Contoh Soal Layang Layang (Luas dan Keliling) Lengkap

Diposting pada

Contoh Soal Layang Layang (Luas dan Keliling) Lengkap – Ada banyak sekali bentuk bangun datar yang bisa kita temukan dalam matematika. Masing-masing tentunya memiliki rumus hitung serta tingkat kesulitan berbeda. Tidak terkecuali rumus layang layang, baik rumus luas maupun rumus keliling. Apakah anda tahu bagaimana rumus luas dan keliling layang layang itu?

Bagaimana contoh soal luas layang layang itu? Bagaimana contoh soal keliling layang layang? Sebelum membahas tentang materi luas dan keliling layang layang tersebut alangkah lebih baik jika anda mempelajari terlebih dahulu mengenai teorema phytagoras. Hal ini dikarenakan dalam materi tersebut sering kali kita menjumpai soal soal phytagoras tersebut dalam materi layang layang. Setelah itu baru kita memahami lebih lanjut terkait rumus layang layang, baik rumus luas layang layang maupun rumus keliling layang layang.

Layang layang merupakan salah satu jenis bangun datar yang dipelajari dalam ilmu Matematika. Seperti halnya bangun datar lainnya, bangun layang layang juga memiliki rumus di dalamnya. Rumus layang layang tersebut dapat digunakan untuk menyelesaikan contoh soal luas layang layang dan contoh soal keliling layang layang. Bagaimana cara menyelesaikan contoh soal layang layang itu? Bangun layang layang tentunya berbeda dengan belah ketupat. Meskipun di dalamnya terdapat unsur diagonal diagonal tersebut.

Contoh Soal Layang Layang (Luas dan Keliling) Lengkap

Seperti yang kita tahu bahwa bangun dalam Matematika terbagi menjadi dua jenis yaitu bangun ruang dan bangun datar. Dalam pembahasan kali ini saya akan membagikan contoh bangun datar yang berbentuk layang layang. Bangun datar yang satu ini banyak ditemui disekeliling kita. Maka dari itu kita sudah tidak asing lagi dengan bangun layang layang tersebut.

Apakah anda pernah bermain layang layang? Permainan layang layang tentunya tidak semua orang pernah memainkannya. Meski begitu bentuk layang layang seperti apa tentunya sudah diketahui oleh banyak orang. Pada dasarnya layang layang memiliki bentuk yang hampir sama dengan belah ketupat.

Bagaimana rumus layang layang? Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan contoh soal layang layang lengkap, baik contoh soal luas layang layang dan contoh soal keliling layang layang. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Rumus Luas Keliling Layang-Layang

Sebelum membagikan contoh soal luas layang layang dan contoh soal keliling layang layang, saya akan menjelaskan sedikit mengenai rumus layang layang tersebut. Di bawah ini terdapat rumus luas layang layang dan rumus keliling layang layang yaitu meliputi:

Luas Layang Layang = ½ x (d1 x d2)
Keliling Layang Layang = AB + AD + BC + DC

Keterangan:
d1 = Diagonal Vertikal (Sisi AC)
d2 = Diagonal Horizontal (Sisi BD)

Contoh Soal Layang Layang (Luas dan Keliling) Lengkap
Gambar Layang Layang

Baca juga : Cara Menentukan FPB dan KPK Tiga Bilangan (Rumus Cepat)

Perbedaan dan Persamaan Layang Layang Dengan Belah Ketupat

Sebelum membagikan contoh soal layang layang seperti contoh soal luas layang layang dan contoh soal keliling layang layang tersebut. Saya akan menjelaskan sedikit mengenai perbedaan antara layang layang dengan belah ketupat terlebih dahulu. Selain itu adapula persamaan layang layang dan belah ketupat. Berikut penjelasan selengkapnya:

Persamaan Layang Layang dan Belah Ketupat

  • Layang layang dan belah ketupat mempunyai empat sisi dan empat sudut.
  • Memiliki dua diagonal di dalamnya.
  • Salah satu sisi miringnya dapat dicari dengan konsep phytagoras.

