliki 12 diagonal sisi dan 4 diagonal ruang. Perhatikan gambar di bawah ini!

Baca juga : Rumus Luas Permukaan dan Volume Limas (Rumus Sederhana)

Cara Menghitung Diagonal Sisi dan Diagonal Ruang Kubus
Diagonal Ruang Kubus

Gambar kubus di atas menunjukkan beberapa letak diagonal ruang pada bangun tersebut. Kubus memiliki 4 diagonal ruang. Cara menghitung diagonal ruang kubus dapat menggunakan rumus yang ada. Adapun rumus diagonal ruang kubus yaitu:

Diagonal Ruang Kubus = s√3

Keterangan:
s = panjang sisi kubus

Contoh Soal Diagonal Kubus

Berapakah diagonal sisi dan diagonal ruang kubus jika panjang rusuknya 5 cm?

Pembahasan
Diketahui : s = 5 cm
Ditanyakan : Diagonal sisi dan Diagonal ruang = ?
Jawab:
Diagonal sisi = s√2
                      = 5√2
Diagonal ruang = s√3
                          = 5√3
Jadi diagonal sisi dan diagonal ruang kubus ialah 5√2 dan 5√3.

Sekian penjelasan mengenai cara menghitung diagonal sisi kubus dan cara menghitung diagonal ruang kubus. Kubus terdiri dari 12 diagonal sisi dan 4 diagonal ruang. Semoga artikel ini dapat bermanfaat. Terima kasih.

Baca Juga  Materi Perkalian Bentuk Akar Beserta Contoh Soalnya Terlengkap

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.