Contoh Soal Trapesium (Luas dan Keliling) Beserta Jawabannya

Diposting pada

Contoh Soal Trapesium (Luas dan Keliling) Lengkap – Hampir semua siswa pasti familiar ketika ditanya apa itu trapesium. Bangun datar satu ini sudah diajarkan pada kita bahkan semenjak berada di bangku sekolah dasar. Cakupan pembahasan tentang rumus luas dan kelilingnya pun dapat kalian baca langsung di buku pedoman matematika.

Bagaimana cara menyelesaikan contoh soal luas trapesium? Bagaimana cara menyelesaikan contoh soal keliling trapesium itu? Apa yang dimaksud trapesium? Pengertian trapesium ialah bangun datar yang berasal dari gabungan persegi atau persegi panjang dengan segitiga siku siku. Trapesium dapat disebut juga dengan trapezoid. Selain itu adapula yang mengartikan trapesium sebagai bangun datar yang berasal dari empat buah sisi, dimana tidak sama panjang dan dua diantaranya saling sejajar. 

Trapesium pada umumnya memiliki satu simetri putar karena tergolong dalam salah satu jenis bangun datar segi empat. Dalam materi trapesium ini pada umumnya terdapat beberapa pembahasan di dalamnya. Pembahasan tersebut berisi rumus trapesium, sifat sifat trapesium, dan contoh soal trapesium, baik contoh soal luas trapesium maupun contoh soal keliling trapesium. 

Seperti yang telah saya katakan bahwa trapesium memiliki sifat sifat. Sifat sifat trapesium tersebut yaitu tergolong dalam jenis bangun segi empat, mempunyai satu simetri putar saja, pada trapesium sama kaki hanya terdapat satu simetri lipat dan mempunyai sepasang sisi sejajar. Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan contoh soal trapesium lengkap, baik contoh soal luas trapesium dan contoh soal keliling trapesium. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Contoh Soal Trapesium (Luas dan Keliling) Lengkap

Apa yang dimaksud trapesium itu? Pengertian trapesium adalah bangun datar dua dimensi yang memiliki empat rusuk di dalamnya, dimana dua rusuk sejajar tetapi panjangnya tidak sama. Trapesium secara umum dapat dibagi menjadi beberapa jenis. Jenis jenis trapesium tersebut dapat berupa trapesium sama kaki, trapesium sembarang dan trapesium siku siku. Apakah anda tahu rumus trapesium itu?

Sebelum membahas tentang contoh soal luas trapesium dan contoh soal keliling trapesium, saya akan menjelaskan sedikit mengenai rumus trapesium tersebut. Berikut rumus luas trapesium dan rumus keliling trapesium yaitu meliputi:

Luas Trapesium = ½ x jumlah panjang sisi sejajar x tinggi
Keliling Trapesium = s + s + s + s

Keterangan:
s = Sisi Trapesium

Baca juga : Contoh Soal Belah Ketupat (Luas dan Keliling) Lengkap

Selain rumus bangun trapesium di atas, adapula contoh soal trapesium terkait rumus tersebut. Berikut contoh soal dan pembahasannya yaitu:

1. Diketahui sisi sisi sejajar pada trapesium memilki ukuran masing masing 14 cm dan 16 cm. Tentukan luas trapesium jika tingginya 11 cm?

Pembahasan.
Contoh soal luas trapesium ini dapat diselesaikan dengan cara seperti berikut:
Luas =  ½ x jumlah panjang sisi sejajar x tinggi
          = ½ x (14 + 16) x 11
          = ½ x 30 x 11
          = 165 cm²
Jadi luas trapesium tersebut ialah 165 cm².

2. Perhatikan gambar berikut!

Contoh Soal Trapesium (Luas dan Keliling) Lengkap

Trapesium di atas memiliki panjang AB = 18 cm, CD = 12 cm, dan DE = 4 cm. Tentukan keliling dan luas trapesium ABCD?

Pembahasan.
Contoh soal trapesium ini dapat diselesaikan dengan menentukan nilai AD terlebih dahulu. Adapun caranya yaitu:

Contoh Soal Trapesium (Luas dan Keliling) Lengkap

AD² = AE² + DE²
        = 3² + 4²
        = 9 + 16
        = 25
  AD = √25
  AD = 5 cm

Maka,
Luas = ½ x (12 + 18) x 4
          = ½ x 30 x 4
          = 60 cm²

Keliling = 5 + 18 + 5 + 12
               = 40 cm
Jadi luas trapesium = 60 cm² dan keliling trapesium 40 cm.

Baca juga : Cara Menentukan FPB dan KPK Tiga Bilangan (Rumus Cepat)

3. Sebidang tanah memiliki bentuk trapesium sama kaki dengan panjang dua sisi sejajar 10 m dan 21 m. Apabila ditarik garis lurus, bidang tersebut memiliki tinggi 8 m. Tentukan harga seluruh tanah jika tiap m² memiliki harga tanah Rp 80.000,00?

Pembahasan.
Contoh soal trapesium ini dapat diselesaikan dengan cara seperti di bawah ini:
Luas = ½ x (10 + 21) x 8
          = 124 m²

Maka harga seluruh tanah yaitu:
Harga tanah = 124 m² x Rp 80.000
                        = Rp 9.920.000
Jadi harga seluruh tanah ialah Rp 9.920.000,00.

4. Sebuah trapesium memiliki luas 170 cm². Jika salah satu sisi sejajarnya memiliki panjang 22 cm dan tinggi trapesium 10 cm. Maka tentukan panjang sisi sejajar satunya lagi?

Pembahasan.
Contoh soal trapesium ini dapat diselesaikan dengan rumus luas di atas. Adapun cara menyelesaikan contoh soal luas trapesium tersebut yaitu:
Luas = ½ x (22 + y) x 10
  340 = 10 x (22 + y)
  340 = 220 + 10y
  10y = 340 – 220
  10y = 120
      y = 12 cm
Jadi panjang sisi sejajar satunya lagi pada trapesium ialah 12 cm.

5. Tentukan keliling trapesium yang memiliki panjang sisi 12 cm, 18 cm, 12 cm dan 8 cm?

Pembahasan.
Contoh soal keliling trapesium ini dapat diselesaikan dengan cara seperti di berikut:
Keliling = 12 + 18 + 12 + 8
               = 50 cm
Jadi keliling trapesium tersebut ialah 50 cm.

Demikianlah contoh soal trapesium lengkap, baik contoh soal luas trapesium dan contoh soal keliling trapesium yang dapat saya bagikan. Trapesium merupakan bangun datar yang berasal dari empat buah sisi, dimana tidak sama panjang dan dua diantaranya saling sejajar. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Baca Juga  Perkalian Vektor (Macam, Rumus, Sifat, dan Contoh Soal)