Perbedaan Layang Layang dan Belah Ketupat

  • Semua sisi pada belah ketupat panjangnya sama dan sama besar sudut sudutnya.
  • Sisi sisi berhadapan pada layang layang memiliki panjang yang sama dan hanya sudut berhadapan saja yang besarnya sama.

Contoh Soal Layang Layang

Setelah menjelaskan sedikit mengenai rumus luas layang layang, rumus keliling layang layang, persamaan layang layang dan belah ketupat serta perbedaan layang layang dan belah ketupat di atas. Selanjutnya saya akan membagikan contoh soal luas layang layang dan contoh soal keliling layang layang. Berikut contoh soal dan jawabannya yaitu:

1. Panjang diagonal vertikal pada layang layang 22 cm dan diagonal horizontalnya 14 cm. Tentukan luas layang layang tersebut?

Jawaban.
Luas = ½ x (d1 x d2)
          = ½ x (22 x 14)
          = 154 cm²

Baca juga : Sifat Sifat Persamaan Eksponen dan Pertidaksamaan Eksponen

2. Perhatikan gambar di bawah ini!

Contoh Soal Layang Layang (Luas dan Keliling) Lengkap

Layang layang di atas memiliki panjang sisi AB = 13 cm dan sisi CD = 15 cm. Tentukan keliling layang layang tersebut?

Jawaban.
Contoh soal layang layang ini dapat diselesaikan dengan rumus keliling layang layang. Berikut cara pengerjaan contoh soal keliling layang layang yaitu:
Nilai AB = AD = 13 cm dan CD = CB = 15 cm

Sehingga,
Keliling = AB + BC + CD + DA
               = 13 + 15 + 15 + 13
               = 56 cm

3. Diketahui luas layang layang 675 cm² dan diagonal vertikalnya memiliki panjang 45 cm. Tentukan panjang diagonal horizontalnya?

Jawaban.
Contoh soal luas layang layang ini dapat diselesaikan dengan cara berikut:
Luas = 675 cm²
d1 = 45 cm

Maka, 
Luas = ½ x (d1 x d2)
  675 = ½ x (45 x d2)
1350 = 45 x d2
    d2 = 1350/45 
    d2 = 30 cm
Jadi panjang diagonal horizontalnya ialah 30 cm.

4. Perhatikan gambar di bawah ini!

Contoh Soal Layang Layang (Luas dan Keliling) Lengkap

Layang layang di atas memiliki sisi AB yang panjangnya 14 cm dan BC = 19 cm. Tentukan luas layang layang ABCD apabila ∠ABC siku siku?

Jawaban.
Contoh soal layang layang ini dapat kita selesaikan dengan cara berikut:

Layang layang ABCD ini memiliki dua segitiga siku siku yaitu ΔABC dan Δ ACD. Luas kedua segitiga ini sama. Setelah itu kita akan mencari segitiga ABC terlebih dahulu. Maka dari itu hasilnya akan seperti berikut:
Luas ΔABC = ½ x a x t
                     = ½ x AB x BC
                     = ½ x 14 x 19
                     = 133 cm²

Luas layang layang ABCD = 2 x Luas ΔABC 
                                                = 2 x 133
                                                = 266 cm²

5. Diketahui keliling layang layang 30 cm. Apabila salah satu sisi terpanjangnya memiliki panjang 9 cm, maka hitunglah panjang sisi terpendeknya?

Jawaban.
Contoh soal keliling layang layang ini dapat diselesaikan dengan langkah langkah seperti berikut:

Misal,
Sisi terpanjang = d1
Sisi terpendek = d2

Sehingga,
Keliling = 2 . d1 + 2 . d2
          30 = (2 x 9) + (2 x d2)
          30 = 18 + 2d2
        2d2 = 30 – 18
        2d2 = 12
          d2 = 6 cm
Jadi panjang sisi terpendeknya ialah 6 cm.

Demikianlah contoh soal layang layang lengkap, baik contoh soal luas layang layang dan contoh soal keliling layang layang yang dapat saya bagikan. Layang layang dan belah ketupat pada umumnya memiliki persamaan dan perbedaan di dalamnya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Baca Juga  Materi Irisan Kerucut Elips (Rumus dan Contoh Soal)